phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

PKWU - Media Promosi Pemasaran (BAB 7)(Kelas XI)




BAB VII : Media Promosi Pemasaran

Baca dan pahamilah teks berikut!
Gambar 7.1 Produk perlu untuk dipromosikan

Coba kamu perhatikan Gambar 7.1 di atas? Gambar tersebut menunjukkan produk yang dipromosikan lewat pameran. Setelah produk dihasilkan, perlu dipromosikan agar dapat diketahui oleh konsumen. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Tanpa ada promosi, produk tidak akan dikenal dan dibeli konsumen.

Dalam mempromosikan produknya agar dikenal dan dibeli konsumen, wirausaha membutuhkan media promosi yang tepat. Media promosi yang dipilih mempengaruhi keberhasilan promosi suatu produk. Media yang digunakan untuk promosi sangat beraneka ragam, salah satunya seperti pada gambar di atas yaitu promosi melalui pameran.

Untuk lebih memahami mengenai promosi dan media-media yang digunakan untuk promosi, pelajarilah materi pada Bab Vil ini dengan sungguh-sungguh.

A. Pengertian dan Tujuan Promosi

Menurut Fandy Tjiptono (2008: 219), promosi merupakan bentuk komunikasi pemasaran, artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Adapun tujuan utama promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk. Secara rinci ketiga tujuan promosi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Menginformasikan
Menginformasikan (informing), dapat berupa:
a. Menginformasikan pasar mengenai keberadaan adanya sebuah produk baru.
b: Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari produk tertentu.
c. Menyampaikan perubahan harga (penurunan atau kenaikan) suatu produk kepada pasar.
d. Menjelaskan cara kerja dari suatu produk.
e. Memberi informasi kepada konsumen jasa-jasa yang diberikan atau di sediakan oleh perusahaan.
f. Meluruskan kesan yang keliru kepada masyarakat.
g. Mengurangi rasa ketakutan ataupun kekhawatiran para konsumen.
h. Membangun citra perusahaan.


2. Mempengaruhi dan Membujuk
Membujuk pelanggan sasaran (persuading) untuk:
a. Membentuk pilihan merek.
b. Mengalihkan pilihan konsumen ke merek tertentu..
c. Mengubah persepsi konsumen terhadap atribut suatu produk.
d. Mendorong para konsumen untuk berbelanja pada saat itu juga.
e. Memberi dorongan konsumen untuk menerima kunjungan dari wiraniaga (salesman).

3. Mengingatkan
Mengingatkan (reminding) dapat terdiri atas:
a. Mengingatkan para konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan oleh mereka dalam waktu dekat.
b. Mengingatkan para konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan.
c. Membuat para konsumen tetap ingat walupun tidak adanya kampanye iklan.
d. Menjaga agar ingatan pertama konsumen pada produk perusahaan. Sebagai contoh disaat konsumen ingin membeli sabun mandi, maka harapannya ingatan pertama mereka jatuh pada merek sabun Lux.

Promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut.

Mengapa promosi dalam menjalankan usaha itu penting? Untuk mengetahui jawabannya, kerjakan Kegiatan 7.1 berikut ini dengan cermat!

Kegiatan 7.1.

A. Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Pentingnya Promosi Dalam Suatu Bisnis
B. Jenis Kegiatan : Kelompok
C. Tujuan Kegiatan
1) Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya promosi dalam suatu bisnis denganbenar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat membuat kesimpulan tentang pentingnya promosi dalamsuatu bisnis dengan baik. (KD 4)
D. Langkah Kegiatan:
1. Bentuklah kelompok yang berangotakan 2 sampai 3 orang peserta didik!
2. Bacalah potongan artikel berikut ini dengan telitil

Kenapa Promosi Dalam Bisnis Itu Penting

Menjalankan bisnis bisa dipelajari oleh siapa saja. Asalkan memiliki kemauan yang kuat untuk belajar, bersedia kerja keras dan pantang patah arang.

Selain modal materi dan niat yang kuat, dibutuhkkan juga strategi yang jitu untuk menghadapi persaingan. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang wajar terjadi, yang harus diikuti oleh pelaku usaha agar mendapatkan perhatian konsumen.

Salah satu strategi marketing yang jamak diaplikasikan oleh pelaku usaha adalah promosi. Melalui promosi ini konsumen akan mengenal produk kita dan tertarik untuk membelinya.

3. Lakukan diskusi dengan mengidentifikasi pentingnya promosi dalam bisnis!
Hasil diskusi:
Pendapat 1
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 2 
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 3
…………………………………………………………………………………………………………..

4. Berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan, buatlah kesimpulan tentang pentingnya promosi dalam suatu bisnis!
Kesimpulan:
…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.1:
Salah satu tujuan promosi adalah membangun citra perusahaan. Citra perusahaan menentukan keberhasilan suatu usaha. Apabila suatu perusahaan mempunyai citra perusahaan yang bagus, maka akan mempunyai banyak pelanggan karena perusahaan tersebut memiliki kesan yang baik bagi masyarakat. Apa saja manfaat memiliki citra perusahaan yang baik?

Penyelesaian:
Manfaat citra perusahaan yang baik yaitu,
1. Daya saing jangka menengah dan panjang yang mantap, perusahaan berusaha memenangkan persaingan pasar dengan menyusun stategi pemasaran taktis.
2. Menjadi perisai selama krisis, sebagian besar masyarakat dapat memahami atau memaafkan kesalahan yang dibuat perusahaan dengan citra baik, yang menyebabkan mereka mengalami krisis.
3. Menjadi daya tarik eksekutif handal, yang mana eksekutif handal adalah aset perusahaan.
4. Meningkatkan efektivitas strategi pemasaran.
5. Menghemat biaya operasional karena citranya yang baik.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan 7.2:
Wirausaha yang telah memproduksi produk dan akan dijual kepada konsumen, perlu melakukan promosi terlebih dahulu. Promosi harus dilakukan demi keberhasilan penjualan produk. Apa yang akan terjadi apabila wirausaha atau penjual tidak melakukan promosi terhadap produknya?

Penyelesaian:
Beberapa akibat wirausaha atau penjual tidak melakukan promosi terhadap produknya yaitu sebagai berikut.
1. Produknya tidak dikenal konsumen dengan baik.
2. Kalah bersaing dengan wirausaha lainnya dalam hal menarik konsumen.
3. Volume penjualan sulit meningkat.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

B. Macam-Macam Bentuk Promosi

Bentuk promosi terdiri atas enam macam yaitu periklanan (advertising), penjualan pribadi (Personal selling), publisitas (publisity), direct marketing, public relation, dan promosi penjualan (sales promotion). Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian materi berikut ini.

1. Periklanan (Advertising)
Periklanan merupakan bentuk promosi dalam bentuk lisan ataupun penglihatan produk tertentu kepada konsumen dengan tujuan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Tujuan semua periklanan adalah menaikkan penjualan dan keuntungan. Iklan mempunyai beberapa karakteristik yaitu komunikatif, informatif, bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat, menarik perhatian dan bersifat mengajak konsumen untuk membeli barang atau jasa yang telah diiklankan. Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

a. iklan Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, yang dapat berupa letterpress, photolitography, sablon, inkjet, laser, dan lain- lain. Contoh iklan cetak yaitu iklan yang terdapat dalam koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lain.

Berdasarkan luas space iklan pada media cetak seperti surat kabar, majalah, dan tabloid terdapat beberapa bentuk iklan, yaitu:
1) Iklan baris, biasanya tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom.
2) Iklan kolom, memiliki lebar satu kolom namun lebih. tinggi dibanding iklan baris.
3) Iklan display, memiliki ukuran lebih luas dibanding dom fign iklan kolom.

4) iklan advertorial, memiliki ukuran luas seperti iklan display namun dengan teknik penyampaian pesan lebih diarahkan pada bentuk seperti sebuah berita.

Gambar 7.2 Contoh iklan pada media cetak

b. Iklan Elektronik
media berbasis perangkat elektronik. Iklan elektronik dapat berupa:
1) Iklan radio, yaitu iklan yang hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja.
2) Iklan televisi, memiliki beberapa unsur yaitu suara, gambar, teks, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah menarik perhatian dan impresif.
3) Iklan film, yaitu iklan yang hadir dalam produk film/cinema. Biasanya jenis iklan yang muncul adalah iklan property endorsement dan live action yang muncul sebelum film utama diputar.
4) Iklan media digital yaitu meliputi website, banner dan button, sponshorship, search engine marketing, classified ads, dan email advertising.
5) Iklan luar ruangan, yaitu iklan dalam media elektronik yang menjangkau audiens-nya di luar rumah. Contohnya adalah billboard.

2. Penjualan Pribadi (Personal selling)

Personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.

9th Personal selling adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada oleh seorang wiraniaga. Tugas seorang wiraniaga yaitu memberikan informasi produk kepada konsumen, menjelaskan manfaat produk kepada konsumen, menjawab pertanyaan maupun argumentasi dari konsumen secara langsung, mengarahkan konsumen agar terjadi transaksi, dan memberikan pelayanan purna jual. Dengan Personal selling, dapat dikumpulkan berbagai informasi mengenai tingkah laku membeli dari konsumen, kebiasaan-kebiasaannya, bahkan mengumpulkan informasi tentang saingan.
Gambar 7.3 Personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka) antarpenjual dan calon pelanggan

3. Publisitas (Publisity)

Publisitas merupakan bentuk promosi barang dan jasa secara nonpersonal, yang mana orang atau organisasi yang diuntungkan tidak membayar untuk itu. Publisitas merupakan pemanfaatan nilai- nilai berita yang terkandung dalam suatu produk untuk membentuk citra produk yang bersangkutan. Dibandingkan dengan iklan, publisitas mempunyai kredibilitas yang lebih baik. Disamping itu, karena pesan publisitas dimasukkan dalam berita atau artikel koran, tabloid, majalah, radio, dan televisi, maka khalayak tidak memandangnya sebagai komunikasi promosi. Publisitas juga dapat memberi informasi lebih banyak dan lebih terperinci daripada iklan.

Promosi melalui periklanan, Personal selling, dan publisitas pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk mengetahuinya, kerjakan Kegiatan berikut ini.

Kegiatan 7.2

A. Judul Kegiatan : Menganalisis Kelebihan dan Kelemahan dari Periklanan, Personal selling, dan Publisitas
B. Jenis Kegiatan : Mandiri
C. Tujuan Kegiatan
1) Peserta didik dapat menyebutkan kelebihan dan kelemahan dari periklanan, Personal selling, dan publisitas dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat mempresentasikan tentang kelebihan dan kelemahan dari periklanan, Personal selling, dan publisitas dengan baik. (KD 4)
D. Langkah Kegiatan:

1. Bacalah teks berikut ini!

Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga-non-laba, serta individu-individu. Perlu diingat bahwa periklanan dilakukan dengan mengeluarkan sejumlah biaya. Personal selling merupakan komunikasi dua arah secara tatap muka antara penjual dan calon pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, sehingga dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sedangkan publisitas adalah merupakan dorongan yang sifatnya tidak perorangan terhadap permintaan akan suatu produk, jasa ataupun satuan usaha dengan jalan memuat berita-berita yang sifatnya komersil di dalam media yang dipublikasikan atau penyajiannya secara tepat melalui televisi, radio, atau bioskop-bioskop dan kesemuanya ini tidak dibayar oleh sponsor.

2. Untuk memperluas pengetahuanmu, bacalah artikel yang memuat informasi tentang kelebihan dan kelemahan dari periklanan dan Personal selling!
Informasi yang diperoleh:
…………………………………………………………………………………………………………..
3. Analisislah kelebihan dan kelemahan dari periklanan, Personal selling, dan publisitas!
Hasil analisis:
a. Periklanan
Kelebihan:
1)…………………………………………………………………………………………………………..
2)…………………………………………………………………………………………………………..
3)…………………………………………………………………………………………………………..
Kelemahan:
1)…………………………………………………………………………………………………………..
2)…………………………………………………………………………………………………………..
3)…………………………………………………………………………………………………………..
b. Personal selling
Kelebihan:
1)…………………………………………………………………………………………………………..
2)…………………………………………………………………………………………………………..
3)…………………………………………………………………………………………………………..
Kelemahan:
1)…………………………………………………………………………………………………………..
2)…………………………………………………………………………………………………………..
3)…………………………………………………………………………………………………………..
C.Publisitas
Kelebihan:
1)…………………………………………………………………………………………………………..
2)…………………………………………………………………………………………………………..
3)…………………………………………………………………………………………………………..
Kelemahan:
1)…………………………………………………………………………………………………………..
2)…………………………………………………………………………………………………………..
3)…………………………………………………………………………………………………………..
4. Presentasikan hasil analisismu di depan kelas dengan berani dan percaya diri!

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.3
Salah satu cara pemasaran yang sering digunakan oleh para pengusaha dalam mempromosikan produknya yaitu melalui iklan. Iklan memuat suatu hal yang bersifat promosi atau untuk memasarkan barang dan sebuah jasa. Meskipun iklan telah menjadi salah satu bagian pokok dari usaha, namun tidak semua iklan yang dibuat memberi dampak positif. Bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha?

Penyelesaian:
Cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha yaitu sebagai berikut.
1. Sebuah iklan harus menarik perhatian banyak orang, harus pandai menggunakan kata-kata yang menarik. Sebuah kalimat atau kata yang dapat meyakinkan konsumen..
2. Menunjukkan manfaat apa saja yang diperoleh apabila menggunakan produk terkait. Selain itu, untuk meyakinkan para pembaca, juga harus menunjukkan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam produk tersebut atau keahlian apa saja yang dimiliki oleh jasa tersebut. Bisa juga menunjukkan testimonial atau produk yang sudah digunakan oleh konsumen sehingga para pembaca akan menjadi lebih percaya bahwa produk atau jasa yang mereka gunakan benar-benar terpercaya dan berkualitas tinggi.
3. Membuat konsumen ikut merasakan manfaat dari produk atau jasa dari usaha anda melalui kata atau kalimat yang dibuat.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan 7.4
Kegiatan Personal selling merupakan bagian dari kegiatan promosi yaitu cara untuk memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan secara tatap muka. Personal selling merupakan alat promosi yang sifatnya secara lisan, baik kepada seseorang maupun lebih calon pembeli dengan maksud
untuk menciptakan terjadinya transaksi pembelian yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, dengan menggunakan salesperson. Apa saja keahlian yang harus dimiliki seorang salesperson?

Penyelesaian:
Keahlian-keahlian yang harus dimiliki oleh salesperson yang melakukan personal selling yaitu.
1. Salesperson yang baik bukan hanya mereka yang secara pasif hanya menerima pesanan, namun mereka juga diharuskan menjadi pencari pesanan yang aktif.
2. Salesperson perlu untuk memiliki keahlian dalam bernegosiasi. Dalam negosiasi kedua pihak yaitu penjual dan pembeli membuat kesepakatan tentang harga, kuantitas, dan syarat-syarat lainnya. Dalam negosiasi kedua pihak dapat saling tawar-menawar untuk membuat suatu kesepakatan.
3. Salesperson harus dapat membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan konsumen. Tidak hanya konsumen, melainkan dengan para stakeholder yang terlibat di kegiatan usaha tersebut.
4. Salesperson harus memiliki fleksibilitas dalam mengerjakan peran yang akan ia kerjakan dalam bauran pemasaran.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..

Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

4. Direct Marketing
Gambar 7.4 Salah satu saluran dalam direct marketing yang digunakan untuk menjangkau calon pembeli yaitu pemasaran melalui katalog

Direct marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi. Dalam direct marketing, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen individual, dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang bersangkutan, baik melalui telepon, pos atau dengan datang langsung ke tempat konsumen.

Melalui direct marketing, konsumen juga dapat memperoleh manfaat berupa penghematan waktu dalam berbelanja. Sementara itu bagi penjual, manfaat yang diperoleh adalah dapat memilih calon pembeli secara selektif, dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggannya, dan memperoleh peluang baru yang menguntungkan. Direct marketing dapat menggunakan banyak saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran ini terdiri dari penjualan tatap muka, pemasaran direct mail, pemasaran melalui katalog, telemarketing, TV dan media dengan tanggapan langsung lain, pemasaran melalui kios, dan saluran online.

5. Public Relation
Public relations merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahaan tersebut. Public relation mempunyai tiga sifat utama yaitu sebagai berikut.
a. Memiliki kredibilitas tinggi, dimana artikel dan media massa lebih dipercaya daripada iklan.
b. Dapat menjangkau pihak-pihak yang menghindari wiraniaga atau iklan.
c. Memiliki potensi untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk tertentu.

6. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Gambar 7.5 Memberikan diskon termasuk salah satu promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Melalui promosi penjualan, perusahaan dapat menarik pelanggan baru, mempengaruhi pelangannya untuk mencoba produk baru, mendorong pelangan membeli lebih banyak, menyerang akivitas promosi pesaing, meningkatkan impulse buying (pembelian tanpa rencana sebelumnya), atau mengupayakan kerja sama yang lebih erat dengan pengecer.
Promosi penjualan dapat berupa hal-hal berikut.
a. Sampel, yaitu contoh produk yang secara cuma-cuma diberikan kepada konsumen dengan harapan mereka menerimanya serta menggunakannya, dapat diberikan secara langsung kepada konsumen atau digabungkan dengan produk yang sudah dikenal konsumen. Tujuan dari pemberian sampel adalah mendorong konsumen mencoba produk baru.
b. Kupon, yaitu secarik kertas berstempel perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan pemotongan harga dalam membeli produk dengan harga yang lebih murah. Tujuan dari kupon adalah merangsang permintaan. ·
c. Diskon, yaitu adalah potongan harga pada setiap barang yang dijual oleh para penjual agar produknya diminati oleh banyak pembeli.
d. Rabat, yaitu potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli karena membeli barang secara tunai dalam jumlah yang banyak.
e. Trading stamps, yaitu pemberian kupon-kupon dengan cap dagang perusahaan pada waktu terjadinya pembelian barang. Apabila kupon sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, dapat ditukar dengan suatu barang di perusahaan tersebut.
Untuk menambah pengetahuanmu tentang direct marketing, public relation, dan promosi penjualan, kerjakan Kegiatan berikut.

Kegiatan 7.3

A. Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Alat-Alat Promosi yang Digunakan Dalam Direct Marketing, Public Relation, dan Promosi Penjualan
B. Jenis Kegiatan : Kelompok
C. Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat menyebutkan alat-alat promosi yang digunakan dalam direct marketing, public relation, dan promosi penjualan dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat melakukan pengelompokan alat-alat promosi yang digunakan dalam direct marketing, public relation, dan promosi penjualan dengan baik. (KD 4)
Langkah Kegiatan:
1. Bekerjasamalah dengan teman sebangkumu!
2. Perhatikanlah alat-alat promosi berikut ini!.
Berikut adalah alat-alat yang digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya:
a. Katalog
b. Surat
c. Seminar
d. Hubungan masyarakat
e. Pameran
f. Produk sampel
g. Sponsor
h. Telemarketing
i. Kotak pers
j.. Pemberian kupon
k. Electronic shopping
l. Diskon
m. Donasi/sumbangan
n. Newspaper direct response marketing
o. Potongan rabat

3. Berdasarkan alat-alat promosi yang telah disebutkan di atas, bersama teman sebangkumu lakukan pengelompokan alat-alat promosi yang termasuk dalam direct marekting, public relation, dan promosi penjualan!
Hasil pengelompokan dapat kamu tulis di tabel berikut inil

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.5;
Direct marketing merupakan sistem pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen tanpa melalui perantara pemasaran. Direct marketing dalam kegiatan pemasaran memiliki tujuan untuk memeprolah respon secara langsung, selain untuk memperoleh respon lain direct marketing juga dapat digunakan untuk pembangunan brand image, menjaga kepuasan konsumen dan memberikan informasi dan edukasi konsumen untuk melakukan tindakan ke depan yang dikehendaki oleh pemasar. Direct marketing memberikan manfaat kepada beberapa oknum yang terlibat di dalamnya, yaitu penjual dan konsumen. Apa manfaat direct marketing bagi penjual dan bagi konsumen?

Penyelesaian:
1. Manfaat direct marketing bagi penjual yaitu sebagai berikut.
a. Memungkinkan pengujian media pemasaran dan pesan alternatif untuk menemukan metode yang paling efektif dan hemat.
b. Dapat membuat penawaran dan strategi yang sulit ditiru oleh pesaing.
c. Kemudahan dalam mengukur tanggapan atas promosi dan mengetahui jenis promosi yang paling efektif.
d. Pemasaran langsung bisa diatur agar menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat.
e. Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran.
2. Manfaat direct marketing bagi konsumen yaitu sebagai berikut.
a. Kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat waktu karena bisa dilakukan di rumah.
b. Konsumen memiliki kebebasan dalam memilih barang sesuai dengan kebutuhan dan dapat melihat harga melalui katalog atau di website
c. Pelanggan dapat melakukan pembelian barang untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan 7.6:
Seorang public relation (PR) harus dapat mengelola hubungan yang baik dan pandangan image yang positif mengenai perusahaan di mata publik. Bagaimana cara seorang public relation mengelola hubungan sehingga image perusahaan di mata masyarakat baik?

Penyelesaian:
Cara seorang public relation dalam mengelola hubungan sehingga tercipta image perusahaan yang baik di mata masyarakat adalah dengan cara sponsorship kegiatan-kegiatan yang positif, terlibat dalam kegiatan CSR dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh komunitas. Melalui cara ini PR dapat menciptakan pandangan dan opini publik yang positif terhadap perusahaan, sehingga kegiatan PR tidak hanya cenderung membantu kegiatan penjualan saja akan tetapi dapat terus menjaga dan menciptakan kesan yang baik.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

C. Media Promosi

Media promosi merupakan suatu alat untuk mengomunikasikan suatu produk perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Secara umum media promosi dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media lini bawah.

1. Media Cetak
Media cetak merupakan media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan sejumlah kata, gambar, atau foto baik dalam tata warna maupun hitam putih. Ciri-ciri media cetak yaitu sebagai berikut.
a. Praktis, mudah dibaca kapanpun dan dimanapun.
b. Bersifat massal, karena diproduksi untuk permintaan banyak.
c. Dapat ditemukan sampai daerah pelosok.
d. Bisa disimpan sebagai arsip atau koleksi.
Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, majalah, tabloid, brosur, selebaran, dan lain-lain. Media massa cetak seperti surat kabar atau koran, tabloid, dan majalah dapat menjadi alternatif pertama sobat dalam mempromosikan produk dan jasa. Tingkat keterbacaan media massa cetak yang tinggi dan jangkauan yang luas memungkinkan iklan dilihat dan dibaca oleh banyak orang sehingga pesan merek dapat tersampaikan dengan baik.

2. Media Elektronik
Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas televisi dan radio.

3. Media Luar Ruangan
Media luar ruangan merupakan media iklan yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian. Jenis-jenis media luar ruangan terdiri atas billboard, baliho, poster, spanduk, umbul- umbul, dan balon raksasa. Media promosi luar ruangan ditempatkan di tempat-tempat umum dan strategis. Ukuran media luar ruangan yang relatif besar berpotensi untuk menarik perhatian pembaca dan mengarahkan mereka pada pesan merek. Media luar ruangan harus didesain semenarik mungkin agar menarik perhatian orang karena media ini biasanya dibaca sambil lalu.
Gambar 7.6 Billboard merupakan media promosi luar ruangan yang dipasang ditempat terbuka

4. Media Lini Bawah
Media lini bawah merupakan media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk. Jenis-jenis media lini bawah terdiri atas pameran, direct mail, point of purchase, merchandising schemes, dan kalender.
Selain media promosi yang telah dijelaskan di atas, terdapat media promosi online yang saat ini banyak digunakan para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya. Analisislah media promosi online dengan mengerjakan Kegiatan berikut.

Kegiatan 7.4

A. Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Media Promosi Online
B. Jenis Kegiatan : Mandiri
C. Tujuan Kegiatan :
1). Peserta didik dapat media promosi online dengan benar. (KD 3)
2). Peserta didik dapat membuat kesimpulan hasil identifikasi tentang alasan pelayanan prima penting bagi pelanggan dengan baik. (KD 4)
D. Langkah Kegiatan :
1. Bacalah teks berikut ini! ·

Perkembangan zaman dan teknologi membawa banyak perubahan terutama media promosi yang kini semakin maju dengan memanfaatkan media online. setiap tahunnya media promosi online berupaya menawarkan fitur terbaik agar para penggunaanya semakin nyaman dan mendukung omset penjualan.

Facebook merupakan salah satu media promosi yang sering digunakan. Sebagi salah satu media sosial dengan penggunaan terbanyak di dunia, kini Facebook dilengkapi fitur yang sangat mendukung untuk promosi bisnis. Dengan memanfaatkan fitur like dan komen, para penggunaan Facebook bisa melakukan promosi serta pengenalan produk ke calon konsumen secara lebih mudah.
Gambar 7.7 Facebook merupakan salah satu media promosi online yangs sering digunakan

2. Bacalah artikel untuk menambah informasi tentang media promosi online!
Informasi yang diperoleh:
…………………………………………………………………………………………………………..

Selain facebook, lakukanlah identifikfasilah media promosi online yang sekarang banyak digunakan untuk mempromosikan produk oleh para pelaku usaha!
Media promosi online:
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
d.…………………………………………………………………………………………………………..
e.…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.7:
Media cetak yang satu ini menjadi pilihan utama para perusahaan ketika membahas strategi pemasaran. Media massa seperti tabloid, majalah, dan surat kabar entah itu lokal maupun nasional adalah sumber informasi cetak paling populer. Sebutkan kelebihan-kelebihan melakukan promosi menggunakan media cetak!

Penyelesaian:
Kelebihan-kelebihan media cetak sebagai alat promosi yaitu sebagai berikut.
1. Media promosi cetak lebih mudah diakses dibandingkan dengan media internet.
2. Bentuk media promosi cetak sangatlah beragam.
3. Media cetak dapat disimpan oleh konsumen.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan 7.8:
Salah satu jenis media promosi yang digunakan oleh pelaku usaha selain media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan adalah media lini bawah. Media lini bawah merupakan media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk. media yang digunakan dalam media lini bawah adalah direct mail, point of purchase, dan merchandising schemes. Jelaskan mengenai direct mail, point of purchase, dan merchandising schemes!

Penyelesaian:
Direct mail merupakan segala bentuk periklanan yang digunakan untuk menjual barang secara langsung kepada konsumen, baik melalui surat, kupon yang disebarkan di berbagai media cetak, maupun melalui telepon. Point of purchase merupakan display yang mendukung penjualan, dengan tujuan memberi informasi, mengingatkan, membujuk konsumen untuk membeli secara langsung, dan menjajakan produk. Merchandising schemes berguna untuk mempertahankan pembelian lewat celah-celah yang dilupakan.Misalnya kepada konsumen yang berbelanja diberikan hadiah eksta, potongan harga yang dicetak pada kemasan, harga khusus yang diberikan kepada orang yang berbelanja dengan membawa potongan iklan di koran, dan kupon yang dapat langsung ditukarkan.

Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

HOTS (High Order Thinking Skills)


A. Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E dan berikan alasannya!

1. Secara garis besar, tujuan promosi dikelompokkan menjadi tiga yaitu informing, persuading, dan reminding. Berikut ini yang termasuk dalam kategori tujuan persuading adalah ........
A. menjelaskan cara kerja produk
B. membentuk pilihan merek
C. mengurangi rasa kekhawatiran konsumen
D. menyampaikan perubahan harga terhadap pasar
E. menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan

2. Jenis-jenis promosi bermacam-macam dan dipilih den digunakan oleh pelaku usaha disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran produknya. Saat dalam talep memperkenalkan produk, kebanyakan pelaku usaha memilih iklan sebagai media primosinya. Alasan mengapa dalam tahap perkenalan produk memerlukan promosi berupa iklan yaitu ....
A. untuk mempertahankan pangsa pasar
B. untuk memperluas pangsa pasar
C. untuk memperkenalkan produk secara gencar
D. memproduksi produk secara besar-besaran
E. iklan merupakan alat promosi yang murah dan efektif

3. Perhatikan ciri-ciri media promosi berikut.
(1) Bersifat audio, visual, dan motion.
(2) Sangat menarik perhatian
(3) Mempunyai kemampuan yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak.
Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri media promosi yang disebut
A. radio
B. majalah
C. televisi
D. surat kabar
E. pameran

4. Melalui direct marketing, konsumen juga dapat memperoleh manfaat berupa penghematan waktu dalam berbelanja. Perkembangan dan pertumbuhan penggunaan direct marketing sebagai media promosi pada zaman sekarang bertambah semakin luas. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong pertumbuhan direct marketing adalah ....
A. semakin mahalnya tarif telepon
B. lalu lintas semakin padat
C. semakin majunya sarana transportasi
D. semakin banyaknya wanita yang terjun ke dunia kerja
E. panjangnya antrian di kasir supermarket

5. Media luar ruangan merupakan media iklan yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian. Ukuran media luar ruangan yang relatif besar berpotensi untuk menarik perhatian pembaca dan mengarahkan mereka pada pesan merek. Berikut ini yang merupakan contoh media luar ruangan adalah
A. televisi, billboard, pameran
B. baliho, billboard, poster
C. baliho, radio, televisi
D. pameran, direct mail, point of purchase
E. radio, pameran, spanduk

B. Uraian
1. Seorang pelaku usaha dalam melakukan promosi pasti memiliki tujuan, selain agar produknya dikenal konsumen, promosi juga bertujuan untuk membangun citra perusahaan. Dengan memiliki citra perusahaan yang baik, pelaku usaha akan mempunyai daya saing yang mantab dan dapat memenangkan persaingan pasar dengan menyusun stategi pemasaran taktis. Selain itu akan menjadi daya tarik eksekutif yang handal, yang mana eksekutif handál adalah aset perusahaan. Bagaimana cara pelaku usaha agar perusahaan mereka mempunyai citra yang baik di masyarakat selaku konsumen?

2. Salah satu promosi yang dilakukan perusahaan agar produknya banyak diminati oleh konsumen adalah dengan memberikan promosi penjualan. Promosi penjualan yang dapat diterapkan salah satunya adalah dengan memberikan diskon atau obral pada produk yang dijual. Faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan pelaku usaha dalam melakukan diskon bagi produk yang dijualnya?

3. Terkadang konsumen tidak mengenal produk yang ditawarkan, hal tersebut dikarenakan mereka tidak memahami isi iklan atau bentuk promosi yang disampaikan mungkin yang disebabkan oleh durasi iklan yang pendek atau iklan yang disajikan kurang menarik dan tidak dapat menjelaskan produk yang dipromosikan dengan baik. Bagaimana cara membuat iklan yang baik sehingga konsumen mengerti dan paham dengan pesan yang disampaikan dalam iklan?

4. Salah satu tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan pembelian ulang. Menurut kamu cara efektif apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian ulang konsumen?

5. Dalam melakukan Personal selling tentu sudah membekall seorang salesperson untuk melakukan antisipasi lapangan dan taktik membujuk yang relevan, sopan dan efektif kepada konsumen. Namun tidak semua konsumen menerima promosi produk tersebut, banyak dari mereka yang menolak produk tersebut. Apa saja alasan yang mendasari konsumen menolak suatu produk atau layanan?

Studi Kasus

Baca dan pahamilah teks berikut!

Strategi Promosi Barang Handmade

Banyak cara untuk berbagi pada sesama. Salah satunya lewat handmade. Itulah yang dilakukan oleh komunitas crafter Surabaya, My Sister Finger, Berdiri sejak 2011, komunitas ini sudah beberapa kali menggelar bazar, pelatihan crafter,pameran dan workshop. Itu seperti workshop yang mereka lakukan Minggu (19/4) di Tupperware Building Surabaya. Berangkat dengan tema Perempuan Berkarya dan

Berbisnis Craft Manfaatkan Potensimu, mereka menghadirkan Joanna Monica, mahasiswa Ciputra. Monica berbicara soal strategi pemasaran dan branding of product.

Brand sangat penting untuk mengembangkan sebuah usaha, khususnya di bidang handmade. Perempuan berambut lurus itu pun membagi ke dalam sembilan unsur. Mulai dari menentukan usaha yang hendak dijalankan, mengetahui kelemahan dan kelebihan, menetapkan pangsa pasar, menentukan strategi distribusi dan lainnya.

Usai menjelaskan, 7 dari 29 peserta bertanya tentang bagaimana membentuk brand dan strategi promosi lewat akun sosial media, khususnya instagram. "Untuk menggaet pelanggan lewat instagram, bisa dengan memperbanyak hastag," tutur Monica. Sedangkan untuk menambah jumlah follower bisa dengan meng-follow akun online shop dan memberikan tanda like di beberapa postingannya. Hal itu efektif untuk menambah jumlah follower sebagai target pasar.

Testimoni produk juga diperlukan, selain membangun brand. Hal itu juga bertujuan untuk membangun kepercayaan publik terkait usaha yang dijalankan. Evander Pratama yang mendampingi Monica menambahkan, strategi untuk menggaet pelanggan tidak hanya asal promosi di sosial media. Membangun jaringan juga tak kalah penting.

Dalam rangka untuk memperdalam pemahamanmu mengenai media promosi pemasraan. Analisislab tentang strategi-strategi promosi yang tepat untuk barang handmade, Tulislah hasil analisismu sesuai dengan tahapan berikut.

A. Rumusan Masalah:
…………………………………………………………………………………………………………..
B. Teori yang relevan tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan:
1.…………………………………………………………………………………………………………..
2.…………………………………………………………………………………………………………..
C. Dukungan Data Lapangan yang Sesuai (Berdasarkan Survei/Observasi tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan)
1.…………………………………………………………………………………………………………..
2.…………………………………………………………………………………………………………..
D. Analisis Data:
1.…………………………………………………………………………………………………………..
2.…………………………………………………………………………………………………………..
E. Simpulan:

Cermati dan pahamilah teks berikut!
Kerjakan tugas ini secara berkelompok (3 hingga 4 orang peserta didik)

Potensi UMKM Kembangkan Usaha Lewat Media Sosial Terbuka Lebar

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kerap kesulitan dalam mengembangkan usaha. Namun, saat ini pelaku UMKM bisa memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produk dan menjaring konsumen semakin banyak dalam membeli barang dagangan.

"Sejauh ini masih ada pemikiran UMKM yang ke-block. Mereka belum betul dalam pemikiraannya (dalam pemanfaatan media sosial)," kata pakar Search Engine Optimization (SEO) Agus Piranhamas dalam seminar Beli Indonesia di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (4/10). Agus mengatakan, selama ini banyak pelaku UMKM yang berjualan melalui dunia digital (online). Namun UMKM ini banyak mengira jika berjualan secara online harus memiliki website sendiri. Padahal selain website yang harus berbayar, masih ada promosi melalui media sosial yang sebenarnya gratis.

Salah satu yang paling mudah digunakan untuk melakukan promosi yakni melalui laman Facebook. Saat ini media sosial Facebook miliki jumlah pengguna sangat besar. Bahkan di Indonesia pengguna Facebook melebihi media sosial lain seperti Twitter atau Youtube. Artinya cukup melalui Facebook, maka produk yang dijual sudah bisa dipasarkan dan diketahui oleh. jutaan masyarakat penggunanya.

Namun, pelaku UMKM juga tidak bisa seadanya dalam menggunakan media sosial untuk berpromosi. Sebab terdapat trik- trik khusus untuk membuat media sosial bisa memberikan manfaat dalam dalam pertumbuhan produk yang dijual dan dipasarkan melalui media sosial. Apalagi banyak juga pelaku usaha yang memiliki produk sama dan bermain menggunakan media sosial.
Gambar 7.8 Contoh salah satu produk UMKM di Indonesia

"Memang butuh cara tertentu agar media sosial yang dibuat bisa lebih unik. Jadi saat kita klik di- Google, produk jualan kita bisa terlihat oleh pencari produk,” ungkap Agus. Distibutor Cireng Salju untuk kawasan Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Sukabumi, dan Cianjur, Shinta Dwigunanti mengatakan, pengaruh perkembangan media sosial untuk promosi perdagangan memang sangat terasa. Tanpa publikasi melalui offline, pihaknya masih mampu mendapatkan reseller dan konsumen yang mau membeli produk. Cireng Salju.

"Kalau lewat Facebook saja ini cepet banget Mas. Hitungan bulan promosi awal saja kita sudah bisa menjual banyak produk,” kata Shinta. Shinta menuturkan, dalam penjualan melalui pemanfaatan media sosial yang ramai digunakan masyarakat, pihaknya mampu meraup keuntungan mencapai Rp 30 juta. Nilai ini didapat ketika pasar sedang sepi. Kalau pasar sedang ramai, omzet Cireng Salju miliknya bisa tembus mencapai lebih dari Rp 40 juta.

Menurut Shinta, saat ini pihaknya sudah memulai penjualan secara offline dengan berbagai cara seperti keikutsertaan dalam pameran atau acara lainnya. Tapi dalam promosi dan jualan ini, Shinta tetap mengajak konsumen untuk bisa mengikuti media sosial Cireng Salju, dan membeli produk dengan cara online. "Ini kan gratis kalau media sosial. Selain itu ada pertemanan banyak di media sosial. Dari pertemanan ini akan terus bertambah dari satu mulut ke mulut orang lain,” ujarnya.

Artikel di atas menginformasikan bahwa saat ini pelaku UMKM bisa memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produk dan menjaring konsumen semakin banyak dalam membeli barang dagangan. Untuk mempertajam analisismu secara komprehensif mengenai media promosi pemasaran, lakukan analisis bagaimana cara agar UMKM dapat memaksimalkan penjualan produknya melalui media sosial menggunakan model Problem Based Learning dengan melengkapi tahapan-tahapan berikut.

A. Identifikasi Masalah :
…………………………………………………………………………………………………………..
B. Diskusikan dengan kelompokmu tentang cara agar UMKM dapat memaksimalkan penjualan produknya melalui media sosial!
Pendapat 1:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 2:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 3:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 4:
…………………………………………………………………………………………………………..
C. Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi yang telah dilakukan!

Cara agar UMKM dapat memaksimalkan penjualan produknya melalui media sosial yaitu sebagai berikut.

Di lingkungan sekitarmu pasti terdapat pelaku usaha yang mempunyai usaha memproduksi lalu mempromosikan produknya. Amatilah salah satu tempat usaha yang melakukan promosi produk tersebut, barang apa yang ditawarkan, cara-cara promosi apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produknya, dan apakah cara promosi yang telah dilakukan berhasil dalam meningkatkan penjualan produknya.

Agar kamu lebih memahami materi tentang media promosi pemasaran yang dibahas pada bab ini, kerjakan kegiatan di bawah ini dengan menggunakan model Project Based Learning. Kemudian, lengkapilah langkah- langkah berikut.

A. Judul Projek :
…………………………………………………………………………………………………………..
B. Jenis Tugas :
…………………………………………………………………………………………………………..
C. Jadwal Pelaksanaan
D. Sumber Data
1. Pengamatan di tempat usaha yang berada di lingkungan sekitar.
2. Informan:
a. Pemilik usaha.
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
3. Referensi:
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
E. Cara Mengumpulkan Data
1. Melakukan observasi mengenai cara promosi.
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
2. Melakukan wawancara kepada beberapa informan.
Hasil Wawancara:
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
F. Analisis Data
1. Hasil analisis data observasi.
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
2. Hasil analisis data hasil wawancara.
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
G. Simpulan Hasil Analisis

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya!

1. Berikut ini yang termasuk tujuan promosi menginformasikan (informing) adalah ....
A. menjelaskan cara kerja suatu produk.
B. membentuk pilihan merek
C. mendorong para konsumen untuk berbelanja pada saat itu juga
D. menjaga agar ingatan pertama konsumen pada produk perusahaan
E. mengingatkan para konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan oleh mereka dalam waktu dekat

2. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Komunikatif
(2) Efektif
(3) Informatif
(4) Relevan
Pernyataan di atas yang termasuk karakteristik periklanan adalah ......
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (2) dan (4)

3. Website, sponshorship, search engine marketing merupakan contoh iklan
A. radio
B. cetak
C. televisi
D. film
E. media digital

4. Dapat mengumpulkan berbagai informasi secara langsung mengenai tingkah laku membeli dari konsumen, kebiasaan- kebiasaannya, bahkan mengumpulkan informasi tentang saingan adalah salah satu kelebihan bentuk promosi yang disebut....
A. publisitas
B. advertising
C. Personal selling
D. direct marketing
E. public relations

5. Kontes, diskon, sampel, dan kupon merupakan alat-alat promosi yang banyak digunakan dalam ....
A. periklanan
B. public relations
C. personal selling
D. promosi penjualan
E. direct marketing

6. Berikut ini yang termasuk alat-alat promosi yang digunakan dalam public relations, kecuali.....
A. sponsor
B. demonstrasi
C. pidato
D. seminar
E. majalah perusahaan

7. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Sangat mencolok karena ukuran besar.
(2) Penampilan menarik.
(3) Jangkauannya jauh.
(4) Menayangkan pesan iklan yang sama berkali-kali.
(5) Bersifat audio, visual, dan motion.
Pernyataan di atas yang merupakan keunggulan promosi menggunakan media luar ruangan ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

8. Berikut ini yang merupakan kelemahan dari direct mail yaitu ....
A. penayangan terlalu cepat
B. banyak gangguan
C. selektif memilih khalayak yang dituju
D. tingkat respon rendah
E. beberapa produk tidak dapat di iklankan

Perhatikan petunjuk berikut untuk dapat menyelesaikan soal nomor 9 dan 10! Petunjuk:
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyataan benar, alasan salah.
D. Jika pernyataan salah, alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan salah.

Pernyataan:

9. Dalam mempromosikan produk keperluan rumah tangga dan pakaian lebih efektif menggunakan promosi penjualan.

Sebab

Konsumen membutuhkan suatu proses pembandingan dalam proses pemilihan dan pembeliannya oleh konsumen. Misal yang menjadi pembanding adalah harga produk.

Jawaban:
…………………………………………………………………………………………………………..
Alasan:
…………………………………………………………………………………………………………..

10. Cara promosi dengan publisitas lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan promosi melalui iklan.

Sebab

Publisitas dapat memberi informasi lebih banyak dan lebih terperinci daripada iklan..

Jawaban:
…………………………………………………………………………………………………………..
Alasan:
…………………………………………………………………………………………………………..

Refleksi

Pada Bab VII, peserta didik telah mempelajari tentang media promosi pemasaran. Materi yang telah dipahami maupun yang belum dipahami, diberi tanda centang (V) pada kolom di bawah ini. Peserta didik juga akan bertanya jika ada materi yang belum dipahami.

Muatan Aktivitas Peserta Didik

A. Tugas Mandiri
Pada bab ini, kamu telah belajar mengenai media promosi pemasaran. Untuk mengembangkan wawasanmu, kerjakan tugas berikut.

1. Bacalah teks berikut ini dengan sungguh-sungguh!
Selain memanfaatkan media cetak, juga bisa melakukan promosi dengan media elektronik. Saat ini, media elektronik yang paling efektif adalah dengan menggunakan TV atau radio.

2. Identifikasilah kelebihan dan kelemahan televisi sebagai media promosi!
a. Kelebihan:
…………………………………………………………………………………………………………..
b. Kelemahan:
…………………………………………………………………………………………………………..
3. Identifikasilah kelebihan dan kelemahan radio sebagai media promosi!
a. Kelebihan:
…………………………………………………………………………………………………………..
b. Kelemahan:
…………………………………………………………………………………………………………..

4. Kumpulkan hasil pekerjaanmu kepada guru untuk dinilai!

B. Tugas Kelompok

Kerjakanlah tugas berikut secara berkelompok!
1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang dengan tidak membeda-bedakan dalam memilih anggota kelompok!
Bacalah potongan artikel berikut!

Kembangkan UMKM, Indag Jabar rajin gelar pameran

Mengembangkan eksistensi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jabar menggelar pameran di Cihampelas Walk (Ciwalk) dengan menonjolkan produk kebutuhan fesyen dan kerajinan.

Pameran yang secara resmi dimulai hari ini, Selasa (8/5) ini menghadirkan puluhan stand dengan menawarkan produk-produk unik. Mulai dari busana wanita yang menggunakan kain tradisional dengan kain songket, hingga kerajinan tangan yakni jam tangan dan alat-alat musik dari bambu yang dibuat oleh Indonesian Bamboo Community (IBC).

Kepala Dinas Indag Jabar, Muhammad Arifin mengatakan, salah satu upaya untuk lebih memperluas pasar para pelaku UMKM adalah pameran. Dalam gelaran pameran bertitle Pameran Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), masyarakat akan lebih mengenal produk-produk UMKM yang unik dan menarik.

"Salah satu cara mengenalkan produk UMKM lebih luas ya dengan seperti ini, pameran produk," ujar Arifin kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Cihampelas Walk, Selasa (8/5).

Bukan hanya sekedar gelaran pameran, tutur dia, untuk memiliki pasar yang lebih luas, menjangkau pasar onlinepun menjadi salah satu strategi yang wajib dilakukan dewasa ini. Skema bisnis online menjadi begitu ketat tatkala modernisasi yang mengarah ke sana semakin mendominasi.

3. Diskusikan dengan kelompokmu mengenai pentingnya UMKM mengikuti pameran! Pentingnya UMKM mengikuti pameran:
…………………………………………………………………………………………………………..

4. Dalam artikel juga dijelaskan bahwa untuk memiliki pasar yang lebih luas, menjangkau pasar onlinepun menjadi salah satu strategi yang wajib dilakukan dewasa ini. Skema bisnis online menjadi begitu ketat tatkala modernisasi yang mengarah ke sana semakin mendominasi. Analisislah apa yang dimaskud dengan bisnis online dan bagaimana cara melakukan promosi produk secara online agar sukses dalam menjalankan bisnis onlinel
Bisnis online adalah:
…………………………………………………………………………………………………………..

Cara melakukan promosi produk secara online agar sukses dalam menjalankan bisnis online yaitu sebagai berikut.

C. Tugas Projek

1. Kerjakan Tugas Projek berikut ini dengan sungguh-sungguh! Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4 hingga 5 orang!

2. Bersama kelompokmu, buatlah perencanaan untuk membuat produk yang nantinya akan dipromosikan! Produk yang dibuat:

3. Setelah itu buatlah perencanaan untuk membuat media promosi untuk memasarkan produk tersebut! Kalian dapat memilih media promosi yang akan digunakan (televisi, iklan di surat kabar/majalah, poster, dan lain-lain)
Media promosi yang akan digunakan:
…………………………………………………………………………………………………………..

4. Buatlah media promosi dengan isi pesan promosi sesuai dengan produk yang akan kalian pasarkan!

5. Presentasikanlah hasil pembuatan media promosi yang telah kalian buat di depan kelas dengan percaya diri!

6. Kumpulkan hasil tugas projek kelompokmu kepada guru untuk dinilai!


0 komentar: