phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

TLJ - Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan (Bab V)




Jaringan telekomunikasi, di era yang semakin maju ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi memunculkan bermacam-macam jenis teknologi telekomunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, pendidikan, pemerintahan, ekonomi, perkantoran, dan sebagainya. Perkembangan teknologi ini merupakan tuntutan dari masyarakat yang juga memiliki pemikiran semakin berkembang. 

Jaringan telekomunikasi merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat komunikasi dengan jarak tertentu. Perangkat teknologi telekomunikasi yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah handphone, TV, radio, dan lain-lain. Untuk dapat bekerja, teknologi-teknologi tersebut membutuhkan perangkat yang dapat menunjang jaringan telekomunikasi.: 

Dalam membangun jaringan telekomunikasi, diperlukan beberapa kebutuhan. Untuk melakukan analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan, dibedakan menjadi tiga tahap, yaitu analisis dan peninjauan lapangan, analisis kebutuhan sumber daya, serta analisis kebutuhan perangkat. Ketiga tahap analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. 



Analisis dan Peninjauan Lapangan 

Analisis dan peninjauan lapangan diperlukan sebelum sebuah jaringan telekomunikasi dibangun. Hal ini untuk menentukan kebutuhan telekomunikasi yang diperlukan di suatu daerah.

1. Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan 

Kebutuhan telekomunikasi yang sering digunakan adalah internet dan telepon. Internet dan telepon keduanya berperan penting dalam dunia jaringan telekomunikasi. 

a. Internet 

Internet dikenal dengan Interconnected-Networking. Internet adalah jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang sang terhubung dengan menggunakan Sistem Global Transmission 

INTERNET Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran datanya (Packet Switching Communication Protocol). Internet merupakan jaringan komunikasi global terbuka yang menghubungkan jutaan jaringan komputer lain. Manfaat Internet dalam telekomunikasi terbagi atas berikut ini. 

1) Internet sebagai media informasi, Internet dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpan intormasi serta fasilitas mesin pencari yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam pencarian informasi tertentu. 
2) Internet sebagai alat komunikasi. Internet dapat mendukung seluruh kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa, misalnya akses berita, sosial media, dan sebagainya. 
3) Internet sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Internet dapat membantu memperoleh materi pelajaran maupun buku elektronik secara online. 
4) Internet sebagai sarana hiburan. Internet dapat digunakan untuk menikmati data yang bersifat menghibur serta dapat dijadikan sebagai sarana penyaluran ide kreatif. 


b. Telepon 

Telepon merupakan peralatan penerima getaran bunyi dari jarak jauh. Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk suara. Telepon bekerja dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain. Jaringan telepon merupakan bagian dari integral komunikasi komputer. Telepon sebagai alat komunikasi sudah digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Biaya penggunaan telepon lebih murah jika dibandingkan dengan alat komunikasi lain.

Permasalahan dan Penyelesaian 

Permasalahan 5.1: 
Saat ini, internet semakin banyak digunakan. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang terhubung dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta. Jumlah ini terus bertambah setiap harinya. Semakin berkembangnya internet berdampak pula pada jumlah situs web yang saat ini sudah mencapai jutaan. Situs situs tersebut memuat berbagai macam topik.Internet memiliki dampak positif maupun negatif. Bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan internet? 

Penyelesaian: 
ampak positif penggunaan internet di antaranya sebagai berikut. 
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan yakni setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia 
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp, Internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat 
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkemgangan internet yang pesat salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. 
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang sedang terjadi. 
5. Dapat digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain. 
6. kemudahan bertransaksi dan berbisnis di bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju tempat penawaran atau penjualan. 

Sementara itu, dampak negatif penggunaan internet di antaranya sebagai 
1. Kemudahan akses informasi termasuk konten pornografi membuat pengguna internet menyalahgunakannya dan menyebabkan banyaknya tindakan asusila. 
2. Violence and gore (kekejaman dan kesadisan) yang banyak ditampilkan. 
3. Penipuan yang marak terjadi melalui internet. 
4. Carding atau kejahatan dengan mendeteksi transaksi karena karena internet bersifat langsung dan terbuka membuat para penjahat memanfaatkan dengan membajak kartu kredit untuk mencatat kode kartu mereka. 
5. Meluasnya perjudian. 

Permasalahan 5.2: 
Kebutuhan telekomunikasi lain yang paling banyak digunakan selain internet adalah telepon. Telepon dapat digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Berkomunikasi dengan telepon dapat dilakukan secara jarak jauh. Salah satu jenis telepon yang paling banyak digunakan saat ini adalah telepon genggam. Telepon genggam atau handphone merupakan media telekomunikasi dua arah untuk menyampaikan dan membalas informasi pada waktu bersamaan. Penggunaan handphone memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Apa saja dampak positif dan negatif penggunaan handphone? 

Penyelesaian: 

Berikut dampak positif penggunaan telepon seluler atau handphone. 
1. Penggunaan telepon seluler dapat meningkatkan konektivitas baik jarak dekat maupun jauh dan mengurangi jumlah waktu di saat kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain secara langsung 
2. Telepon seluler memengaruhi cara seseorang melakukan bisnis. Beberapa orang menggunakan handphone mereka untuk tujuan berbisnis. 
3. Mengembangkan kemandirian bagi anak-anak dan remaja. 
4. Memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dalam berbagai cara, termasuk panggilan, pesan teks, IM, dan email. 
5. Telepon seluler memudahkan dalam berkomunikasi tanpa harus bertatap muka. 

Sementara itu, dampak negatif penggunaan telepon seluler di antaranya sebagai berikut. 
1. Bagi anak, dapat mengganggu tingkat konsentrasi saat belajar. Konsentrasi justru tertuju pada jaringan sosial, sms, dan sebagainya. 
2. Efek radiasi telepon seluler yang berbahaya bagi otak. 
3. Mengganggu pola tidur seseorang. 
4. seluler mampu mengundang tingkat kriminalitas. 
5. bagi pelajar, telepon seluler mampu berpotensi memengaruhi sikap dan perilaku siswa. 

Cara Melakukan Analisis dan Peninjauan Lapangan 

Cara melakukan analisis dan peninjauan lapangan untuk mbangun suatu infrastruktur jaringan telekomunikasi vitu dengan melakukan tinjauan daerah yang akan dilalui oleh jaringan seperti medan area, jarak antarpengguna, dan sebagainya. Hal-hal tersebut sangat memengaruhi cara membangun jaringan, baik perangkat atau peralatan jaringan vang digunakan, sampai dengan kecepatan transfer pada jaringan yang akan dibangun.

Permasalahan dan Penyelesaian 

Permasalahan 5.3: 
Teknologi telekomunikasi yang sering kita temukan adalah teknologi telekomunikasi yang menggunakan kabel tembaga dan nirkabel. Namun, kabel tembaga dan nirkabel dirasa sudah tidak mampu menangani permasalahan cakupan jaringan yang semakin besar. Media telekomunikasi haruslah mampu mencakup seluruh daerah baik di dataran rendah, dataran tinggi, pedesaan, maupun perkotaan. Sehingga muncul teknologi lain, yaitu penggunaan serat optik dalam jaringan telekomunikasi. Serat optik adalah serat yang dibuat dari bahan khusus yang memiliki cara kerja mengubah data yang masuk menjadi sinyal listrik yang kemudian sinyal listrik tersebut diubah kembali menjadi gelombang cahaya termodulasi untuk dihantarkan melalui serat silika. Serat optik memiliki beberapa kelebihan dalam penggunaannya. Apa saja kelebihan serat optik? 
Penyelesaian: 
Kelebihan-kelebihan serat optik yaitu sebagai berikut. 
1. Ukuran yang lebih kecil dan ringan 
2 Menggunakan laser atau LED sebagai sinyal informasi yang dapat mengalirkan informasi dengan kecepatan cahaya, dapat menempuh 1000 km hanya dengan milisecond. 
3. Serat optik mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar. 
4. Sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan "refresh" atau "diperkuat" Untuk jarak yang mampu dilalui sesuai dengan perangkat transmiternya. 
5. Data tahan kuat terhadap imbas elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat-perangkat elektronik seperti radio, motor, atau bahkan kabel-kabel transmisi lain di sekelilingnya. 

Permasalahan 5.4: 
Jarlokat adalah jaringan lokal akses pada jaringan tekomunikasi telepon yang memanfaatkan kabel 
haga sebagai media transmisinya. Di lapangan, jarlokat Distribution kelompokkan menjadi dua infrastruktur jaringan, yaitu jaringan catuan langsung dan jaringan catuan tidak Telephon langsung. Jaringan catuan langsung adalah jaringan telepon vang pelanggannya mendapat pencatuan saluran dari KP terdekat dan langung dihubungkan dengan RPU tanpa melewati rumah kabel. Sementara itu, jaringan catuan tidak langsung adalah pencatuan saluran yang harus dihubungkan terlebih dahulu dengan rumah kabel. Jaringan catuan tidak langsung memiliki kelebihan dalam penggunaannya. Apa saja kelebihan penggunaan jaringan catuan tidak langsung? 
Penyelesaian: 
Berikut ini kelebihan jaringan catuan tidak langsung. 
1. Dapat digunakan di kota-kota yang jumlah pelanggannya besar dan menyebar. 
2. Dapat digunakan di daerah yang lokasinya jauh dari sentral. 
3. Lebih fleksibel. 
4. Lebih mudah dalam melokalisir gangguan karena dapat diurutkan dari RK ke RK (Rumah Kabel). 

B.) Analisis Kebutuhan Sumber Daya dalam Telekomunikasi 

Analisis kebutuhan sumber daya dalam telekomunikasi diperlukan sebelum sebuah jaringan telekomunikasi dibangun. Hal ini untuk menentukan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan dalam pembangunan jaringan telekomunikasi. 

1. Kebutuhan Sumber Daya dalam Telekomunikasi 

a. Wireline 
Wireline adalah jenis telekomunikasi dengan media transmisi menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima. Jaringan wireline biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki jarak terbatas seperti dalam laboratorium komputer, jaringan komputer gedung, kantor dan lainnya. Namun, wireline juga dapat digunakan sambungan internet dan telepon. 
b. Wireless 
Wireless adalah jenis jaringan telekomunikasi yang mer sebagai media transmisinya. Jaringan wireless semakin pesat perkembangannya. Saat ini banyak teknologi yang menggunakan jaringan wireless, di antaranya adalah telepon seluler dan wifi. 
c. Jaringan dengan Modem 
Teknologi jaringan dengan modem adalah jaringan yang mengguna modem adalah jaringan yang menggunakan modem sebagai media transmisinya. Modem merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan An dengan internet. Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog  atau sebaliknya. 
c. Jaringan dengan Satelit 
Jaringan dengan satelit adalah teknologi jaringan telekomunikasi yang memanfaatkan satelit sebagai media transmisinya. Satelit merupakan suatu station relay atau repeater gelombang microwave yang berada di dalam orbit bumi. Satelit berfungsi sebagai penen data secara nirkabel, memperkuat atau mengulangi sinyal radio dengan frekuensi tertentu yang berasal dari bumi setelah diperkuat dan diubah ke dalam frekuensi yang berberbeda 

Permasalahan dan Penyelesaian 

Permasalahan 5.5: 
Sebuah jaringan biasanya terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Jaringan telekomunikasi wireline banyak digunakan pada jaringan berskala kecil. Jaringan wireline berfungsi sebagai media transmisi untuk berbagi sumber daya dalam jaringan. Pada jaringan wireline, diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel bertugas dalam pengiriman informasi dalam bentuk sinyal listrik antarkomputer. Bagaimana ciri-ciri jaringan telekomunikasi yang menggunakan jaringan wireline? 

Penyelesaian: 
Ciri-ciri jaringan telekomunikasi yang menggunakan jaringan wireline yaitu sebagai berikut. 
1. Seluruh perangkat dalam jaringan dihubungkan dengan kabel. 
2. Koneksi relatif lebih stabil. 
3. Relatif lebih sulit dilakukan bila bangunan memiliki ruangan terpisah, atau menghubungkan dua bangunan yang terpisah.

Permasalahan 5.6: 
Salah satu jenis teknologi telekomunikasi adalah jaringan dengan satel satelit tidak lepas dari teknologi wireless-access, yaitu sebuah teknologi radio yangu kabel lokal (local loop), sehingga dalam daerah cakupan tertentu komunikasimas dalam keadaan tak bergerak. Terdapat beberapa jenis satelit yang dapat digunak tersebut? 

Penyelesaian: 
Berikut ini jenis-jenis satelit yang terdapat pada jaringan telekomunikasi. 
1. Jenis satelit berdasarkan pembuaiannya; yakni satelit buatan. Satelit-satelit ini adalah buatan manusia (bukan dari alam), yang biasanya memiliki fungsi-fungsi tertentu , yang biasanya memiliki fungsi-fungsi tertentu. Contoh: Palapa D, Palapa C2, Telkom-2, Indostar-11, dan sebagainya. 
2. Jenis satelit berdasarkan kegunaannya, terdiri atas berikut ini. 
a. Satelit Global Positioning System (GPS). Fungsi satelit ini adalah untuk memper peta elektronik yang digunakan untuk navigasi darat, laut, dan udara. 
b. Satelit cuaca. Satelit ini berfungsi untuk memprediksi cuaca., 
c. Satelit militer. Fungsi satelit ini untuk memata-matai sebuah lokasi target, komunikasi tempat tempat terpencil tanpa infrastruktur telekomunikasi, dan sebagai alat mekanisme perlantahanan. 
d. Satelit astronomi. Fungsi satelit ini untuk mencari temuan-temuan baru di angkasa. 
e. Satelit telekomunikasi. Satelit ini biasanya digunakan untuk telepon, internet, atau IV. 
f. Satelit pengamat bumi. Satelit ini fungsinya untuk penelitian bumi, pelacakan sumber daya alam, pengamatan lingkungan, atau pembuatan peta. 

2. Cara Melakukan Analisis Kebutuhan Sumber Daya 

Sumber daya dalam jaringan telekomunikasi menjadi hal terpenting, baik pada klien maupun administrator jaringan telekomunikasi tersebut. Dalam melakukan analisis kebutuhan sumber daya telekomunikasi, terdapat beberapa faktor yang digunakan sebagai acuan pertimbangan pembangunan sebuah jaringan telekomunikasi. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut. 
a. Kebutuhan user atau client. 
b. Jumlah rata-rata user atau client. 
c. Kecepatan transfer. 
d. Biaya operasional. 
Jika kebutuhan user atau client sangat tinggi, maka sumber daya telekomu tinggi maka sumber daya telekomunikasi tersebut juga harus ditingkatkan. 

Permasalahan dan Penyelesaian 

Permasalahan 5.7: 
Teknologi jaringan wireless dan satelit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan  teknologi tersebut dapat dilihat dari kebutuhan pelanggan. Selain itu, dapat dilihat pula dari sisi pembangunan jaringan, letak lokasi geograns, serta perangkat yang digunakan. Bagaimana perbandingan teknologi jaringan wireless dan satelit? 

Penyelesaian: 
Berikut ini perbandingan penggunaan teknologi jaringan wireless dan salam 
1. Media transmisi wireless lebih murah dibandingkan media transmisi salen 
2. Kebanyakan media transmisi satelit (VSAT) digunakan untuk koneksi dalam perusahaan besar. 
3. Dilihat dari sisi latency, media transmisi satelit latency yang lebih tinggi dibanding wireless. 
4. Satelit tidak memperhatikan jarak jauhnya jarak tidak memengarunt, seua inya jarak tidak memengaruhi, sedangkan pada wireless jarak memengaruhi frekuensi transmisi data. 
5. Untuk lokasi, sangat tidak dimungkinkan menggunakan media transmisi wireless di sekitar bangunan atau gedung-gedung tinggi.  Hal ini terkesan tidak efektif jika menggunakan media transmisi wireless karena dapat terjadi nLoS ataupun NLOS. 
5. Pada satelit transmisi langsung dari satelit, sedangkan media transmisi wireless samo digunakan (access point, radio link, dan sebagainya). 


Permasalahan 5.8: 
Jaringan wireless (WLAN) adalah jenis jaringan telekomunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisinya. Dalam membangun jaringan WLAN, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun jaringan WLAN? 
Penyelesaian: 
Hal-hal yang harus diperhatikan saat membangun WLAN di antaranya sebagai berikut. 
1. Sistem keamanan. Hal ini penting dalam sebuah jaringan WLAN. Sebab WLAN merupakan sebuah jaringan vang rentan terhadap serangan dari luar karena komunikasinya menggunakan sinyal radio gelombang yang dapat ditangkap oleh client sepanjang sinyal wireless tesebut dapat ditangkap oleh komputer client 
2. Koneksi vang akan dikembangkan. Hal ini berpengaruh pada tingkat kecepatan dan pembagian hak akses pada jaringan. 


Analisis Kebutuhan Perangkat 

Analisis kebutuhan perangkat diperlukan sebelum membangun suatu infrastruktur nikasi. Hal ini untuk menentukan kebutuhan perangkat yang diperlukan dalam dalam suatu jaringan. 

1. Kebutuhan Perangkat Telekomunikasi 
kebutuhan perangkat telekomunikasi antara jaringan wireline, wireless, jaringan dengan modem, niaringan dengan satelit berbeda-beda. 
a Wireline 
Membangun jaringan telekomunikasi wireline memerlukan berbagai perangkat. Fera ang di butuhkan di antaranya kabel UTP, konektor RJ-45, NIC, HUB/switch, router, PC, modem, dan sebagainya. 
b. Wireless 
Membangun jaringan telekomunikasi wireless membutuhkan perangkat-perangkat see access point, wireless LAN interface, PC, antena eksternal, NIC wireless, bridge wireless, sebagainya. 
c. Jaringan dengan Modem 
Membangun jaringan telekomunikasi dengan modem membutuhkan perangkat-perangkat seperti PC atau laptop, modem, dan lainnya. 
d. Jaringan dengan Satelit 
Membangun jaringan telekomunikasi dengan satelit memerlukan perangkat-perangkat seperti antena, TV atau radio, perangkat komunikasi seluler, VSAT, dan sebagainya. 

Permasalahan dan Penyelesaian 

Permasalahan 5.9: 
Perangkat jaringan yang paling banyak digunakan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi adalah kabel. Kabel digunakan sebagai media transmisi untuk mengirimkan data yang berasal dari terminal sumber menuju ke terminal penerima.Terdapat beberapa jenis kabel yang dapat digunakan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi. Apa saja jenis-jenis kabel yang paling banyak digunakan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi?

Penyelesaian: 

Jenis-jenis kabel yang 
1. Kabel UTP (Unshielded Twice 
jaringan LAN kecil. K . 
ingan LAN kecil. Kabel UTP dalam aplikasinya tidak mendukung sebuah perlindungan a 
digunakan pada kabel jaringan telepon dan juga endukung sebuah perlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya.
2. Kabel STP (Shielded Twisted Pair). Kabel STP memiliki perlindungan di dalam lapisan kabe kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetik. 
emiliki perlindungan di dalam lapisan kabelnya. STP memiliki 
3. Kabel FTP (Foiled Twisted Pair). FTP memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan karena lapisan kabelnya dilindungi oleh semacam foil, sehingga hal ini membuat kabel jenis FTP memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap noise dan gangguan magnetik. 
4. Kabel coaxial Merupakan jenis kabel yang terdiri atas kawat tembaga, yang dilapisi oleh isolator, konduktor, dan kemudian pada bagian luar dari kabel coaxial ini dilindungi dengan menggunaka bahan PVC. 
5. Fiber optik. Kabel fiber optik merupakan jenis kabel yang terdiri atas kumpulan serat-serat fiber, dengan ukuran yang lebih kecil dan juga lebih fleksibel dibandingkan dengan kabel twisted pair. 

Permasalahan 5.10: 
Membangun jaringan telekomunikasi tentu membutuhkan perangkat yang mampu menangani keseluruhan jaringan telekomunikasi tersebut, yaitu dengan memperhatikan spesifikasi perangkat-perangkat jaringannya. Salah satunya adalah memperhatikan spesifikasi komputer server dan komputer client. Bagaimana cara menentukan spesifikasi kedua perangkat tersebut untuk mendukung jaringan telekomunikasi? 

Penyelesaian: 
Berikut cara menentukan spesifikasi komputer server dan komputer client. 
1. Spesifikasi Khusus Komputer Server Tugas komputer server yakni harus dapat menyediakan data bagi client yang terhubung ke dalam jaringannya. Untuk itu, komputer server wajib mampu beroperasi secara penuh, yaitu 24 jam sehari. Oleh karena itu, komputer server biasanya memiliki spesifikasi yang tidak ada pada komputer biasa pada umumnya. Misalnya power supply yang lebih baik, harddisk yang memiliki kapasitas besar, processor yang jauh lebih cepat dan tidak mudah panas, kapasitas RAM yang besar, serta berbagai spesifikasi khusus lainnya. 
2. Spesifikasi Khusus Komputer Client/User 
Komputer user tidak memerlukan spesifikasi khusus, yang terpenting adalah komputer tersebut dapat main bonbonoksi terhadap jaringan, baik itu jaringan LAN ataupun jaringan WAN, baik menggunakan 
kabel, ataupun nirkabel.

2. Cara Melakukan Analisis Kebutuhan Perangkat 
Melakukan analisisterhadap kebutuhan perangkat juga merupakan hal penting dalam jaringan telekomunikasi selain analisis lapangan dan sumber daya. perangkat di antaranya adalah dengan meninjau atau melihat perangkat yang digunakan oleh setiap user saat mengakses jaringan telekomunikasi. Hal ini karena tidak semua user menggunakan perangkat yang sama dalam bertelekomunikasi. Keberagaman perangkat komkasi. Keberagaman perangkat komunikasi akan memengaruhi perangkat yang harus disediakan oleh administrator jaringan agar setiap perangkatsaling mendukung atau kompatibel pada jaringan telekomunikasi. 

Permasalahan dan Penyelesaian 
Permasalahan 5.11: Jenis jaringan yang paling banyak digunakan selain jaringan dengan satelit adalah jaringan wireless. Perangkat utama dalam membangun jaringan wireless adalah access point. Access point merupakan sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal menuju atau berasal dari clients remote. Access point yang bagus tentu memengaruhi kinerja jaringan wireless. Bagaimana cara memilih access point yang baik? 

Penyelesaian: 
Cara memilih wireless access point yang baik adalah wireless access point yang memiliki fitur kebutuhan minimun sebagai berikut. 
1. Wireless AP memiliki multifunction modes. Sebuah wireless access point yang bagus adalah yang dapat bekerja atau dioperasikan dalam berbagai modus operasi: sebagai access point, repeater, bridge, dan wireless client. Sebagai wireless access point (WAP), perangkat ini bisa memungkinkan jaringan kabel LAN dikembangkan menjadi jaringan wireless. 
2. Wireless access point mendukung fitur WDS. Wireless access point terbaik haruslah mendukung fitur Wireless Distribution System (WDS). Dengan WDS, sebuah jaringan wireless dapat dikembangkan dengan menggunakan beberapa wireless AP tanpa harus menggunakan backbone kabel jaringan dan client dapat roaming antar-wireless AP. 
3. Wireless access point diusung dengan teknologi wireless N Wireless access point terbaik tentu harus diusung dengan teknologi wireless terkini yaitu wireless standards 802.11n versi final. Wireless 802.11n ini memberikan speed sampai idealnya 300 Mbps bahkan lebih dan juga jangkauan yang lebih luas. 
4. Wireless access point mendukung advanced security features. Wireless access point haruslah mendukung fitur security yang andal termasuk mendukung fitur keamanan wireless terkini yaitu standard industry Wireless Protected Access (WPA/WPA2), MAC address filter, SSID broadcast control. 

Permasalahan 5.12: 
Kabel merupakan komponen yang penting pada jaringan in wireline banyak digunakan pada laboratorium komputer, perkantoran, dan yang digunakan akan memengaruhi performa jaringan yang dibangun. babam yang baik? Jaringan yang dibangun. Bagaimana cara memilih kualitas kabel 

Penyelesaian: 
Berikut ini cara memilih kabel UTP yang baik. 
1. Kabel UTP yang bagus adalah yang dilindungi oleh bahan plastik yang kuat, fleksibel, dan tidak mudah robek. 
2. Isi atau kawat kabel UTP terbuat dari tembaga asli atau kadar kuningan dari tembaga asli atau kadar kuningan lebih banyak daripada kadar logam. 
3. Warna kulit yang membungkus kawat di dalam kabel UTP lebih cerah. 
4. Cek lokasi tarikan kabel UTP. Jika tarikan kabel di atas 50 meter maka sebaiknya gunakan kabel UTP Cat6. Karena jika menggunakan kabel UTP Cat5 untuk tarikan di atas 50 meter maka tidak akan mendapatkan hasil yang bagus meskipun dari merek kabel yang ternama. 
5. Pilih konektor RJ45 yang bagus karena RJ45 juga menentukan hasil dari kabel UTP.

HOTS (High Order Thinking Skills) 
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) 
pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya! 

1. Jaringan telekomunikasi merupakan bagian penting dalam komunikasi data. Jaringan telekomunikasi sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum membangun jaringan telekomunikasi, ada baiknya dilakukan peninjauan daerah yang akan dilalui oleh jaringan seperti medan area, jarak antarpengguna, dan sebagainya. Hal ini karena .... 
A. hal-hal tersebut harus dilakukan 
B. faktor tersebut menentukan kebutuhan jaringan yang lain 
C. faktor tersebut memengaruhi telekomunikasi yang digunakan 
D. hal-hal tersebut merupakan standar dalam jaringan telekomunikasi 
E. faktor tersebut memengaruhi cara membangun jaringan 

2. Satelit banyak digunakan sebagai alat untuk memancarkan sinyal yang berasal dari bumi, Jaringan telekomunikasi di pedesaan sangat di anjurkan mengunakan jaringan dengan satelit. Hal ini karena satelit 
A. sangat  baik untuk daerah yang kepadatan penduduknya jarang dan belun mempunyai infrastuktur 
B. Satelit merupakan teknologi telekomunikasi terbaru 
C. semakin banyak diciptakan dan disesuaikan dengan kebutuhan telekomunikasi yang Semakin maju
D. Frekuensi dapat dibagi menjadi frekuensi tinggi yang digunakan untuk  mengirimkan data, sedangkan  frekuensi rendah digunakan untuk mengirimkan telepon dan fax.
E. memiliki infrastruktur berdimensi kecil 

3. Jaringan WLAN saat ini hampir digunakan di seluruh wilayah. Berbagai area seperti  perkantoran, perguruan tinggi, sekolah, supermarket, serta mal-mal besar hampir semuanya menggunakan jaringan WLAN. perancangan jaringannya. Sistem keamanan menjadi hal yang paling penting dalam membangun jaringan WLAN, disebabkan oleh ..... 
A. WLAN merupakan jaringan yang tidak stabil 
B. sistem keamanan harus sebanding dengan jumlah user yang semakin besar 
C. WLAN menggunakan perangkat yang harus ditunjang dengan sistem keamanan yang tinggi
D. WLAN menggunakan gelombang radio yang dapat ditangkap oleh client sehingga rencan serangan dari luar 
E. WLAN berada di tempat yang terbuka 

4. Salah satu jenis modem yang dapat digunakan agar komputer dapat melakukan komunikasi data adalan dengan menggunakan modem ADSL. Modem ADSL memiliki tingkat kecepatan download dan upload yang relatif tinggi. Namun dalam penggunaannya modem ADSL tidak dapat digunakan dengan fiber optik secara bersama-sama. Hal ini karena .... 
A. modem ADSL memiliki bandwidth yang berbeda dengan fiber optik 
B. penggunaan fiber optik tidak sinkron dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog, sehingga akan sulit dalam pengiriman frekuensi melalui fiber optik 
C. modem ADSL memiliki nLos yang lebih besar daripada fiber optik 
D. modem ADSL memiliki sistem keamanan yang tidak kompatibel dengan fiber optik 
E modem ADSL dan fiber optik memiliki throughput yang sama, sehingga dapat menyebabkan collision atau tubrukan data 

5. Perangkat merupakan kebutuhan yang paling utama untuk membangun jaringan telekomunikasi. Perangkat yang digunakan berbeda-beda pada setiap jenis jaringan telekomunikasi yang akan dibangun. Untuk itu. sangat penting melakukan analisis kebutuhan perangkat dalam telekomunikasi. Tujuan analisis kebutuhan perangkat dalam telekomunikasi yaitu ..... 
A. agar infrastruktur jaringan telekomunikasi sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan 
B. agar perangkat yang digunakan sesuai dengan analisis peninjauan lapangan dan sumber daya yang telah ditentukan 
C. agar administrator jaringan mengetahui perangkat yang harus disediakan sehingga telekomunikasi 
dapat kompatibel pada perangkat user 
D. agar memudahkan dalam membangun jaringan telekomunikasi 
E. agar meminimalkan waktu pembangunan jaringan telekomunikasi 

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat! 
1. Saat ini telekomunikasi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah internet.  Internet memiliki dampak positif dan negatif dalam penggunaannya. Bagaimana caramu menyikapi hal  tersebut? 
2. analisis dan peninjauan lapangan sebelum membangun sebuah jaringan Sebutkan pentingnya melakukan analisis dan peninjauan lape telekomunikasi! Jawaban: 
3. Kamu diminta untuk membangun jaringan di sekolahmu, jelaskan analisis peninjauan lapangan, kebutuhan sumber daya, dan kebutuhan perangkat dalam jaringan tersebut! 
4. Sebutkan perbedaan kebutuhan sumber daya jaringan telekomu butuhan sumber daya jaringan telekomunikasi di daerah perkotaan dan perkantoran! 
5. caramur memilih kebutuhan perangkat yang digunakan dalam jaringan telekomunikasi! 

Studi Kasus 

I. Simak uraian berikut! 

Telkom Bangun Jaringan Fiber Optik 400 Km di Aceh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) akan membangun jaringan Fiber Optik (FO) sepanjang 400 kilometer di jalur tengah Aceh. Dibangunnya jaringan FO itu merupakan upaya Telkom Indonesia untuk mewujudkan pemerataan pembangunan telekomunikasi antara Pulau Jawa dan Sumatera. Direktur Network IT & Solution Telkom, Rizkan Chandra mengatakan penggelaran FO di jalur tengah ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akses telekomunikasi (suara dan data) yang lebih besar. Setiap lapisan masyarakat Indonesia berhak mengakses informasi yang sama. Jaringan FO itu nantinya optik akan menghubungkan Kabupaten Biruen, Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Tengah, Kab. Gayo Lues dan Kab. Aceh Tenggara hingga ke Kabanjahe, Kab. Karo Sumatera Utara. 
Pembangunan FO ini juga merupakan bagian dari program nasional Indonesia Digital Network (IDN) 2015 guna mendukung Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). "Kami mevakini kemudahan mengakses informasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Rizkan melalui keterangannya, Rabu (28/8/2013). Pengembangan jalur tengah, khususnya kawasan pegunungan di Aceh kini menjadi fokus perhatian pemerintah Provinsi Aceh Potonci xus perhatian pemerintah Provinsi Aceh. Potensi dan pertumbuhan di hekosistem Leuser itu diharapkan dapat didorong lebih cepat dengan kehadiran infrastruktur ICT yang lebih baik. ngan hanya mengandalkan jaringan tembaga dan radio, maka akses data dari dan ke 
Saat ini, dengan hanya mengandalkan jaringan tembaga ekspektasi masyarakat di sana. "Pengerjaan proyek FO-nisasi di jalur kawasan itu belum dapat memenuhi ekspektasi masyarakat di sana. "Pengeri Aceh sejauh 400 kilometer itu dibarani tengah Aceh sejauh a yang dapat memenu memenuhi harapan masyarakat di dataran tinggi Gayo-Alas, endorong tersediaanya berbagai layanan ICT 

II. Cermati dan pahamilah uraian berikut! 

Manfaat Besar Telekomunikasi di Daerah Terpencil Kehadiran telekomunikasi menjadikan manfaat besar untuk daerah-daerah terpencil. Misalnya daerah Miangas, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Steven Hauer Edwin Maarsit, Camat Miangas mengatakan, sebelum jaringan telekomunikasi hadir, akses informasi di Miangas sangat terbatas yang membuat daerah tersebut terisolir. Padahal Miangas memiliki fungsi yang strategis karena berbatasan langsung dengan negara Filipina. 
Saat ini, masyarakat di Miangas yang mayoritas nelayan sangat tergantung terhadap lavanan telekomunikasi selular. Bahkan telekomunikasi selular dijadikan alatha untuk mencari nafkah Selain dipergunakan sebagai penghubung Miangas dengan dunia luar telekomiin 
selular dipergunakan masyarakat sebagai alat berkomnikasi saja yang saat ini dibutuhkan masyarakat Miangas. Saat merindukan hadirnya layanan internet. Hingga saat ini, Desa sebagai alat berkomunikasi ketika mereka melaut. Tak hanya layanan 
unkan masyarakat Miangas. Saat ini masyarakat di Miangas t. Hingga saat ini, Desa Miangas belum terjamah layanan internet. 

III. Cermati dan pahamilah uraian berikut! 
Begini Cara Warga Lumut Cari Sinyal HP 
Susahnya mendapatkan jaringan seluler (HP) di Lumut Kecamatan Linge Aceh Tengah, membuat warga sekitar mencari titik-titik sinyal di seputaran rumah mereka, dengan cara memaku dinding-dinding rumah yang diketahui terdapat sinyal. Hal tersebut diutarakan, Sarmin Aman Yuni kepada LintasGayo.co beberapa waktu lalu. "Sinyalnya ada, tapi harus dicari dulu, beberapa titik ada di dalam rumah, kemudian kami menandai dengan paku lalu dibuatkan tempat untuk menaruh HP, ada beberapa titik rumah warga yang diketahui ada sinyalnya, kebanyakan mereka menitipkan HP-nya di rumah itu," ujar Sarmin. 
Dia mengharapkan, pihak terkait melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk membangun tower jaringan seluler di daerah mereka, mengingat keh sarana komunikasi sangat dibutuhkan warga, 

Uji Kompetensi 
Pilihlah satu jawaban yang paling bena pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya! 
ban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) 
1. Internet dapat mendukung seluruh kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa , misalnya akses berita, sosial media, dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan manfaat internet, yaitu
A. internet sebagai media informasi 
B. internet sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan 
C. internet sebagai sarana pendukung kegiatan ekonomi 
D. internet sebagai alat komunikasi 
E. internet sebagai sarana hiburan 

2. Berikut ini merupakan dampak negatif internet adalah .... 
A. media pertukaran data 
B. violence and gore 
C. media untuk mencari informasi atau data 
D. kemudahan bertransaksi dan berbisnis 
E. Tahan informasi untuk bidang pendidikan 

3. Telepon yang menggunakan protokol internet dalam pengoperasiannya disebut .... 
A. telepon IP 
B. single line telephone
C. multi botton telephone 
D. tablephone 
E. wallphone  

4. Jaringan yang biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki jarak terbatas seperti dalam laboratorium komputer, jaringan komputer gedung, kantor, dan lainnya, dengan menggunakan kabel sebagai media transmisinya adalah .... 
A. VLAN 
B. wireless
C. jaringan dengan modem 
D. jaringan dengan satelit 
E. wireline  

5. Satelit yang berfungsi memberikan data kepada peta elektronik yang digunakan untuk navigasi darat, laut, dan udara adalah .. 
A. satelit cuaca 
B. satelit astronomi
C. satelit GPS 
D. satelit pengamat bumi  
E. satelit telekomunikasi 

6. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam faktor-faktor yang menjadi acuan untuk melakukan kebutuhan sumber daya telekomunikasi adalah .... 
A. kebutuhan user atau client 
B. jumlah rata-rata user atau client 
C. medan area 
D. . kecepatan transfer 
E. biaya operasional 

7. Hal yang harus diperhatikan dalam membangun jaringan WLAN adalah ... 
A. merek komponen yang digunakan 
B. kondisi lokasi 
C. letak tembok atau penghalang yang berada di lokasi 
D. pengguna 
E. koneksi yang dikembangkan.
 
8. Satelit yang berada pada orbit GEO (Geostationary Earth Orbit) pada ketinggian di atas 35790 kilometer adalah ... 
A. satelit GPS 
B. satelit telekomunikasi 
C. satelit LEO 
D. satelit militer 
E. satelit astronomi 


Perhatikan petunjuk berikut untuk menyelesaikan soal nomor 9 dan 10! 
Petunjuk: 
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat. 
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. 
C. Jika pernyataan benar, alasan salah. 
D. Jika pernyataan salah, alasan benar. 
E. Jika pernyataan dan alasan salah. 

9. Pada lokasi telekomunikasi yang berada di sekitar gedung-gedung tinggi, sangat memungkinkan menggunakan media transmisi wireless. 
Sebab 
Paket atau data dapat ditransmisikan dengan mudah tanpa menggunakan media kabel. Selain itu, jaringan telekomunikasi yang menggunakan media transmisi wireless memiliki kelebihan yakni mudah dalam konfigurasi dan andal, sehingga cocok untuk pemakaian di kantor maupun rumah. 

10. Saat ini banyak sekali perusahaan telekomunikasi yang menggunakan serat optik dalam jaringannya. Serat optik mampu mencakup seluruh wilayah yang berada dalam jangkauannya. 
Sebab 
Serat optik memiliki daya tahan yang kuat terhadap dampak elektromagnetik dan mampu membawa paket atau data dengan jarak yang lebih jauh.

0 komentar: