phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

TLJ - Mengenal Teknologi Komunikasi Data dan Suara (Bab IV) Kelas XI


BAB IV
Mengenal Teknologi Komunikasi Data dan Suara



Bacalah teks berikut dengan saksama!


Teknologi komunikasi data telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat pada era sekarang ini. Kecanggihan teknologi komunikasi data semakin hari semakin berkembang. Teknologi komunikasi data sering diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan besar, begitu pula pada area perkantoran.

Teknologi komunikasi data memiliki tujuan yakni memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar, efisien, serta tanpa kesalahan dari suatu tempat ke tempat lain. Salah satu teknologi komunikasi data yang berkembang pesat adalah jaringan komputer. Teknologi komunikasi data dan jaringan komputer, keduanya beriringan.

Selain teknologi komunikasi data, terdapat pula teknologi komunikasi suara. Salah satu teknologi yang saat ini masih banyak digunakan adalah telepon. Telepon mengimplementasikan perkembangan teknologi komunikasi suara. Telepon memudahkan pertukaran informasi yang dilakukan jarak jauh, bahkan berlainan negara.

Terdapat beberapa aspek dalam teknologi komunikasi data dan suara. Aspek-aspek inilah yang mendukung terjadinya komunikasi. Aspek komunikasi data dan suara, di antaranya adalah communication channel, serial communication, dan teknik transmisi yang digunakan.


A. Menggenal Teknologi Komunikasi Data


Komunikasi data saat ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak kebutuhan komunikasi data, semakin banyak pula teknologi yang dapat digunakan untuk proses komunikasi data.


1. Teknologi Komunikasi Data


Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dan teknik pengolahan data. Komunikasi data merupakan proses pengiriman dan penerimaan data dari dua perangkat atau lebih yang terhubung dalam satu jaringan. Teknologi komunikasi data adalah teknologi yang menggunakan atau berfungsi sebagai alat komunikasi data dalam prinsip kerjanya. Tujuan komunikasi data di antaranya sebagai berikut

a. Memungkinkan penggiriman data dalam jumlah besar secara efisien, tanpa kesalahan,dan ekonomis dari suatu sumber menuju ke tempat lain
b. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan perangkat pendukung dari jarak jauh(remote computer use)
c. Memungkinkan pengguna komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung dalam manajemen kontrol, baik secara desentralisasi maupun sentralisasi
d. Membantu mempermudah kemungkinan pengolahan dan peraturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer
e. Mengurangi waktu pengolahan data
f. Mendapatkan data langsung dari sumbernya
g. Mempercepat perluasan informasi


Kegiatan 4.1


A. Judul Kegiatan : Menjelaskan Teknologi Komunikasi Data
B. Jenis Kegiatan : Diskusi Kelompok
C. Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat menjelaskan mengenai teknologi komunikasi data dengan benar (KD 3).
2) Peserta didik dapat membuat kesimpulan mengenai teknologi komunikasi data dengan terampil (KD4)

D. Langkah Kegiatan :
1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang dan tunjuklah seorang sebagai ketual
Ketua Kelompok : ........
Anggota 1 .....................................................................................
Anggota 2 .....................................................................................
Anggota 3 .....................................................................................

2. Perhatikan uraian berikut dengan saksama!


Fakta Komunikasi Data


Jaringan komunikasi data saat ini telah mendukung komunikasi multimedia seprti text, gambar, dan suara.Dalam hal ini teknologi komunikasi data saat ini telah memungkinkan gambar, dan suara. Dalam hal ini, teknologi komunikasi data saat ini tela komunikasi text oriented, audio, video, atau perpaduan ketiganya.Ada banyak aplikasi yang dapat dinikmati dengan adanya teknologi jaringan komunikasi data di antara: teleconverencing, telecommuting, email, home banking, transfer data elektronik, mailing list, elearning, transaksi elektronik, dan sebagainya.

3. Berdasarkan uraian materi di atas, lakukanlah analisis pengertian teknologi komunikasi data berdasarkan pemahaman kalian!
Teknologi komunikasi data:
.....................................................................................
4. Secara berkelompok, identifikasilah karakteristik-karakteristik komunikasi data!
Karakteristik komunikasi data:
.....................................................................................
5. Berdasarkan hasil analisis dan identifikasi kalian, lakukanlah komunikasi data sederhana bersarna teman kelompok kalian! Praktik komunikasi data:
.....................................................................................
6. Tulislah kesimpulan yang berhasil kalian dapatkan mengenai komunikasi data. Buatlah sebuah presentasi yang menarik. Presentasikan di depan kelas dan mintalah tanggapan dari kelompok lain!
Kesimpulan:
.....................................................................................

Permasalahan dan Penyelesaian


Permasalahan 4.1: 
Komunikasi data semakin mudah dilakukan dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi data. Teknologi komunikasi data memungkinkan komunikasi tidak hanya dapat dilakukan saat bertatap muka saja, tetapi juga dapat dilakukan pada seseorang yang memiliki keterbatasan jarak dan waktu. Namun, data yang dikirim sering kali mengalami kegagalan untuk mencapai tujuan dan mengalami permasalahan terhadap keamanan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya cara pemeliharaan data dan sebagainya. Bagaimana cara menjaga data dalam komunikasi Sumber: http://www.lenitytech.com, diakses 20 Maret 2018, 11.10 WIB data agar berhasil sampai ke penerima?

Penyelesaian:
Berikut ini beberapa cara menjaga data pada komunikasi data.
1. Memastikan alamat IP yang dituju dengan benar. Selain berfungsi untuk melindungi data, memastikan IP address sebelum mengirim data juga berfungsi untuk merahasiakan data seseorang agar tidak tersebar.
2. Meletakkan kabel di tempat yang aman. Komunikasi data biasanya banyak diimplementasikan pada jaringan komputer. Komputer yang merupakan teknologi untuk menyimpan data, terdiri atas kabel-kabel yang berguna untuk aliran listrik dan mentransfer data. Cara menjaga keamanan data adalah meletakkan kabel tersebut di tempat yang aman dari hewan-hewan pengerat.
3. Meng-update antivirus dalam komputer. Antivirus sebaiknya di-update secara berkala, karena virus-virus pun selalu update ketika memasuki server komputer.
4. Mem-backup arsip atau data. Lakukan backup arsip agar data tidak hilang.
5.Memastikan media transmisi tidak rusak. Cara mengamankan data, yaitu memastikan media transmisi tidak rusak. Sehingga proses transfer data tidak terhambat.
6. Penyimpanan data atau arsip di tempat yang aman. Data disimpan di tempat penyimpanan yang tidak bercampur dengan data-data lain. Misalnya, data dibedakan dengan data yang rentan terkena virus seperti
data game.
7. Selalu mematikan komputer dengan benar. Cara mematikan komputer yang tidak sesuai dengan prosedur dapat menghilangkan data yang baru saja disimpan.
8. Tidak mengunduh data secara sembarangan. Hal yang sering dilakukan saat beraktivitas di depan komputer adalah mengunduh berbagai macam hiburan seperti musik, film, game, dan sebagainya di internet, Apabila seorang sering mengunduh, sebaiknya menggunakan komputer yang mengaplikasikan antiviruskarena data-data yang diunduh biasanya terdapat antivirus.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata):
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata):
.....................................................................................
Sebutkan cara lain menjaga data pada komunikasi data yang kamu ketahui:
.....................................................................................

Permasalahan 4.2:
Komunikasi data sangat rentan kaitannya dengan gangguan-gangguan yang dialami. Gangguan tersebut menyebabkan kendala dalam proses pengiriman data. Kendala yang sangat sering terjadi pada komunikasi data adalah tidak terkirimnya data sesuai yang diharapkan. Data yang tidak terkirim secara sempurna (corrupt) tidak akan dapat dibuka oleh user. Kendala komunikasi data ini disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kendala pada komunikasi data?

Penyelesaian:
Faktor-faktor penyebab kendala komunikasi data adalah sebagai berikut.
1. Waktu tanggap sistem. Waktu tanggap sistem merupakan kecepatan operasi sistem. Pada sejumlah sistem, waktu tanggap yang cepat merupakan hal yang sangat penting.
2. Throughput. Throughput adalah ukuran beban dari sistem tersebut berupa persentase waktu vang diperlukan dalam mengirim sejumlah pesan melewati sambungan komunikasi data.
3. Manusia. Faktor manusia sangat penting diperhatikan. Khususnya di situasi terminal yang sering dipakai oleh pengguna yang tidak terlatih.

Apa alasannya (minimal 30 kata:

Sebutkan informasi lain mengenai teknologi komunikasi data:


2. Contoh Teknologi Komunikasi Data


Terdapat beberapa teknologi yang dapat digunakan pada komunikasi data, di antaranya adalah telegraf, taksimile, bluetooth, infrared, ADSL, LAN menggunakan kabel UTP, jaringan komputer, dan sebagainya.

a. Telegraf
Telegraf merupakan sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode morse dalam bentuk pulsa listrik dengan menggunakan kabel tembaga dari jarak jauh, Sinyal yang dikirimkan

b.Faksimile
Faksimile memiliki arti menyalin sama persis dengan aslinya. Faksimile merupakan teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon. Mesin faks menyalin dokumen yang akan dikirimkan, kemudian mengirimkan dokumen tersebut kepada nomor faks tujuan.

c. Bluetooth
Bluetooth adalah suatu teknologi media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi lainnya. Bluetooth umumnya digunakan di handphone, komputer, tablet, dan sebagainya.

d. ADSL
ADSL adalah salah satu bentuk teknologi digital subscriber line yang memiliki sifat asimetrik' sehingga data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda antara satu sisi dengan sisi yang lain. ADSL mampu mengakses internet dengan memanfaatkan kabel tembaga. Istilah ini sering disebut injection technology dan hal tersebut dapat membantu kabel telepon untuk menghantar data dalam jumlah yang besar.


Kegiatan 4.2 

A. Judul Kegiatan : Menganalisis Contoh Teknologi Komunikasi Data
B. Jenis Kegiatan : Tugas Mandiri
C.Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat menjelaskan cara kerja contoh teknologi komunikasi data. (KD 3).
2) Peserta didik dapat membuat laporan mengenai contoh teknologi komunikasi data dengan terampil.(KD 4)

D.  Langkah kegiatan :
1. Perhatikan gambar berikut dengan saksama! Tulislah karakteristik teknologi-teknologi komunikasi
data berikut!



2. Berdasarkan gambar di atas, pilihlah salah satu contoh teknologi komunikasi data! Atau kamu dapat memilih contoh teknologi komunikasi data lain!
Teknologi komunikasi data:
Alasan:
.....................................................................................
Berdasarkan contoh teknologi komunikasi data yang telah kamu pilih, lakukanlah analisis terhadap cara kerja contoh teknologi komunikasi data tersebut! Hasil analisis:
.....................................................................................
4. Ulaslah mengenai teknologi komunikasi data tersebut, serta tulislah semua informasi yang berhasil kamu temukan! Ulasan:
.....................................................................................
5. Berdasarkan hasil ulasanmu mengenai contoh teknologi komunikasi data, buatlah laporan atau makalah dalam bentuk print-out. Kumpulkan kepada gurumu pada pertemuan selaniutnya!
.....................................................................................


Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 4.3:
Salah satu contoh teknologi komunikasi data adalah mesin faksimile. Faksimile merupakan tek telekomunikasi yang dapat memindahkan data berupa data teks maupun gambar dari satu tempat ke tamnat lain faksimile banyak digunakan di area perkantoran. Faksimile memiliki keuntungan yakni memungkinkan bentuk asli dokumen dapat terlihat jelas. Bagaimana cara kerja mesin faksimile?

Penyelesaian:
Proses kerja mesin faksimile diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks, dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya "O" untuk gelap dan "1" untuk terang. Sinval listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya, dan kemudian mencetaknya.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata:
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata):
.....................................................................................
Sebutkan cara kerja pada contoh teknologi komunikasi data lain yang kamu ketahui:
.....................................................................................

Permasalahan 4.4:
Teknologi komunikasi data pada jaringan komputer menggunakan DCCU sebagai sambungannya. DCCU (Data Communication Control Unit) bertanggung jawab untuk mengatur hubungan peralatan pada perangkat komunikasi data. DCCU adalah bagian dari suatu integral yang baku dari sistem komunikasi data. Apa saja tugas DCCU?

Penyelesaian:
1. Untuk pembentukan suatu interface atau sistem antarmuka antara sistem 1/0 baik pada topologi bus maupun pada modem.
2. Mengonversi sinyal dengan mengendalikan atau mengontrol sinyal interface dengan tujuan agar sesuai dengan antarmuka.
3. Data yang akan dikirimkan diubah menjadi serial maupun sebaliknya.
4. Dengan mekanisme retry, maka error recovery dapat diatur.
5. Untuk melakukan konversi kode (sandi).
6. Untuk melakukan sinkronisasi karakter yaitu dengan cara start/stop ataupun dapat dengan menggunakan karakter SYN.
7. Untuk membentuk bit sinkronisasi untuk keperluan controller asinkron. 
8. Untuk melakukan pengujian dalam suatu kesalahan.
Apa alasannya (minimal 30 kata):
.....................................................................................
Sebutkan tugas lain DCCU yang kamu ketahui:
.....................................................................................


B. Mengenal Teknologi Komunikasi Suara


Selain komunikasi data, terdapat pula komunikasi suara. Komunikasi suara memiliki beberapa kelebihan yang dapat memudahkan proses komunikasi.

1. Teknologi Komunikasi Suara

Teknologi komunikasi suara merupakan jenis komunikasi dengan informasi yang disampaikan melalui perantara suara dan hanya dapat didengarkan. Agar terjadi sebuah komunikasi suara, haruslah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Berikut ini syarat-syarat terjadinya komunikasi suara.
a. Pengirim (tranceiver), yaitu pihak yang mengirimkan informasi.
b. Media transmisi, yaitu media yang digunakan untuk mengirimkan informasi.
c. Penerima (receiver), yaitu pihak yang menerima informasi.



Kegiatan 4.3

A. Judul Kegiatan : Menjelaskan Teknologi Komunikasi Suara
B. Jenis Kegiatan : Diskusi kelompok
C. Tujuan Kegiatan :
dapat 1) Peserta didik dapat menjelaskan mengenai teknologi komunikasi suara dengan benar. (KD 3)
2)Peserta didik membuat kesimpulan mengenai teknologi komunikasi suara dengan          terampil. (KD 4)

B. Langkah Kegiatan :
1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang dan tunjuklah salah seorang sebagai    ketua!
Ketua Kelompok :
Anggota 1.....................................................................................
Anggota 2.....................................................................................
Anggota 3.....................................................................................
2. Perhatikan gambar berikut dengan saksama!


3. Berdasarkan gambar di atas, lakukanlah analisis pengertian teknologi komunikasi suara berdasarkan pemahaman kalian! Teknologi komunikasi suara:
.....................................................................................
4. Secara berkelompok, identifikasilah karakteristik-karakteristik komunikasi suara! Karakteristik komunikasi suara
.....................................................................................
5. Berdasarkan hasil analisis dan identifikasi kalian, lakukanlah komunikasi suara sederhana bersama teman kelompokmu! Praktik komunikasi suara:
.....................................................................................
6. Tulislah kesimpulan yang berhasil kalian dapatkan mengenai komunikasi suara. Buatlah sebuah presentasi yang menarik. Presentasikan di depan kelas dan mintalah tanggapan dari kelompok lain! Kesimpulan:
.....................................................................................


Permasalahan dan Penyelesaian


Permasalahan 4.5:
Perkembangan teknologi semakin memudahkan dalam melakukan komunikasi suara. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah melakukan komunikasi suara dengan Yahoo Messenger. Yahoo Messenger adalah teknologi pengirim pesan instan yang disediakan oleh Yahoo. Terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan melakukan komunikasi suara dengan Yahoo Messenger. Apa saja kelebihan dan kelemahan tersebut?

Penyelesaian:
Kelebihan komunikasi suara dengan Yahoo Messenger adalah sebagai berikut.
1. Dapat bercakap-cakap dengan suara sehingga tidak perlu mengetikkan teks.
2. Karena berbasis internet, kita dapat menghubungi orang di mana pun asalkan mereka menggunakan Yahoo Messenger dan memiliki akun Yahoo.
3. Karena berbasis Yahoo Messenger, kita dapat menggunakan fitur-fitur Yahoo Messenger lainnya pada saat melakukan komunikasi suara.

Sementara itu kekurangan komunikasi suara dengan Yahoo Messenger adalah sebagai berikut.
1.  Data yang ditransfer lebih besar.
2. Memerlukan tambahan piranti seperti speaker dan mikrofon sehingga lebih banyak yang harus dipersiapkan.
3.  Memerlukan tempat yang lebih tenang, karena jika berada di tempat yang ramai, suara sering tidak terdengar atau mengalami gangguan.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata):
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata): 
.....................................................................................
Sebutkan informasi lain mengenai komunikasi suara yang kamu ketahui: 
.....................................................................................

Permasalahan 4.6: 
Dalam komunikasi suara, kamu tentu tidak asing dengan istilah voicemail. Voicemail adalah layanan untuk merekam pesan suara kepada nomor tujuan tertentu ketika nomor tujuan tersebut berada di luar jangkauan atau tidak dapat dihubungi. Voicemail dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan komunikasi internal, meningkatkan layanan pelanggan, serta mengurangi biaya pengambilan pesan. Namun, voicemail memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan voicemail?

Penyelesaian:
Berikut ini kelemahan-kelemahan voicemail.
1. Beberapa orang tidak dapat menggunakan sistem pesan suara, sistem pesan suara kurang ekonomis. 
2. Apabila ada terlalu banyak pilihan pesan suara , mungkin akan menyulitkan orang untuk mengingat pilihan mana yang mereka gunakan sebelumnya. 
3. Jika kehilangan banyak panggilan, Anda akan dibanjiri pesan suara. Mendengarkan pesan suara sangat 
melelahkan dan menyita waktu.
 4. Seseorang yang bosan mendengarkan pesan suara akan menghapus pesan tersebut. Hal ini dapat 
menyebabkan seseorang melewatkan pesan penting. 
5. Sistem perekaman pesan dapat menjadi mangsa para hacker yang memasukkan kata sandi melalui email spam atau rekayasa sosial

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata):
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata):
.....................................................................................
Sebutkan informasi lain mengenai komunikasi suara yang kamu ketahui:
.....................................................................................


2. Contoh Teknologi Komunikasi Suara 


Terdapat beberapa teknologi yang dapat digunakan pada komunikasi suara, di antaranya adalah siaran radio, radio amatir, komunikasi radio dua arah, radio antarpenduduk, radio panggil, telepon, dan sebagainya.

a. Komunikasi Siaran Radio atau Radio Broadcasting
Melalui radio broadcasting, informasi dipancarkan ke segala arah. Informasi yang   dipancarkan dapat didengarkan oleh siapa pun. Informasi pada siaran radio bersifat umum. Contoh komunikasi siaran radio adalah radio RRI

b. Komunikasi Radio Amatir  
Pada komunikasi radio amatir, informasi dipancarkan ke segala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang memiliki izin beroperasi. Informasi yang dipancarkan bersifat pribadi. Contoh komunikasi radio amatir adalah ORARI. 

c. Komunikasi Radio Dua Arah 
Pada komunikasi radio dua arah, informasi dibatasi oleh pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran, frekuensi, dan gelombang yang sama. Komunikasi radio dua arah  
memiliki jarak jangkauan yang terbatas, sehingga informasi dapat terjaga. Pertukaran informasi pada komunikasi radio dua arah hanya berlangsung antara beberapa orang yang berkepentingan. Contoh komunikasi radio dua arah adalah handy talky. 

d. Komunikasi Radio Antarpenduduk atau Citizen Band    
Komunikasi suara pada komunikasi radio antarpenduduk, hubungan komunikasi bersifat pribadi. Jangkauan informasi terbatas, namun kerahasiaan informasi tidak terjamin karena semua pesawat penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh komunikasi ini adalah RAPI, intercom, dan sebagainya.

e. Komunikasi Radio Panggil atau Paging System 
Radio panggil atau paging system digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim. Komunikasi radio panggil memiliki jangkauan yang terbatas. Komunikasi radio panggil sebenarnya hanya untuk memanggil atau memberikan instruksi satu arah saja. Informasi yang akan disampaikan direkam oleh operator yang kemudian akan disampaikan kepada penerima. Contoh komunikasi ini adalah pager

f. Komunikasi telepon   
Komunikasi telepon bersifat pribadi murni atau niaga. Informasi yang disampaikan tidak terbatas pada jumlah, artinya pengirim dan penerima dapat bertukar informasi sebanyak apa pun, Kerahasiaan informasi yang disampaikan terjaga. Komunikasi telepon memiliki jarak jangkauan yang paling luas. Komunikasi ini menggunakan manajemen pertukaran. Contoh komunikasi ini adalah telepon, handphone, dan sebagainya. 

Agar pemahamanmu mengenai contoh teknologi komunikasi suara semakin mendalam, kerjakan kegiatan berikut dengan sungguh-sungguh.


Kegiatan 4.4


A. Judul Kegiatan : Menganalisis Contoh Teknologi Komunikasi suara 
B. Jenis Kegiatan : Tugas Mandiri 
C. Tujuan Kegiatan :
 1) Peserta didik dapat menjelaskan cara kerja contoh teknologi komunikasi suara. (KD 3) 
2) Peserta didik dapat membuat laporan mengenai contoh teknologi komunikasi suara dengan terampil. (KD 4) 
D. Langkah Kegiatan : 
1. Perhatikan gambar berikut dengan saksama! Tulislah karakteristik teknologi-teknologi komunikasi suara berikut! 



2. Berdasarkan gambar di atas, pilihlah salah satu contoh teknologi komunikasi suara! Atau kamu  dapat memilih contoh teknologi komunikasi suara lain! Teknologi komunikasi suara: 
Alasan: 
.....................................................................................
3. Berdasarkan contoh teknologi komunikasi suara yang telah kamu pilih, lakukanlah analisis terhadap cara kerja contoh teknologi komunikasi suara tersebut!
.....................................................................................
4. Ulaslah mengenai teknologi komunikasi suara tersebut, serta tulislah semua informasi yang berhasil kamu temukan! Ulasan: 
.....................................................................................
5. Berdasarkan hasil ulasanmu mengenai contoh teknologi komunikasi suara, buatlah laporan atau makalah dalam bentuk print-out. Kumpulkan kepada gurumu pada pertemuan selanjutnya!
.....................................................................................


Permasalahan dan Penyelesaian 


Permasalahan 4.7:
Radio amatir adalah salah satu teknologi komunikasi suara yang memiliki model komunikasi dua arah melalui radio dengan status amatir yang telah diakui. Perangkat yang digunakan pada radio amatir adalah radio transceiver. Pada sebuah stasiun radio amatir, terdapat beberapa peralatan yaitu radio, penyedia kekuatan, kabel, serta antena. Sistem kerja radio amatir menggunakan frekuensi rendah antara 150 kHz-1500 kHz atau antara 200-2000 meter. Selain itu, radio amatir menggunakan model emisi sebagai transmisinya. Terdapat beberapa model emisi yang digunakan pada radio amatir. Apa saja model emisi tersebut? 

Penyelesaian: 
Model emisi yang paling banyak dipakai pada radio amatir adalah sebagai berikut.
 1. A1A, atau telegrafi dengan ketukan kunci hidup mati. Hal ini memungkinkan komunikasi dengan morse 
jarak jauh dengan perlengkapan sederhana. 
2. A3E, teleponi, jalur samping ganda, atau modulasi amplitudo. Dahulu banyak dipakai, saat ini sebagian 
besar untuk perlengkapan yang kadang disederhanakan." 
3. J3E, teleponi, jalur samping tunggal. Benar-benar eksklusif untuk jalur-jalur HF dan komunikasi suara jarak jauh. 
4. F3E, teleponi dengan modulasi frekuensi, banyak dipakai pada frekuensi yang sangat tinggi. Model ini mencakup transmisi faksimile, televisi, pulsa, dan teleprinter radio. 

Bagaimana pendapatmu (Minimal 15 kata):
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata):
.....................................................................................
Sebutkan informasi lain mengenai radio amatir yang kamu ketahui: 
.....................................................................................

Permasalahan 4.8:
Salah satu contoh teknologi komunikasi suara adalah intercom. Intercom biasanya digunakan sebagai alat komunikasi antarruangan/bagian di lingkungan kantor, rumah, toko, dan sebagainya. Menggunakan intercom dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga dapat meningkatkan efektivitas komunikasi. Intercom menggunakan beberapa frekuensi dalam proses komunikasinya. Apa saja frekuensi yang digunakan oleh intercom? 

Penyelesaian: 
Frekuensi yang digunakan intercom dalam proses komunikasinya adalah sebagai berikut. 
1. Frekuensi 49 MHz, digunakan oleh sistem intercom yang menggunakan telepon tanpa kabel dan monitor kecil. Luas jangkauannya terlalu pendek dan memungkinkan terjadinya penyadapan dalam percakapan.
2. Frekuensi 200 KHz-270 KHz (Frequency Modulation). Intercom yang menggunakan frekuensi FM dapat bekerja dengan baik atau tidak tergantung pada alat pemancar dan alat-alat listrik yang ada di dalamnya.
3. Frekuensi 900 MHz hanya terdapat di Amerika Utara, Australia, dan Israel. Frekuensi ini memungkinkan untuk berkomunikasi dengan menggunakan teknologi analog. 
4. Frekuensi 2,4 GHz ini digunakan hampir di seluruh dunia. Frekuensi ini digunakan pada sistem intercom video. Frekuensi ini juga digunakan oleh jaringan WiFi sehingga dapat mengganggu kinerja sistem intercom.
5. Frekuensi MURS-150 MHz, MURS kepanjangan dari Multi Use Radio Device, yaitu spektrum gelombang radio yang menggunakan frekuensi 150 MHz. Pelayanan dalam spektrum ini dilakukan di Amerika Serikat dan Kanada. Kekuatan frekuensinya sangat lemah dan jarak jangkauan berada di sekitar area VHF (Very High Frequency). 

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata): 
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata):
.....................................................................................
Sebutkan informasi lain mengenai intercom yang kamu ketahui: 
.....................................................................................


C. Aspek Komunikasi Data dan Suara 


Komunikasi data dan suara memerlukan beberapa aspek untuk mendukung proses komunikasinya. Aspek-aspek tersebut harus dipenuhi agar komunikasi dapat berjalan sesuai harapan.

1. Communication Channel 
Communication channel adalah jalur lalu lintas yang akan dilewati oleh paket atau data. Terdapat tiga communication channel pada komunikasi data dan suara, yaitu sebagai berikut. 
a. Simplex, yaitu komunikasi yang dilakukan secara satu arah. Saat komunikasi menggunakan channel simplex, penerima hanya dapat berperan sebagai penerima, dan pengirim hanya dapat berperan 
sebagai pengirim. Contoh komunikasi simplex adalah TV, radio, dan sebagainya. 
b. Half duplex, yakni komunikasi dua arah yang dilakukan secara bergantian. Komunikasi ini dapat dilakukan sebagai pengirim dan penerima. Contoh komunikasi half duplex adalah handy talky. 
c. Full duplex, yakni komunikasi dua arah, dapat menjadi pengirim dan penerima yang dapat dilakukan secara bersamaan. Contoh komunikasi full duplex adalah handphone. 

2. Serial Communication 
Serial communication memiliki arti bahwa komunikasi harus dilakukan secara urut. Komunikasi harus melewati blok-blok komunikasi. Blok-blok komunikasi tersebut di antaranya sebagai berikut. 
a. Sender, dalam komunikasi, harus ada pihak yang berperan sebagai pengirim" Transmisi, dalam komunikasi harus ada media transmisi yang digunakan untuk menyalurkan informasi menuju ke penerima, 
b. Receiver, dalam komunikasi, harus ada pihak yang berperan sebagai penerima inform

3. Teknik Transmisi 
Teknik transmisi adalah teknik yang digunakan antara terminal pengirim dan penerima agar dapat terjadi pertukaran data atau informasi. Terdapat dua cara melakukan teknik transmisi, sebagai berikut.
a. Asynchronous, yakni teknik transmisi yang tidak menggunakan kanal timing yang terpisan. Pada Teknik transmisi asynchronous, proses komunikasi data tidak tergantung dengan waktu yang tetap. Teknik ini sering digunakan untuk mengirim dan menerima data antar 2 perangkat.
 
b. Synchronous, yakni teknik transmisi yang menggunakan kanal terpisah untuk transmisi data dan informasi waktu. Pada teknik transmisi synchronous, proses pengirim dan pener sedemikian rupa sehingga memiliki pengaturan yang sama. Komunikasi synchronous terjadi pada waktu yang bersamaan, berkelanjutan, dan dapat diprediksi. 


Kegiatan  4.5 


A. Judul Kegiatan : Menganalisis Aspek-Aspek Komunikasi Data dan Suara 
B. Jenis Kegiatan : Diskusi Kelompok 
C. Tujuan Kegiatan :  
1) Peserta didik dapat menjelaskan mengenai aspek-aspek komunikasi data dan suara. (KD 3) 2) Peserta didik dapat membuat kesimpulan mengenai aspek-aspek komunikasi data dan suara dengan terampil. (KD 4) 

D. Langkah kegiatan : 

1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang dan tunjuklah salah seorang sebagai ketua! Ketua kelompok
Anggota 1.....................................................................................
Anggota 2.....................................................................................
Anggota.....................................................................................
2. Perhatikan gambar berikut dengan saksama! 

3. Berdasarkan gambar di atas, secara berkelompok lakukanlah analisis terhadap komun terjadi! 
Hasil analisis: 
.....................................................................................
4. Berdasarkan hasil analisis kalian, identifikasilah untuk menentukan aspek-aspek komunikasi data dan suara yang terdapat pada komunikasi di atas! Aspek komunikasi data dan suara:
a. Jenis communication channel:
.....................................................................................
b. Blok-blok komunikasi:
.....................................................................................
c. Jenis teknik transmisi: 
.....................................................................................
5. Berdasarkan hasil analisis dan identifikasi kalian, tulislah kesimpulan yang berhasil kalian peroleh dengan rapi! 
Kesimpulan: 
.....................................................................................


Permasalahan dan Penyelesaian 


Permasalahan 4.9:
Salah satu aspek komunikasi data dan suara adalah teknik transmisi yang digunakan. Teknik transmisi dikelompokkan menjadi dua, yaitu transmisi asynchronous dan synchronous. Teknik transmisi adalah teknik yang digunakan antara terminal pengirim dan penerima agar dapat terjadi pertukaran data atau informasi. Bagaimana perbedaan teknik transmisi asynchronous dan synchronous? 

Penyelesaian: 
Berikut ini perbedaan teknik transmisi asyncronous dan synchronous. 


.....................................................................................
Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata):
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata):
 .....................................................................................
Sebutkan informasi lain mengenai aspek komunikasi data dan suara yang kamu ketahui:
.....................................................................................

Permasalahan 4.10:
Salah satu communication channel pada aspek komunikasi data dan suara adalah komunikasi data full duplex. Komunikasi full duplex memiliki proses transmisi yang lebih rumit. Beberapa contoh komunikasi full duplex di antaranya adalah penggunaan telepon rumah tangga, chatting, koneksi peer to peer LAN, dan sebagainya. Komunikasi full duplex memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan komunikasi full duplex? 

Penyelesaian: 

Kelebihan menggunakan komunikasi full duplex di antaranya sebagai berikut.
1. Komunikasi data dapat berjalan dengan mudah dan lancar.
2. Informasi dan data dapat diterima dan diteruskan dengan mudah.
3. Terjadi suatu timbal balik antar-device dalam satu proses komunikasi. 
Sementara itu, kekurangan menggunakan komunikasi full duplex yakni sebagai berikut.
1. Kedua device harus dalam keadaan aktif dan juga terhubung dalam sebuah jaringan. Apabila salah satu device mengalami kegagalan, komunikasi data full duplex tidak dapat dijalankan.
2. Device yang digunakan untuk metode komunikasi data full duplex cukup rumit untuk dibuat, sehingga memiliki harga yang lebih mahal. 

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata):
.....................................................................................
Apa alasannya (minimal 30 kata): .. 
.....................................................................................
Sebutkan informasi lain mengenai aspek komunikasi data dan suara yang kamu ketahui: 
.....................................................................................


HOTS (High Order Thinking Skills) 


A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) 
pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya! 

1. Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali terjadi proses komunikasi data. Contoh sederhana dalam berkomunikasi data adalah saat kita mengirimkan email kepada seseorang yang berada di tempat dengan jarak tertentu. Hal ini menyebabkan semakin banyak pula teknologi komunikasi data. Komunikasi data banyak digunakan, hal ini dikarenakan ....
A. perkembangan teknologi mengharuskan seseorang untuk melakukan komunikasi data 
B. semua perangkat komunikasi dan komputer sudah menggunakan prinsip komunikasi data 
C. tujuan komunikasi data adalah untuk memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien
D. komunikasi data melewati tahapan tahapan komunikasi secara urut
E. komunikasi data dapat mengubah IP private menjadi IP public secara otomatis
 Alasan :
.....................................................................................

2. Saat melakukan penginstalan perangkat komunikasi data pada jaringan komputer yang menggunakan teknologi LAN, tidak jarang terjadi kendala-kendala yang mengganggu berhasilnya sebuah komunikasi data. Kendala tersebut adalah tidak berhasilnya sebuah data terkirim sesuai dengan yang diharapkan, Permasalahan tersebut salah satunya disebabkan oleh....
A. kesalahan perangkat komunikasi data yang digunakan 
B. perangkat tidak mendukung komunikasi data
C. infrastruktur jaringan komunikasi data tidak diizinkan untuk mengakses data yang berada di perangkat lain
D. kabel LAN tidak terhubung dengan router jaringan
E. kesalahanan dalam melakukan penginstalan dan penentuan terminal komunikasi data
Alasan : 
.....................................................................................

3. DCCU (Data Communication Control Unit) memiliki tanggung jawab untuk mengatur hubungan antarperalatan pada jaringan komunikasi data. Contoh teknologi komunikasi data yang menggunakan DCCU adalah jaringan komputer. DCCU penting kaitannya dengan proses komunikasi data. Hal ini karena ....
A. DCCU digunakan sebagai perangkat pemilihan jalur pengiriman data terbaik
B. DCCU digunakan untuk mengonversi sinyal dengan mengendalikan atau mengontrol sinyal interface dengan tujuan agar sesuai dengan antarmuka 
C. DCCU digunakan dalam proses encode dan decode
D. DCCU digunakan untuk menentukan jalur transmisi agar paket/data dapat sampai kepada tujuan yang sesuai
E. DCCU digunakan untuk menentukan communication channel pada proses komunikasi data 
Alasan : 
.....................................................................................

4. Telepon tentu sudah bukan menjadi teknologi yang asing lagi bagi perangkat komunikasi saat ini. Telepon menggunakan komunikasi suara sebagai prinsip kerjanya. Telepon merupakan alat komunikasi yang bersifat pribadi murni atau niaga. Jika dibandingkan radio, telepon memiliki kelebihan, yaitu ......
A. Komunikasi dengan telepon menggunakan peralatan yang lebih canggih jika dibandingkan dengan radio
B. gangguan komunikasi dengan telepon lebih kecil jika dibandingkan dengan komunikasi melalui radio
C. telepon tidak menggunakan frekuensi sehingga lebih mudah dalam melakukan komunikasi
D. komunikasi dengan telepon lebih efektif karena dapat bertukar informasi sebanyak apa pun dengan jarak jangkauan yang luas
E. komunikasi dengan telepon lebih efektif karena perangkat telepon lebih mudah ditemukan daripada radio 
Alasan :
.....................................................................................

5. Aspek dalam komunikasi data dan suara di antaranya adalah communication channel, serial communication, dan teknik transmisi. Untuk menentukan jenis communication channel yang digunakan dalam sebuah komunikasi data yaitu dengan cara ....
A. menentukan jenis perangkat yang digunakan dan mengamati bagaimana proses komunikasi berlangsung antara pengirim dan penerima
B. menentukan jenis transmisi yang digunakan dan mengamati proses komunikasi yang terjadi antara pengirim dan penerima
C. melihat frekuensi yang digunakan dalam proses komunikasi data 
D. melihat tahapan-tahapan yang terjadi selama proses komunikasi data
E. menentukan waktu proses komunikasi terjadi
Alasan : 
.....................................................................................

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat! 

1. Sebutkanlah contoh teknologi komunikasi data yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari! Jawaban:
.....................................................................................
2. Sebutkanlah contoh teknologi komunikasi suara yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari! Jawaban:
.....................................................................................
3. Pernahkah kamu menggunakan teknologi komunikasi data? Jika pernah, teknologi apa yang kamu gunakan? Jelaskan kendala-kendala yang terjadi pada teknologi komunikasi tersebut!
Jawaban:
.....................................................................................
4. Pernahkah kamu menggunakan teknologi komunikasi suara? Jika pernah, teknologi apa yang kamu gunakan? Jelaskan kendala-kendala yang terjadi pada teknologi komunikasi tersebut! 
Jawaban:
.....................................................................................
5. Jelaskan bagaimana caramu menjaga teknologi komunikasi data dan suara! 
Jawaban: 


Studi Kasus 


I. Komunikasi suara memiliki keunggulan. Simak uraian berikut! 

Komunikasi Suara Masih Penting di Era Broadband Saat Ini 

Informasi dan komunikasi saat ini diwarnai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, baik teknologi perangkat, aplikasi, konten, dan juga jaringan. Pada teknologi perangkat ditandai dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke internet. Perangkat tersebut antara lain komputer personal, ponsel pintar, smart watch, smart TV, surveillance camera, kamera digital, kacamata, dan bahkan mobil.
Dengan perkembangan berbagai teknologi tersebut, cara berkomunikasi pun terus berkembang. Tetapi ternyata komunikasi suara masih merupakan cara berkomunikasi yang penting. Berdasarkan data dari Roy Morgan Research, lebih dari 98% pengguna ponsel masih menggunakan komunikasi suara atau telepon untuk berkomunikasi. Komunikasi suara atau telepon memang mempunyai karakteristik yang memberikan keuntungan khusus dalam melakukan komunikasi. Dalam artikel di Inc.com beriudul "Communication in 2015: Text, Voice, Video or In-Person?", Jayson De Mers, pakar sosial media marketing uga mengungkapkan bahwa komunikasi suara mempunyai beberapa keunggulan, antara lain intonasi suara melalui telepon juga merupakan bagian dari informasi dan juga dapat merepresen tidak didapatkan saat kita berkomunikasi melalui sosial media atau instant messaging.Untuk memperdalam pemahamanmu mengenai keunggulan komunikasi suara, berlatihla analisis terhadap uraian di atas dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learnin tugas berikut sesuai dengan tahapan di bawah ini!
 A. Rumusan Masalah 
1. 
2. 
B. Kajian Pustaka yang Relevan 
Guna menganalisis teks di atas, dibutuhkan kajian pustaka yang relevan, sebagai berikut. 
1. Kajian Pustaka 
Sumber referensi:
 (Tahun          )
 Isi teori: 

2. Kajian Pustaka ll
 Sumber referensi:
(Tahun           ) 
Isi teori: 
C. Data yang diperoleh Peserta Didik 
1.
2.

 D. Analisis Data 
Simpulan 
1.
2.
3.
4.
5.


E.Simpulan


II. Cermati dan pahamilah uraian berikut! 


Mengapa Email Tidak Terkirim? Inilah Berbagai Masalah Penyebabnya Gagal 




Mengapa email tidak terkirim? adalah kasus yang tidak asing lagi di mana sering terjadi beberapa masalah saat mencoba mengirim email baik menggunakan provider email terbaik sekalipun. Akan selalu ada penyebab email gagal terkirim ke tujuan entah berbagai alasan teknis. 
Anda mungkin pernah menemukan masalah berikut pada email Anda, yaitu: mengapa email tidak masuk ke inbox, cara setting email agar tidak masuk ke spam, pesan error "DNS Error: 22134944 DNS type 'mx' lookup, responded with code NXDOMAIN Domain name 6 
Gambar 4.25 Email tidak berhasil terkirim not found", dan sebagainya. Berbagai masalah tersebut terdiri atas berbagai alasan mengapa dapat terjadi dan akan dibahas secara lebih rinci berbagai kemungkinan hal hal yang menjadi penyebab dan yang harus dilakukan atau solusi yang diterapkan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan pada email yang gagal terkirim. 
Berbagai penyebab gagal dan tidak terkirimnya email dapat disebabkan oleh ukuran email terlalu besar atau over kuota, kotak surat penuh, alamat email tujuan salah, email masuk ditolak oleh sistem, gagal mengirim karena koneksi internet. 

Berdasarkan uraian di atas, lakukanlah analisis untuk mengatasi permasalahan pada komunikasi data melalui email menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan melengkapi tugas berikut sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan! 
A. Rumusan Masalah/Identifikasi Masalah/Pertanyaan Masalah
1. .....................................................................................
2. .....................................................................................
3. .....................................................................................

B. Aktivitas/Kegiatan Belajar untuk Mengatasi/Menyelesaikan Masalah 
.....................................................................................
C. Analisis Data 
.....................................................................................
D. Simpulan Solusi Masalah seara Kelompok
.....................................................................................

III.Salah satu contoh teknologi komunikasi adalah jaringan komputer. 

Cermati dan pahamilah uraian berikut! 

Proses Komunikasi dalam Sebuah Jaringan Kabel Lokal

 Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak 
yang meminta atau menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut server. Proses komunikasi dalam Desain ini disebut sistem client-server, dan digunakan pada jaringan lokal 
hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti hub, bridge, switch, router, gateway sebagai peralatan interkoneksinya

Berdasarkan uraian di atas, buatlah projek untuk mempresentasikan mengenai aspek-aspek yang terdapat pada komunikasi jaringan komputer. Untuk mempermudah dalam pelaksanaannya gunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan melengkapi tahapan-tahapan berikut ini!
A. Perencanaan Kegiatan (Projek) 
Judul Projek: 
B. Jenis Tugas: Kelompok 
C. Jadwal Pelaksanaan:
D. Sumber Data 
1. Pengamatan di Lingkungan Sekitar
2. Informan (Masyarakat/Teman) 
a......................................................................................
b......................................................................................
c......................................................................................
3. Refrensi
a......................................................................................
b.....................................................................................
c......................................................................................
E. Cara Mengumpulkan Data 
1. Observasi
a......................................................................................
b......................................................................................
c......................................................................................

2. Studi Literatur
Daftar Literature: 
a.....................................................................................
b.....................................................................................
c.....................................................................................
F. Analisis Data 
1. Hasil Analisis Data Observasi 
a.....................................................................................
b.....................................................................................
c.....................................................................................

2. Hasil Analisis Data Studi Literature 
a.....................................................................................
b.....................................................................................
c.....................................................................................
G. Simpulan Hasil Analisis 
.....................................................................................


Uji Kompetensi 


Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya! 

1. Teknologi yang menggunakan atau berfungsi sebagai alat komunikasi data dalam prinsip kerjanya 
disebut.... 
A. perangkat komunikasi 
B. teknologi informasi teknologi komunikasi data 
D. kriteria teknologi komunikasi data 
E. kelebihan teknologi komunikasi data
Alasan : 
.....................................................................................

2. Berikut ini bukan merupakan karakteristik teknologi komunikasi data adalah ....
A. sisi kesesuaian pengiriman
B. jitter
C. sisi akurasi 
D. sisi kecepatan bandwidth 
E. sisi ketepatan waktu
Alasan :
.....................................................................................

3. Ukuran beban dari suatu sistem yang berupa persentase waktu yang diperlukan untuk mengirim sejumlah pesan melewati sambungan komunikasi data disebut .... 
A. bandwidth 
B. throughput
C. jitter
D. synchronous 
E. subnet 
Alasan : 
.....................................................................................

4. Teknologi telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode morse dalam bentuk pulsa listrik dengan menggunakan kabel tembaga dari jarak jauh adalah ....
A. pager
B. faksimile
C. infrared
D. telegraf
E. ADSL 
Alasan : 
.....................................................................................

5. Jenis teknologi komunikasi yang informasinya disampaikan melalui perantara suara dan hanya dapat didengarkan disebut ....
A. teknologi komunikasi suara
B. teknologi suara 
C. tranceiver 
D. perangkat komunikasi suara 
E. transmisi
Alasan : 
.....................................................................................

6. Informasi dipancarkan ke segala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang memiliki izin beroperasi adalah jenis teknologi komunikasi ....
A. radio dua arah 
B. radio amatir
C. telepon 
D. radio broadcasting 
E. citizen band 
Alasan : 
.....................................................................................

7. Frekuensi berikut ini yang tidak dapat digunakan pada intercom adalah ... 
A. 49 MHz
B. MURS-150 MHz
C. 900 MHz
D. 24 GHz
E. FM
Alasan :
.....................................................................................

8. Teknik transmisi yang menggunakan kanal terpisah untuk transmisi data dan informasi waktu adalah
A. asynchronous
B. transmitter
C. simplex
D. multiplex
E.  synchronous
Alasan :
.....................................................................................

Perhatikan petunjuk berikut untuk menyelesaikan soal nomor 9 dan 10!

Petunjuk: 
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat. 
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. 
C. Jika pernyataan benar, alasan salah. 
D. Jika pernyataan salah, alasan benar. 
E. Jika pernyataan dan alasan salah.

9. Teknologi komunikasi data memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan adanya teknologi komunikasi data, kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh. Namun, kita tetap harus menjaga data kita agar tidak mengalami permasalahan. Salah satu caranya adalah dengan memastikan alamat IP yang dituju dengan benar. 

Sebab
Memastikan alamat IP yang dituju dengan benar, dapat meng-update antivirus secara berkala dan dapat melakukan backup data merupakan langkah-langkah menjaga keamanan data. 
Jawaban: 
.....................................................................................
 Alasan : 
.....................................................................................

10. Telepon adalah salah satu contoh teknologi komunikasi suara. Telepon merupakan alat komunikasi 
yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk percakapan. Telepon menggunakan aspek komunikasi data dan suara yaitu communication channel half-duplex, 
Sebab
Communication channel half-duplex adalah komunikasi dua arah yang dilakukan secara bergantian. 
Jawaban:
.....................................................................................
 Alasan :
.....................................................................................


Refleksi 


Pada Bab IV, peserta didik telah mempelajari tentang mengenal teknologi komunikasi data dan suara, Materi yang telah dipahami maupun yang belum dipahami akan diberi tanda centang (V) pada kolom di bawah ini. Peserta didik juga akan bertanya jika ada materi yang belum dipahami.
NO pernyataan
Keterangan

Paham  Belum Paham
1. .....................................................................................
2. .....................................................................................
3. .....................................................................................
4. .....................................................................................

Muatan Aktivitas Peserta Didik
 (Berdasar Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016) 
A. Tugas Mandiri 
1. Jelaskan mengenai teknologi komunikasi data dan karakteristiknya!
2. Jelaskan mengenai teknologi komunikasi suara dan karakteristiknya! 
3. Sebut dan jelaskan contoh teknologi komunikasi data! 
4. Sebut dan jelaskan contoh teknologi komunikasi suara!
5. Sebut dan jelaskan aspek-aspek komunikasi data dan suara! 

B. Tugas Kelompok 
Setelah mempelajari mengenai teknologi komunikasi data dan suara, lakukan aktivitas berikut bersama teman satu kelasmu. 
1. Berkelompoklah dengan 3-4 temanmu laki-laki dan perempuan, kemudian pilihlah seorang ketua kelompok untuk memimpin diskusi! 
2. Bersama anggota kelompok kalian, perhatikan proses komunikasi berikut
3. Buatlah suatu kesimpulan mengenai hasil diskusi kelompokmu! 

Tugas Projek 
1. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang
a. Ketua kelompok
b. Anggota 1.....................................................................................
c. Anggota 2.....................................................................................
d. Anggota 3 Buatlah.....................................................................................
2. perencanaan perbuatan video untuk mempraktikkan penggunaan teknologi komunikasi data. Kalian dapat memilih antara teknologi komunikasi data atau teknologi komunikasi suara. Tulislah konsep penggunaan teknologi komunikasi data yang akan kalian praktikkan secara rinci!
3. Gambarkan skema penggunaan teknologi komunikasi data yang akan kalian praktikkan! 
4. Setiap kelompok membuat jadwal kegiatan berkaitan dengan perencanaan pembuatan video untuk mempraktikkan penggunaan teknologi komunikasi data seperti pada tabel berikut. 
5. Selesaikan tugas projekmu dalam waktu dua minggu. Selanjutnya, kumpulkanlah video tersebut dalam bentuk CD kepada gurumu! 

Interaksi Guru dan Orang Tua
Untuk mengisi form tabel interaksi guru dan orang tua, ikuti petunjuk gurumu!

0 komentar: