phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

ASJ - Database Server (BAB 8) (Kelas XI)

 

BAB 8
DNS Server


A. KOMPETENSI DASAR

PENGETAHUAN
3.8. Mengevaluasi Database Server

KETERAMPILAN
4.8. Mengkonfigurasi Database Server

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Database Server

Database atau dalam bahasa indonesia berarti Basis Data, merupakan sekumpulan data yang disimpan secara terencana di dalam sebuah komputer atau lebih yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan program aplikasi (perangkat lunak) untuk dapat menghasilkan informasi. Database merupakan aspek yang sangat penting dalarn sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Database juga penting dalam pengembangan sistem karena dengan database kita dapat mengorganisasi data, menghindari duplikasi data, serta mencegah permasalahan lain dalam pengolahan data.

Data perlu disimpan, diolah, dan diorganisasikan didalam database sehingga informasi yang dihasilkan berkualitas dan efesien dalam penyimpanan data. Pengorganisasian data seperti itu dinamakan Database Management System (DBMS). Database Server merupakan sebuah server yang didalamnya terdapat program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model client/server (DBMS). Konsep client / server secara dalam sistem ini dapat diartikan suatu sistem yang membagi fungsi dan proses antara server yang bertugas mengolah database dengan client yang menjalankan aplikasi dengan tujuan mengurangi beban server.

2. Prinsip dan cara kerja Database Server

Dalam database server, penekanan konsep client / server lebih pada model perangkat lunak pengolah data dan bukan pada perangkat keras. Sehingga pada konfigurasi perangkat keras secara tidak langsung kita melihat bahwa sebuah database server tidak ada bedanya dengan server lainnya. Dengan perkembangan teknologi jaringan serta perangkat lunak pendukungnya, pemisahan database dengan aplikasi yang akan mengakses database, memungkinkan konfigurasi perangkat keras client / server lebih kompleks.

Prinsip kerja dari database server dapat dianalogikan seperti sebuah lemari yang digunakan untuk menyimpan berbagai data arsip. Di dalam lemari tersebut terdapat  aturan dalam penempatan data agar mudah disimpan dan mudah diambil kembali datanya. Dari analogi tersebut beda antara database server dengan lemari arsip hanya terletak pada media penyimpanan yang digunakan serta tenaga pengolahan yang mengolah dataJika lemari arsip menggunakan lemari besi atau kayu dan menggunakan  tenaga manusia sebagai pengolah arsip, maka database server menggunakan media penyimpanan berbasis komputer seperti harddisk dan menggunakan aplikasi DBMS sebagai pengolah data.

Perlu digaris bawahi bahwa semua data yang disimpan dalam komputer dapat disebut dengan database. Misalkan beberapa dokumen yang berisi data dalam file teks, file spreadsheet dan lain sebagainya dapat saja disimpan dalam perangkat keras, tetapi hal tersebut tidak lantas dapat disebut sebagai database. Hal ini disebabkan karena didalamnya penyimpanan file tersebut tidak ada pemilahan dan pengelompokan data  sesuai jenis dan atau Kłngsi dari data yang disimpan, sehingga ketika akan melakukan pencarian data menjadi tidak terorganisir. Dalam database server yang menjadi  prioritas utama dalam pelayanan pengolahan data adalah pemilahan, pengaturan, pengelompokan, pengorganisasian data yang disimpan sesuai fungsi atau jenisnya.

3. JenisAplikasi Database Management Sistem

a. MySQL
MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database yang dapat saling terelasi (RDBMS) dan bersifat terbuka (open source), artinya MySQL dapat di unduh dan digunakan oleh siapa saja, baik kode program aslinya (source code program  maupun versi aplikasinya (executable program) serta dapat digunakan secara (relatif) gratis sesuai dengan kebutuhan maupun sebagai suatu program aplikasi komputer.

Yang dimaksud dengan relatif gratis adalah jika seorang programer ikut berpartisipasi dalam mengembangkan ataupun memodifikasi program asli MySQL untuk digunakan dalam kebutuhan pribadi atau kebutuhan perusahaan pribadi, maka programmer terscbut diwajibkan secara moral untuk memberikan hasil pengembangan aplikasi tersebut kepada MySQL dan komunitas open source. Hal ini merupakan salah satu kewajiban jika Icita menggunakan aplikasi dengan konsep open source. Akan tetapi jika hasil pengembangan tersebut ingin kita _rahasiakan atau ingin kita jual kepada orang lain, maka programmer wajib membayar sejumlah dana kepada MySQL AB sebagai biaya lisensi, Jadi dalam MySQL terdapat dua jenis lisensi ketika Icita menggunakannya, yaitu:

l) Lisensi gratis (free software / open source GNU general public license (GPL)), Penjelasannya seperti yang telah dijelaskan di atas, dan MySQL tidak menjamin adanya layanan dukungan dari MySQL AB.

2) Lisensi komersial (Non GPL commercial license). Programmer harus membayar sejumlah dana kepada MySQL AB sesuai dengan jenis layanan tertentu yang disediakan oleh MySQL AB, atau bila:
a) Mendistribusikan MySQL dan aplikasinya dengan menggunakan program-program bukan open source.
b) Menghendaki adanya jaminan dari MySQLAB tentang kinerja MySQL 
c) Menghendaki dukungan teknis dan non-teknis dari MySQL AB

MySQL Database Management Sistem merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan oleh cukup banyak web developer. MySQL dipercaya dapat menjadi pilihan tepat dalam melakukan manajemen & pengolahan data oleh para web developer karena keunggulan-keunggulan yang dimiliki. Beberapa keunggulan dari MySQL adalah:
☐ Kecepatan. MySQL mempunyai kecepatan yang baik dibandingkan dengan aplikasi database server lainnya
☐ Mudah Digunakan.
☐ Open Source. Artinya siapapun dapat ikut bergabung untuk mengembangkan MySQL dan hasil pengembangan itu diserahkan kepada umum atau komunitas Open Source.
☐ Kapabilitas. MySQL telah digunakan untuk mengelola database dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar
baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada 'tiap tabelnya.
☐ Biaya Rendah.
☐ Konektifitas dan Keamanan. MySQL mendukung dan menerapkan system keamanan dan ijin akses tingkat lanjut (advanced permissions and security system), termasuk dukungan pengamanan data dengan cara pengacakan lapisan data.
☐ Fleksibilitas/Portabilitas. MySQL mendukung perintah-perintah ANSI SQL 99 dan beberapa perintah database alternatiflainnya sehingga memudahkan untuk beralih dari dan ke MySQL.
☐ Lintas Platform system operasi. MySQL dpat dijalankan pada beberapa system oeprasi yang berbeda, seperti Linux, Microsoft Windows, Sun Solaris, Novell NeT,łare, IBM's AN, Mac OS X dll. Sehingga, akses terhadap datadata yang bersifat privasi dapat diminimalisir melalui kendali sistem ini.

b. MariaDB

MariaDB merupakan sistem manajemen database relasional yang dikembangkan dari sistem MySQL. MariaDB dikembangkan oleh komunitas pengembang MySQL karena MySQL telah diakuisisi oleh Oracle sehingga menyebabkan MySQL menjadi produk yang berlisensi proprietary atau berlisensi hak milik. Karena diakuisisinya MySQL oleh Oracle yang menyebabkan pengembang MySQL tidak leluasa lagi dalam mengembangkan aplikasi, maka pengembang MySQL mulai membangun MariaDB. MariaDB tetap mempertahankan beberapa fitur MySQL yang sangat digunakan oleh pengguna, diantaranya adalah kompatibi]itas dan API seperti pada MySQL. Jika di MySQL ada InnoDB maka di MariaDB ada XtraDB yang menjadi mesin penyimpanan baru.

Pengembangan MariaDB dipimpin oleh Michael "Monty" Widenius, yang merupakan salah satu founder MySQL AB dan Monty ProgramAB. Setelah MySQL diakusisi, Monty mengembangkan sistem manajemen database baru dengan nama MariaDB. Penamaan MariaDB menggunakan nama salah satu  anaknya, yaitu bernama Maria. Seperti pada pengembangan MySQL dulu, yaitu menggunakan nama salah satu anak dari Monty yaitu My.

Versi awal dari MariaDB sama dengan versi MySQL terakhir pada waktu itu, yaitu pada versi 5.5. Setelah versi 5.5, pengembang MariaDB langsung melewati penomoran versi, tidak ke 5.6 atau versi 6 melainkan langsung memberi versi terbaru mereka dengan penomoran 10. Dalam MariaDB versi 10 tersebut disematkan fiturfitur terbaru. Diantaranya kompatibiltas API dan Protokol MariaDB terhadap dengan apa yang ada pada MySQL. Selain itu adanya fitur untuk dukungan native operasi non-blocking dan pelaporan progress juga disematkan dalam versi baru tersebut. Artinya semua connector, library dan aplikasi yang bekerja pada MySQL, dapat bekerja pada MariaDB. Salah satu distro linux yang langsung menggunakan MariaDB sebagai database bawaannya adalah sistem operasi Fedora. Fedora menggunakan MariaDB sejak Fedora 19 dengan keyakinan bawah MySQL akan semakin menjadi produk yang tertutup dan komersial setelah diakuisisi oleh Oracle. Saat ini versi terbaru MariaDB yang stabil adalah MariaDB 10.1.

c. PostgreSQL

PostgreSQL merupakan sebuah database manejemen sistem yang akhir-akhir ini populer didunia. Selama lebih dari 15 tahun di kembangkan, postgresql terbukti memiliki reputasi yang bagus. PostgreSQL atau (Post-gress-SQL) adalah sebuah relational database manajemen system (RDBMS) yang di kembangkan oleh tim relawan yang ada di seluruh dunia yang bersifat open source. PostgreSQL tidak di kontrol oleh perusahaan atau badan swasta lainnya sehingga source code (kode   sumber) yang tersedia bisa di dapatkan secara gratis.

Postgres pada awalnya dikembangkan oleh mahasiswa dan staff programmer University of California, Berkeley, dibawah bimbingan dari Professor _Michael Stonebraker. Aplikasi Database ini pada awalnya dinamai Postgres, akan tetapi karena banyak tambahan uncuk fungsi SQL maka di tabun 1995 namanya berubah menjadi Postgres95, dan sejak tahun 1996 berubah lagi menjadi nama yang digunakan hingga sekarang, yaitu PostgreSQL Saat pengembangan postgres pertama kalinya dianggap tidak memen uhi standar ANSI-SQL92 (yang merupakan standar database berskala besar), karena pada awalnya tujuan dari pengembangan Postgres hanya menjadikan postgres sebagai sistem basis data yang mempunyai banyak fasilitas dan keluwesan yang tinggi. Pengembang postgres berusaha untuk memenuhi standar tersebut, dan althirnya potsgres mencapai satndar ANSI-SQL,  bahkan melebihi standar ANSI_SQL, yang berarti kemampuan postgres melebihi database lain standar ANSI-SQL92 yang diantarannya adalah Oracle. Oleh karena itü Postgres dinobatkan Linux Award sebagai database pilihan dan menempatkan Oracle pada tempat ke-dua.

Perbedaan yang paling mendasar antara postgres dengan sistem relasional standar lainnya adalah kemampuan postgres yang memungkinkan üşer untuk mendefinisikanSQL-nya sendiri, terutama untuk pembuatan function. Hal ini bisa dilakukan karena informasi yang tersimpan pada postgres tidak hanya tabel dan kolom melainkan tipe, fungsi, cara akses, dan informasi lain. Fungsi cersebut itü dihimpun dalam bentuk Class yang memungkinkan üşer untuk merubahnya. Dengan model Class ini postgres lebih mudah dikembangkan ditingkat üşer dan bisa mendefinisikan sebuah tabel sebagai turunan tabel lain.

Kelebihan lain dari postgres adalah dukungan interface dari berbagai bahasa pemrograman seperti Peri, PHR C++, Phyton, Java, dil. Postgres juga mempunyai kemampuan untuk membuat konektifitas dengan database lain seperti pgdump, Interbase, pgaccess dan hampir semua database pada Linux. Saat ini poscgres telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar, Rumah Sakit Pertamina adalah salah satu yang telah menggunakan Postgres. PostgreSQL dapat berjalan di semua sistem operasi termasuk (Linux, UNIX (AIX, 'BSD, HP-UX, SGI IRIX, Mac OS X, Solaris, Tru64), dan Windows. PostgreSQL mendukung ceks, gambar, şuara, dan video, dan termasuk antarmuka pemrograman untuk C / C ++, Java, Peri, Python, Ruby, Tcl dan Open Database Connectivity (ODBC).

d. MSSQL

Microsoft SQL Server adalah produk RDBMS (Relational Database Management System) yang dibuat oleh Microsoft. Microsoft SQL Server biasa disebut dengan SQL Server saja. Microsoft SQL Server juga mendukung SQL sebagai bahasa untuk memproses query ke dalam database. Microsoft SQL Server banyak digunakan pada dunia bisnis, pendidikan atau juga pemerintahan sebagai solusi database atau penyimpanan data. Berbagai macam skala bisnis mulai yang kecil sampai denggan skala enterprise bisa menggunalcan Microsoft SQL Server sebagai database servernya.

Pada tahun 1988, Microsoft mengeluarkan versi pertama dari SQL Server. Desain SQL Server saat itu digunakan untuk platform OS/2 dan dikembangkan bersama antara Microsoft dengan Sybase. Pada awal tahun 1990an, Microsoft membuat versi baru dari SQL Server untuk platform NT-nya. Selama proses pengembangan tersebut Microsoft memutuskan bahwa Microsoft SQL Server ini harus bisa terintegrasi dengan kuat dengan sistem operasi NT-nya. Pada tahun 1993, Windows NT 3.1 dan SQL Server 4.2 untuk NT dirilis oleh Microsoft.  Tujuan Microsoft untuk mengkombinasikan antara performa database server yang tinggi serta kemudahan cara penggunaan dan administrasinya dapat tercapai melalui SQL Server ini. Pada tahun 1994, Microsoft dan Sybase secara resmi mengakhiri kerjasamanya dalam pengembangan SQL Server. Di tahun 1995 Microsoft merilis versi 6.0 dari SQL Server. Versi ini merupakan versi yang penting karena sebagian besar merupakan hasil pengembangan dan juga redesain dari core technology sebelumnya. Versi 6.0 ini menawarkan peningkatan pada perform& built-in replication dan juga administrasi yang tersentralisasi. Pada tahun 1996' Microsoft merilis SQL Server versi 6.5 yang berisi berbagai macam kemampuan tambahan dan juga fitur-fitur baru. Pada tahun 1997, Microsoft merilis SQL Server 65 Enterprise Edition. SQL Server 7.0 dirilis Microsoft pada tahun 1998 dan database engine-nya ditulis ulang agar lebih optimal. 

e. Oracle

Oracle database merupakan suatu aplikasi database server yang dibuat oleh perusahaan oracle. Sistem ini dibangun di sekitar kerangka database relasional di mana objek data dapat langsung diakses oleh pengguna (atau front end aplikasl  melalui bahasa query terstruktur (SQL), Oracle adalah arsitektur database relasional yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan global d21am mengelola dan mengolah data di jaringan area luas dan lokal. Oracle dikembangkan tahun 1977 oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates melalui perusahzan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL). Pada tz-hun 1983, perusahaan ini sekarang berubah nama menjadi Oracle Corporation.

Database Server Oracle berisi Oracle Instance dan Oracle Database, dimana   Oracle Instance berisi struktur _memory yang disebut dengan system-glob-al-ara (SGA) dan background-process yang dipergunakan oleh server Oracle untuk mensatur database. Struktur memory dari Oracle Instance berad2 pada daerah memory yang disebut SGA, yang berisi data dan informasi pengonzrol untu.k server Oracle. SGA dialokasikan pada virtual memory kompucer tempat server  Oracle berada.

Oracle merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia, selain itu juga sering disebut sebagai database server yang lambat. Namun Oracle merupakan DBMS yang dirancang khusus untuk organisasi berukuran besar,   bukan untuk ukuran kecil dan menengah. Kebutuhan organisasi berukuran besar  tentu saja tidak sama dengan or•anisasi yang kecil atau menengah yang zidak akan berkembang menjadi besar. Organis:asi yang berukuran besar memburuhkan fleksibilitas dan skalabilitas agar dapat memenuhi -tunpatan akan data dan  informasi yang bervolume besar dan terus menerus bertambah besar

1. Bahasa dalam Database

Merupakan bahasa yang digunakan secara khusus untuk mengelola suatu database
Dalam implementasi penyusunan database pada umumnya digunakan ini sebagai bahasa standar yang dikcnal dcngan scbutan S(QJ, (Structured Query
SQL mempunyai dua macatn pcrintah yang digutjakan Lintuk rnenvglola (L mengorganisasikan database, yaitli
 
a. Data Definition Language /DDL
Merupnkan perintali yang digtjnakan oJeli administra(or database (JDBA) mendefinisikan skema ke dalarn DIIMS, Skcma meropakan deskrip•.i tentang struktur tabel, rceord, dan hubungarj data pada database, dapat digunakan untuk mcndcfinisikan sul)4kema. Sub%kcma rnerupakan view bagi pcngguna database yang mcrupakan himpunan bagjan dari Subskcma dapat mcnjadi mekanisme pengamanan system database, yakni den mengacur hak akscs pada itcm-itcm dalam database Dl)L juga digunakan untuk menciptakan, mcngubah dan mcnghapus basis data.

b. Data Manipulation Language/DML
Merupakan perintah-pcrintah yang digunakan untuk mengubah, rnernanipulzi (editing) dan mengambil data pada database. Kegunaan lainnya sepertj menghapug mengubah dan mengambil data menjadi bagian dari DML. DML pada dacarnya dibagi menjadi dua:
l) Prosedural, yang menuntut pengguna menentukan data apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara mendapatkannya.
2) Nonprosedural, yang menuntut pengguna menentukan data apa saja yang diperlukan, tetapi tidak perlu menyebutkan cara mendapatkannya.
Selain kedua macam perintah di atas, pada beberapa DBMS (Database Management System) terdapat perintah yang dikategorikan pada DCL (Dan Control Language). DCL merupakan bahasa dalam database yang berkaiun dengan pengaturan sekuritas basis data.

2. Instalasi dan Konfigurasi Database Server dengan MariaDB

Instalasi MariaDB sama dengan instalasi MySQL Server. Di Debian 9 ketika kita melakukan instalasi MySQL maka oleh sistem akan pasang MariaDB, karena sekin berasal dari pengembang yang sama, MariaDB juga Sebelum melakukan instalasi. pastikan repositori software sudah tersedia, baik dengan menyiapkan DVD Instahsi Debian 9 ataupun dengan mengatur Source Repositori sebelumnya- Untuk melakuk.an instalasi MariaDB gunakan perintah:

akan muncul detail paket yang akan dipasang, tekan y untuk memulai instalasi

Setelah instalasi selesai, lakukan konfigurasi untuk mengamankan database server dengan menggunakan perintah:

akan tampil informasi untuk mengamankan instalasi MariaDB seperti berikut ini:

Karena saat instalasi sebelumnya tidak diminta untuk memasukkan password, maka tekan enter untuk melanjutkan konfigurasi.

Setelah itu akan muncul pemberieahuan untuk melakukan pemasangan password untuk root user

isikan “Y” untuk melakukan pcmasangan root password, kemudian isikan Password root dan dilanjutkan pengisian kcmbali password root. Setelah password root berhasil di konfigurasi maka akan ada notifikasi bahwa konfigurasi sukses.

Langkah selanjutnya adalah menghilangkan user anonim pada MariaDB. User ini secara default sudah terinstall untuk kepentingan testing. Untuk keamanan maka user anonim harus dihapus, tekan tombol "Y' kemudian enter untuk menghapus user anonim.

Setelah user anonim dihapus, selanjutnya adalah notifikasi apakah diijinkan root login pada jaringan dan bukan dari lokal. Di konfigurasi ini untuk keamanan seharusnya root hanya dapat diakses pada localhost, tetapi untuk pembelajaran dan agar bisa diakses di client, maka tekan tombol "n" agar root tetap dapat diakses dari jaringan.

Selanjutnya akan ada notifikasi bahwa terdapat database dengan nama "test" yang dapat diakses oleh semua orang. Untuk keamanan, maka database tersebut dapat dihapus. Tekan tombol "n" agar database tersebut di hapus beserta hak akses ke dalam database tersebut.

Setelah beberapa konfigurasi diatas diterapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan reload agar semua perubahan yang terjadi dapat dirasakan oleh pengguna. Tekan "y" untuk melakukan reloading pada tabel.

Jika sudah sampai langkah diatas, berarti instalasi dan konfigurasi database server sudah berhasil dilakukan. Untuk masuk kedalam database, dapat dilakukan dengan mengetik perintah:

Akan muncul input untuk memasukkan password, masukkan password yang sebelumnya sudah di konfigurasikan. Jika berhasil masuk ke dalam database, akan tampil seperti berikut ini:

Dalam informasi di atas tampil bahwa versi MariaDB yang terinstall adalah versi 10.1.37. Perlu diperhatikan bahwa perintah instalasi yang dilakukan sebelumnya adalah instalasi mysql-server, tetapi yang terpasang adalah MariaDB, berarti pada Debian 9 ini sudah menerapkan MariaDB sebagai database server pengganti MYSQL. Untuk keluar dari mode text database server diatas dapat mengetikkan perintah quit".

3. Perintah Dasar Database MySQL / MariaDB

Beberapa perintah-perintah dasar MySQL adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke dalam database. Untuk menjalankan database dapat dengan Cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

Keterangan :
☐ database_name adalah nama database yang akan dituju   
☐ h host_name adalah nama host server yang akan dituju
☐ u user_name adalah nama user yang akan dituju. Jika kita menggunakan  UNIX, maka nama user mysql adalah sama dengan nama login, dan kita dapat mengangap ini sebagai option yang nantinya mysql akan menggunakan nama login sebagai nama user mysql.

b. Menampilkan Bantuan. Untuk menampilkan fasilitas bantuan sederhana (HELP) dapat dengan cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

c. Mengetahui Nama User yang sedang Aktif. Untuk mengetahui nama user yang sedang aktifpada saat ini, dapat dengan cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

d. Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang. Untuk menampilkan data tanggal dan waktu sekarang, dapat dengan cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

e. Menampilkan Informasi Status dari Tabel, Untuk menampilkan status dari masing-masing table yang telah kita buat, dapat dengan cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

f. Mengetahui Versi MySQL Untuk dapat mengctahui versi MySQL yang digunakan, dapat dengan cara mengctikkan perintah dengan format berikut:

g. Membatalkan Perintah. Untuk rnembatallcan perintah yang telah terlanjur dituliskan tambahkan "\c" (singkatan dari Cancel) diakhir perintah tersebut kemudian tekan tombol ENTER.
h. Keluar dari database. Untuk mengakhiri penggunaan database, kita dapat menggunakan perintah EXIT atau Quit.

i. Memberi Catatan atau Komentar. Memberikan catatan atau komentar pada database dilakukan dengan memberikan awalan /* dan akhiran */ atau awalan # pada baris komentar. Perbedaannya : /* */ dapat digunakan untuk lebih dari satu baris komentar, sedangkan # hanya untuk satu baris komentar saja.

j. Membuat database. Untuk membuat sebuah database baru, dapat dengan cara  mengetikkan perintah dengan format berikut:

k. Mengetahui nama database yang aktif 
Untuk mengetahui nama database yang sedang digunakan, dapat dengan cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

I. Memilih database yang akan digunakan. Untuk menggunakan atau memilih suatu database dapat dengan cara mengetikkan perintah dengan format berikut:

4. Instalasi Aplikasi Interface phpMyAdmin

Melakukan manipulasi database dengan menggunakan mode text / command line merupakan satu hal yang sulit digunakan. Selain tidak efektif jika data yang dimasukkan banyak, juga tidak efisien dalam berbagai hal, Untuk itu perlu dipasang aplikasi interface sebagai jembatan antara database server yang berbasis text dengan pengguna, Dengan menggunalcan aplikasi berbasis GUI / Graphical User Interface / Grafis maka untuk melakukan manipulasi data atau perubahan data akan lebih mudah.

phpMyAdmin merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah melalui antarmuka (interface) grafis. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML/XHTML, CSS dan juga kode JavaScript. Dengan menggunakan aplikasi ini maka pengelolaan basis data MySQL dan MariaDB dengan penyajian antarmuka web menjadi lengkap dan menarik. phpMyAdmin merupakan aplikasi web yang bersifat open source (sumber terbuka) sejak pertama dibuat dan dikembangkan. Dengan dukungan dari banyak developer dan translator, aplikasi web phpMyAdmin mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan ketersediaan banyak pilihan bahasa. Sampai saat ini, ada kurang lebih 65 bahasa yang sudah didukung oleh aplikasi web phpMyAdmin. Adapun cara instalasi phpMyAdmin dengan perintah:

akan tampil informasi mengenai paket utama dan paket pendukung yang akan ipasang kedalam sistem. Tekan Y untuk memulai instalasi.

Ketika proses instalasi berjalan, akan ada notifikasi mengenai webserver yang digunakan untuk menjalankan phpMyAdmin. Pilih salah satu yang terinstall di Server, misalkan apache2 yang terinstall, maka pilih apache2 dengan menekan tombol spasi.

Setelah itu akan ada pemberitahuan mengenai konfigurasi database yang digunakan untuk phpMyAdmin, apakah akan dikonfigurasi sesuai dengan dbconfigcommon.

Pilih "Yes" untuk mengkonfigurasi phpMyAdmin dengan dbconfig-common. Setelah itu akan tampil konfigurasi untuk menambahkan password dari phpmyadmin yang diregirstrasikan ke database server.

Isikan ulang password yang sama dengan langkah sebelumnya

Setelah langkah tersebut selesai, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memberikan perintah ke database server agar phpMyAdmin dapat masuk kedalam database. Adapun langkah nya adalah masuk ke dalam server dan masuk ke dalam database mysql dengan mengetikkan perintah:

Akan muncul input untuk memasukkan password, masukkan password yang sebelumnya sudah di konfigurasikan. Setelah masuk kedalam database, ketikkan perintah berikut:

perintah di atas digunakan untuk memberikan isi data plugin pada tabel user, kemudian lakukan flush agar hak akses dapat terkonfigurasi ulang

kemudian untulc keluar dari command server, gunakan perintah exit.

5. Pengujian Database Server

Untuk mengakses database server dengan menggunakan interface phpMyAdmin, dapat dilakukan dengan membuka browser (mozilla firefox atau chrome), kemudian ketikkan alamat server misalkan http://192.168.62.l/phpmyadmin. Jika pada bab sebelumnya sudah dikonfigurasikan DNS yang mengarah ke server, maka dapat dipanggil dengan nama domain, misalkan http://mustibisa.com/phpmyadmin. Tampilan awal pada phpMyAdmin adalah sebagai berikut:

Isikan kolom login dengan data user yang sebelumnya telah di konfigurasikan, atau jika menginginkan login sebagai root user, gunakan login pengguna root dan masukkan passwordnya. Setelah berhasil login akan tampil dashboard phpMyAdmin seperti gambar di bawah :

Dalam tampilan dashboard phpMyAdmin, di bagian kiri berisi daftar database yang ada di dalam server, kemudian di tengah berisi konten yang aktif, semisal kita memilih tabel, maka konten yang tengah akan berganti menjadi daftar tabel. pada bagian kanan berisi informasi dari database server, seperti nama server, tipe server, versi dan protokol, nama user, dan lain sebagainya. Untuk menambahkan database, dapat mengkik menu database di bagian tengah kemudian dapat menambahkan nama database di dalam menu tersebut.

C. PENILAIAN MANDIRI

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Jelaskan pengertian dari database!
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan database server.
3. Bagaimana prinsip kerja dari database server?
4. Jelaskan alasan kenapa tidak semua data yang disimpan dalam komputer dapat disebut dengan database.
5. Apa yang dimaksud DBMS (Data Base Management System)?
6. Sebutkan aplikasi DBMS yang dapat dipasang dalam Database Server.
7. Apa yang dimaksud dengan Open Source?
8. Sebutkan beberapa keunggulan dari MySQL.
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Data Definition Language?
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Data Manipulation Language?

D. PENILAIAN KELOMPOK

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 — 4 anak
2. Lakukan praktikum installasi dan konfigurasi Database Server dengan MySQL / MariaDB.
3. Konfigurasikan panel phpMyAdmin agar bisa mengakses Database Server dengan baik,
4. Catat kendala yang terjadi saat pembuatan dan pengaksesan Database Server, balk di Sisi server maupun di Sisi client.
5. Presentasikan instalasi dan konfigurasi Database Server beserta kendala yang teriadi dengan kompak, jelas, padat, dan singkat!

E. UJI KOMPETENSI

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atauE!
 
1. Sekumpulan data yang disimpan secara terencana di dalam sebuah komputer yang dapat diolah menggunakan perangkat lunak untuk dapat menghasilkan informasi disebut dengan...
A. Data Source 
B. Data Management 
C. Data Base
D. Data Application
E. Data information

2. Data yang disimpan, diolah, dan diorganisasikan didalam sebuah aplikasi sehingga informasi yang dihasilkan berkualitas dan efesien dalam penyimpanan data
A. DBMS 
B. Database Server 
C. Database Application
D. Database Organization
E. Database Information 

3. Model komunikasi yang terjadi pada Database Server adalah model...
A. Peer to Peer 
B. Client Server 
C. Client to Client
D. Server to Server
E. Apps to Server

4. Di bawah ini merupakan manfaat dari penggunaan database, kecuali...
A. Kemudahan Akses 
B. Efisiensi ruang penyimpanan 
C. Keamanan
D. Keakuratan data
E. Data collusion

5. Aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan oleh siapa saja, baik kode program aslinya maupun versi aplikasinya secara relatif gratis sesuai dengan kebutuhan disebut dengan...
A. Freeware 
B. Free Source 
C. Free Code
D. Open Source
E. Open Code

6. Data Base Management System yang terkenal paling rumit dan paling mahal di dunia adalah...
A. MySQL 
B. PostgreSQL 
C. Oracle
D. Samba
E. SQL Server

7. Data Base Management System yang terkenal lambat untuk perusahaan skala kecil adalah...
A. MySQL 
B. PostgreSQL 
C. Oracle
D. Samba
E. SQL Server

8. Di bawah ini yang bukan merupakan aplikasi database server adalah. . .
A MySQL 
B. Postgres 
C. Oracle
D. Samba
E. MariaDB

9. Aplikasi yang menjadi dasar pengembangan dari MariaDB adalah...
A MySQL 
B. PostgreSQL 
C. Oracle
D. Samba
E. SQL Server

10. Kampus yang dijadikan base pengembangan dari database PostgreSQL adalah,..
A. University of Berkeley 
B. University of California 
C. University of Nanyang
D. University of Cambridge
E. University of Oxford

11. Aplikasi Relational Database Management System yang dibuat oleh Microsoft adalah.
A. Microsoft Access 
B. Microsoft Excel 
C. Microsoft Visual Basic
D. Delphi Embarcadero
E. SQL Server

12, Perusahaan yang bekerjasama dengan Microsoft pada awal pengembangan aplikasi DBMS-nya adalah:
A. Oracle 
B. Google 
C. Sybase
D. Java
E. Facebook

13. Tahun dimana Oracle Database mulai dikembangkan adalah tahun
A. 1977 
B. 1987 
C. 1997
D. 2007
E. 2017

14. Bahasa yang digunakan database untuk menciptakan, mengubah dan menghapus basis data disebut...
A. Syntax
B. Query
C. SQL
D. DDL
E. DML

15. Bahasa yang digunakan database untuk mengubah, editing dan mengambil data pada database disebut.
A. Syntax 
B. Query
C. SQL
D. DDL
E. DML

16. Data Control Language merupakan bahasa dalam database yang berkaitan dengan
pengaturan
A. Bahasa Database 
B. Kontrol Database 
C. Sekuritas Database
D. Insert Database
E. Editing Database

17. Dalam sistem operasi Debian 9, database MySQL diganti oleh pengembang menjadi...
A. MariaDB 
B. PostgreSQL 
C. Oracle
D. Samba 
E. SQL Server

18, Pada saat Administrator database menggunakan perintah mysql -u root -p, maka atribut -u berarti...
A. unknown 
B. user access
C. url
D. version
E. access

19. Salah satu aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah melalui antarmuka grafis adalah..,
A. phplnfo 
B. phpDatabase 
C. phpWebmin
D. phpMyAdmin
E. SQLYog

20. Untuk keluar dari Command Prompt MariaDB / Mysql gunakan perintah.•
A close 
B. cancel 
C. exit
D. quit
E. bye 

F. SOAL VAERIASI

Jawablah soal di bawah ini dengan petunjuk sebagai berikut!
Pilihan:
A. Jika 1, 2 dan 3 benar 
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 benar 
E. Jika semua benar

1. Berikut ini merupakan aplikasi database server yang popular...
(1) MariaDB. 
(2) MySQL. 
(3) SQL Server.
(4) Apache2.

2. Keuntungan dalam nenggunakan database server sebagai penyimpanan data
(l) Kecepatan 
(2) Keamanan 
(3) Konektifitas
(4) Kehandalan

3. Database Server berikut ini mempunyai dasar pengembangan dan perintah yang
sama...
(1) MariaDB. 
(2) SQL Server. 
(3) MySQL.
(4) PostgreSQL.

4. Bahasa yang dikenal dalam pengolahan database adalah...
(1) DDL 
(2) DML 
(3) DCL
(4) DLL

5. Pak-et yang dipilih ketika melakukan installasi aplikasi Database Server MySQL...
(1) mysql-db 
(2) mysql-server 
(3) mysql-admin
(4) mysql-client

6. Untuk mengamankan installasi MySQL MariaDB dapat melakukan 
(1) Melakukan kompresi pada setiap paket instalasi yang dilakukan
(2) Mengambil password yang cukup panjang
(3) Mereset semua login yang dilakukan oleh user.
(4) Mengetikkan perintah mysql_secure_installation

7. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun phpMyAdmin
(1) php 
(2) xhtml 
(3) javascript
(4) css

8. Agar Database Server dapat diakses dengan menggunakan nama domain pada phpMyAdmin, maka konfigurasi yang harus sebelumnya diselesaikan adalah
(1) DHCP Server 
(2) FTP Server 
(3) Web Server
(4) DNS Server

9. Informasi yang muncul pada bagian kanan dashboard phpMyAdmin adalah...
(1) Nama Server. 
(2) Daftar Database. 
(3) Tipe Server.
(4) Konten Aktif.

10. Informasi yang muncul pada bagian kiri dashboard phpMyAdmin adalah...
(l) Nama Server. 
(2) Daftar Database.
(3) Tipe Server.
(4) Icon Menu.

0 komentar: