phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

PKWU - Laporan Keuangan Sederhana (BAB 10)(Kelas XI)


BAB X : Laporan Keuangan Sederhana

Bacalah teks berikut dengan sungguh-sungguh!
Gambar 10.1 Laporan keuangan juga bisa digunakan sebagai sumber untuk mengaudit keuangan organisasi.

Semua aktivitas usaha yang terdapat transaksi keuangan di dalamnya, membutuhkan laporan keuangan. Laporan keuangan dalam sebuah organisasi merupakan suatu bentuk pertanggung jawa- ban pengelola keuangan terhadap kinerja dan aktivitas keuangan perusahaan.
Pada gambar 10.1 merupakan ilustrasi dari salah satu manfaat dari laporan keuangan, yaitu untuk menjaga kebenaran dan kejujuran laporan. Setiap perusahaan tentunya selalu mengaudit laporan keuangan yang mereka miliki. Hal tersebut untuk menghindari adanya praktik kecurangan dan pencurian uang perusahaan.
Bila kamu mengetahui, umumnya bagian keuangan memiliki dua bagian. Kedua bagian terse- but adalah bagian yang mengeluarkan uang dan bagian yang mencatat keuangan. Bagian pemegang keuangan dan pencatat keuangan dipisah dengan tujuan untuk menghindari kerja sama yang meru- gikan perusahaan, juga sekaligus sebagai bentuk double check dalam hal keuangan.
Bila kamu menjalankan sebuah kewirausahaan dan belum memiliki staf yang bertugas di ba- gian keuangan, maka kamu harus ekstra hati-hati dalam mengelola dan mencatat keuangan usaha- mu.
Dalam Bab 10 kali ini, kamu akan mempelajari mengenai laporan laba rugi sederhana. Materi kali ini akan berguna untuk mempermudah kamu dalam mengetahui kondisi keuangan usaha yang sedang kamu jalani.

A Laporan Keuangan Kewirausahaan

1. Pengertian
Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2012:5) laporan keuangan adalah struktur yang menyajikan posisi keuangan dan kinerja keuangan dalam sebuah organisasi. Tujuan umum dari laporan keuangan adalah penyajian informasi yang berkaitan dengan posisi keuangan (financial position), kinerja keuangan (financial performance), dan arus kas (cash flows) dari suatu organisasi yang berguna bagi pengguna laporan keuangannya untuk menentukan keputusan ekonomis.
Menurut Munawir (2010:5) laporan keuangan memuat tentang neraca, laporan laba rugi, dan juga laporan perubahan ekuitas. Laporan laba rugi menunjukkan hasil-hasil yang sudah dicapai oleh perusahaan dan juga beban-beban perusahaan dalam periode tertentu.
Berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat kita simpulkan pengertian dari laporan keuangan. Laporan keuangan adalah sebuah informasi keuangan yang terstruktur mengenai kondisi keuangan perusahaan, baik itu posisi keuangan maupun kinerja keuangan.

2. Tujuan
Beberapa tujuan dari laporan keuangan yang akan kamu dapatkan antara lain..
a. Informasi keuangan berisi tentang posisi dan kinerja keuangan perusahaan dibutuhkan oleh para penggunanya sebagai bahan evaluasi dan perbandingan. Hasil evaluasi. dan perbandingan digunakan untuk melihat dampak keuangan yang timbul dari keputusan ekonomis yang telah dibuat.
b. Informasi keuangan juga digunakan sebagai dasar untuk menilai dan meramalkan keuangan perusahaan di masa kini dan masa yang akan datang, berkaitan dengan strategi perusahaan selama beroperasi.
c. Laporan keuangan juga bertujuan dalam pengambilan keputusan mengenai pengambilan investasi dan lain sebagainya yang mungkin berpengaruh pada kondisi keuangan di masa yang akan datang...
Gambar 10:2: berbagai software dan aplikasi android yang memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan usaha, baik yang sederhana maupun yang kompleks

3. Karakteristik
Karakteristik laporan keuangan menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2009:5-8) ada empat pokok. Keempat pokok tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.
a. Dapat Dipahami
Sebuah laporan keuangan harus mudah untuk dipahami oleh pengguna/pemakainya. Dalam hal ini, orang yang menggunakan laporan keuangan, harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keuangan, aktivitas ekonomi dan usaha, dan juga mengenai akuntansi. Meski pun sebuah laporan harus mudah dipahami, bukan berarti hal-hal yang kompleks mengenai laporan keuangan tidak dimunculkan dalam informasi keuangan,
b. Relevan
Sebuah laporan keuangan harus relevan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna laporan. Hal ini akan berkaitan dengan proses pengambilan keputusan oleh pengguna laporan keuangan. Sebuah informasi dikatakan memiliki kualitas yang relevan bila dapat membantu penggunanya dalam mengambil keputusan dengan mengevaluasi masa lalu, masa kini, dan untuk memprediksi kondisi di masa depan. Peran informasi dalam peramalan dan penegasan saling berkaitan. Misalnya saja, informasi mengenai aset yang bisa dimanfaatkan perusahaan berguna bagi pengguna informasi untuk meramalkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan peluang.
c. Keandalan
Laporan keuangan harus memiliki sifat keandalan. Laporan keuangan yang andal artinya bebas dari informasi yang menyesatkan dan dapat diandalkan pemakainya sebagai informasi yang tulus dan jujur. Laporan keuangan bisa saja relevan tetapi mungkin tidak bisa diandalkan, misalnya saja dalam hal netralitas dan kejujuran informasi. Laporan keuangan yang tidak bisa diandalkan akan membuat penyesatan informasi. Maka dari itu salah satu hal agar laporan keuangan bisa diandalkan adalah kelengkapan informasi. Informasi yang tidak lengkaplah yang membuat penyesatan.
d. Dapat Dibandingkan
Laporan keuangan harus dapat dibandingkan dengan laporan keuangan lainnya, baik itu perusahaan lain atau laporan keuangan perusahaan sendiri yang telah lampau. Hal ini guna mempermudah pemakai untuk mengambil keputusan serta mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan. Oleh karena itu, struktur dan penyajian laporan keuangan perusahaan harus konsisten dalam setiap periode.

Kegiatan 10.1

A. Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Laporan Keuangan Sederhana
B. Jenis Kegiatan : Kelompok
C. Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat memahami laporan keuangan dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat mengidentifikasi laporan keuangan dengan tepat. (KD 4)
D. Langkah Kegiatan :
1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang!
Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Paper.id, Solusi Invoicing Pertama di Indonesia

Meskipun pertumbuhan UMKM sangat tinggi, banyak pemilik UMKM mengabaikan manajemen keuangannya. Pelaku usaha masih menggunakan sistem invoicing manual yang merepotkan dan sulit dilacak. Di sisi lain, banyak pelaku usaha masih minim pemahaman terhadap dasar-dasar akuntansi.
Berangkat dari permasalahan tersebut, Jeremy Limman dan Yosia Sugialam menciptakan Paper.id sebagai platform invoicing pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan laporan manajemen arus kas dan laporan keuangan. Paper.id memberikan cara cerdas untuk mengirimkan dan membayar invoice serta mengelola keuangan, kapanpun dan dimanapun.
Dengan paper.id, pelaku usaha mampu menelusuri semua tagihan dan penjualan serta melihat laporan keuangan yang komprehensif. Paper.id memungkinkan pelaku usaha untuk membuat invoice dan laporan keuangan dengan mudah dalam waktu yang cepat. Dilengkapi dengan sistem pengingat, pengguna Paper. id tidak akan pernah lupa akan tagihan atau pembayaran pelanggannya. Paper.id memungkinkan usaha tradisional untuk membayar invoice dengan pilihan metode pembayaran yang aman dan terpercaya, mulai dari transfer bank, virtual account, kartu kredit, m-banking dan e-wallet.

3. Catatlah informasi yang diperoleh dari artikel di atas!
Hasil informasi dari artikel:
…………………………………………………………………………………………………………..
4. Bersama dengan kelompokmu, identifikasikanlah fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi laporan keuangan!
Hasil diskusi:
Pendapat 1:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 2:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 3:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 4:
…………………………………………………………………………………………………………..
5. Berdasarkan hasil analisis kelompok, masing-masing anggota kelompok membuat kesimpulan tentang strategi yang tepat agar manajemen dan pelaporan keuangan usaha dapat berjalan lancar!
Kesimpulan, strategi agar dapat menerapkan manajemen dan laporan keuangan:
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
d.…………………………………………………………………………………………………………..

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 10.1:
Arya merupakan manajer keuangan di sebuah restoran cepat saji. Setiap tanggal 25 adalah periode tutup buku dari restoran. Arya harus menyusun laporan keuangan dan menunjukkan kepada direktur restoran yang juga sekaligus pemilik restoran. Bantulah Arya mengenai karakteristik laporan keuangan yang tepat untuk dilaporkan. 
Penyelesaian:
Laporan keuangan memiliki empat karakteristik utama. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pemakai laporan keuangan, Keempat karakteristik laporan keuangan antara lain; 1) dapat dipahami; 2) relevan; 3) dapat diandalkan; 4) dapat dibandingkan.
Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..
Permasalahan 10.2:
Salah satu karakteristik dari laporan keuangan adalah dapat diandalkan. Seorang staf keuangan yang baru belajar terlupa untuk memasukkan sebuah informasi keuangan dan menjadikan laporan tersebut menjadi tidak bisa diandalkan. Apa yang harus dilakukan staf keuangan tersebut agar laporan keuangan tersebut bisa diandalkan oleh pemakai laporan keuangan.
Penyelesaian:
Karakter laporan keuangan yang dapat diandalkan berarti bisa dijadikan rujukan untuk menganalisis keuangan perusahaan. Seorang staf keuangan yang karena kelalaiannya, menjadikan laporan keuangan tidak bisa dijadikan rujukan dalam membaca keuangan perusahaan. Hal paling utama yang harus dilakukan oleh staf keuangan tersebut adalah memperbaiki laporan keuangan secepat yang ia bisa. Agar kedepannya tidak terjadi hal yang sama, staf keuangan tersebut bisa menggunakan bantuan aplikasi atau software akuntansi untuk mempermudah penyusunan laporan.
Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

B. Laporan Laba Rugi

1. Pengertian
Menurut Munawir (2010; 26) laporan laba rugi merupakan laporan sistematis yang berisi tentang penghasilan, beban, dan penunjukkan angka laba atau rugi suatu perusahaan selama periode tertentu. Sampai saat ini, belum ada keseragamanan mengenai konten laporan laba rugi karena masing-masing perusahaan memiliki pertimbangan berbeda.
Namun, secara umum, penyusunan laporan laba rugi dapat disusun dengan bagian-bagian sebagai berikut.
a. Bagian pertama terdiri dari hasil penjualan usaha pokok yang dilakukan perusahaan (baik barang maupun jasa).
b. Bagian kedua berisi tentang beban-beban operasional perusahaan.
c. Bagian ketiga berisi tentang pendapatan dan beban perusahaan di luar dari usaha pokok perusahaan.
d. Bagian keempat menunjukkan perolehan laba atu rugi yang dialami perusahaan. Bila kamu adalah seorang wirausaha muda yang sedang menjalankan usaha sederhana, maka cukup dengan membuat bagian pertama, kedua, dan keempat.

2. Manfaat
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari laporan Labā Rugi yaitu.
a. untuk menilai kinerja perusahaan di periode sebelumnya,
b. sebagai basis untuk menilai kinerja perusahaan di masa yang akan datang,
c. untuk menilai risiko arus kas perusahaan di masa yang akan datang.

3. Penghitungan Laba Rugi
Adapun cara menghitung perolehan laba atau rugi dapat kamu simak dalam tabel berikut ini agar lebih mudah untuk memahami.
Penjelasan komponen berdasarkan contoh laporan laba rugi di atas adalah sebagai berikut. 
a. Total penjualan adalah seluruh barang yang terjual dari usaha pokok perusahaan.
b. Retur penjualan adalah barang yang dikembalikan oleh pembeli berkaitan dengan barang yang cacat. Untuk mendapatkan citra positif dari konsumen,, kamu tidak boleh berbohong kepada konsumen mengenai barang daganganmu.


Gambar 10.3 barang yang cacat menjadi kerugian tersendiri, maka dari itu catatlah setiap barang yang cacat produksi
c. Pendapatan di luar usaha adalah pendapatan yang diterima oleh perusahaan di luar dari usaha pokok yang dijalani. Contohnya, dalam usaha Boneka Gembira di atas, perusahaan membuka pula jasa pencucian boneka-boneka. Jasa tersebut termasuk pencapaṭan di luar usaha pokok perusahaan.
d. Biaya iklan adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mempromosikan dan memasarkan produknya. Contohnya, ketika masa promosi, kamu mencetak selebaran yang akan disebar ke masyarakat luas. Biaya pembuatan selebaran bisa kamu masukkan ke dalam biaya iklan. Tapi, bila dalam bulan selanjutnya kamu tidak menggunakan biaya tersebut, maka tidak perlu kamu masukkan ke dalam laporan laba rugi.
e. Biaya administrasi dan umum adalah kelompok biaya yang tidak berbanding lurus dengan hasil usaha. Namun, besaran anggaran yang dikeluarkan perusahaan juga mempengaruhi kinerja perusahaan. Oleh karena itu, elemen biaya administrasi dan umum perlu dikontrol agar terjadi sinkronisasi dengan aktivitas kegiatan perusahaan.
Simaklah rincian dari biaya administrasi dan umum berikut ini.
Biaya alat tulis kantor     XXX.XXX
Biaya legal dan perizinan     XXX.XXX
Biaya pengembangan SDM     XXX.XXX
Biaya perjalanan dinas     XXX.XXX

Kegiatan 10.2

A. Judul Kegiatan : Membuat laporan laba rugi sederhana
B. Jenis Kegiatan : Individu
C. Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat menganalisis laporan laba rugi dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat membuat laporan laba rugi dengan baik. (KD 4)
D. Langkah Kegiatan :
1. Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Ayu saat ini memiliki usaha penjualan aksesoris perempuan,. Ayu membeli bahan material untuk membuat kalung seperti, manik-manik Rp 75.000, berbagai macam kain Rp 100.000, dan juga kawat Rp 20.000. Untuk membuat bros, Ayu hanya membutuhkan lem tembak Rp 15.000, peniti Rp 25.000, dan juga berbagai macam kain Rp 100.000. Dari bahan-bahan yang dibeli oleh Ayu, ia bisa membuat 40 bros dan 15 kalung: Ayu mengambil untung 75% dari kalung dan 100% dari bros. Pada bulan ini, Ayu mampu menjual 30 bros dan 8 kalung. Ada satu orang teman Ayu yang mengembalikan dua bros yang sudah dibeli karena cacat, namun Ayu sudah menggantinya dengan bros baru yang sama bagusnya.

2. Isilah bagian yang kosong dari laporan laba rugi di bawah ini sesuai dengan teks di atas!
4. Untuk membantumu mengisi laporan laba rugi, maka mulailah terlebih dahulu untuk menghitung harga jual yang ditentukan Ayu!
Harga pokok produksi : Rp.
Harga jual produksi : Rp......
Profit margin : Rp............
5. Kosongkanlah bagian yang tidak ada isiannya!
6. Komunikasikanlah hasil kerjamu pada guru!

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 10.3:
Fajar memiliki usaha sewa dan jual beli peralatan camping. Fajar menyewakan peralatan seperti, tenda, sleeping bog, matras, lampu tenda, tas corrier, kompor, dan juga alat masak. Selain menyewakan dan menjual peralatan camping, Fajar juga menjual berbagai kebutuhan para penjelajah alam, seperti senter, sepatu gunung, pisau lipat, korek api, jaket gunung, jas hujan, dan sarung tangan gunung. Kelompokkanlah biaya yang termasuk biaya variabel dan aset tetap.
Penyelesaian:
Biaya variabel merupakan biaya bahan produksi, sedangkan aset tetap adalah sejumlah barang modal yang dimiliki untuk berwirausaha. Maka biaya yang dikeluarkan oleh wirausaha Fajar dalam membeli kebutuhan stok barang dagangan, termasuk dalam biaya variabel. Sedangkan barang-barang yang termasuk aset tetap wirausaha Fajar adalah segala barang yang disewakan, toko yang dimiliki, dan lain sebagainya. 
Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..
Permasalahan 10.4:
Berdasarkan cerita pada Permasalahan 10.3, usaha yang dijalani Fajar terdiri dari dua jenis, yaitu penyewaan dan jual beli. Ternyata usaha jual beli lebih menguntungkan karena pembeli yang sering melakukan penjelajahan alam lebih memilih membeli peralatan dibandingkan dengan menyewa. Di samping itu, peralatari camping yang disewakan juga semakin lusuh jika digunakan, sehingga semakin sedikit yang menyewa di tempat penyewaan Fajar. Bagaimana solusi yang tepat bagi Fajar?
Penyelesaian:
Ada dua solusi yang bisa dilakukan oleh Fajar terkait dua jenis usahanya. Yang pertama. Fajar bisa menutup usaha penyewaan peralatan camping. Atau solusi yang kedua yaitu, Fajar harus menambahkan biaya akumulasi penyusutan untuk tiap barang yang disewakan, sehingga jika usia peralatan sudah harus diganti, maka Fajar memiliki cukup kas untuk membeli peralatan baru lagi. Beban pembelian alat menjadi lebih ringan karena adanya akumulasi penyusutan barang.
Bagaimana pendapatmu:
…………………………………………………………………………………………………………..
Apa alasannya:
…………………………………………………………………………………………………………..

HOTS (High Order Thinking Skills)

A. Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E dan berikan alasannya!

Simaklah teks berikut dengan sungguh-sungguh!

Danang adalah anak seorang petani beras. Agar usaha pertanian kedua orang tua berjalan dengan baik tanpa perantara tengkulak, Danang mencoba untuk membentuk usaha penjualan beras tanpa toko. Danang cukup menyetorkan beras hasil tani ladang orang tuanya ke toko-toko dan rumah makan. Danang cukup bermodalkan sebuah mobil untuk mengangkut beras. Pada bulan Agustus, Danang menjual beras sebanyal 700 kg ke toko-toko beras dan 1.300 kg ke restoran-restoran. Pada bulan selanjutnya, Danang menjual 2x lipat dari jumlah penjualan ke toko beras dan berkurang 10% penjualan ke restoran, sebab pada bulan Agustus, beberapa restoran mengeluh kalau dalam beras yang dijual terdapat kutu. Total retur yang dilakukan oleh restoran pada bulan Agustus sebesar 1% dari total penjualan.

1. Berdasarkan teks di atas, jika harga beras bulan Agustus adalah Rp13.000,00/kg dan pada bulan September mengalami penurunan sebesar 2%. Selisih total pendapatan penjualan beras Danang antara bulan Agustus dan September adalah ....
A. Rp6.397.820,00
B. Rp6.566.820,00
C. Rp8.184.800,00
D. Rp8.879.000,00
E. Rp6.775.000,00

2. Pada bulan September, Danang mulai menyewakan mobil miliknya setiap hari Sabtu dan Minggu. Rata-rata yang menyewa adalah warga desanya untuk berekreasi. Tarif sewa mobilnya sebesar Rp200.000,00/12 jam dan Rp350.000,00/24 jam. Para penyewa mobil Danang menyewa 12 jam pada hari Sabtu dan 24 jam pada hari Minggu. Perharinya Danang hanya dapat menyewakan mobilnya ke satu pelanggan saja. Jika perhitun- gan dalam sebulan ada 4 minggu selama bulan September, total pendapatan usaha Danang pada bulan September adalah ....
A. Rp34.058.000,00
B. Rp36.056.000,00
C. Rp25.831.000,00
D. Rp27.831.000,00.
E. Rp10.184.800,00

3. Pada bulan Agustus, biaya variabel usaha beras Danang sebesar Rp11.700.000,00 dan biaya tetapnya sebe: Rp3.450.000,00. Lalu, pada bulan selanjutnya, biaya variabelnya justru meningkat 15% dibandingkan bulan sebelumnya, tetapi biaya tetap tidak mengalami kenaikan atau pun penurunan. Selisih total biaya usaha beras Danang pada bulan Agustus dan September adalah sebesar ....
A. Rp1.755.000,00
B. Rp1.705.500,00
C. Rp1.750.500,00
D. Rp1.775.500,00
E. Rp1.770.000,00

4. Pada laporan keuangan bulan Agustus, maka usaha beras Danang mendapatkan
A. Laba Rp11.681.000,00
B. Rugi Rp1.755.000,00
C. Laba Rp10.681.000,00
D. Rugi Rp1.850.000,00
E. Laba Rp8.879.000,00

5. Jika dibandingkan dengan laporan keuangan bulan September, maka selisih laba rugi usaha beras Danang adalah sebesar ....
A. Rp8.742.000,00
B. Rp8.274.000,00-
C. Rp8.247.000,00
D. Rp8.472.000,00
E. Rp8:740.000,00

B. Uraian

1. Laporan keuangan dibuat agar memudahkan pemakainya dalam membuat keputusan. Keputusan yang dibuat berkaitan dengan langkah strategis perusahaan. Bagaimana cara menganalisis laporan keuangan yang tepat?
2. Mempelajari laporan keuangan tentunya adalah hal wajib bagi setiap penjual, sebab laporan keuangan dapat membantu untuk memahami kondisi dan posisi keuangan perusahaan. Laporan keuangan terdiri dari 3 jenis. Cari dan jelaskanlah jenis laporan keuangan selain laporan laba rugi!
3. Laporan laba rugi merupakan laporan sistematis yang berisi tentang penghasilan, beban, dan penunjuk- kan angka laba atau rugi suatu perusahaan selama periode tertentu. Sebagai pemakai laporan laba rugi, informasi apa saja yang bisa didapatkan setelah menganalisis laporan laba rugi?
4. Dalam laporan laba rugi, yang paling minimal harus ada informasi mengenai pendapatan dan beban-beban perusahaan. Dari laporan laba rugi yang telah disusun. Adakah keterbatasan atau kelemahan dari laporan tersebut yang dilihat dari sudut pandang pemakai laporan? Jelaskan!
5. Hasil akhir dari penyusunan laporan laba rugi adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, laba atau rugi. Jika kamu adalah seorang pemilik usaha, apa yang akan kamu lakukan jika laporan laba rugi perusahaan menunjukkan kondisi rugi?

Studi Kasus

Banyak startup yang kini telah masuk ke dunia teknologi finansial. Mereka membantu para pelaku usaha untuk bisa mempermudah dalam menjalankan usahanya terutama dalam hal pelaporan keuangan. Tapi, banyaknya jenis usaha tentunya menjadikan bentuk laporan keuangan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Bacalah teks berikut dengan sungguh-sungguh!

Fitur Yang tetap Harus Ada Meskipun Aplikasi Akuntansi Murah

Setiap usaha yang berbeda segmen tentu memiliki kebutuhan laporan khusus yang umum dihasilkan oleh aplikasi akuntansi, semisal jika kamu bergerak di usaha ritel ataupun UKM beberapa indikator yang tetap perlu diperhatikan meskipun hanya memakai aplikasi akuntansi murah diantaranya adalah:
Barang expired date atau habis masa berlaku (biasanya ritel farmasi ataupun makanan dan minuman), untuk industri ritel seperti farmasi beda dengan fashion yang ketika barang tidak laku masih bisa diputar di tahun berikutnya, namun farmasi memiliki keterbatasan masa kadaluwarsa, hal ini sama dengan peritel yang bergerak di bidang makanan dan minuman.
Barang fast moving dan slow moving. Sebagai peritel yang mengutamakan perputaran barang maka sangatlah dibutuhkan analisa terhadap permintaan barang yang cepat laku dan lambat perputarannya, kebutuhan ketersediaan data bukan lagi dalam hitungan hari atau bahkan minggu tapi detik. Saat ini juga bila dibutuhkan data perputaran masing-masing barang.
Barang reject/cacat produksi, barang yang datang dalam jumlah besar tidak serta merta bisa dicek satu persatu kondisinya apakah memenuhi standar atau ada yang cacat produksi, walaupun teknologi sampling digunakan namun setiap kali ditemukan ada cacat produksi dibutuhkan system pencatatan yang terintegrasi dengan program aplikasi akuntansi untuk mendukung pengorganisasian data tersebut, dan laporan ini juga dibutuhkan manajemen untuk membuat catatan khusus kepada supplier yang mensupply barang yang memiliki reject tinggi..
Kriteria kebutuhan dasar perusahaan ritel yang biasanya menjadi entri masuk pengusaha UKM dia- taslah yang seharusnya dijawab oleh vendor software akuntansi indonesia ketika membangun produknya yang mendukung industry ritel di berbagai bidang di Indonesia. Nah, jika kamu tertarik untuk menjajal aplikasi akuntansi murah yang sudah banyak beredar dipasaran. Maka tidak ada salahnya jika menjajal dari yang lebih dahulu menjadi pelopor dibidang akuntansi seperti zahir accounting
Guna meningkatkan pemahaman secara komprehensif terhadap materi, maka berlatihlah melaku- kan analisis laporan keuangan berbasis aplikasi atau software. Cobalah untuk mencari 4-5 aplikasi atau software akuntansi yang tersedia dalam Jaringan. Perbandingkanlah dan analisislah aplikasi tersebut menggunakan model pembelajaran berbasis Discovery, dengan melengkapi tugas berikut ini.

A. Rumusan Masalah
Aplikasi apa yang ramah bagi pengguna (user friendly) aplikasi laporan keuangan?
…………………………………………………………………………………………………………..
B. Teori yang Relevan
Guna menganalisis teks di atas,maka dibutuhkan teori yang relevan yakni:
1. Teori I
Sumber referensi:
Isi teori:
…………………………………………………………………………………………………………..
2. Teori Il
Sumber referensi:
Isi teori:
…………………………………………………………………………………………………………..
C. Data yang Diperoleh Peserta Didik
1.…………………………………………………………………………………………………………..
2.…………………………………………………………………………………………………………..
D. Klasifikasi dan Analisis Data
1.Klasifikasi/Penggolongan/Pengelompokan Data
Berdasarkan:
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
2. Analisis Data
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
E. Simpulan

Salah satu tujuan digunakannya laporan keuangan adalah untuk mencegah terjadinya korupsi atau manipulasi data oleh bagian keuangan. Simaklah kutipan artikel berikut!

IAl Nilai Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Rendah

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menilai, kualitas pelaporan keuangan pemerintah Indonesia masih rendah. Padahal situasi ini dapat menjadi peluang terjadinya tindak pidana korupsi.
Menurut Nunuy, IAI sebenarnya sudah menentukan standar kualitas pelaporan keuangan atau akuntansi pemerintah ke dalam lima level. Namun, belum ada pemerintah daerah yang menyentuh level lima atau terbaik. Hingga saat ini, hampir sebagian besar-pemerintahan Indonesia di kabupaten/kota baru bisa mencapai level tiga dan dua.

Gambar 10.4 Logo Ikatan Akuntan Indonesia mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam mewujudkan pelaporan yang berkualitas. Kemudian hasil riset tersebut dapat diterapkan menjadi dasar regulasi nantinya.
Nunuy menilai, kualitas laporan keuangan sangat penting untuk memitigasi terjadinya korupsi. Hal ini karena laporan keuangan merupakan bentuk dari transparansi pe- merintah terhadap masyarakat. Untuk itu, pihaknya menging- inkan agar transparansi kepada publik semakin kuat dengan pelaporan keuangan.
Agar hal itu dapat terwujud, dia berpendapat, peran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus ditingkatkan dalam melakukan pemeriksaan. Kemudian auditor didorong untuk selalu memonitor dan melakukan pemeriksaan ter- hadap pelaporan keuangan itu. Dengan demikian, kualitas Ikatan Akuntan Indonesia pelaporan keuangan bisa berjalan dengan baik.
Di sisi lain, dia juga meminta kepada para akuntan un- tuk aktif melakukan riset. Tujuannya, agar mereka mampu
Berdasarkan kutipan kejadian faktual yang telah kalian baca, lakukan analisis masalah mengenai urgensi dari laporan keuangan yang detail dan akurat. Kamu bisa mencari laporan keuangan pemerintah ataupun swasta sebagai referensimu. Untuk menyelesaikan masalah tersebut menggunakan model Problem Based Learning dengan melengkapi tahapan-tahapan berikut ini!

A. Rumusan Masalah/Identifikasi Masalah/Pertanyaan Masalah
Hal apa saja yang menuntut agar laporan keuangan disusun secara akurat dan diteail?
…………………………………………………………………………………………………………..
B. Aktivitas/Kegiatan Belajar untuk Mengatasi/Menyelesaikan Masalah
C. Solusi Masalah secara Kelompok
…………………………………………………………………………………………………………..
D. Refleksi di Akhir Pembelajaran/ Pemecahan Masalah
…………………………………………………………………………………………………………..
E. Simpulan
…………………………………………………………………………………………………………..

Munculnya banyak UMKM di Indonesia memang patut diapresiasi, tapi ternyata UMKM yang sudah ada saat ini memiliki permasalahan dalam hal keuangan. Simaklah kutipan artikel berikut!

Zahir Ajak Pengusaha Melesat di Tengah Disrupsi Teknologi

PT Zahir Internasional sebagai pengembang aplikasi usaha ternama di Indonesia, mengajak pen- gusaha untuk melaju lebih cepat dengan usahanya di tengah perubahaan peta persaingan usaha yang sedang terjadi.
"Disrupsi teknologi yang dipercaya menjadi faktor utama perubahan peta persaingan usaha saat ini justru bisa menjadi peluang bagi setiap perusahaan untuk menerapkan teknologi agar produktivitas perusahaan meningkat dan menang dalam persaingan," kata Chief Executive Officer (CEO) PT Zahir In- ternasional, Muhamad Ismail dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (28/10).
la menambahkan, Zahir yang telah berdiri lebih dari 20 tahun dengan sederet penghargaan bergengsi yang telah diterima, kini menawarkan aplikasi usaha dengan fitur yang lengkap untuk membantu perusa- haan menyiapkan diri di era digital saat ini. "Ini adalah momentum yang pas bagi setiap perusahaan untuk mengimplementasi teknologi yang tepat agar mereka bisa mengikuti perubahan zaman vang sedang terjadi dengan aplikasi yang mumpuni agar perusahaan bisa terus berinovasi dan bekerja dengan lebih cepat dan efisien," tuturnya.
Berbekal pengalaman melayani puluhan ribu perusahaan ternama di Indonesia dan di mancanegara, Zahir kini hadir dengan produk yang lebih lengkap dan layanan yang lebih menar- ik. Muhamad menjelaskan, produk Zahir kini hadir lebih dari sekedar hanya aplikasi akuntansi, Dari sisi fitur, Zahir memiliki kemampuan untuk mengelola berbagai kompleksitas usaha mulai dari Sales & Invoicing, Procurement, Inventory Management, Finance hingga Accounting.
Gambar 10.5 Pemaparan penggunaan perangkat lunak Zahir kepada para wirausaha muda
Selain fitur produk yang semakin lengkap, layanan customer support Zahir juga kini hadir 24 jam setiap hari bagi pelanggan ZahirOnline. Dengan deretan produk dan layanan yang dimiliki saat ini, Zahir semakin memantapkan diri untuk melayani berbagai perusahaan dari berbagai industri, baik perusahaan kecil hingga perusahaan besar. "Zahir adalah perusahaan yang memiliki misi yang kuat untuk membantu setiap perusahaan dan setiap orang di dalamnya mencapai sesuatu yang lebih besar dari apa yang mereka capai sebelumnya," ujar Muhamad Ismail.
Manajer Bisnis Zahir Internasional, Indra Septiady menyebutkan, dengan kekuatan tim 1.500 orang melaui jaringan di seluruh Indonesia, Zahir terus membantu berbagai perusahaan untuk tumbuh dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Manfaat itu mulai dari kemudahan pengambilan keputusan bisnis bagi para pengambil keputusan berkat Business Dashboard, grafik dan analisis bisnis real time, kemudahan mengelola stok persediaan barang hingga membuat laporan keuangan dengan lebih cepat.
Kemudahan mengelola bisnis juga dirasakan oleh Vikra Ijas, Chief Marketing Officer Kitabisa.com. "ZahirOnline lebih dari sekedar partner dan kami anggap seperti sahabat karena profesional dan dapat diandalkan setiap saat," ungkapnya.
Hal senada diutarakan Deputy Direktur Keuangan Cardig Logistic, Beresman Silitonga, la mengung- kapkan, dengan menggunakan Zahir Accounting, laporan yang diterima jadi lebih cepat. "Laporan yang kami terima cepat, user tidak mengalami kendala dalam penginputan dan invoice bisa langsung dicetak dari Zahir," ujarnya.
Ditanya bagaiamana jika ada perusahaan yang ingin mencoba fitur Zahir secara langsung, Indra mengatakan akan ada event besar bagi mereka yang ingin mencoba Zahir. "Pada tanggal 1-5 November 2017, kami akan mengikuti pameran Indocomtech 2017 di (JCC) Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Acara ini terbuka bagi setiap orang yang ingin mencoba Zahir sekaligus berkonsultasi dengan konsultan yang berpengalaman. Momen ini tepat bagi mereka yang ingin membawa bisnis mereka ke level berikutnya," papar Indra.
Banyak wirausaha muda yang memiliki gadget canggih namun masih belum bisa memanfaatkan dengan maksimal untuk menunjang pekerjaannya. Buatlah sebuah proyek sosial, baik itu ke koperasi yang ada di sekolahmu, atau pun ke UMKM yang ada di sekitarmu. Carilah koperasi atau UMKM yang masih belum memanfaatkan aplikasi atau software penyusun laporan keuangan. Bantulah mereka untuk mengoperasikan aplikasi atau software tersebut. Susunlah dalam tugas projek berikut dengan menggunakan model Project Based Learning dengan melengkapi langkah-langkah berikut!

A. Perencanaan Kegiatan (Projek}
Judul Projek: Proyek Sosial Penerapan Aplikasi Keuangan Pada UMKM/ Koperasi
B. Jenis Tugas: Kelompok
C. Jadwal Pelaksanaan
D. Sumber bahan:
1. Petunjuk penggunaan aplikasi/perangkat lunak keuangan
2. Informan : a. Pemilik usaha yang belum mengetahui adanya aplikasi/ perangkat lunak keuangan
b.…………………………………………………………………………………………………………..
E. Cara Mengumpulkan Data :
1. Menentukan jenis aplikasi/perangkat lunak yang ingin dipelajari dan disampaikan
Nama aplikasi/perangkat lunak
Alasan memilih :
…………………………………………………………………………………………………………..
Fitur dalam aplikasi/ perangkat lunak:
…………………………………………………………………………………………………………..
2. Menentukan UMKM/ Koperasi terdekat
Nama UMKM/ Koperasi ́:
Alamat ́:
Alasan memilih ́:
…………………………………………………………………………………………………………..
3. Penjelasan mengenai aplikasi/perangkat lunak kepada UMKM
Tempat kegiatan
Hari, tanggal kegiatan
Waktu
Hasil pemaparan :
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
F. Analisis Kegiatan :
1. Hasil Analisis Kegiatan Pemaparan
a. Alasan mereka belum mengetahui aplikasi/perangkat lunak keuangan:
b. Kondisi pelaporan keuangan mereka saat ini :
c. Kesan dan pendapat UMKM mengenai aplikasi/perangkat lunak:
2. Pendapatmu mengenai keuangan UMKM
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
d.…………………………………………………………………………………………………………..
G. Simpulan Hasil Proyek Sosial:
…………………………………………………………………………………………………………..

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannyal

1. Laporan keuangan merupakan ....
A. struktur yang menyajikan porsi keuangan dalam sebuah organisasi
B. struktur yang menyajikan posisi keuangan dan kinerja keuangan dalam sebuah entitas
C. struktur yang menyajikan struktur perputaran keuangan dalam sebuah organisasi
D. laporan yang menunjukkan data keuntungan dan kerugian perusahaan
E. laporan yang menunjukkan data mengenai strategi keuangan perusahaan

2. Salah satu tujuan dari laporan keuangan adalah ....
A. harga jual barang
B. harga pokok produksi
C. biaya modal
D. sebagai dasar untuk mengambil keputusan ekonomis perusahaan
E. margin kontribusi

3. Perhatikan paragraf berikut ini!
(1) bisa dijadikan rujukan dalam menilai dan meramalkan keuangan perusahaan
(2) menunjukkan data keuangan aktual perusahaan
(3) dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan sebelumnya atau perusahaan lain
(4) mudah dipahami agar pemakai mudah mengambil keputusan.
Pernyataan di atas yang tidak menunjukkan karakteristik sebuah laporan keuangan,
adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (2) dan (4)

4. Manfaat dari laporan laba rugi adalah...
A. untuk mengetahui tingkat keamanan perusahaan
B. untuk mengetahui perolehan laba perusahaan selama beberapa periode
C. untuk mencari investor
D. untuk menutup hutang perusahaan
E. untuk menilai risiko arus kas perusahaan di masa yang akan datang

Simaklah laporan laba rugi berikut ini dengan saksama!
Berdasarkan laporan laba rugi di atas, isilah jawaban untuk tiap-tiap pertanyaan nomor 5-8
5. Total penjualan bulan Juli 2018 Toko Souvenir Kipas Batik adalah....
A. Rp3.932.500,00
B. Rp39.325.000,00
C. Rp393.2500,00
D. Rp4.000.000,00.
E. Rp40.000.000,00

6. Pendapatan di luar usaha Toko Souvenir Kipas Batik adalah sebesar ....
A. Rp568.500,00
B. Rp565.000,00
C. Rp580.000,00
D. Rp568.000,00
E. Rp585.000,0

7. Jika biaya variabel adalah seperempat dari total pendapatan yang diraih Toko Souvenir Kipas Batik, maka besaran biaya variabelnya adalah ....
A. Rp119.625,00
B. Rp1.119.625,00
C. Rp1.118.555,00
D. Rp118.555,0
E. Rp1.120.000,00

8. Jika besaran biaya tetapnya adalah 80% dari biaya variabel, maka total laba yang diraih bulan Juli 2018 adalah sebesar ....
A. Rp2.000.000,00
B. Rp2.688.825,00
C. Rp6.483.825,00
D. Rp2.015.325,00
E. Rp2.463.175,00

Perhatikan petunjuk berikut untuk dapat menyelesaikan soal nomor 9 dan 10!

Petunjuk:
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyataan benar, alasan salah.
D. Jika pernyataan salah, alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan salah.

Pernyataan:
9. Cara paling sederhana untuk menghitung laba rugi adalah dengan menghitung selisih total pendapatan dengan total biaya.
Sebab
Menghitung laba rugi akan menjadikan pemilik usaha lebih berpikir strategis untuk membangun usahanya.
Jawaban:
…………………………………………………………………………………………………………..

10. Setiap perusahaan memiliki perbedaan dalam menyusun laporan keuangan.
Sebab
Yang terpenting adalah keempat unsur laba rugi masuk ke dalam laporan keuangan
Jawaban:
…………………………………………………………………………………………………………..

Refleksi

Pada Bab X, peserta didik telah mempelajari tentang membuat laporan keuangan sederhana untuk berwirausaha. Materi yang telah dipahami maupun yang belum dipahami, diberi tanda centang (V) pada kolom di bawah ini.

Muatan Aktivitas Peserta Didik

A. Tugas Mandiri
1. Bacalah kembali materi mengenai laporan keuangan sederhana!
2. Carilah laporan laba rugi perusahaan jasa dan dagang!
Nama perusahaan jasa
Sumber bahan
…………………………………………………………………………………………………………..
Nama perusahaan dagang
Sumber bahan
…………………………………………………………………………………………………………..
3. Identifikasikanlah dan temukanlah perbedaan dari kedua laporan laba rugi perusahaan tersebut!
4.Sederhanakanlah laporan laba rugi tersebut sesuai dengan yang telah kalian pelajari
5. Bawalah sumber referensimu bersamaan dengan hasil identifikasimu!
6. Komunikasikan hasil kerjamu pada guru!


B. Tugas Kelompok
1. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang!
Ketua
Anggota kelompok
…………………………………………………………………………………………………………..
2. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Apple Rilis Laporan Keuangan kuartal kedua 2018, Catalon $61.1 Miliar

Apple resmi merilis Financial port] atau Laporan Keuangan sesuai jadwal yang biasa dilakukan. Yaitu laporan keuangan kuartal kedua di tahun 2018. Dikutip dari catatan di Apple Newsroom, dalam kuartal kedua di tahun 2018 ini Apple memberikan catatan pendapatan sebesar $61.1 miljar, meningkat 16% dibandingkan pendapatan di kuartal yang sama untuk tahun lalu. Sedangkan laba kuartalan per sa- ham sebesar $2.73, meningkat 30%. Angka penjualan internasional juga mendapatkan catatan 65% dari pendapatan di kuarta tersebut.
Selain angka keuntungan, ada juga catatan untuk jumlah produk Apple yang dijual sepanjang kuartal kedua di tahun 2018. Yaitu 52.2 juta iPhone, 9.1 juta iPad, dan 4.2 juta perangkat komputer Mac. Tim Cook juga menjelakan bahwa penjualan paling tinggi ada di perangkat iPhone, Services dan Wearables alias Apple Watch.
Masih dari catatan yang sama, Tim Cook memberikan keterangan bahwa para pelanggan semakin banyak yang memilih produk iPhone X lebih dari semua jenis iPhone lain, sepanjang pekan di bulan Maret. Angka penjualannya bahkan diklaim mendekati titik tertinggi seperti penjualan di bulan September. Pada kuartal ini Apple juga mencatat kenaikan hingga 20% di beberapa regional negara Asia seperti Tiongkok dan Jepang.

3. Berdasarkan teks di atas, diskusikanlah isi teks tersebut bersama kelompokmu!
Hasil diskusi:
…………………………………………………………………………………………………………..
4. Berikan pendapatmu mengapa banyak perusahaan yang merilis laporan keuangannya kepada publik dan publik menjadi tahu informasi keuangan perusahaan?
Pendapat 1:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 2:.
…………………………………………………………………………………………………………..
5.Berikan pendapatmu tentang manfaat apa saja bagi perusahaan dengan merilis laporan keuangan perusahaannya ke publik
Pendapat 1:
…………………………………………………………………………………………………………..
Pendapat 2:
…………………………………………………………………………………………………………..
6. Carilah dari berbagai sumber mengenai dampak dari usaha yang tidak membuat laporan keuangan
Sumber referensi 1:
…………………………………………………………………………………………………………..
Sumber referensi 2:
…………………………………………………………………………………………………………..

C. Tugas Projek

Kerjakanlah Tugas Projek berikut dengan sungguh-sungguh!.

1. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4 hingga 5 orang temanmu. Tunjuklah salah satu sebagai ketua kelompok!
Ketua kelompok
Anggota kelompok
…………………………………………………………………………………………………………..
2. Cobalah untuk memulai berjualan di acara-acara yang banyak orang berkumpul! Kamu dan teman kelompokmu bisa berdagang selama satu sampai tiga kali.
…………………………………………………………………………………………………………..
3. Kamu dan teman kelompokmu bisa berjualan apa saja sesuai dengan kesepakatan kelompok! Jenis usaha Tanggal berjualan
a.…………………………………………………………………………………………………………..
b.…………………………………………………………………………………………………………..
c.…………………………………………………………………………………………………………..
Lokasi berjualan
…………………………………………………………………………………………………………..
4. Susunlah sebuah laporan keuangan sesuai kegiatan jual beli yang kamu lakukan! Susunlah secara sistem- atis dengan susunan sebagai berikut:
a. Halaman judul
b. Pendahuluan
c. Isi atau pembahasan
d. Penutup
e. Daftar pustaka.
5. Selesaikan Tugas Projek ini dalam waktu satu minggu sesuai dengan program berikut.
6. Bawalah hasil karya kelompokmu dan presentasikanlah di depan kelas! Lalu kumpulkan laporan tertulis pada gurumu!

0 komentar: