phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

Materi KELAS XI TKJ (PKWU)

 


KELAS XI TKJ

PKWU (PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN)

MATERI SEMESTER 1

1. Hakikat Kewirausahaan dan Wirausaha

2. Peluang Usaha Produkts Barang/Jasa

3. Mempersiapkan Administrasi Usaha

4. Manajemen Sumber Daya Usaha

5. Sistem Produksi Produk Usaha

MATERI SEMESTER 2

6. Melakukan Pelayanan Usaha

7. Media Promosi Pemasaran

8. Analisis Keuangan Usaha

9. Melakukan Pemasaran Produk


Mapel PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan)

LINK MATERI KEJURUAN >> Materi KELAS XI TKJ (KEJURUAN TJKT)


PKWU
tanggal = 8-1-2024


B. Uraian

1. Pada kenyataannya, jumlah wirausaha di Indonesia masih sangat sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat dibandingkan negara lainnya. Padalah wirausaha mempunyai peran pembangunan di negara Indonesia. Wirausaha mempunyai banyak manfaat untuk kemajuan negara. Sebutkan minimal empat manfaat-manfaat wirausaha!

2. Beberapa puluh tahun yang lalu ada pendapat yang mengatakan bahwa-kewirusahaan tidak dapat diajarkan, Akan tetapi sekarang ini kewirausahaan merupakan mata pelajaran yang dapat diajarkan di sekolah-sekolah. dan telah bertumbuh sangat pesat. Menurut pendapatmu, mengapa kita harus mempelajari mata pelajaran kewirausahaan? Apa yang didapatkan dari mempelajari kewirausahaan?

3. Karakter yang harus ada dalam jiwa seorang wirausaha yaitu mempunyai kreativitas yang tinggi. Kreativitas merupakan kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru dari variabel yang sudah ada sebelumnya. Kreativitas harus dimiliki wirausaha agar usaha yang dijalankannya terus berjalan dan dapat bertahan di era perkembangan zaman. Buatlah contoh kegiatan-kegiatan yang merupakan contoh kreativitas!

4. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa setiap orang mempunyai peluang untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses. Modal yang paling utama untuk menjadi wirausaha yang sukses yaitu diri sendiri. Untuk mampu membentuk modal memerlukan persiapan-persiapan. Salah satunya yaitu dengan mempunyai tekad dan kemauan untuk mengembangkan diri. Bagaimana proses atau cara-cara yang harus ditempuh seseorang untuk dapat mengembangkan diri?

5. Dalam proses pengembangan usahanya, semakin banyak risiko yang akan dihadapi oleh wirausaha. Misal mengalami penurunan penjualan produk yang disebabkan banyaknya pesaing di industri yang sama. Apabila kamu menjadi seorang wirausaha, bagaimana sikap menghadapi risiko usaha yang akan terjadi?

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto 

*PKWU*
_tanggal = 15-1-2024_


1. Untuk dapat mengenali peluang usaha, wirausaha harus mengetahui kebutuhan masyarakat. Wirausaha juga harus memahami apa yang sedang booming di kalangan masyarakat. Dengan demikian, seorang wirausaha dapat mengenali dan menciptakan peluang usaha yang tepat. Bagaimana cara wirausaha dapat mengetahui kebutuhan masyarakat?

2. Salah satu sumber peluang usaha yaitu peluang yang datangnya dari sendiri. Hobi yang dimiliki seseorang dapat menjadi peluang usaha yang memiliki kesempatan sukses tinggi karena usaha yang ditekuninya merupakan hal yang sangat disukainya. Bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha?

3. Perubahan teknologi yang semakin canggih menciptakan peluang usaha bagi wirausaha. Salah satunya adalah peluang usaha toko online. Dengan zaman yang serba canggih, tentu segala sesuatu pun menjadi lebih cepat alias instan. Berbelanja merupakan satu contoh nyata yang bisa kita rasakan perubahannya. Zaman dulu, kita bisa datang ke mall jika ingin membeli gadget, pakaian atau aksesoris, namun sekarang dengan adanya usaha toko online yang menyebar di seluruh Indonesia dan bahkan dunia, kini kita tidak perlu keluar dari rumah untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bahkan untuk membangun usaha toko online pun tidak perlu susah-susah asalkan sudah tahu produk apa yang ingin dipasarkan. Apa sajakah keuntungan membuka toko online untuk -para wirausaha?

4. Produk yang banyak digemari para konsumen dan mempunyai kualitas unggul merupakan peluang usaha yang bagus. Memiliki kualitas dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing sangat diperlukan wirausaha agar usaha yang dijalankan selalu berjalan dengan baik dan lancar. Apa saja ciri-ciri produk yang mempunyai kualitas unggul?

5. dengan bahan baku merupakan salah satu kekuatan yang dapat dijadikan peluang usaha. Bahan baku upakan bahan yang digunakan dalam membuat produk di mana bahan tersebut secara menyeluruh tampak la produk jadinya (atau merupakan bagian terbesar dari bentuk barang). Berikanlah contoh usaha yang inikan dekat dengan bahan bakunya!

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto 

3. PKWU
tanggal = 22-1-2024


Link Materi : https://www.simonmurd.com/2023/11/pkwu-mempersiapkan-administrasi-usaha.html

B. Uraian

1. Berdasarkan materi yang telah kamu pelajari dalam bab ini, uraikanlah secara singkat apa saja yang harus dilakukan agar kamu memiliki usaha yang sah dan legal di Indonesia!
2. Mengapa dalam pengurusan SITU, perusahaan wajib melampirkan dokumen analisis AMDAL?
3.Surat niaga sangat perlu dibuat jika pemilik usaha ingin menjangkau perusahaan yang membutuhkan produknya. Apakah usaha kecil yang hanya memiliki toko seadanya perlu melakukan promo dan penawaran melalui surat niaga?
4. Menurut kamu, mengapa seseorang harus memiliki NPWP untuk bisa mengurus pelayanan tertentu di pemerintahan?
5. Menurut kamu, apakah perlu ada pengurusan perpanjangan SIUP, SITU, dan TDP? Jelaskan!

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto pada 
link : https://forms.gle/P1wsDtDYerSxvPzi9

Untuk mengecek hasil pekerjaan anda gunakan 

*4. PKWU*
_tanggal = 29-1-2024_

Link Materi : https://www.simonmurd.com/2023/12/pkwu-manajemen-sumber-daya-usaha-bab.html

B. Uraian

1. Perencanaan usaha memiliki empat aspek yang harus dianalisis. Keempat aspek tersebut adalah pasar, pemasaran, produksi, dan keuangan. Keempat aspek tersebut perlu dianalisis agar tahu posisi, arah, dan target perusahaan. Mengapa aspek sumber daya manusia tidak dianalisis?

2. Aspek analisis keuangan sangat vital untuk dilakukan, karena selain untuk mengetahui seberapa besar potensi profit yang akan didapat, analisis keuangan juga bisa menarik investor. Hal apa saja yang harus didanai agar sebuah usaha dapat berjalan?

3. Salah satu hal yang harus diukur dalam usaha adalah mengukur kepuasan dan keinginan konsumen. Bagaimana cara mengukur suatu kepuasan?

4. Rencana usaha merupakan hasil analisis yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau proposal. Tiap-tiap usaha memiliki rencana yang berbeda-beda tergantung dari hasil analisisnya. Menurut kamu, untuk memulai sebuah usaha mikro, apakah memerlukan rencana usaha?

5. Sumber daya usaha adalah apa-apa yang harus dipenuhi agar sebuah usaha dapat berjalan. Ada tujuh macam sumber daya yang wajib dipenuhi sebelum membuka usaha. Berikanlah analisis sumber daya usaha yang harus dimiliki usaha jasa perhotelan!

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto pada link : https://forms.gle/k6KXM8hFzdrFdi5r5


Untuk mengecek hasil pekerjaan anda gunakan link : https://www.simonmurd.com/2024/01/materi-kelas-xi-tkj-pkwu.html

*5. PKWU*
_tanggal = 5-2-2024_

Link Materi : https://www.simonmurd.com/2023/12/pkwu-manajemen-sumber-daya-usaha-bab.html

B. Uraian

1. Dalam sistem produksi, penggunaan mesin saat proses produksi sangat penting. Mesin produksi semakin berkembang dan semakin modern mengikuti perkembangan teknologi. Wirausaha harus selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk mesin produksinya agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Menurut pendapatmu, apakah penggunaan mesin produksi berteknologi modern lebih efisien dibandingkan dengan mesin produksi tradisional? Jelaskan pendapatmu disertai alasannya!

2. Sistem produksi terdiri atas tiga komponen yaitu masukan (input), proses transformasi, dan keluaran. Dalam masukan (input) terdiri atas sumber daya manusia, modal, bahan baku, keahlian, mesin, dan informasi dari luar. Jelaskan mengenai keahlian yang merupakan masukan (input) dalam sistem produksi!

3. Jenis tenaga kerja yang biasa digunakan dalam perusahaan adalah tenaga kerja upahan dan tenaga kerja keluarga. Apabila kamu adalah seorang wirausaha yang sedang merintis usaha dengan modal yang lumayan besar dan kesuksesan usaha yang tinggi, maka jenis tenaga kerja apa yang akan kamu gunakan? Berikan alasannya!

4. Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor- faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksi perusahaan tersebut. Biaya produksi dapat mempengaruhi harga jual suatu produk. Jelaskan mengenai pengaruh biaya produksi terhadap harga jual produk!

5. Salah satu karakteristik proses produksi terus-menerus adalah mesin-mesin yang digunakan untuk menghasilkan produk bersifat khusus. Mengapa mesin yang digunakan pada proses produksi terus-menerus bersifat khusus?

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto pada link : https://forms.gle/3MHk9rExPvuWgUtb6


Untuk mengecek hasil pekerjaan anda gunakan link : https://www.simonmurd.com/2024/01/materi-kelas-xi-tkj-pkwu.html

*6. PKWU*
_tanggal = 12-2-2024_

Link Materi : https://www.simonmurd.com/2023/12/pkwu-sistem-produksi-produk-usaha-bab.html

B. Uraian

1. Dalam memproduksi produknya, wirausaha terlebih dahulu harus melakukan perencanaan produksi. Perencanaan produksi adalah aktivitas untuk menetapkan produk yang diproduksi, jumlah yang dibutuhkan, kapan produk tersebut harus selesai dan sumber-sumber yang dibutuhkan. Mengapa perencanaan produksi sangat penting dilakukan oleh wirausaha sebelum memproduksi produknya?.

2. Produksi merupakan salah satu bagian terpenting dari perusahaan manufaktūring yang berkaitan dengan transformasi berbagai input menjadi output (produk) sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan. Sedangkan yang dimaksud dengan proses produksi adalah serangkaian langkah-langkah yang digunakan untuk mengtransformasi Input menjadi output tersebut. Dalam proses produkši, dibutuhkan dua sumber daya utama yaitu sumber daya transformasi dan sumber daya yang ditransformagikan. Jelaskan mengenai sumber daya transformasi dan sumber daya yang ditransformasikan!

3. Dalam memilih bahan baku pembuatan produknya, seorang wirausaha harus memilih dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan akan produk yang akan diproduksi. Selain itu, dalam memilih bahan baku yang baik harus memenuhi syarat salah satunya yaitu bahan baku tersebut mempunyai harga yang relatif murah. Mengapa bahan baku produksi harus mempunyai harga yang relatif murah?

4. Semakin berkembangnya zaman, maka teknologi atau mesin yang digunakan untuk kegiatan produksi juga terus mengalami perkembangan dan semakin canggih. Mesin produksi yang modern dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan. Sehingga sangat penting bagi wirausaha untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dan menggunakan mesin produksi yang modern. Apa akibatnya apabila wirausaha tidak mengikuti perkembangan teknologi?

5. Semakin berkembangnya zaman, maka teknologi atau mesin yang digunakan untuk kegiatan produksi juga terus mengalami perkembangan dan semakin canggih. Mesin produksi yang modern dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan. Sehingga sangat penting bagi wirausaha untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dan menggunakan mesin produksi yang modern. Apa akibatnya apabila wirausaha tidak mengikuti perkembangan teknologi?

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto pada link : https://forms.gle/6rHhSQrcmUs9LFcF7


Untuk mengecek hasil pekerjaan anda gunakan link : https://www.simonmurd.com/2024/01/materi-kelas-xi-tkj-pkwu.html

*7. PKWU*
_tanggal = 19-2-2024_

Link Materi : https://www.simonmurd.com/2023/12/pkwu-melakukan-pelayanan-usaha-bab.html

B. Uraian

1. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan akan menciptakan kepuasan bagi pelanggan, sehingga para pelanggan tersebut selalu loyal. Pelanggan yang loyal akan selal membeli produk yang ditawarkan oleh penjual. Sebutkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan oleh penjual/wirausaha memiliki pelanggan yang loyal!

2. Pelayanan yang diberikan oleh penjual kepada pelanggannya yaitu dari sebelum mereka membeli produk (pra penjualan) dan setelah mereka membeli produk (pasca penjualan). Berikanlah contoh masing-masing tiga, pelayanan pra penjualan dan pelayanan pasca penjualan yang diberikan untuk pelanggan!

3. Pelanggan harus dilayani dengan sebaik mungkin, jangan sampai kita menjadi penjual tidak mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Selain itu, kita harus memahami masing-masing karakteristik pelanggan agar dapat mengetahui bagaimana cara memperlakukan pelanggan. Dampak apa yang akan dialami oleh penjual yang tidak melayani pelanggannya dengan baik?

4. Penerapan pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian merupakan konsep yang sesuai dengan hukum tentang pelanggan, yaitu "the costumer is always right" artinya pelanggan selalu menganggap dirinya paling benar. Selain itu, pelanggan adalah prioritas karena pelanggan adalah raja. Menurut pendapatmu, setujukah dengan pernyataan tersebut? Berikan alasanmu!

5. Dalam melakukan pelayanan prima harus bersikap ramah dan selalu mengucapkan terima kasih kepada pelanggan. Berikan alasan mengapa penjual harus selalu ramah dan mengucapkan terima kasih pada pelanggan? Apa hubungannya dengan keberhasilan penjualan?

Kerjakan di Buku Latihan, Setelah selesai Upload Foto pada link : https://forms.gle/6W8UTe9tNjv3Z7n28

Untuk mengecek hasil pekerjaan anda gunakan link : https://www.simonmurd.com/2024/01/materi-kelas-xi-tkj-pkwu.html

0 komentar: