phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

TLJ - Mengenal Protokoler Server Softswitch (BAB VII)





Bacalah teks berikut dengan saksama!

Perkembangan teknologi semakin menuntut adanya penunjang teknologi telekomunikasi yang semakin maju. Dikarenakan perkembangan yang pesat, jarak dan waktu tidak lagi menjadi permasalahan. Telekomunikasi saat ini diarahkan untuk menjadi satu layanan yang dapat mencakup data, suara, gambar, serta komunikasi mobile dengan kualitas yang tinggi.

Jaringan yang didukung oleh protocol IP, semakin fleksibel dalam memenuhi tuntutan kebut, diharapkan. Next Generation Network (NGN) merupakan suatu jaringan telekomunikasi masa depan yang diharapkan untuk mampu meningkatkan kineria dan efisie lembaga atau badan pelayanan telekomunikasi.

Satu teknologi yang diharapkan mampu menjadi solusi dalam peralihan teknologi tele alah softswitch. Jaringan softswitch memungkinkan layanan menuju teknologi jaringan masa depan adalah softswitch. Jaringan softswitch memur voice call, video, dan data pada satu jaringan broadband yang sama. Softswitch dapat sebagai salah satu teknologi broadband yang andal dan fleksibel, sehingga dapat frastruktur dan kemudahan dalam pengembangan keuntungan terhadap menurunnya biaya infrastrukt layanan telekomunikasi baru.

Softswitch dapat beroperasi secara penuh bersama jaringan eksisting atau yang telah ada dal ich dilakukan dengan menyederhanakan desain jaringan inti berevolusi menuju jaringan NGN. Softswitch dile setiap elemen yang terdapat di dalamnya dapat berevolusi kepada konsep arsitektur layer, sehingga setiap elemen yang terdapat dida terhadap elemen lainnya.

A. Protokoler Server Softswitch

Server softswitch diharapkan mampu memenuhi kebutuhan telekomunikasi di masa depan. Softswitch menghubungkan beberapa jaringan dengan jaringan paket. Jaringan yang dimaksud dapat berupa jaringan PSTN, jaringan internet, TV, dan sebagainya, sehingga jaringan memiliki arsitektur yang terdistribusi. Dengan adanya softswitch, fungsi dan peran PSTN didistribusikan pada layer yang terpisah yang dijembatani oleh open interface. Hal ini memungkinkan integrasi perangkat dari berbagai vendor.




1. Protokoler Server Softswitch

a. Pengertian Softswitch

Softswitch adalah suatu sistem dalam jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat

mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IP. Seluruh proses dalam softswitch dijalankan oleh software yang terdapat pada suatu sistem komputer. Softswitch menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket. Jaringan internet yang berbasis IP, TV kabel, jaringan seluler, dan sebagainya.

b. Komponen-komponen Softswitch

Server softswitch terdiri atas beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut di antaranya sebagai berikut.

1) Media Gateway Controller (MGC)/Call Agent

MGC/call agent merupakan elemen utama softswitch yang berfungsi sebagai pengontrol seluruh sesi layanan dan komunikasi, mengaturinteraksi setiap elemen-elemen jaringan yang lain, serta menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, seperti PSTN, SS7, dan

jaringan IP.

2) Signaling Gateway (SG)

Signaling gateway (SG) bertugas untuk menciptakan suatu jembatan antara jaringan S$7 dengan jaringan IP di bawah kendali MGC. SG menangani pensinyalan SS7, sementara MGC menangani sirkuit suara yang telah dibangun oleh mekanisme pensinyalan SS7.

3) Media Gateway (MG)

Media gateway berfungsi sebagai elemen transport yang digunakan untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch serta mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN, PLMN, VOIP H.323, jaringan akses pelanggan, dan sebagainya.

4) Media Server

Media server berfungsi untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Media server mendukung digital signal processing (DSP), seperti menanggapi respons suara. Media akses digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan.

5) Feature Server

Feature server bertugas untuk menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, multi partyconferencing, dan sebagainya. Feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen lain pada softswitch. Contoh feature server adalah gatekeeper.

6) Operating Support System (OSS)

OSS berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti manajemen jaringan, provisioning, billing, monitoring, statistik, dan lain-lain.




Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.1:

Softswitch merupakan teknologi yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jenis jaringan sirkuit Softswitch diharapkan mampu mendukung jaringan masa depan atau yang ada dengan jaringan paket. Softswitch diharapkan mampu menduku

NGN (Next Generation Network). Softswitch terdiri atas beberapa komponen, salah satunya adalah media gateway (MG). MG adalah komponen softswitch yang berfungsi sebagai elemen transpor untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch. Media gateway dikelompokkan menjadi 2 jenis. Bagaimana pengelompokan jenis media gateway?

Penyelesaian:

Berikut adalah pengelompokan jenis media gateway.

1. Trunk Gateway

Trunk gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile). Trunk gateway akan melakukan proses konversi terhadap format transmisi jaringan terhubung yang berbeda-beda, baik format sinyal trafik maupun signalling atau protokolnya.

2. Access Gateway

Access gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan softswitch dengan jaringan korporasi atau terminal pelanggan (CPE).

Permasalahan 7.2:

Softswitch merupakan suatu sistem dalam jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IP. Softswitch bekerja dengan menggunakan protokol protokol jaringan. Dalam softswitch, terdapat beberapa kategori protokol yang digunakan untuk mendukung kinerja jaringan tersebut. Apa saja kategori protokol tersebut?

Penyelesaian:

Terdapat 4 kategori protokol pada jaringan softswitch, yakni sebagai berikut. 1. Protokol pengontrol panggilan atau VoIP Signaling.
2. Protokol pengontrol Media Gateway atau Media. Webb
3. Protokol transpor atau MGC Controller.
4. Protokol Signaling Gateway atau SG Controller.

Sebutkan informasi lain mengenai protokoler server softswitch yang kamu ketahui:




2. Konsep Kerja Protokoler Server Softswitch

Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan yaitu mampu memberikan layanan triple play sekaligus di mana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan teknologi berbasi IP. Bagian yang paling kompleks pada sentral lokal jaringan softswitch adalah bagian yang mengatur call processing. Softswitch memisahkan fungsi call processing dari fungsi switching secara fisik dan menghubungkannya melalui suatu protokol standar tersendiri.

Konsep atau cara kerja softswitch adalah MGC akan bekerja pada call control serta call processing. MGC akan mengontrol panggilan yang masuk untuk mengetahui jenis media penggilan dan tujuannya. Selanjutnya, MGC akan mengirimkan sinyal ke MG untuk melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan sebaliknya. Jika diperlukan, MGC kan meminta MG melakukan konversi media yang sesuai dengan permintaan, atau langsung meneruskan panggilan jika tidak diperlukan konversi.

Antara MGC dan MG sendiri akan saling berhubungan dengan protokol Megaco atau MGCP (Media Gateway Control Protocol). Sementara itu, satu MGC akan berhubungan dengan MGC yang lain, baik itu yang berada di jaringan yang sama maupun berbeda, dengan mengirimkan protokol sinyai tertentu. Untuk jaringan sirkuit. MGC akan mengirimkan SS7 (Signalling System 7), sementara jika berhubungan dengan jaringan paket, maka MGC akan menggunakan H.323 atau SIP (Season Initiation Protocol).

MG hanya akan bekeria sebagai converter antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket. Pada proses ini, fungsi softswitch sama dengan switch analog dan tidak memberikan layanan yang lain. MG juga dapat bekerja di sisi pelanggan maupun penyedia layanan, di mana softwitch bukan hanya berfungsi sebagai converter, namun juga memberikan fitur lain, termasuk dial-tone. Pada posisi ini, maka softswitch akan bekerja lebih kompleks.




Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.3:

Konsep dasar server softswitch adalah mendukung kebutuhan konvergensi layanan masa datang, yaitu terintegrasinya layanan suara dan data dalam satu platform jaringan. Oleh karena itu softswitch haruslah menyediakan layanan berupa teleponi, data, internet, dan multimedia. Softswitch harus mampu layanan teleponi minimal setingkat dengan layanan yang sudah diberikan oleh PSTN dengan berhas kelengkapan fiturnya. Saat ini softswitch menyediakan beberapa layanan. Salah satunya adalah layanan terdiri atas beberapa layanan di dalamnya. Apa saja layanan yang terdapat pada layanan kelas 4 server softswitch?

Penyelesaian:

Berikut adalah layanan kelas 4 pada server softswitch:

1. Time Dependent Routing, softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan waktu dalam hari, dan hari dalam minggu.

2. Routing for operator, softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan operator trafik tersebut berasal.

3. Routing for services, softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis layanan tertentu dari trafik yang masuk. Misalnya pemilihan routing tertentu untuk layanan emergency, AIN, dan lain-lain.

4. Routing for network, softswitch harus mampu melakukan peminan jan jaringan. Misalnya routing tertentu untuk trafi alnya routing tertentu untuk trafik yang berasal dari jaringan selular, PSTN, VoIP, VPN, dan lain-lain.

5. Trunk group bundling, softswitch harus mampu melakukan pengelomponents masing-masing dapat dikontrol dan dikelola secara tersendiri atau independen

6. punk group routing, softswitch harus mampu melakukan pemilihan routing berdasarkan kelompok switch atau trunk dari mana trafik tersebut berasal.

7. chuss of service restriction, softswitch harus mampu memberikan prioritas pengiriman berdasarkan kelas layanan yang dimilikinya. Dalam keadaan trafik padat, trafik yang memiliki kelas layanan rendah akan dikenakan penundaan, sementara trafik yang memiliki kelas layanan tinggi akan didahulukan.

8. CIC (Carrier Identification Code) routing, softswitch harus mampu melakukan pemilihan kanal percakapan dengan pola tertentu sesuai dengan pola pemilihan yang dilakukan oleh pihak lawan sehingga tidak terjadi tabrakan pendudukan kanal sirkuit.

9. Screening (country code and operator), softswitch harus mampu melakukan screening terhadap panggilan yang datang dari operator lain dan/atau dari luar negeri berdasarkan kode operator dan kode negara.

10. Blocking, softswitch harus dapat melakukan blocking berdasarkan destination, geographic area code, country code, call type: international, operator, destination address.

11. Automatic re-routing, softswitch harus mampu melakukan re-routing terhadap trunk group tertentu secara otomatis.

12. Overflow routing, softswitch harus mampu melakukan pengaturan/routing terhadap kelebihan trafik.




Permasalahan 7.4:

Sebagai penyedia layanan teleponi dan data, sistem softswitch harus dapat diterapkan sebagai switch masing-masing kelas, yaitu kelas 4, kelas 5, dan titik interkoneksi. Layanan teleponi yang diberikan hendaknya masing-masing kelas, yaitu kelas 4, kelas 5, dan titik interkoneksi. Lavanan mampu mengakomodasi jenis-jenis layanan yang sudah diberikan sen yang sudah diberikan selama ini, seperti komunikasi lokal, jarak Lavanan-layanan di dalam server softswitch dapat diberikan oleh elemen jauh, internasional, dan sebagainya. Layanan-layanan di dalam server softswitch pada sofswitch. Apa saja elemen yang menyediakan layanan pada softswitch?

Penyelesaian: Layanan pada sistem softswitch dapat diberikan oleh elemen berikut ini.

1. Feature Server, adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi menyediakan fitur-fitur untuk layanan Feature Server harus memiliki fasilitas Application Programming Interfaces (APIs) yangmemungkinkan operator atau pihak pengembang layanan dapat mengembangkan sendiri fitur-fitur yang akan diberikan kepada pelanggan.

2. Application Server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi menyediakan aplikasi tambahan. termasuk logika pelayanan dan eksekusinya terhadap satu atau lebih aplikasi dan/atau layanan.


B. VoIP Server Softswitch


Salah satu jenis teknologi jaringan yang menggunakan konsep kerja server softswitch adalah teknologi VoIP. VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.

1. Mengenal VoIP Server Softswitch Pengertian VoIP

VoIP (Voice over Internet Protocol) atau disebut juga IP Telephony, Internet Telephony, atau Digital Phone adalah suatu mekanisme teknologi yang memungkinkan terjadinya percakapan (voice) dengan memanfaatkan jaringan internet. Sinyal suara analog yang didengar ketika komunikasi berlangsung diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket paket data secara real time. Kebutuhan Perangkat VoIP

Dalam membangun sebuah rangkaian VoIP, dibutuhkan beberapa perangkat jaringan. Berikut adalah kebutuhan perangkat 

1) X-Lite, merupakan software yang digunakan sebagai softphone untuk memanggil atau menerima telepon. 
2) IP Phone, sebagai hardphone yang digunakan untuk memanggil atau menerima telepon. Briker, sebagai operating sistem VoIP. Briker memungkinkan pengguna untuk membangun sentral telepon sendiri. 
4) Server, sebagai pusat pengolahan data pada jaringan VoIP. 
5) Modem, sebagai koneksi apabila server VoIP berada di jaringan internet.


Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 7.5: 
Perkembangan teknologi VoIP saat ini berdampak pada banyaknya teknologi yang dapat digunakan sebagai media komunikasi. Sehingga perkembangan teknologi yang semakin maju semakin memudahkan seseorang untuk dapat berkomunikasi tanpa adanya permasalahan jarak dan waktu. Perkembangan teknologi ini dapat pula dimanfaatkan di dunia pendidikan. Banyak sekali aplikasi berbasis VoIP yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Selain memiliki manfaat di dunia pendidikan, teknologi ini dapat pula dimanfaatkan pada bidang lain seperti perusahaan, bisnis, dan sebagainya. Apa saja contoh aplikasi yang merupakan penerapan dari teknologi VoIP?

Penyelesaian: 
Berikut adalah contoh aplikasi penerapan VoIP. 
1. Skype. Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype, pengguna yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya, lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. 
2. Neetmeting. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan salah satu aplikasi yang mendukung VoIP dan juga video conference. Aplikasi ini menggunakan protokol H.323 untuk video dan audio conference. 
3. X-Lite X-Lite adalah sebuah aplikasi opensource pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP (Session Initiation Protocol).


Permasalahan 7.6: 
Sebagai teknologi yang semakin maju, VoIP semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Kemudahan menggunakan VoIP menjadi faktor utama semakin banyak pengguna yang menggunakan teknologi tersebut Hal ini tentu harus diimbangi dengan sistem keamanan yang digunakan. Semakin banyak pengguna semakin rentan pula teknologi tersebut terhadap serangan dari luar. Dengan demikian, sangat penting untuk menerapkan keamanan yang tinggi. Apa saja keamanan yang dapat diterapkan pada teknologi VoIP? 

Penyelesaian: 
Keamanan keamanan yang dapat diterapkan pada VoIP di antaranya adalah sebagai berikut

VoIP call private network. Seorang network administrator harus mempunyai resource untuk proteksi terhadap VoIP di jaringan LAN. Jika para karyawan perusahaan telah menggunakan sermone, komputer PC enable dengan voice capabilities, seorang admin dapat menginstal VPN cient untuk keamanan dengan menggunakan end to end encrypted tunnel, tetapi jika tidak dilakukan pun dapat menggunakan ip M eet Sirewall dan pocketized voice. Firewall dengan Volp mempunyai relasi yang tidak selalu serama pada

circut time (real time service), VoIP berupaya menekan supaya tidak ada deixy, tapi keadaan fiewed




harus memproses dahulu VoIP packet yang dibebankan, maka akan dapat terjadi traffic flow. H.323 dan SIP memercayakan kepada TCP untuk signaling dan call setup. Dan UDP untuk menden

kdown. Sistem operasi rentan terhadap serangan, banyak virus yang dibuat untuk platform

aripada variannya UNIX, pada pendekatan standar menggunakan locking down VoIP system, antara lain seperti removing unnecesarry service untuk mereduksi attack VECT!

Voip server, ada yang lainnya lagi dengan cara scan ulang infrastruktur yang dimiliki, dicari kelemahannya, lalu tata ulang arsitekturnya.


2. Cara Kerja VoIP Server Softswitch

Konsep kerja VolP adalah mengubah suara analog yang dihasilkan dari speaker pada PC menjadi paket data digital. Selanjutnya dari PC, paket diteruskan melalui hub/router/modem ADSL yang dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh host tujuan melalui media yang sama. Paket juga dapat melalui media telepon. Paket akan diteruskan menuju phone adapter yang disambungkan ke internet dan dapat diterima oleh perangkat telepon tujuan. Untuk pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang sebelumnya berupa sinyal analog diubah menjadi sinyal digital dengan menggunakan ADC(Analog to Digital Converter). Begitu juga dengan VolP, digitalisasi voice dalam bentuk paket data, dikirimkan dan dipulihkan kembali dalam bentuk voice pada host penerima. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoiP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VolP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikrofon, dengan dukungan software khusus. Kedua pemakai komputer dapat saling terhubung dalam koneksi VolP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut dapat dalam bentuk pertukaran file, suara, maupun gambar. Penekanan utama dalam VolP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.

Permasalahan dan Penyelesaian 

Permasalahan 7.7: VoIP merupakan teknologi yang menggunakan prin 
yang menggunakan prinsip keria protokoler server softswitch. VoIP menggunakan at melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara yang didengar 
enjadi data digital dan dikirimkan pada host tujuan. VoIP memiliki kelebihan dan tekurangan dalam penerapannya. Apa saia kelebihan dan kekurangan VoIP 

Penyelesaian: VoIP diciptakan untuk menyediakan sarar 
menyediakan sarana komunikasi agar lebih hemat biaya dan lebih fleksibel. Berikut ini beberapa kelebihan VoIP. 
1. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Untuk dua lokasi yang terhubung dengan 
2. manfaatkan VoIP, maka biaya percakapan menjadi sangat rendah. 
rastruktur jaringan data yang sudah ada. Berguna jika sebuah instansi sudah mempunyai . Jika memungkinkan, jaringan yang ada dapat dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan fasilitas voip. 
3. pengunaan bandwidth yang kecil. Dengan majunya teknologi, penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil.
4.  Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP dapat disambungkan dengan PABX (Private Automated Branch exchange) yang ada di kantor. 
Komunikasi antarkantor dapat menggunakan pesawat telepon biasa. 
5. Volp dapat dibuat menjadi jaringan yang besar. Sebagai contoh di Indonesia adalah VolP Rakyat. Di antara beberapa kelebihan yang telah dipaparkan, VoIP juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan VoIP adalah sebagai berikut. 
1. Kualitas suara tidak sejernih telepon konvensional. Hal ini adalah efek dari kompresi suara dengan 
bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan Public Switched Telephone 
Network (PSTN) konvensional. 
2. Ada jeda (delay) dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara dan jeda jaringan, membuat 
adanya jeda dalam komunikasi yang menggunakan VoIP. 
3. Peralatan relatif mahal. Peralatan VolP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX relatif berharga 
mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya. 
4. Jika pemakaian VolP semakin banyak, maka jaringan data yang ada menjadi penuh, dan jika tidak diatur dengan baik akan menyebabkan kegagalan dalam komunikasi. 
Permasalahan 7.8: 
Perkembangan teknologi VoIP saat ini tidak hanya menggunakan internet, namun seluruh jaringan komunikasi selama masih menggunakan protokol TCP/IP dapat memanfaatkan teknologi VoIP. Kecanggihan teknologi VoIP tidak hanya dapat melakukan komunikasi berbasis suara, namun dapat juga digunakan untuk mengirim data, seperti sms, chatting, gambar, maupun video. Untuk menggunakan layanan VoIP, dibutuhkan beberapa persyaratan. Apa saja persyaratan komunikasi VoIP? 

Penyelesaian: 
Berikut ini beberapa persyaratan untuk menggunakan VOIP 
Koneksi internet. Jenis sambungan atau koneksi internet berpengaruh pada kualitas komunikasi Komunikasi yang baik meliputi suara yang diterima jelas (tidak ada noise) dan delay antarpengguna Voip sangat kecil. Beberapa tipe koneksi internet yang memungkinkan untuk melakukan panggilan Voip yang berkualitas di antaranya adalah dial-up (melalui telepon konvensional), GPRS, leased line 64 Kbps, dan 
3. 
koneksi satelit 
Software yang dibutuhkan untuk ber Volp biasa disebut softphone. Softphone yang dapat digunakan untuk melakukan sambungan VolP beraneka macam. Ada yang diinstalkan ke PC dan langsung dapat digunakan untuk menggunakan layanan VoIP, dan ada juga yang berbentuk hardware tanda membutuhkan PC. 
Hardware. Selain menggunakan software atau softphone, komunikasi VoIP dapat dilakukan dengan menggunakan hardware VoIP. Hardware VoIP berbentuk menyerupai ponsel. Hardware yang dapat digunakan adalah Linksys VoIP Phone. 
Server VoIP. Serupa ketika menggunakan telepon biasa, saat menggunakan Volp pun memerlukan sebuah server VoIP. Server VoIP sebagai pusat yang berfungsi menghubungkan pengguna VoIP di seluruh belahan dunia. Server VoIP disediakan oleh penyelenggara jasa komunikasi VoIP yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia. 
Layanan instant messenger. Saat ini, beberapa aplikasi instant messenger seperti Yahoo Messenger (YM) 
telah melakukan pembenahan teknologi yang memungkinkan dapat ber-VoIP (audio) dan webcam (video) 

HOTS (High Order Thinking Skills) 
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) 
pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannyal 

1. Dalam penggunaannya, softswitch mampu menyelesaikan permasalahan sehingga dapat menjadi jawaban bagi strategi evolusi PSTN konvensional menuju ke jaringan masa depan yang berbasis paket. Hal ini disebabkan oleh ....Dalam penggunaannya, softswitch mampu menyelesaikan permasalahan sehingga dapat menjadi jawaban bagi strategi evolusi PSTN konvensional menuju ke jaringan masa depan yang berbasis paket. Hal ini disebabkan oleh ....
A. Softswitch menggunakan teknologi yang canggih sehingga mampu mengatasi semua kekurangan dari PSTN
B. Softswitch menggunakan jaringan IP sehingga dapat beroperasi secara penuh bersama PSTN sampai eksistensi PSTN habis
C. Softswitch menggunakan jaringan IP yang menyebabkan biaya komunikasi murah sehingga softswitch digunakan oleh lebih banyak pangkuannya
D. Softswitch menjadi next generation network
E. Softswitch memiliki lebih banyak kelebihan jika di bandingkan dengan jaringan PSTN

2. Server softswitch diharapkan mampu menjadi NGN atau Next Generation Networking. Pada jaringan pada sekala yang besar, sangat disarankan untuk menggunakan protokoler server softswitch. Hal tersebut karena ...
A. Perangkat pada jaringan softswitch bersifat prepitary sehingga jaringan softswitch tidak menggangu jaringan lain
B. Investasi jaringan softswitch sangat tinggi
C. Pada jaringan softswitch terdapat fungsi kontrol, layanan, dan network yang melekat dalam sirkuit switch sehingga lebih murah dalam pemeliharaannya
D. Operator jaringan akan lebih dalam melakukan pengembangan dan memverifikasi layanan jaringan
E. Biaya operasi dan pemeliharaan pada jaringan softswitch akan lebih terpadu, ekonomis, dan mudah dibanding dengan jaringan yang terpisah

3. Alasan jaringan softswitch harus mampu menyediakan layanan teleponi minimal setingkat dengan layanan yang sudah diberikan oleh PSTN adalah ....
A. Agar jaringan softswitch mampu bersaing dengan teknologi lain
B. Jaringan softswitch diharapkan mampu menggantikan jaringan PSTN yang telah lebih dahulu menyediakan layanan tersebut
C. Karena konsep dasar server softswitch yaitu mendukung kebutuhan layanan dimasa datang dimana layanan suara dan data harus terintegrasi dalam satu platform jaringan
D. Jaringan softswitch menggunakan perangkat yang mahal sehingga sudah seharusnya jaringan softswitch melebihi kemampuan dari jaringan PSTN
E. Jaringan softswitch menggunakan trunk gateway sehingga mampu mendukung fungsi merutekan trafik pada jaringan PSTN

4. Skype banyak digunakan untuk melakukan percakapan jarak jauh. Skype adalah salah satu contoh aplikasi teknologi jaringan VoIP. VoIP adalah teknologi yang menggunakan perinsip kerja jaringan softswitch. Hal ini karena ....
A. VoIP memungkinkan terjadinya komunikasi dengan memangfaatkan internet dan menggunakan IP untuk menyediakan komunikasi voice secara terpusat, elektronis, dan real time
B. Komponen pada jaringan VoIP menggunakan komponen yang sama pada jaringan softswitch
C. VoIP menggunakan feature server sebagai penyedia layanannya
D. VoIP mampu melakukan layanan routing for network di mana mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis jaringannya
E. VoIP merupakan teknologi di masa depan yang mampu menggantikan jaringan telepon konvensional

5. Teknologi VoIP banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak. VoIP banyak digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan, perkantoran, dan sebagainya. Selain kemudahan penggunaan VoIP yang menjadi faktor utama semakin banyaknya pengguna, faktor lain yang menyebabkan pengguna memilih menggunakan VoIP adalah ....
A. VoIP menggunakan teknologi yang modern sehingga menarik minat banyak pengguna
B. Kualitas suara pada VoIP lebih jernih
C. Biaya komunikasi yang di gunakan lebih rendah karena menggunakan jaringan berbasis IT
D. Tidak ada delay pada saat berkomunikasi dengan VoIP karena menggunakan jaringan berbasis IT
E. Semakin banyak pengguna VoIP tidak memengaruhi jaringan data yang sudah ada


Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat! 
Jelaskan peran softswitch dalam perkembangan jaringan yang kamu ketahuil 
Jelaskan cara kerja jaringan softswitch menurut pemahamanmu! Jawaban: .. 
Jelaskan cara pengiriman data agar sampai kepada penerima pada jaringan VoIP! 
Jelaskan tujuan teknologi VoIP pada jaringan telekomunikasi! 



Kemukakan tanggapanmu mengenai teknologi jaringan Volp! 
Studi Kasus 

Simak uraian berikut! 
Apa itu Softswitch? 
Softswitch dapat digunakan untuk mengontrol panggilan dan media proses pada sirkuit yang mengalihkan infrastruktur jaringan Time-Division Multiplex (TDM), infrastruktur packet 
switched Internet Protocol (IP), atau kombinasi keduanya. TDM Gent 
Banyak operator jaringan menggunakan softswitch dengan kemampuan TDM dan IP sebagai elemen transisi penting saat mereka melalui proses transformasi jaringan IP. 
Softswitch (kependekan dari software switch) menggunakan perangkat lunak pada perangkat keras standar untuk mengontrol panggilan telepon, sedangkan peralatan switching yang lebih lama menggunakan perangkat keras pengalihan yang dirancang khusus. Dalam infrastruktur jaringan TDM, perangkat keras khusus masih diperlukan untuk koneksi TDM fisik. Namun, dalam infrastruktur jaringan semua-IP yang hanya menggunakan panggilan VoIP, softswitch dapat divirtualisasi sepenuhnya dan dijalankan pada setiap perangkat keras tujuan umum dengan koneksi Ethernet sebagai bagian dari penyebaran NFV. 
Softswitch menggabungkan dua elemen: call agent atau call feature server untuk mengontrol panggilan, routing dan signaling, serta gateway media atau gateway akses untuk memproses aliran media. Kedua elemen ini dapat ditempatkan bersama di satu perangkat keras, atau terletak di perangkat keras terpisah di mana satu call agent atau call feature server dapat mengontrol satu atau beberapa gateway. 

Cermati dan pahamilah uraian berikut! 
Fenomena Kebutuhan Komunikasi di Masa yang Akan Datang Pada awalnya, jaringan switch TDM masih sangat dominan dalam jaringan komunikasi yang ada di Indonesia, di mana pada jaringan yang berbasis circuit switch ini setiap panggilan akan diberikan sebuah kanal tersendiri (dedicated) sehingga tidak ada yang dapat menggunakan kanal tersebut selama pembicaraan masih berlangsung. Meskipun layanan ini mendukung komunikasi yang sifatnya real-time, perkembangan teknologi yang ada, justru membuat jaringan 

circuit switch dirasa kurang menguntungkan karena beberapa. alasan seperti penggunaan bandwidth yang kurang efisien karena kanal yang tidak aktif (tidak digunakan) harus tetap bek 
tidak aktif (tidak digunakan) harus tetap bekerja, sifatnya proprietary sehingga sulit untuk dikembangkan, dan biaya pembangunan dan infrastruktur yang rela 
angan zaman telah banyak memengaruhi perkembangan teknologi komunikasi Sementara itu, perkembangan zaman telah banyak memengar yang tidak sekadar melibatkan suara namun juga dalam bentuk, 
o terciptanya suatu teknologi baru yang nantinya akan menggantikan seperti inilah yang mendorong terciptanya suatu teknologi h 
nangani informasi yang berbasis packet switch, sehingga diharapkan dapat keterbatasan PSTN untuk menangani informasi yang berbasi memenuhi kebutuhan komunikasi yang akan datang. 



Cermati dan pahamilah uraian berikut! 
Voice over Internet Protocol (VoIP) 
VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang 
Personal Computer mampu melewatkan trafik suara, video, dan data yang berbentuk paket secara real-time dengan jaringan Internet Protocol. VolPini dapat memanfaatkan infrastruktur internet yang sudah ada untuk berkomunikasi seperti layaknya menggunakan telepon biasa dan tidak dikenakan biaya telepon biasa untuk berkomunikasi dengan pengguna VoIP lainnya di mana saja dan kapan saja. Teknik dasar 
Voice over Internet Protocol atau yang biasa dikenal dengan sebutan 
VoIP adalah teknologi yang memungkinkan kemampuan melakukan percakapan telepon dengan menggunakan jalur komunikasi data pada suatu jaringan (networking). Sehingga teknologi ini memungkinkan komunikasi suara menggunakan jaringan berbasis IP (internet protocol) untuk dijalankan di atas infrastruktur jaringan packet network Jaringan yang digunakan data, dikirimkan dan dipulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Voice diubah dahulu ke dalam format digital karena lebih mudah dikendalikan dalam hal ini dapat dikompresi. dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog 
Jaringan VolP tidak memerlukan sebuah infrastruktur baru untuk komunikasi suara dan penggunaan lebar data (bandwidth) lebih kecil dibandingkan telepon biasa. Penggunaan teknologi VoIP yang lebih efisien akan semakin dipermudah karena dapat digabungkan dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Setiap individu dapat membangun dan mengembangkan infrastrukturnya secara mandiri. 

Uji Kompetensi 

Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya! 

1. Suatu sistem dalam jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IP adalah .... 
A. softswitch 
B. PBX 
C. VoIP 
D. protokoler server 
E. Server 

2. Di bawah ini bukan merupakan komponen softswitch adalah .... 
A. media gateway 
B. media server 
D. CODEC 
C. media gateway controller 
E. call agent 

3. Fungsi Signaling Gateway (SG) pada protokoler server softswitch adalah ...., 
A. pengontrol seluruh sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi setiap elemen-elemen jaringan yang lain 
B. menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP di bawah kendali MGC 
C. merutekan trafik dalam jaringan softswitch serta mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda 
D. mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti manajemen jaringan, provisioning, billing, monitoring, statistik, dan lain-lain 
E. menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, multi-partyconferencing, dan sebagainya 

4. Softswitch mampu menghubungkan jaringan PSTN dengan jaringan IP dan juga melakukan pengaturan trafik yang berupa suara, data dan video. Hal ini merupakan salah satu fungsi softswitch, yaitu .... 
A. fungsi kontrol 
B. fungsi pensinyalan 
C. fungsi interface 
D. fungsi sistem 
E. fungsi switching

5. Suatu mekanisme teknologi yang memungkinkan terjadinya percakapan (voice) dengan Suatu memanfaatkan jaringan internet adalah .... 
A. PBX 
B. softswitch
C. access gateway
D. VoIP  
E. PSTN 


6. Berikut ini yang termasuk kebutuhan perangkat VoIP adalah .... 
A. X-Lite, IP Phone, megaco 
B. briker, server, call agent 
C. briker, softphone, ip phone 
D.softphone, hardphone, megaco 
E. X-Lite, briker, signaling gateway Alasan ...... 

7. Perhatikan beberapa aplikasi berikut! 
(a) Skype 
(d) Neetmeting 
(b) YM 
(e) Twitter 
(c) Gmail 
Aplikasi di atas yang merupakan penerapan teknologi Volp adalah .... 
A. (a), (b), (d) 
D. (b), (c), (d) 
B. (a), (b), (e) 
E. (a), (d), (e) 
C. (b), (d), (e) 

8. Berikut ini yang bukan merupakan tipe koneksi yang memungkinkan untuk melakukan panggilan VoIP adalah .... 
A. Dial-up 
D. Leased line 
B. Linksys 
E. koneksi dengan satelit 
C. GPRS 

Perhatikan petunjuk berikut untuk menyelesaikan soal nomor 9 dan 10! Petunjuk: 
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat. 
Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan benar, alasan salah. D. Jika pernyataan salah, alasan benar. E. Jika pernyataan dan alasan salah. 
9. 
Pada jaringan softswitch kelas 4, softswitch harus mampu menyediakan layanan call waiting. 
Sebab Konsep dasar penyediaan layanan oleh softswitch kelas 4 adalah softswitch harus dapat melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan operator trafik tersebut berasal. 

10. Teknologi VoIP memiliki kelebihan yakni biaya komunikasi lebih rendah untuk sambungan langsung 
jarak jauh jika dibandingkan dengan telepon biasa. 
Sebab 
Prinsip kerja VoIP menggunakan Internet Protocol, sehingga memungkinkan penghematan biaya karena tidak perlu membangun sebuah infrastruktur baru untuk melakukan komunikasi suara dan penggunaan bandwidth lebih kecil jika dibandingkan dengan telepon biasa. 

A. Tugas Mandiri
1. Jelaskan mengenai konsep kerja jaringan softswitch! 
2. Sebutkan komponen-komponen untuk membangun jaringan softswitch! 
3. Jelaskan arsitektur pada jaringan softswitch! 
4. Sebutkan kelebihan dan kekurangan jaringan softswitch! 
5. Jelaskan mengenai pengertian dan konsep kerja teknologi VoIP! 

0 komentar: