phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

Pemrograman Dasar - Belajar Bahasa Pemrograman dari Android


Siswa yang mengambil jurusan TKJ, tentunya tidak akan asing lagi dengan bahasa pemrograman salah satunya yaitu bahasa pemrograman Pascal. Bagi sebagian besar Siswa, Bahasa pemrograman ini biasanya dipelajari diawal semester pertama dan kedua.

Biasanya dalam praktikum pemrograman yang diadakan disekolah akan menggunakan software atau text editor seperti Free pascal, CodeBlocks ataupun Sublime Text dan lain sebagainya melalui PC.

Namun praktikum pemrograman di sekolah biasanya terasa kurang dikarenakan keterbatasan waktu. Nah untuk itu, kalian yang ingin terus berlatih dalam menguasai pemrograman dapat dilakukan dimana saja dengan menggunakan smartphone berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Dcode.  Berikut tutorialnya:


1. Install Dcoder di Android kamu. Download Dcoder Android di playstore

2. Signup dengan email ataupun media sosial seperti facebook.

3. Pilih Bahasa Pemrograman yang akan kita gunakan. Pascal.

4. Sebagai contoh, klik create a file

buat nama latihan1

Berikut saya sertakan kode programnya:


Program soal;
Uses crt;
Begin
Clrscr;
Writeln('Saya bangga menjadi programmer');
Writeln('Pascal merupakan bahasa pemrograman high level
languange');
Readln();
End.

 

5. Setelah kita mengetikkan code programnya, kita dapat mengcompile nya dengan tombol yang terdapat di pojok kanan bawah yang berwarna hijau. Barulah kita akan mendapatkan hasil keluaran program yang telah kita buat tersebut.

setelah berhasil membuat program, screen shoot lah gambar seperti di bawah ini, kirimlah di link yang sudah di berikan untuk pengumpulan tugas

0 komentar: