phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

ASJ - Mail Server (BAB 9) (Kelas XI)

 

BAB 9
Mail Server


A. KOMPETENSI DASAR

PENGETAHUAN
3.9. Mengevaluasi Mail Server

KETERAMPILAN
4.9. Mengkonfigurasi Mail Server

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Mail Server

Mail server merupakan sebuah server yang digunakan untuk mengirim dan menerima email dalam satu jaringan server mail yang sama. Mail server bertugas mengumpulkan, mengolah dan mengirim data-data dan informasi dalam bentuk email [ surat clektronik, Alamat yang digunakan oleh mailserver menggunakan domain email khusus atau domain email tersendiri, Mail server menggunakan layanan berbasis client-server, dimana client dapat mcngakses server email mclalui aplikasi mail client.

Mail server mcnjalankan program daemon yang bekerja menampung dan mendistribusikan email dalam Mail server suatu jaringan, Protokol yang umum digunakan dalam antara lain protokol SMTR POP3 dan IMAI). SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email, sedangkan POP3 (Post Offce Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar pengguna dapat mengakses dan membaca email secan remote atau tidak perlu login ke dalam sistem mesin mail server, tetapi cukup menggunakan port tertentu dengan mail client yang sudah dikonfigurasikan dalam protocol POP3 dan IMAI).
Sebuah mail server agar dapat berfungsi maksimal dalam proses menerima dan mengirim email dengan lancar membutuhkan beberapa komponen penting selain SMTP, POP3 dan IMAI). Komponen penting tersebut digunakan sebagai komponen dasar pendukung serta pengoperasiannya. Beberapa komponen yang biasanya dimiliki oleh mail server yaitu sebagai berikut:

a. MUA (Mail User Agent)
MUA merupakan komponen dalam mailserver yang berhubungan dengan proses membaca dan membuac email. MUA bertugas sebagai program untuk membaca email) menerima» serta perintah lain seperti membuat dan mengirimkan pesan. MUA disebut juga sebagai komponen email reader atau pembaca email, karena fungsi utamanya adalah perintah-perintah dalam email seperti menerima email, serta mengirim balasan email. Di beberapa MUA dilengkapi dengan Multipurpose Internet Mail Extension (MIME), yaitu program yang digunakan untuk mengirimkan email yang berisi file atau attachment tertentu.

b. MTA (Mail Transport Agent)
MTA adalah salah satu komponen mail server yang bertugas untuk pada bagian program pengiriman email. MTA akan melakukan fungsi menerima dan memproses pesan-pesan email yang masuk melalui berbagai macam jaringan, menentukan alamat tujuan sebagai bahan pertimbangan bagaimana cara mengirimkan sebuah pesan email tersebut, serta menggunakan daftar distribusi untuk mengirimkan salinan pesan.

c. MDA (Mail Delivery Agent)
MDA merupakan bagian program dari mail server yang bertugas sebagai agen pengiriman pesan email. MDA memiliki dua komponen utama, yaitu sebuah database yang berisi saluran atau jaringan untuk mengirimkan pesan, serta yang kedua adalah delivery agent yang bertugas untuk mengirimkan pesan email sesuai dengan jaringan yang dipilih.

d. POP3 adalah singkatan dari Post Offce Protocol ver.3 dan IMAP merupakan singkatan dari Internet Message Access Protocol. Dalam artian singkat bahwa POP3/IMAP merupakan protokol yang mengatur penerimaan email kepada penerima (Ingoing). Cara kerja POP3 dan IlvfAP dapat dianalogikan seperti dengan kurir yang mengantarkan surat, tugasnya menyampaikan surat yang sebelumnya sudah disimpan di Kantor Pos (yang merupakan analogi dari SMTP) kepada penerima surat. Perbedaan antara POP3 dan IMAP adalah IMAP merupakan protokol yang biasa di pakai saat mengakses email dengan Web Based Mail, contohnya cperti gmail.com, yahoo.com dan menggunakan Browser sebagai interface. Sedangkan POP3 menggunakan Aplikasi Email Client, seperti Outlook, %underbird, Outlook Express dll.

e. Mail Exchanger Record (MX) : Record MX adalah entri DNS untuk mail server,
Catatan ini menunjuk ke alamat IP ke arah mana email harus ditembak. NIX record terendah selalu menang, yaitu, mendapat prioritas tertinggi. Sebagai contoh, MX 10 adalah lebih baik daripada MX 20. Alamat IP dari NIX record dapat bervariasi berdasarkan desain dan konfigurasi persyaratan, seperti yang akan dibahas nanti dalam artikel.

2. Prinsip dan cara kerja Mail Server

Dalam mail server terdapat dua mesin server yang mempunyai tugas berbeda, yaitu server yang berfungsi sebagai outgoing server (bertugas untuk mengirimkan email) serta server yang berfungsi sebagai incoming server (bertugas untuk menerima email). Outgoing server dilayani oleh server SMTP pada port 25. Sedanglcan incoming server dilayani oleh POP3 pada port 110 atau IMAP pada port 143. Port dapat dianalogikan seperti konektor yang berfungsi untuk pintu keluar masuk serta buka tutup aloes, koneksi, serta distribusi dan transmisi data dari komputer satu ke komputer lainnya, bahkan jaringan lainnya.

Cara kerja mail server dapat dijelaskan sebagai berikut, pada awalnya email-email yang telah dikirimkan oleh sender, maka akan dikumpulkan dan disimpan menjadi satu file dalam database mail server. Pengelompokkan ini berdasarkan tujuan email. Dalam sebuah email yang dikirimkan tentu didalamnya terdapat informasi tentang tujuan penerima email dan asal dari email tersebut, serta informasi tanggal dan waktu pengiriman email. Ketika receiver email membaca email dari pengirim email, berarti penerima email tersebut telah mengakses mail server dan membaca pesan / file yang tersimpan dalam database mail server melalui aplikasi dan browser oleh user tersebut.

Dalam melakukan akses terhadap mailserver, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menjembatani antara pengguna dengan mail server. Beberapa jenis aplikasi mail server diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Sendmail

Sendmail merupakan program yang mengimplementasikan kebutuhan umum fasilitas mail routing antar jaringan, dan menjadi standar dan banyak digunakan pada sistem operasi Linux/Unix. Sendmail memiliki pilihan yang sangat banyak dan fleksibel untuk dikonfigurasikan. Di beberapa distribusi (distro) linux sudah disertakan pada saat instalasi Linux, sehingga sendmail secara otomatis akan terinstall serta dapat difungsikan untuk mengirim (SMTP) dan membaca e-mail, menyediakan sistem e-mail alias yang besar dan menangani mailing list. Karena fiturnya sangat fleksibel untuk dikonfigurasikan, sendmail mempunyai file konfigurasi yang sangat banyak barisnya (biasanya di /etc/sendmail.cf). Hal ini menyulitkan pengguna untuk mengkonfigurasikan secara manual.

b. Postfix

Postfix merupakan mail server pengembangan dari server Sendmail. Bedanya, Postfix dapat dijalankan pada sistem operasi Linux/Unix serta Mac OS X. Postfix ini diharapkan dapat menggantikan server dari Sendmail. Postfix bersifat opensource sehingga didistribusikan menggunakan Lisensi Umum IBM 1.0 yang merupakan lisensi perangkat lunak bebas tetapi tidak kompatibel dengan GPL. Postfix sebelumnya bernama VMailer dan IBM Secure Mailer. Postfix pada awalnya dikembangkan oleh Wietse Venema sewaktu ia bekerja di IBM Research Center, dan sampai sekarang masih aktif dikembangkan. Postfix pertama kali dirilis pada pertengahan 1999. 

Salah satu keunggulan dari Postfix adalah kemampuannya dalam menahan "buffer overflow". Keunggulan lainnya adalah Postfix dapat memproses surat elektronik / email dalam jumlah banyak. Postfix dijalankan pada jaringan daemon dimana setiap daemon hanya mengerjakan satu task/tugas dengan menggunakan akses minimum ke sistem. Dengan konfigurasi seperti itu jika ada satu daemon yang bermasalah maka hanya akan mempengaruhi daemon tersebut dan tidak akan berimbas ke seluruh sistem Postfix.

c. Qmail

Qmail merupakan mail server yang sering disebut sebagai server teraman dal sistem mail server. Hal ini disebabkan Qmail belum memiliki sedildtpun celah keamanan yang dapat mempengaruhi .maupun merusak kinerja mail server tersebut. Qmail telah banyak digunakan oleh penyedia email besar seperti 'Hotmail dan Yahoo, QMail ini merupakan server email yang dibuat oleh J Bernstein, merupakan seorang profesor Departemen Matematika, Statistik, dan Ilmu Komputer, Universitas Illinois, Chicago. Dengan Qmail maka Pengguna bišł menșłnakan dormat maildir yang digunakan untuk menyimpan message. Ălenggunakan Quick Mail Trasport Protocol (QMTP) yang merupakan protokol transmisi email yang memiliki fitur lebih secure dibandingkan smtp. Serta Quick Mail Queueing Protocol yang merupakan protokol yang dibuat untuk proses queue email diantara beberapa host. Sistem operasi yang dapat menggunakan Qmail adalah sistem operasi berbasis Linux/Unix.

3. Konfigurasi Mail Server Linux dengan Postfix

Untuk membangun mail server di linux, diperlukan beberapa persyaratan diantaranya konŕurasi jaringan sudah diatur, kemudian domain untuk email juga sudah dikonŕurasikan. Kemudian login sebagai root dan siapkan DVD yang digunakan untuk instalasi, atau dapat mew•unakan repository secara online. Selain Postfix, aplikasi yang juga diinstall adalah POP3 dan IMAP. Untuk melakukan instalasi gunakan perintah:


Akan tampil informasi mengenai paket apa saja yang dipasang oleh sistem ketika melakukan instalasi seperti di bawah ini:


Jika tampil pemberitahuan untuk menggunakan web based administration, pilih yes.


Kemudian akan tampil pemberitahuan bahwa diperlukan sertifikat SSL yang divalidasi bila akan menggunakan koneksi secure. Pilih Oke untuk menuju ke langkah selanjutnya.


Selanjutnya akan tampil pemberitahuan mengenai letak konfigurasi dari courier MTA


Kemudian akan muncul penjclasan mcngcnai konfigurasi postfix, dalam penjelasan ini pengguna diminta untuk memilih tipc dari server yang akan dibuat.


Terdapat 5 konfigurasi postfix yang dap-at dipilih, yaitu
☐ No Configuration, jika menginginkan tidak ada konfigurasi yang diterapkan pada saat instalasi postfix.
☐ Internet Site, jika email dilcirim dan diterima secara langsung dengan menggunakan SMTP
☐ Internet with smarthost, jika menggunakan SMTP at-au menggunakan apJikasi lain yang menangani pengiriman dan penerirnaan email
☐ Satellite System, jika semua email dikirim ke server yang Iain unruk selanjutnya dikirimkan.
☐ Local Only: jika email hanya digunakan untuk kebutuhan pengunun

Setelah informasi mengenai konfigurasi tersebut •tampil, dan dipilih ok, maka selanjutnya akan tampil pemilihan konfigurasi postfix, gunakan arah parj2h untuk merubah pilihan. Pilih Internet site kemudian tekan enter untuk mernilih OK-


Langkah yang terakhir untuk instalasi postfix adalah memasukkan mail name pada sistem.

Isikan mail name sesuai konfigurasi DNS sebelumnya, karena di bab sebelumya sudah dibuat DNS Server dengan nama mail.mustibisa.com maka alamat di tersebut diisikan di dalam kolom system mail name, kemudian pilih OK. Langkah selanjutnya setela_h instalasi Postfix selesai adalah melakukan konfigurasi Postfix. Sebelum membuka file konfigurasi, buat terlebih dahulu folder yang akan digunakan untuk menampung email dengan mengetikkan perintah


Perintah di atas akan membuat direktori mail di /etc/skel/maildir. Setelah direktori berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuka konfigurasi postfix yang bernama main.cf. Gunakan perintah berikut untuk membuka konfigurasi Postfix.


akan tampil isi dari file konfigurasi postfix seperti berikut ini


Scroll ke bagian paling bawah sampai menemukan baris seperti berikut ini:


Tambahkan di baris paling bawah mengenai tempat direktori dari mailbox


kemudian simpan. Setelah itu lakukan konfigurasi ulang postfix dengan mengetikkan perintah:


Selanjutnya akan tampil konfigurasi ulang untuk postfix. Beberapa konfigurasi yang sudah diisi sebelumnya tidak perlu dikonfigurasi ulang, hanya tinggal di klik OK saja, beberapa yang perlu dirubah antara lain mengenai root dan postmaster, cukup dikosongi saja.


Root dan postmaster mail recipient digunakan untuk mengarahkan setiap pesan yang ditulis email ke dalam nama pengguna masing-masing, bukan sebagai root dan postmaster.


Pada dialog di atas, Other destinations to accept mail for mendefinisikan tujuan dari pesan yang akan diterima oleh aplikasi postfix. Isikan semua domain yang bisa digunakan untuk menerima email.


Forced Sync update pada sistem yang menggunakan partisi ext3 harus dimatikan, karena akan menyebabkan mailserver berjalan lambat.


Dalam gambar di atas merupakan daftar jaringan yang dikonfigurasikan oleh mailserver untuk menyampaikan pesan. Pastikan alamat yang dimasukkan adalah alamat yang benar.


konfigruasi mailbox size limit digunakan untuk menentukan ukuran kotak pesan dalam satuan byte. Jika akan mensetting tanpa limit, diisi 0.


Kemudian konfigurasi di atas merupakan konfigurasi penentuan karakter yang dapat di gunakan untuk memisahkan bagian reguler dari alamat dari ekstensi (digunakan untuk membuat alis dinamis).


Opsi terakhir dalam konfigurasi postfix, kita diminta untuk memilih apakah akan membatasi versi IP yang didukuno Postfix, apakah hanya IP v6 atau IP v4 atau keduanya. Setelah konfigurasi selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan restart service dari postfix dengan mengetikkan perintah:

Kemudian courier dari POP3 jug-a harus dilakukan restart service dengan perintah:

Setelah courier dari POP3, courier dari IMAI) juga harus dilakukan restart service dengan perintah:

Apabila tidak ditemukan error saat melakukan restart service, maka konfigurasi mail server sudah berhasil.

4. Pengujian MailServer dengan Telnet dan Roundcube.

Untuk melakukan pengujian mailserver, dapat menggunakan tampilan interface berbasis text rnaupun berbasis grafis disesuaikan dengan tempat pengujian- Jika pengujian dilakukan di Sisi server, malca dapat dilakukan dengan mode text dengan menggunakan telnet. Jika pengujian dilakukan di Sisi client, maka bisa menggunahn aplikasi berbasis web untuk mengambil data, yaitu menggunakan roundcube Untuk penggunaan telnet sendiri ada 2 port yang digunakan, yaitu port 25 untuk mengirimkan email, dan port 110 untuk mengambil / mengakses email.

a. Langkah mengakses mailserver dengan Telnet

Gunakan perintah berikut ini untuk mengirim mail dengan menggunakan telnet _pada port 25:

pada alamat mail.mustibisa.com bisa disesuaikan dengan nama DNS yang telah dibuat, atau dapat menggunakan IP dari server yang sudah diset sebelumnya

Secara lengkap, langkah yang akan tampil secara berurutan ketika mengirimkan mail menggunakan telnet adalah seperti berikut:

Adapun langkah demi langkah penjelasannya setelah terkoneksi dengan dan tampil informasi SMTP Posfix adalah:

☐ mail from, digunakan untuk mengisi dari siapa email tersebut dikirim, dalam potongan perintah diatas diisi dengan mail from:root@mustibisa.com.
☐ rcpt to, digunakan untuk menentukan penerima dari email yang akan dikirimkan, dalam potongan perintah diatas diisi dengan rcpt to:mustibisa@mustibisa.com. Hal ini berdasarkan nama user yang ada pada sistem.
☐ data, digunakan untuk mengisi pesan dari email yang akan dikirimkan, apabila telah selesai menulis pesan, agar mailserver segera mengrrim pesan maka setelah menekan enter (pindah baris) dilanjutkan dengan menulis titik untuk menandakan bahwa pesan selesai ditulis.
☐ Jika dalam setiap perintah statusnya adalah OK, maka bisa dipastikan konfigurasi mailserver sudah benar. Gunakan perintah quit untuk keluar dari telnet.

Langkah selanjutnya adalah melakukan checWmembuka email yang telah dikirimkan tersebut. Perintah untuk membuka email hampir sama dengan mengirimkan email diatas, hanya berbeda port yang dipakai, yaitu:

Port yang digunakan untuk mengambil email adalah port 110, yaitu port dari POP3, Secara lengkap, langkah yang akan tampil secara berurutan ketika membuka mail menggunakan telnet adalah seperti berikut:

Adapun langkah demi langkah penjelasannya setelah terkoneksi dengan telnet dan tampil informasi POP3 Posfix adalah:

☐ user, digunakan untuk menentukan yang akan mengakses email, dalam potongan perintal\ diatas diisi dengan user mustibisa
☐ pass, digunakan untuk mengisi password dari pengguna yang sebelumnya diinputkan, dalam potongan perintah diatas diisi clengan pass 12345 karena passwotvl dari user mustibisa adalah 12345
☐ stat, menampilkan status apakall ada pesan atau tidak, jika inputnya adalah I bevacti ada I pesan yang mastik,
☐ retr l, digunakan untuk menampilkan isi pesan yang dikirimkan pada langkah sebelumnya.

Dari informasi di atas, email sudah berhasil dikirimkan dari root@mustibisa. com kepada mustibisa@mustibisa.com. Isi pesan pun sudah berhasil ditampilkan. Berarti pengujian untuk mengirim dan menerima pesan dengan telnet sudah berhasil dilakukan.

b. Langkah mengakses mailserver dengan Roundcube

RoundCube merupakan webmail berbasis IMAP yang ditulis dalam bahasa pemrograman PI-IP. Fitur andalan RoundCube adalah penggunaan teknologi Ajax untuk menyajikan lebih informasi email secara lebih responsif daripada webmail lainnya yang masih tradisional. Untuk melakukan instalasi Roundcube sebelumya perlu dipersiapkan beberapa hal, yaitu:

☐ Pastikan webserver dipastikan sudah berjalan.
☐ DNS untuk server mail sudah disetting
☐ Database Server sudah terpasang dan dapat berjalan.

Adapun langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasang roundcube adalah mempersiapkan database yang akan digunakan pada aplikasi ini. Caranya adalah masuk kedalam MySQL dengan perintah:


setelah memasukkan password, maka buat database dengan nama roundcube dengan perintah


kemudian setelah database berhasil dibuat, langkah selanjunya adalah membuat user yang akan mengakses database tersebut beserta hak aksesnya. Gunakan perintah berikut untuk membuat user pada mysql


pada perintah di atas, pengguna yang dibuat dengan nama roundcube dan password usernya adalah 123454 Setelah itu berikan hak akses pada user tersebut untuk dapat mengakses database roundcube dengan perintah:


setelah hak akses diberikan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi roundcube. Pada tahapan ini DVD Repository harus disiapkan atau dapat menggunakan repository online. Adapun perintah untuk melakukan instalasi roundcube adalah:


akan tampil paket apasaja yang dipasang ketika menginstall roundcube


tekan y untuk melanjutkan instalasi. Pada saat instalasi tengah berjalan, akan ada beberapa dialog yang berhubungan dengan instalasi roundcube, diantaranya:


Pada konfigurasi di atas, sistem menanyakan pada pengguna apakah pemasangan roundcube ini sekaligus dikonfigurasi secara automatis menurut dbconfig-common. Karena pada langkah sebelumnya database sudah dibuat, maka pilh yes.


Setelah itu sistem akan meminta password user roundcube, pada langkah sebelumnya sudah dikonfigurasi bahwa password user rouncube adalah 12345.


Sistem akan meminta password untuk diulang lagi sebagai konfirmasi. Jika setelah langkah ini kemudian instalasi selesai, maka pemasangan roundcube sudah berhasil. Tetapi jika pemasangan dan konfigurasi roundcube belum berhasil, akan tampil pemberitahuan seperti berikut:


Jika muncul pemberitahuan seperti di atas, maka biasanya konfigurasi database sebelumnya salah. Untuk memperbaikinya dipilih OK kemudian dipilih ignore untuk melanjutkan instalasi. Baru setelah instalasi selesai, konfigurasi ulang langkah penambahan database sesuai petunjuk diatas kemudian mengetikkan perintah:


Perintah di atas digunakan untuk melakukan konfigurasi ulang instalasi roundcube apabila sebelumnya terjadi kesalahan. Jika instalasi sudah benar, maka perintah diatas tidak perlu dilakukan. Apabila instalasi sudah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi webserver agar dapat diakses sesuai alamat yang sebelumnya telah disiapkan. Buka file konfigurasi webserver dengan mengetikkan perintah


kemudian di baris paling atas, tambahkan kode seperti contoh di bawah ini:


Setelah itu simpan dengan menekan ctrl+0 dan keluar dari editing konfigurasi dengan menekan tombol ctrl+x. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi untuk default Host dan SMTP server dengan perintah berikut:


cari dan sesuaikan konfigurasi berikut ini


Setelah itu simpan dengan menekan ctrl+0 dan keluar dari editing konfigurasi dengan menekan tombol ctrl+x. Langkah selanjutnya melakukan restart pada webserver apache agar web roundcube dapat diakses dengan perintah:


Untuk memeriksa apakah roundcube berhasil dikonfigurasi, buka browser di komputer client kemudian masukkan alamat dari mailserver yang sebelumnya sudah dikonfigurasi seperti gambar di bawah:


Masukkan username sesuai dengan login sistem yang sebelumnya sudah dipalcai untuk mengirimlcan email, misalkan root dengan password 12345, apabila berhasil login, malca tampilan dashboard email akan muncul


Gunakan fasilitas compose dan isikan seperti saat kita menggunakan email biasanya. Misalkan mengirim email ke mustibisa@mustibisa.com


Setelah diklik send, kemudian lakukan pengecekan cli Sisi pengguna lainnya dengan cara logout dan login menggunakan user mustibisa, cek apakah email sudah masuk kedalam inbox.


Setelah dibuka, sudah tampil bahwa ada 1 email baru yang dikirimkan oleh root, klik duakali pada email tersebut untuk membuka.


Dengan berhasilnya pengiriman email dan pembukaan email dengan menggunakan roundcube berbasis web, maka konfigurasi mailserver telah berhasil dilakukan.


C. PENILAIAN MANDIRI

1. Jelaskan pengertian dari Mail Server!
2. Sebutkan protokol yang umum digunakan dalam mailserver,
3. Jelaskan apa perbedaan dari SMTP dan POP3/IMAP.
4. Sebutkan komponen yang biasanya dimiliki oleh mail server.
5. Bagaimana cara kerja mail server? Jelaskan.
6. Sebutkan 3 aplikasi mail server yang ada di dunia.
7. Sebutkan dan jelaskan 5 konfigurasi postfix yang dapat dipilih saat instalasi.
8. Jika menggunakan telnet, port berapakah yang digunakan untuk mengambil / mengakses email?
9. Sebutkan persiapan yang harus dilakukan saat akan melakukan instalasi Roundcube.
10. Selain roundcube, sebutkan aplikasi lain yang dapat digunakan sebagai interface antara webserver dengan pengguna.

D. PENILAIAN KELOMPOK

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 — 4 anak
2. Lakukan praktikum installasi dan konfigurasi Mail Server dengan Postfix.
3. Gunakan Mail Client yang berbeda pada tiap kelompok untuk mengakses Mail Server
4. Catat kendala yang terjadi saat pembuatan Mail Server, baik di Sisi server maupun pengaksesan di Sisi client.
5. Presentasikan instalasi Mail Server dan Akses Mail Server Dari Client beserta kendala yang terjadi dengan kompak, jelas, padat, dan singkat!

E. UJI KOMPETENSI

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf

1. Aplikasi mailserver yang bertugas untuk mengirimkan email adalah...
A. SMTP 
B. POP 
C. POP3
D. IMAP
E. IMAP3

2. Komponen dalam mailserver yang berhubungan dengan proses membaca dan membuat email adalah...
A. Mail User Agent 
B. Mail Transport Agent 
C. Mail Delivery Agent
D. Post Offce Protocol ver.3
E. Mail Exchanger Record

3. Port yang digunakan oleh SMTP adalah...
A 143 
B. 110 
C. 80
D. 25
E. 22

4. Komponen mail server yang bertugas untuk pada bagian program pengiriman email adalah...
A. Mail User Agent 
B. Mail Transport Agent 
C. Mail Delivery Agent
D. Post Offce Protocol ver3
E. Mail Exchanger Record

5. Port yang digunakan oleh POP3 adalah...
A. 143 
B. 110 
C. 80
D. 25
E. 22

6. Bagian program dari mail server yang bertugas sebagai agen pengiriman pesan email adalah
A. Mail User Agent 
B. Mail Transport Agent 
C. Mail Delivery Agent
D. Post Offce Protocol ver.3
E. Mail Exchanger Record

7. Port yang digunakan oleh IMAP adalah...
A. 22 
B. 25 
C. 80
D. 110
E. 143

8. Di bawah ini yang bukan merupakan aplikasi mail server adalah...
A. Qmail 
B. Vmail 
C. Postfix
D. Squirrelmail
E. Sendmail

9. Postfix dikembangkan oleh Wietse Venema, seorang pekerja pada. . .
A. Microsoft 
B. Google 
C. IBM
D. Oracle
E. Java

10. Qmail dikembangkan dalam lingkungan kampus di universitas... 
A Universitas Illinois, Chicago
B. Universitas Berkeley, California
C. Universitas Oxford, Michigan
D. Massachusetts Institute ofTechnology 
E. Nanyang University

11. Salah satu keunggulan dari Qmail adalah...
A FTP 
B. DNS 
C. POP3
D. SMTP
E. QMTP

12. Package yang tidak diinstall bersamaan dengan instalasi adalah
A. courier-pop 
B. courier-imap 
C. tc18.6
D. samba
E. tcl-expect

13. Jika email dikirim menggunakan SMTP atau menggunakan aplikasi lain yang menangani pengiriman dan penerimaan email, maka pilihan yang tepat adalah
A No Configuration 
B. Internet Site 
C. Internet with smarthost
D. Satellite System
E. Local only

14. Dalam pemilihan konfigurasi postfix saat instalasi, jika semua email dikirim ke server yang lain untuk selanjutnya dikirimkan maka pilihannya ada pada
A. No Configuration 
B. Internet Site 
C. Internet with smarthost
D. Satellite System
E. Local Only

15. Perintah yang digunakan untuk melakukan konfigurasi ulang postfix adalah...
A. pico /etc/postfix/main.cf 
B. postfix restart 
C. apt-get install posftix
D. /etc/init.d/postfix restart
E. dpkg-reconfigure postfix

16. Port yang digunakan oleh Telnet untuk mengakses email adalah...
A. 22 
B. 25 
C. 80
D. 110 
E. 143

17. Perintah telnet yang digunakan untuk menentukan penerima dari email yang akan dikirirnkan adalah.
A. mail from 
B. rcpt to 
C. data
D. stat
E. retr

18. Perintah telnet yang digunakan menampilkan isi pesan yang dilcirimkan adalah
A. mail from 
B. rcpt to 
C. data
D. stat
E. retr

19. Di bawah ini yang termasuk dalam aplilcasi interface untuk mail server adalah
A. Qmail 
B. Vmail 
C. Postfix
D. Squirrelmail
E. Sendmail

20. Di bawah ini merupakan aplilcasi email client yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengakses mailserver, kecuali
A. Mozilla Thunderbird 
B. Opera Mail 
C. WinSCP
D. Microsoft Outlook
E. Zimbra Desktop

F. SOAL VARIASI

Jawablah soal di bawah ini dengan petunjuk sebagai berikut!
SOAL MENJODOHKAN.

NO

PERTANYAAN

Jawaban

1.

Komponen mailserver yang bertugas untuk mengirimkan email.

a.     Roundcube

b.     telnet

c.     110

d.     143

e.     mail from

f.      stat g

g.     SMTP

h.     QMTP

i.      POP3

j.      Local Only

 

2.

Email hanya digunakan untuk kebutuhan penggunaan lokal.

3.

Fitur Qmail yang merupakan protokol transmisi email dan memiliki fitur lebih secure.

4.

Aplikasi webmail berbasis IMAP yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHR

5.

protokol yang mengatur penerimaan email kepada penerima (Ingoing).

6.

Port yang digunakan oleh Internet Mail Application Protocol.

 

7.

Port yang digunakan oleh Post Office Protocol.

8.

Perintah yang digunakan untuk mengisi dari siapa email tersebut dikirim.

9.

Perintah yang digunakan untuk menampilkan status apakah ada pesan atau tidak



TES SUMATIF SEMESTER GENAP

Pilihlah jawaban yang paling tcpat dengan memberilcan tanda silang (X) pada huruf
A, B, C, D atau E!
 
l . Layanan Printer Sharing dalam sistern operasi linux dilayani oleh aplikasi
A, Apache
B. proFTPD 
C. Samba
D. vsFTPD 
E. MySQL

2. Salah satu _fasilitas dari samba adalah melakukan validasi kepada client agar hanya client yang terdaftar bisa .mengakses semua fasilitas yang disediakan, fasilicas ini terdapat pada fitur
A APT
B. ADC 
C. FTP
D. HTTP
E. PDC

3. Cara membuka konfigurasi Samba server yang paling tepat adalah.
A. pico /etc/samba/smb.conf 
B. nano letc/samba/samba,conf 
C. vi /etc/smb/smb.conf
D. vim /etc/smb/samba.conf
E. vir /etc/samba.conf

4, Wietse Venema, seorang pekerja IBM melakukan pengembangan pada.
A. Apache 
B. Google 
C. Postfix
D. Oracle
E. Java

5. QMTP merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi server mail
A. Qmail 
B. Squirrelmail 
C. POP3
D. Sendmail
E. Roundcube

6. Perhatikan gambar di bawah ini
Jika semua email dikirim ke server yang lain untuk selanjutnya dikirimkany maka pilihan yang tepat adalah
A. No Configuration 
B. Internet Site 
C. Internet with smarthost
D. Satellite System
E. Local Only

7. Perintah yang digunakan untuk melakukan konfigurasi ulang mail server berbasis postfix adalah...
A. pico /etc/postfix/main.cf 
B. postfix restart 
C. apt-get install posftix
D. /etc/init.d/postfix restart
E. dpkg-reconfigure postfix

8. Perintah telnet yang digunakan untuk menentukan penerima dari email yang akan dikirimkan adalah...
A. mail from 
B. rcpt to 
C. data
D. stat
E. retr

9. Dalam konfigurasi samba, tag yang digunakan untuk mengatur direktori .hanya dapat dibaca adalah,
A. browseable 
B. read_only 
C. writable
D. directory mask
E. guest ok

10. Service yang akan dijalankan ulang ketika service samba direstart yaitu. .
A. Linux dan Unix 
B. Web dan FTP 
C. Db danWeb
D. SMB FTP
E. SMBD dan NMBD

11. Perintah dasar linux yang digunakan untuk mengganti pemilik dari file/folder adalah...
A. chmod 
B. chuser 
C. chroot
D. chown
E. chfile

12. Perintah dasar linux yang digunakan untuk mengganti permission dari file/folder adalah
A chmod 
B. chuser 
C. chroot
D. chown
E. chfile

13. Layanan HTTP dan HTPPS yang diberikan oleh webserver dilayani pada port
A. 80,443 
B. 90,443 
C. 80,433
D. 82,433
E. 81,430

14. Terdapat berbagai macam aplikasi 'webserver yang dapat dipasang di dalam server. Dibawah ini yang bukan merupakan aplikasi webserver adalah...
A. Apache 
B. Nginx 
C Chrome
D. Kestrel
E. Lighttpd

15. Microsoft IIS adalah layanan webserver yang digunakan di lingkungan sistem operasi
Microsoft. IIS sendiri berarti...
A, International Internet Services 
B. Internet Information Services 
C. International Information Services
D. Internet Information Services 
E. Information Internet Services

16. Cara membuka konfigurasi apache yang tepat adalah adalah...
A. vi /etc/apache/apache.conf 
B. vim /etc/apache.conf 
C. nano /etc/apache2/apache2.conf
D. pico /etc/apache2.conf
E. pico /apache/apache2.conf

17. Sebuah layanan yang diberikan oleh server berupa fileserver, gateway, Webserver, mailserver, dan berbagai layanan lainya. Server ini disebut dengan
A. Multi Layanan File Server 
B. Non Dedicated File Server 
C. Multiple Resource File Server
D. All Server
E. All Source File Server

18. Server Message Block dikembangkan oleh perusahaan...
A. Microsoft 
B. Google
C. Amazon
D. IBM
E. Facebook

19. client melakukan koneksi ke dalam fileserver, protokol berikut ini akan menjembatani koneksi antara client dengan server, kecuali..
A. TCP/IP 
B. NetBEUI 
C. ODAP
D. IPX 
E. SPX

20. Yang bukan merupakan layanan Server Message Block adalah...
A. .Membuka dan menutup file 
B. Membaca dan menulis file 
C. Membuat dan menghapus file dan direktori
D. Mencari direktori
E. Memutuskan Koneksi 

21. Fungsi dari Document Root adalah untuke.. 
A. Menyimpan folder Root
B. Menyimpan data Root
C. Dokumen perintah dasar Root
D. Menyimpan file webserver
E. Dokumen konfigurasi pengguna root

22. Konfigurasi Menyi\npan file webserver dalam aplikasi apache2 Ada pada perintah;
A. ServerAdmin
B. ServerName
C. VirtualHost
D. DocumentRoot
E. Named.conf

23. Pengaturan agar folder di dalam webserver tidak dapat dibuka publik, maka pengaturan hak akses pada folder tersebut harus dibuka dengan perintah ...
A. chmod -R 755
B. chmod -R 775
C. chmod -R 644
D. chown -R 775
E. chown -R 755

24. Dalam webserver nginx, hash bucket memory mungkin timbul karena adanya tambahan nama server, cara mengatasinya adalah dengan...
A. Menghilangkan tanda pagar pada perintah server_hash_bucket_size  64;
B. Menghilangkan tanda pagar pada perintah hash_bucket_size  64;
C. Menghilangkan tanda pagar pada perintah server_names_bucket_size  64;
D, Menghilangkan tanda pagar pada perintah conf_server_names_hash_bucket_size  64;
E. Menghilangkan tanda pagar pada perineah server_names_hash_size  64;

25. Perhatikan isi konfigurasi file berikut ini
Dalam kode di atas, file pertama kali diakses oleh webserver adalah.s.
A. index.xhtml 
D. index.pl 
B, index.html 
E. index.php
C. index.cgi

26. Server yang menyediakan layanan untuk .merubah Il) address menjadi domain disebut...
A DHCP Server 
B. Server 
C. Web Server
D. DNS
E. File Server

27. Optimasi yang dilakukan oleh DNS Server agar pencarian alamat domain lebih cepat dan meminimalisir request, disebut dengan
A. DNS Cache 
B. DNS Request Optimization 
C. DNS Halt Service
D. Optimizer
E. Booster

28. DNS Server merupakan layanan yang menjadi jembatan akses antara server secara fisik dengan layanan server di bawah ini, kecuali
A. Web Server 
B. FTP Server 
C. DHCP Server
D. Remote Server
E. Database Server

29. Pada tahun 1983, Paul Mockapetris dan Jon Postel mengembangkan salah satu layanan server dengan nama...
A. Web Server 
B. 'FTP Server 
C. DHCP Server
D. Remote Server
E. DNS Server

30. Pada sistem operasi windows, dahulu sebelum ada DNS dapat mentranslasikan alamat IP menjadi domain dan sebaliknya menggunakan file...
A. dns 
B. conf 
C. host
D hosts
E. dir

31. Perubahan IP address menjadi nama host di level jaringan lokal dilayani oleh server
A. TLD DNS Server 
B. TRD DNS Server 
C. Local DNS Server
D. Small DNS Server
E. Top DNS Server

32. Package yang bukan merupakan paket instalasi ketika melakukan pemasangan DNS
Server dalam sistem operasi Debian adalah...
A. net-tools 
B. libirs141 
C. bind9cache
D. bind9
E. bind9utils

33. Cara mengakses konfigurasi Primer Bind DNS Server yang paling tepat adalah.
A. pico /etc/bind/named.conf 
B. nano /etc/bind/db.zone 
C. vi /etc/bind/db.rev
D. vim /etc/bind/db.local 
E. vir /etc/bind/db. 127 

34. Dalam DNS Server perubahan dari nama domain menjadi IP address dilayani oleh adalah
A. named 
B. zone 
C. rev
D. local
E. dir

35. Dalam konfigurasi bind yang melayani perubahan dari IP menjadi nama domain adalah .
A. named 
B. zone 
C. rev
D. local
E. dir

36. Simbol yang digunakan untuk menyatakan Address Internet atau alamat IP dari mesin yang ditangani oleh DNS adalah...
A. SOA 
B. NS
C. A   
D. CNAME
E. MX

37. Keyword yang biasa digunakan untuk menentukan nama domain lokal adalah
A. domain 
B. search 
C. nameserver
D. zone
E. rev

38. Layanan yang dapat menghasilkan informasi berkualitas dan efesien dalam penyimpanan data yang disimpan, diolah, dan diorganisasikan di dalam sebuah aplikasi terdapat pada
A. DBMS 
B. Database Server 
C. Database Application
D. Database Organization
E. Database Information

39. Dengan adanya database, maka semua hal dibawah ini akan terlaksana, kecuali
A. Kemudahan Akses 
B. Efisiensi ruang penyimpanan 
C. Keamanan
D. Keakuratan data
E. Data collusion

40. Sebuah aplikasi DBMS yang terkenal paling rumit dan paling mahal di dunia adalah.
A. MySQL 
B. PostgreSQL 
C. Oracle
D. Samba
E. SQL Server

41. Terdapat berbagai pilihan aplikasi yang dapat digunakan sebagai pendukung database server. Di bawah ini yang bukan merupakan aplikasi database server adalah...
A. MySQL 
B. PostgreSQL 
C. Oracle
D. Samba
E. MariaDB

42. Aplikasi yang dapat digunakan sebagai pendukung database server yang dibuat oleh
Microsoft adalah..
A. Microsoft Access 
B. Microsoft Excel
C. Microsoft Visual Basic
D. Delphi Embarcadero
E. SQL Server

43. Bahasa dalam aplikasi database server yang digunakan untuk menciptakan, mengubah dan menghapus basis data disebut...
A Syntax
B Query
C. SQL
D. DDL
E. DML

44. Bahasa dalam aplikasi database server yang digunakan database untuk mengubah, editing dan mengambil data pada database disebut...
A. Syntax 
B. Query 
C. SQL
D. DDL
E. DML

45. Bahasa dalam database yang berkaitan dengan pengaturan keamanan adalah
A. Syntax 
B. Query 
C. SQL
D. DDL
E. DML

46. Pada perintah mysql -u root -p, atribut -u yang digunakan mempunyai arti untuk menyebutkan...
A. unknown 
B. user 
C. url
D. version
E. access

47. Aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola database dengan lebih mudah melalui antarmuka grafis adalah.„
A. phplnfo 
B. phpDatabase 
C. phpWebmin
D. phpMyAdmin
E. SQLYog

48. Dalam sebuah mailserver, terdapat komponen berupa aplikasi yang bertugas untuk mengirimkan email, disebut dengan...
A. SMTP
B. POP 
C. POP3
D. IMAP
E. IMAP3

49. Komponen dalam sebuah mailserver berupa aplikasi yang bertugas untuk proses membaca dan membuat email adalah...
A. Mail User Agent 
B. Mail Transport Agent 
C. Mail Delivery Agent
D. Post Offce Protocol 'ver.3
E. Mail Exchanger Record

50. Bagian program dari mail server yang bertugas sebagai agen pengiriman pesan email adalah
A. Mail User Agent 
B. Mail Transport Agent 
C. Mail Delivery Agent
D. Post Office Protocol ver.3
E. Mail Exchanger Record





0 komentar: