phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

AIJ - Troubleshooting Routing Dinamis (BAB 7)(Kelas XI)

 

BAB 7
Troubleshooting Routing Dinamis
 

A. KOMPETENSI DASAR

3.7 Mengevaluasi permasalahan routing dinamis
4.7 Memperbaiki konfigurasi routing dinamis

B. Prosedur dan teknik pemeriksaan pada routing dinamis

Tujuan utama dari routing protokol adalah untuk membangun dan memperbaiki tabel routing. Tabel ini berisi jaringan-jaringan dan interface yang berhubungan dengan jaringan tersebut. Router menggunakan protokol routing untuk mengatur informasi yang diterima dari router-router lain dan interfacenya masing-masing, sebagaimana yang terjadi di konfigurasi routing secara manual. Routing dinamis menggunakan broadcast dan multicast untuk berkomunikasi dengan router-router lainnya 

Sebagian besar algoritma routing dapat diklasifikasikan menjadi kategori berikut :

- Distance vector.

Routing distance vector bertujuan untuk menentukan arah atau vector dan jarak ke link-link lain dalam suatu internetwork. Algoritma routing distance vector ini secara periodik menyalin table routing dari router ke router. Perubahan table routing ini di-update antar router yang saling berhubungan pada saat terjadi perubahan topologie Algoritma distance vector juga disebut dengan algoritma Bellman-Ford.

- Link-state.

Sedangkan link-state bertujuan untuk menciptakan kembali topologi yang benar pada suatu internetwork. Algoritma link-state juga dikenal dengan algoritma Dijkstra atau algoritma shortest path first (SPF). Algoritma yang satu ini memperbaiki informasi database dari informasi topologi.

Sedang perbedaannya, algoritma distance vector memiliki informasi yang tidak spesifik tentang distance network dan tidak mengetahui jarak router. Namun kalau algortima link-state memperbaiki pengetahuan dari jarak router dan bagaimana mereka inter-koneksi.

1. Terdapat 2 perhitungan metrik

a. Perhitungan Metric dan Administrative Distance pada routing RIP

Routing RIP menggunakan hop count sebagai satuan metric. Hop count adalah banyaknya jaringan yang akan dilewati untuk menuju suatu network tujuan. Metric pada routing RIP sebenarnya berguna jika sebuah router memiliki beberapa jalur atau path untuk mencapai suatu network tujuan. Sehingga routing RIP akan memiliki jalur atau path dengan jumlah hop (lompatan) terkecil sebagai path utama atau yang sering dilalui oleh paket data. Sedangkan path lainnya hanya akan berfungsi sebagai cadangan, jika path utama mengalami masalah atau kendala.


Sedangkan pada perhitungan metric menggunakan Administrative Distance (AD), hanya best path yang akan dimasukkan ke dalam tabel routing, sedangkan path yang memiliki metric yang lebih besar tidak akan terlihat pada tabel routing.

Untuk melihat metric dari network tujuan dari sebuah router yang menjalankan RIP, dapat menggunakan perintah sebagai berikut :


Nilai Administrative Distance dari RIP adalah 120 dan dapat dirubah jika diperlukan. Nilai AD tersebut dapat kita lihat pada tabel routing seperti pada uraian berikut:




b. Perhitungan Metric pada routing OSPF

Protokol routing OSPF menggunakan cost sebagai metric. Jalur (path) dengan cost terendah yang akan dipilih sebagai best path untuk menuju remote network. Nilai cost ini merupakan penjumlahan total dari setiap link untuk menuju remote network. Router Mikrotik memberikan nilai cost default 10 pada setiap link. Jika pada gambar 7.1 diterapkan routing OSPF, untuk menuju ke network 192.168.20/24, maka jaringan 192.168.1.0/24 terdapat dua cost yang terjadi, yaitu 20 (10+ 10, yaitu jalur yang melewati RI dan R2) serta cost dengan nilai 30 (10+10+10, yaitu jalur yang melewati Rl, R2, R3). Sehingga best path yang dipakai adalah cost yang memiliki nilai 20.

2. Permasalahan Pada Routing Dinamis

Permasalahan pada routing dinamis berbeda dengan permasalahan pada routing statis. Keunggulan routing dinamis berakibat pada banyaknya pengguna routing dinamis yang terhubung pada jaringan di seluruh dunia atau jaringan internet. Berbagai kemudahan atau fasilitas yang tersedia di perangkat router, memudahkan administrator jaringan dalam mengelola jaringan. Namun bukan berarti penggunaan routing dinamis tidak mengalami masalah. Pemilihan protokol routing yang tidak tepat pada jaringan yang digunakan berakibat pada kinerja jaringan yang kurang efektif dan efisien. Di samping itu penggunaan perangkat router yang terbatas fasilitasnya yang diterapkan jaringan yang lebih besar, juga akan mengalami masalah, karena sumber daya router seperti keterbatasan memori router tidak bisa melakukan pekerjaan routing yang sangat komplek serta proses routing dinamis yang meningkatkan processor overhead sehingga membutuhkan waktu yang sangat banyak pada proses di CPU. Selain itu utilisasi bandwith yang besar berupa update tabel routing secara periodik pada roucing dinamis yang berakibat pada menurunnya performa jaringan.

Seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya, routing statis digunakan untuk jaringan yang ukurannya kecil, baik jumlah route.r yang digunakan yang tidak lebih dari 10, maupun jumlah pengguna yang tidak banyak. Sedangkan pada routing dinamis digunakan pada jaringan yang lebih besar, seperti pada suacu perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang dan menggunakan banyak router, atau suatu ISP yang mempunyai banyak pelanggan. Kebutuhan perangkat router yang handal sangat penting pada perusahaan besar. Tetapi permasalahan pada jaringan juga tidaklah sedikit. Administrator jaringan diwajibkan selalu memonitor jaringan, agar jaringan tidak mengalami masalah seperti terputusnya jaringan atau koneksi yang Iamban,

a. Permasalahan pada protokol routing RIP

Protokol RIP versi 1 (RIPv1) merupakan jenis protokol routing yang bersifat classfull, yang berarti hanya dapat bekerja pada jaringan dengan pengalamatan default subnet mask (/8 untuk IP Address kelas A, / 16 untuk kelas B dan /24 untuk kelas C). Ini dikarenakan dalam mengirimkan tabel routing ke route tetangga, sebuah router yang menjalankan RIPv1 tidak akan mengirimkan subnet mask. Yang dikirimkan hanyalah network address. Ini menyebabkan RIPv1 tidak dapat diterapkan pada jaringan yang telah mengalami subnetting ataupun VLSM (Variable Length Subnet Mask).
Akibat tidak dikirimkannya subnet mask pada neighbor router, maka RIPv1 tidak dapat dijalankan pada Discontiguous Network. Discontigous Network adalah sekumpulan jaringan yang dipisahkan oleh sebuah jaringan yang berbeda alamat jaringan utama (major network address).


Dengan keterbatasan protokol routing RIPv1, maka digunakanlah routing RIPv2. RIPv2 akan mengirimkan tabel routing ke router tetangga beserta subnet mask, sehingga menjadikan RIPv2 sebagai classless routing protocol yang dapat bekerja pada jaringan yang sudah menerapkan subnetting atau VLSM. RIPv2 juga mendukung authentikasi, sehingga pertukaran tabel routing dapat dilakukan lebih aman, karena hanya akan dilakukan antar router yang dipercaya.

b. Teknik Konfigurasi Ulang Routing Dinamis

Untuk mengatasi masalah pada routing dinamis, penelusuran masalah tidak seperti pada routing statis. Namun perintah untuk mengetahui koneksi jaringan seperti PING dan perintah untuk mengetahui jalur paket data seperti tracert (perintah yang ada di sistem operasi Microsoft Windows) atau traceroute (perintah yang ada di sistem operasi Linux atau di dalam router itu sendiri) tetap perlu digunakan. Menjalankan perintah-perintah ini akan menghasilkan suatu pesan kesalahan (ICMP Error Message) yang bisa menunjukkan suatu kesalahan yang terjadi di dalam jaringan atau jalur mana yang ditempuh oleh suatu paket data.


Jika pada jaringan di atas akan menggunakan RIPv2 dengan menerapkan authentication maka perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut



c. Pengujian Koneksi

Perintah traceroute mirip dapat digunakan untuk mencari di mana data dikirim ke jaringan. Perintah traceroute akan memberitahukan route mana saja yang dilalui oleh paket data untuk sampai ke network host/tempat tujuan.l)erintah ini mirip dengan perintah ping. Perbedaannya adalah ping digunakan untuk testing koneksi jaringan, sedangkan traceroute digunakan untuk tes koneksi setiap step perjalanan data.

Pengujian menggunakan traceoute ini dilakukan dengan cara menggunakan respon CMP TIME_EXCEEDED dari tiap-tiap gateway yang dilalui untuk sampai ke host yang dituju. Tiap langkah disebut hop dan router/ server pada tiap hop di-ping untuk melihat apakah networknya online, pada prinsipnya apabila semakin cepat suatu router mengirimkan jawaban balik, maka semakin kecil ping time (diukur dalam milliseconds). Oleh karena itu waktu yang terbaca pada perintah traceroute memiliki perbedaan dengan pengiriman paket pada protokol lainnya, misalnya telnet, SMTP, atau FTP untuk tujuan yang sama. Kegunaan dari perintah tersebut adalah mengetahui apakah host yang dituju sedang aktif pada jaringan atau dapat pula memberikan informasi tentang host/gateway tertentu dalam perjalanan paket data yang melewatkan paket dengan baik

C. TUGAS MANDIRI

1. Sebutkan beberapa kelebihan routing dinamis!
2. Jelaskan fungsi dari perintah uji koneksi ping, tracert dan traceroute!
3. Bagiamana mengetahui jalur paket data yang dikirimkan ke host tujuan!
4. Sebutkan default administrative distance pada protokol routing dinamis?
5. Kesalahan apa saja yang mungkin terjadi pada konfigurasi routing dinamis?

D. TUGAS KELOMPOK

Buatlah kelompok dengan anggota 3-4 siswa. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan skema jaringan berikut ini.


1. Bagaimana konfigurasi IP address di router RI!
2. Bagaimana konfigurasi IP address di router RI!
3. Bagaimana konfigurasi IP address di router R3!
4. Bagaimana konfigurasi routing statis di router RI, R2 dan R3!
5. Bagaimana cara uji koneksi dari PCI ke PC2 dan PC3, adakah suatu kesalahan? Jika ada bagaimana memperbaikinya

E. UJI KOMPETENSI

Uji Kompetensi 1
Jawablah pertanyaan pilihan ganda berikut ini di lembar jawaban yang tersedia dengan melingkari jawaban yang benar!

1. Informasi routing dinamis menggunakan protokol RIP pada tabel routing ditunjukkan dengan tanda...
A. ADC
B. AC
C. ADr
D. ADo
E. ADb

2. Administrative Distance (AD) dari protokol routing OSPF adalah...
A. 1
B. 5
C. 20
D. 100
E. 110

3. Jumlah rnaksimurn dari hop yang diperbolehkan pada protokol RIP adalah
A. 10
B. 15
C. 30
D. 45
E. 50

4. Yang termasuk protokol touting jenis classfull adalah
A. RIPv1
B. RIPv2
C. OSPF
D. BGP
E. EIGRP

5. Protocol routing yang menyercakan subnetmask (prefix) pada saat mengirimkan informasi routing disebut protokol jenis..
A. Classles
B. Clasfull
C. Subnettin
D. Supernetting
E. Prefxless

6. Berbagai jenis metric yang digunakan oleh protokol routing adalah sebagai berikut, kecuali
A. Hop count
B. Cost metric
C. Bandwith
D. Mbps
E. Delay

7. Jenis protokol yang menghitung jumlah lompatan untuk mencapai remote network. jumlah lompatan terkecil merupakan nilai yang terbaik adalah jenis metric ..
A. Cost metric
B. Bandwith
C. Hop count
D. Reability
E. Delay

8. Jenis protokol yang menggunakan nilai kehandalan dari sebuah path, misalnya sering tidak terjadinya error atau kegagalan dalam link tersebut. Nilai reliability tertinggi yang akan menjadi best path, disebut dengan jenis metric . . .
A. Cost metric
B. Bandwith
C. Hop count
D. Reability
E. Delay

9. Jenis routing protokol yang digunakan untuk menghubungkan antar kampus atau antar perusahaan yang berbeda adalah penerapan dari routing protokol jenis . . .
A. Static routing
B. RIP
C. OSPF
D. IGRP
E. EGP

10. Sekumpulan jaringan yang dipisahkan oleh sebuah jaringan yang berbeda alamat jaringan utama (major network address) disebut dengan...
A. Contiguous Network
B. Disconticuow Network
C. Autonomous Network
D. Single network
E. Prefered Network

11. Apakah yang terjadi apabila pada suatu neightbor router subnet mask tidak dikirimkan ?
A. RIP versi 2 akan mengirimkan tabel routing
B. Pertukaran tabel routing dapat dilakukan lebih aman
C. RIP versi 1 tidak akan mampu mengirimkan subnetmask
D. RIP versi 1 tidak dapat dijalankan pada Discontiguous Network
E. Semua jaringan jadi satu dengan .major nenvork address tidak terhubung

12. Pertukaran tabel routing dapat dilakukan lebih aman, karena hanya akan dilakukan antar router yang dipercaya. Itu artinya RIP versi 2 juga mendukung...
A.Superfiisi
B. Adjasensi
C. Verifikasi
D. Autentikasi
E. Autonomous

13. Dalam pengujian koneksi dapat digunakan untuk mencari di mana data dikirim ke jaringan, setiap step perjalanan data dapat menggunakan perintah...
A. Telnet
B. Whois
C. Nslookup
D. Traceroute
E. Network utility

14. Apakah akibatnya apabila sumber daya router mengalami keterbatasan memori router yang dapat meningkatkan processor overhead ?
A. Maka semakin kecil ping time
B. Proses kerja pada CPU tidak ada masalah
C. Proses di CPU membutuhkan waktu lama
D. Performa jaringan komputer masih baik-baik saja
E. Mudah mengelola jaringan karena memori hanya kecil

15. Salah satu fitur yang dimiliki oleh routing link-state adalah paket keciJ dari informasi routing yang dikirim antar router merupakan fitur jenis
A. Routing table
B. SPF algorithm
C. Distance network
D. Topological database
E. Link-state advertisement

16. Algoritma routing distance vector secara periodik menyalin table routing dari router ke router. Perubahan table routing ini di-update antar router yang saling berhubungan pada saat terjadi perubahan topologi. Algoricma distance vector juga disebut dengan
A. Aljabar linier
B. Algoritma prim
C. Algoritma dijkstra
D. Algoritma percabangan
E. Algoritma Bellman-Ford

17. Algortima link-state memperbaiki pengetahuan dari jarakrouter dan bagaimara mereka inter-koneksi. Algoritma link-state juga dikenal dengan algoritma...
A. Aljabar linier
B. Algoritma prim
C. Algoritma percabangan
D. Algoritma Bellman-Ford
E. Algoritma shortest path first

18. Untuk berkomunikasi dengan router lainnya biasanya routing dinamis menggunakan broadcast dan...
A. RIP  
B. IGRP  
C. OSPF
D. EIGRP
E.. Multicast

19. Apakah perbedaan RIP dengan IGRP berdasarkan update routing dilakukan secara broadcast setiap
A. RIP 20 detik IGRP 90 detik 
B. RIP 25 detik IGRP 90 detik
C. RIP 30 detik IGRP 90 detik
D. RIP 35 detik IGRP 90 detik
E. RIP 40 detik IGRP 90 detik

20. Pada pemilihan protokol routing yang tidak tepat pada jaringan yang digunakan berakibat pada kinerja jaringan yang...
A. Kurang luas
B. Kurang besar
C. Kurang mewah
D. Kurang bonafit
E. Kurang efektifdan efisien

21. Script yang digunakan untuk melihat metric dari network tujuan dari sebuah router yang menjalankan RIP adalah...
A. Routing send
B. Routing rip route print
C. Routing receive route
D. Routing rip interfaces
E. Routing rip networking

22. Pada saat semua router dalam jaringan pengetahuannya sudah sama semua berarti dapat dikatakan internetwork dalam keadaan ...
A. Urgent
B. Converter
C. Converget
D. Conservator
E. Conservative

23. Meminta izin untuk membawa data, tetapi beberapa bagian IP address adalah milik orang lain, akibatnya proses advertise malah menyulitkan. Routing tersebut mempublikasikan rute yang tidak diketahui bagaimana cara mencapainya hal ini disebut juga dengan...
A. Next hop
B. Holinger
C. Hooligans
D. Black holing
E. Holinger sequential

24. Algoritma ini memperbaiki informasi database dari informasi topologi, selain itu memperbaiki pengetahuan dari jarak router dan bagaimana mereka interkoneksi. Disebut dengan algotirma...
A. Apriori
B. Link-state
C. Bellman-ford
D. Ford-fulkerson
E. Distance vector

25. Peta jaringan disimpan router sebagai hasil dari pertukaran info link-state antara router-router bertetangga di jaringan tersebut, _peta tersebut dalam bentuk...
A. Script
B. Descripsi
C. Database
D. Algoritma
E. Speudocode

26. Trap-tiap Autonomous System mempunyai seting dan aturan sendiri-sendiri dan nomor AS yang akan membedakannya dari AS yang lain, dengan sistem...
A. Konfigurasi ulang tiap bulan
B. Jaringan berkumpul menjadi satu
C. Membroadcast informasi dan spam
D. Membagi internetwork global menjadi kecil-kecil
E. Membuat topologi yang paling murah biaya operasionalnya

27. Pada protokol routing RIP terdapat istilah VTSM, kepanjangan dari VLSM adalah...
A. Variasi Long Subnet Mask
B. Variasi Long Subcribe Mask
C. Variable Length Subnet Mask
D. Variable Length Subcribe Mask
E. Variable Length Subnet Masquerade

28. Discontigow Network adalah sekumpulan jaringan yang dipisahkan oleh sebuah jaringan yang berbeda alamat jaringan utama yang disebut juga dengan...
A. Major network address
B. Minor network address
C. Minority network address
D. Masquerade network address
E. Manipulation network address

29. Bila protokol routing EIGRP menggunakan protokol routing interior maka protokol routing menggunakan protokol routing...
A. Interior
B. Eksterior
C. Interior eiger
D. Eksterior eiger
E. Minority eiger

30. Protocol RIP versi I dikatakan jenis protokol routing yang bersifat classfull, mengapa demikian ?
A. Ping digunakan untuk testing koneksi jaringan
B. Mengetahui jalur paket data yang dikirimkan ke host tujuan
C. Bisa menunjukkan suatu kesalahan yang terjadi di dalam jaringan
D. Hanya dapat bekerja pada jaringan dengan pengalamatan default subnet
E. Perintah untuk mengetahui koneksi jaringan seperti PING dan perintah untuk mengetahui jalur paket data seperti tracert

31. Mengatasi routing loop dengan metode mengubah network yang putus menjadi penambahan satu dari maksimum loop, adalah metode yang bernarna
A. Triggered
B. Split horizon
C. Masimum hop
D. Holdown timers
E. Router poisoning

32. Mengapa RIP merupakan salah satu protokol routing distance vector yang digunakan oleh ribuan jaringan di dunia ?
A. menggunakan bandwidth dan delay sebagai metric.
B. karena RIP tidak memerlukan konsumsi daya yang tingi
C. Secara otomatis dapat menangani topologi yang skala kecil
D. Update routing dilakukan secara manual setiap seminggu sekali
E. karena RIP berdasarkan open standard dan mudah diimplementasikan

33. Pesan kesalahan yang bisa menunjukkan suatu kesalahan yang terjadi di dalam jaringan atau jalur mana yang ditempuh oleh suatu paket data. Pesan kesalahan tersebut biasanya di sebut...
A. Error code
B. ICMP Error failed
C. ICMP Error Message
D. Error message html
E. Error message bootstrap

34. Secara default, IGRP menggunakan bandwidth dan delay sebagai
A. Load
B. Delay
C. Metric
D. Bandwidth
E. reliability

35. Satuan kecepatan yang terbaca pada perintah ping maupun traceroute di ukur menggunakan
A. second
B. picosecond
C. miliseconds
D. nanosecond 
E. mictuseeond

36. Routing protocol betbeda dengan touted ptotocol. Routing protocol mengijinkan untuk sharing infotmasi tentang ixringan dan koneksi antar router.
A. Sedangkan router  infotmasi ini untuk
B. mengkonfigurasi by membuat algoritma
C. membuat percabangan 
D. membangun dan memperbaiki table routing
E. mengirim pesan saat terjadi kesalahan pada konfigurasi

37. Variable yang diberikan kepada route (jalur) sebagai cara untuk meranking jalurjalur tersebut dari yang terbaik sampai yang terburuk disebut densan
A. Delay
B. Metrics
C. Reliability
D. Hop count
E. Traceroute

38. Disebut apakah ukuran waktu yang harus diambil ketika paket menempuh sebuah jalur ?
A. Load
B. Cost
C. Delay
D. Matric
E. reliability

39. Manakah contoh reliability yang berupa variable yang paling benar berikut ini ?
A. Delay antrian paling panjang
B. jumlah error yang terjadi dalam periode waktu tertentu
C. menginformasikan pada router-router lain tentang netv,rork
D. memilih cost terpanjang dalam sebuah jalur berdasarkan hop count
E. Router C menentukan bahwa jalur terbaik menuju network yang sama

40. Protokol routing dinamik tidak hanya melakukan tugas penentuan jalur dan pengisian tabel routing saja, tetapi juga menentukan jalur terbaik ke network tujuan dari beberapa jalur jika jalur yang terbaik sebelumnya mengalami kegagalan (down). Penentuan jalur disebut juga dengan...
A. Cost
B. Metric
C. Reliability
D. Delay routing
E. Path-determination

F. SOAL VARIASI

1. Routing distance vektor bertujuan untuk menentukan arah atau vektor dan jarak ke link-link lain di suatu internetwork.
2. Algoritma link-state memperbaiki informasi database dari informasi topologi, dan dikenal dengan algoritma Bellman-ford.
3. Router-router yang menggunakan protokol link-state membutuhkan memori lebih dan proses data yang lebih daripada router-router yang menggunakan protokol distance vector
4. Tugas global meliputi pemilihan protokol routing seperti RIP, IGRP, EIGRP atau OSPF. Sedangkan tugas konfigurasi routing untuk menunjukkan jumlah switch yang dibutuhkan.
5. Protokol routing BGP menggunakan protokol routing eksterior dengan algoritma distance vector
6. Persamaan protokol RIP dan OSPF adalah sama-sama menggunakan protokol routing interior dengan algoritma distance vector
7. Ketika terdapat lebih dari satu route (jalur) yang menuju network yang sama, router harus mempunyai sebuah mekanisme untuk menghitung dan menentukan manakah jalur terbaik diantaranya
8. Routing yang mempublikasikan rute yang tidak diketahui bagaimana cara mencapainya hal ini disebut juga dengan black holing.
9. RIP berfungsi untuk menghitung routing terbaik berdasarkan perhitungan traceroute.
10.Protokol RIPv1 merupakan jenis protokol routing yang bersifat classfull


A. SOAL PAS SEMESTER 1

Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D, atau E yang benar pada soal pilihan ganda berikut

1. Sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan dengan perangkat lunak sehingga dapat berkomunikasi.. Perangkat ini memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan yang kecil berada dalam jaringan switched yang sama agar bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama. Sekelompok perangkat tersebut disebut dengan
A. VLAN
B. Server
C. wireless
D. Peer to Peer
E. Client-Server

2. Dalam settingan VLAN diperlukan setting konfigurasi trunking. Apakah fungsi dari trunking ?
A. Keamanan menjadi baik
B. Pcnindasantcrhadap pctangkat yang tcrhubung
C. Menjcmbatani dua switch yang terkonfigutasi vlan
D. Pcnyclcksiantcrhadap peringkat yang tcrhubung
E. Perdamaian antat dataterhadap perangkat yang terhubung

3. VLAN yang dikhususkan untuk komunikasi suara dan akan memberikan prioritas litama dibandingkan datanya adalah jenis VLAN
A. VLAN default 
B. Data VIAN
C. VLAN VOIP 
D. VLAN native
E. VLAN management

4. VLAN menjaga keamanan jaringan dengan tidak menyediakan pembagian/ penggunaan media/data dalam suatu jaringan secara keseluruhan, perangkat pada jaringan menciptakan batas-batas yang hanya dapat digunakan oleh computer yang dalam VLAN saja, perangkat tersebut dinamakan
A. Trigger 
B. Switch
C. Modem
D. Trunking 
E. Tangging

5. Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang di gunakan oleh VLAN tersebut, namun kelemahannya adalah user tidak bisa untuk berpindah pindah, mengapa demikian?
A. Karena apabila user berpindah pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi
B. Karena subnet IP address pada suatu jaringan juga dapat digunakan untuk mengklasifikasi
C. Karcna apabila betoindall maka Network adnninistcator harus mcnglconfìgurasilcan ulang,
D. Karena merupakan hasil konfigurasi switch menyebabkan setiap port switch diterapkan menjadi milik suatu VL AN
E. Karena apabila user berpindah pindah maka dia akan tetap tidak terkoneksi

6. Bagaimana dengan server dan workstation yang metieutunxkan VLAN dcngan jutnlall banyalc clan berada di lantai dan gedung yang berlainan, sena dengan personel yang juga tersebat di berbagai tempat ?
A. Sangat sulit untuk dapat mengatasi masalah ini
B. Komputer satu dengan lain yang bekerka dilapisan physical memiliki kclcmahan
C. Tidak cerlalu sulit untttlc memindahkan pralatan yang ada serta Iconfigurasinya
D. Administrator jaringan hanya perlu menkofigurasikannya xxja dxlanr satu port yang tergabung dalam satu VLAN.
E. Administrator jaringan yang mengaturnyab akan kesulican, dikarenxkxn alan banyalc selcali diperlukan peralatan untuk menghubungkannya

7. Suatu cara dimana peralatan memeriksa jatingan terlebih dahulu apakah ada pengiriman data oleh pilvak Iain, Jika tidxk ada pengiriman data oleh pihak Iain yang dideteksi, battl pengitiman data dilakukanMetode terscbut adalah...
A.VLAN default
B. VLAN VOIP 
C. VLAN native
D. VLAN management
E. Carrier Sense Multiple Accsess Collision Detection

8. Switch(config)#interface range fa0/9 - fa0/12, script disamping mengandung arti...
A. membuat vlan 9
B. membuat vlan 12
C. masuk ke mode vlan
D. masuk ke mode priviledge dengan port 9 dan port 12
E. masuk ke dalam interface dengan range dariport 9 bingd 12

9. Dalam istilah komunikasi, trunk adalah konsep dimana sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak client dengan berbagi satu set garis atau frekuensi, tidak memberikan secara individu, pengertian dari...
A. LAN
B. WAN
C. Cisco
D. routing
E. trunking

10. Suatu instansi menggunakan jaringan VLAN apakah kelebihannya...
A. fight
B. failed
C. routing
D. fleksibel
E. faximile

11. VLAN Cross Connect (CC) adalah mekanisme yang digunakan untuk membuat...
A. Triger
B. VLAN tagging 
C. VLAN trunking 
D. VLAN Switched 
E. Inter VLAN routing

12. Untuk melakukan uji hasil konfigurasi administrator bisa dengan langkah
A. Ping
B. Sharing
C. Sending
D. Copy paste 
E. interfaces

13. Jenis VIAN yang sudall ada sejak pertama kali switch dihidupkan, sebelum di konfigurasi semua port yang ada pada switch akxn terg-abung ke dalam default VTAN dan dapat terhubung pada masing - masing port. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari...
A. Data VIAN
B. Voice VLAN
C. NatiNœVLAN
D. Default VIAN
E. Management VLAN

14. Metode Iain untuk menyediakan konektivitas antara VIAN yang berbeda membutuhkan fitur yang disebut...
A. Default VLAN
B. Subinterfaces
C. Switching
D. VLAN voip 
E. VLAN management 

15. Manfaa( inscansi kecil VLAN yaitu 
A. Router melakukan routing table lookup
B. Troubleshooting sangatlah penting dalam dunia IT
C. Dua VLAN yang berbeda segmen jaringan memerlukan thatering data 
D. Inter-VLAN perlu membuac topologi jaringan terlebih dahulu.
E. Memudahkan mengelompokkan user berdasarkan departemen, atau mengelompokkan suac•u group pekerja kolaborasi, ketimbang berdasarkan 1okasi, 

16. Deskripsikan manfaat VLAN dari Sisi performa !
A. Dibuat untuk menghubungkan switch 
B. Internal adapter memilki broadcast domain yang terpisah
C. Dengan berpindahnya lokasi maka butuh dana untuk membutuhkan biaya instalasi ulang
D. VLAN mampu mengurangi jumlah data yang dikirim ke tujuan yang tidak diperlukan
E. Setiap kali komputer berpindah tempat maka komputer tersebut harus dikonfigurasi ulang

17. Merupakan tipe link yang umum dan miliki hampir semua jenis VLAN dan difungsikan untuk digunakan untuk menghuburpkan komputer dengan switch. adalah link jenis
A. Lynxsys
B. Inter link
C. Trunk link
D. Hibrid link
E. Access link *

18. Apakah petbeda•an statie router dengan dinamic router ?
A. Static router menentukan rute sedangkan dinamic router alamat IP
B. Pada static router lebih susah dalam subnettingnya dibanding dinamic router
C. Static router mengalokasikan IP address dengan mudah dibanding dinamic router
D. Bila paada static router mereset router .ke mode default, maka dinamic router ke mode pabrik
E. Static router konfigurasi dilakukan secara manual, sedangkan pada dinamic router secara otomatis

19. Sebuah lampu menyala jika sebuah port sedang terhubung dengan perangkat lain dengan catatan antara router dan perangkat lain keduannya sedang aktif ini berfungsi untuk mengetahui port (ethernet) mana yang sedang digunakan Lampu tersebut adalah
A. Lampu I FD
B. Lampu flip flop
C. Lampu Halogen.
D. Lampu Mercury.
E. Lampu indikator NIC

20. Pada routing dinamis mengapa beban kerja router lebih berat ?
A. Karena kecepatan pengenalan network terbilang lama
B. Karenaa harus menentukan jalur terbaik bila terjadi down
C. Karena selalu memperbarui ip table pada tiap waktu tertentu
D. Karena akan memilih jalur lain yang ada bila suatu jalur rusak.
E. Memancarkan atau membagi IP Addxss dan men-sharing IPAddrss

21. Setiap kali sebuah paket melalui sebuah router untuk sampai kc network tujuan dianggap sebagai satu hops Sedangkan jarak yang mesti ditempuh ole}) paket untuk sampai ke tujuan disebut dengan...
A. Delay
B. Jumlah hop
C. Interior Gateway
D. Besarnya bandwidth
E. Autonomous system

22. Router statisadalah router yamg mampu untuk melakukan proses routing suatu jaringan, dalam prosesnya dilakukan secara manual. P roses routing disebut juga dengan
A. Pemisahan
B. Penerjunan
C. Penghalaan
D. Pembatasan
E. Penambatan

23. Suatu angka yang digunakan sebagai indikasi penggunaan route sehingga menjadi route yang terbaik di antara banyak route dengan tujuan yang sama bisa dipilih adalah pengertian dari...
A. Interface
B. Next-Hop
C. Metric
D. Router  
E. static route

24. Berikut ini yang termasuk contoh dari dynamic routing protocol dibawah ini ?
A. RIP
B. IGRP 
C. EIGRP
D. Router
E. Network discovery

25. Mekanisme routing dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C. dapat juga digunakan untuk mempermudah penulisan notasi subnetmask agar lebih ringkas dibandingkan penulisan notasi subnetmask yang sesungguhnya. Metode tersebut adalah...
A. CIDR
B. VLSM
C. Metric
D. Dinamic
E. Routing tabel

26. Router yang bertugas akan merekomendasikan jalur mana yang digunakan untuk melewatkan paket berdasarkan informasi yang diperoleh dari...
A. Static
B. Metric
C. Briding
D. Dinamic
E. Tabel routing

27. Untuk mengetahui rute yang dilalui dalam meneruskan paket data dari satu host ke host lain, administrator perlu mengetikkan...
A. Perintah copy
B. Perintah paste 
C. perintah tracert
D. perintah fordward
E. perintah menampilkan

28. Bila dalam routing statik microsoft mendukung multihomed system seperti router, maka pada routing dinamik mikrosoft mendukung RIP untuk...
A. Interface
B. Gateway
C. Konfigurasi
D. IP dan IPX/SPX
E. Security jaringan

29. Suatu nilai yang digunakan sebagai indikasi penggunaan route sehingga menjadi route yang terbaik diantara route yang lain disebut dengan...
A. Hub
B. Switch
C. Metric
D. Interface
E. Gateway

30. Suatu perangkat yang dapat untuk menghubungkan dua jaringan LAN yang berbeda misalnya ethernet dengan fastethernet adalah...
A. Bridge
B. Subnet
C. card
D. Port LAN
E. Kabel data

31. Pada routing statis konfigurasi yang dilakukan secara manual oleh administrator jaringan memiliki resiko
A. setting gateway
B. mengalami overhead CPU
C. tidak bisa mencari alternatif jalur baru
D. tingkat kesalahan penulisan konfigurasi lebih tinggi
E. menyediakan jalan keluar dan masuk pada suatu jaringan.

32. Bila digunakan untuk menghubungkan jaringan internal dan jaringan luar (internet) maka gateway juga berfungsi sebagai
A. bridge
B. Firewall
C. Interface
D. Untuk meremote server
E. proxy server dan firewall

33. Cara yang digunakan untuk mengkonfigurasi routing statis pada router, yaitu
A. Putty
B. GUI
C. Telnet
D. Metric
E. Winbox

34. Untuk mempermudah administrator mengenali nama dari masing-masing router maka perlu s..
A. Mensetting nat
B. Mengkonfigurasi interfae
C. Mengganti nama identitas
D. Menghubungkan interface
E. Mengkonfigurasi proxy server

35. Pada routing statis perintah untuk mengganti identitas router agar mudah dikenalai dengan perintah
A. ip route print
B. ip address print
C. system identity set name=R1
D. ip address add address= 172.16.1.1/16 interface=etherl
E. ip route add dst-address= 192.168.1.0/24 gateway= 172.16.1.2

36. Sekumpulan network atau subnetwork yang berada dalam wilayah administrative domain yang sama. Maksud dari administrative domain bahwa semua network yang berada dalam suatu wilayah tertentu harus tunduk pada sebuah aturan yang berlaku pada wilayah tersebut atau berada dalam wilayah administrasi yang sama. Deskripsi tersebut merupakan pengelompokan routing protokol berdasarkan...
A. Jumlah hop
B. Distance vector
C. Ukuran bandwidth
D. Autonomous system (AS)
E. Delay waktu pengiriman dan penerimaan

37. Setiap router menerima table routing dari router tetangga yang terhubung secara langsung, proses routing tersebut disebut dengan routing
A. Link State
B. Bellman-Ford
C. Hybrid Protocol
D. Open Shortest Path First
E. Routing Information Protocol

38. Proses memindahkan paket data dari suatu jaringan (network) ke jaringan yang lain dengan cara
A. Delivery
B. Go send 
C. Forward
D. Shanding
C. Copy paste

39. Parameter pilihan yang menyebutkan alamat jaringan tujuan yang akan disebutkan pada entri tabel routing disebut...
A. mask
B. change
C. gateway
D. destination
E. network mask

40. Kelebihannya menggunakan VLAN berdasarkan MAC address yaitu...
A. Mengurangi jumlah data yang dikirim
B. Hanya dapat memilki I broadcast domain
C. Masih bisa terhubung dengan network yang berbeda
D. Pada dasarnya ia tetap berada pada jaringan yang sama
E. Meskipun user berpindah namun akan tetap terkonfigurasi


B. SOAL SEMESTER 2


Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D, atau E yang benar pada soal pilihan ganda berikut

1. Yang merupakan bagian dari fisik router mikrotik adalah
A. Undo
B. Redo
C. Metrik
D. Interface
E. Reset button

2. Merupakan tipe link yang umum dan miliki hampir semuajenis switch VLAN dan difungsikan untuk digunakan untuk menghubungkan komputer dengan switch. adalah link jenis ...
A. Lynxsys
B. Inter link
C. Trunk link
D. Hibrid link
E. Access link

3. VLAN menjaga keamanan jaringan dengan tidak menyediakan pembagian/ penggunaan media/data dalam suatu jaringan secara keseluruhan, perangkat pada jaringan menciptakan batas-batas yang hanya dapat digunakan oleh computer yang dalam VLAN saja, perangkat tersebut dinamakan...
A. Trigger
B. Switch
C. Modem
D. Trunking
E. Tangging

4. Perintah pada command prompt untuk melihat indikasi pada konfigurasi IP yang terpasang pada komputer dengan sistem operasi windows dengan menggunakan perintah...
A. isconfig
B. ipconfig
C. configt
D. ifconfig 
E. cpconfigs

5. Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jurnlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm, merupakan keuntungan menggunakan VLAN dari segi...
A. security
B. cost reduction
C. higher performance
D. broadcast storm mitigation 
E. simpler project or application management

6. Tujuan utama dari Routing antar Virtual LAN OLAN) adalah meneruskan traffc dari antar \'LAN maksudnya adalah...
A. Masih bisa terhubung dengan network yang berbeda
B. Pada dasarnya ia tetap berada pada jaringan yang sama
C. Meskipun user berpindah namun akan tetap terkonfigurasi
D. Menghubungkan dua buah VLAN yang berbeda no ID-nya.
E. Router dengan interface yang berbeda untuk setiap NLAN.

7. Tujuan dan sumber alamat MAC, panjang frame, muatan data adalah merupakan
A. port
B. ethernet
C. tag frame
D. field frame
E. acces port

8. Cara untuk menghubungkan dua buah VLAN yang berbeda dengan menggunakan
A. Wifi
B. Hotspot
C. LAND card
D. LAN
E. Router dengan Trunk link

9. Metode untuk mengatasi routing loop dengan cara apabila terdapat perubahan,maka tidak langsung update table tetapi akan melihat situasi dengan menahan terlebih dahulu. Metode ini disebut...
A. Split horizon
B. Maksimum hop
C. Holdwon timers
D. Trigged update
E. Route poisoning

10. Pada proses routing yang berfungsi untuk mengukur kemungkinan link dalam satu hal akan mengalami kegagalan dan dapat berupa variable atau nilai yang sudah ditetapkan, termasuk metrik jenis
A. Load
B. Delay
C. Reliability
D. Bandwidth
E. Hop count 

11. Perhatikan script berilcut ini,  range fa0/9 fa0/12, script disamping mengandung arti
A. membuat vlan 9
B. membuat vlan 12
C. masuk ke mode vlan
D. masuk ke mode priviledge dengan port 9 dan port 12
E. masuk ke dalam interface dengan range dari port 9 hingga 12

12. Perbedaan antara routing statik dengan routing dinamik berdasarkan fungsi pada protokolnya adalah
A. Pada routing statis berfungsi pada metrilc, pada routing dinamik berfungsi pada interface
B. Pada routing statis berfungsi pada delay, pada routing dinamik berfungsi pada reliability
C. Pada routing statis berfungsi pada switch, pada routing dinamik berfungsi pada routerband
D. Pada routing statis berfungsi pada bridge, pada routing dinamik berfungsi pada inter-routing protocol
E. Pada routing statis berfungsi pada protocol Il), pada routing dinamik berfungsi pada inter-routing protocol

13. Apabila Internet Service Provider menggunakan BGP untuk bertukar rute dalam suatu AS, maka protokol disebut dengan
A. RIP
B. OSPE
C. Triggcd
D. Intetior BGP
E. External IIGP

14. Apalçah kcu-ntungan apabila suatil instansi konfigurasi jaringannya menggunakan WAN yaitu...
A. Router ,melakukan routing table lookup
B. Troubleshooting sangatlah penting dalam dunia IT
C. Dua VLAN yang berbeda segmen jaringan memerlukan thatering data
D. Inter-VLAN perlu membuat topologi jaringan terlebih dahulu.
E. Memudahkan mengelompokkan user berdasarkan departemen, atau mengelompokkan suatu group pekerja kolaborasi, ketimbang berdasarkan lokasi.

15. Metode Iain untuk menyediakan konektivitas antara VL,AN yang berbeda membutuhkan fitur yang disebut...
A. Default VLAN
B. Subinterfaces
C. Swi tching
D. VLAN voip
E. VLAN management

16. Dalam percobaan troubleshooting inter-VLAN perlu membuat
A. Anggaran terlebih dahulu
B. Laporan terlebih dahulu
C. Daftar belanja hardware dahulu
D. Topologi jaringan terlebih dahulu
E. Menentukan keamanan terlebih dahulu

17. Troubleshooting sangatlah penting dalam dunia IT agar device yang error bisa langsung di perbaiki tanpa
A. Beban kerja server 
B. Virus menyerang database
C. memakan waktu yang lama
D. Meninggalkan bekas kerusakan
E. Membuat pusing administrator

18. Tujuan dan sumber alamat MAC, panjang frame, muatan data adalah merupakan
A. port 
B. ethernet
C. tag frame
D. field frame
E. acces port

19. Kemampuan routing protokol untuk membagi informasi tentang jaringan dengan router lainnnya dengan menggunakan routing protokol yang sama Deskripsi disamping merupakan pengertian dari
A. NIC
B. OSI
C. EIGRP
D. Komputer
E. Network Discovery

20. Suatu angka yang digunakan sebagai indikasi penggunaan route sehingga menjadi route yang terbaik di antara banyak route dengan tujuan yang sama bisa dipilihadalah pengertian dari...
A. Interface
B. Next-Hop
C. Metric
D. Router 
C. static route

21. Meleanisme touting dengati membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas clan clapat juga cligunalcan untuk mempermudab penulisan notasi subnetmask agar lebih ringkas dibandingkan penulisan not-asi subnetmask yang sesongguhnya, Melode tersebut adalah
A. CIDR
B. VLSM
C. Metric
D. Dinamic
C. Routing tabel

22. Setelah mengkonfigurasi IP address pada dua interface etherl dan ether2, maka konfigurasi routing yang perlu dimasukkan adalah
A. Konfigurasi DNS
B. Konfigurasi DHCP
C. Konfigurasi proxi .
D. Default gateway
E. Konfigurasi NAT

23. Ketika user mengetik www.psmk.kemdikbud.go.id maka akan menerjemahkan ke alamat IP dan menghubungkan ke www.psmk.kemdikbud.go.id akhirnya tampil www.psmk.kemdikbud.go.id pada layar pencariany siapakah yang bertugas menerjemahkan tersebut?
A. DNS
B. DHCP
C. Proxy 
D. Web server 
E. Mail server

24. Bagaimanakah script paling tepat untuk mengecek hasil konfigurasi serra koneksi jarinoran?
A. Ping nat
B. Ping interfaces
C. Ping 192.168.100.28
D. Ping 255255.255.0
E. Ping add address

25. Protokol TCP bersifat connection oriented, yang berarti bahwa . . ,
A. Memerlukan adanya proses pembuatan koneksi jaringan terlebih dahulu
B. Handal dalam jaringan
C. Tanpa perlu persiapan koneksi terlebih dahulu
D. Tidak handal
E. Tidak peduli

26. Protokol ini digunakan pada jaringan yang mengalokasikan IP address secara dinamis dengan bantuan suatu komputer server yang menyediakan layanan pengalamatan IP secara otomatis pada komputer yang terhubung pada jaringan (DHCP server). Jenis protokol apakah itu ?
A. RIP
B. OSPF
C. RARP
D. Interior BGP
E. External BGP

27. Sifat protokol IP yang tidak mcJakulcan detcksi kesalahan (error detection) dan error recovery cliscbuc dengan...
A. Reliable
B. Unreliable
C. Connectionless oriented
D. Connection oriented
E. Detection oriented

28. Salah satu fungsi protokol IP yaicu melakukan pemecahan paket data dan menyusun ulang paket data, pemecahan palcet data disebut juga dengan...
A. Layer
B. Solving
C. Routing
D. Fragmentasi
E. Break down

29. Berbagai jenis jaringan, topologi dan teknologi perangkat yang berbeda bisa  saling berkomunikasi dengan menggunalcan protokol standar...
A. ISP
B. RIP
C. ARP
D. OSPF
E. TCP/IP

30. Komputer atau jaringan yang dituju tidak dapat dijangkau atau cidak tercapai dalam ICMP error message disebut dengan
A. Solving
B. Break down
C. Redirect message
D. Time exceeded message
E. Destination unreachable

31. Seorang administrator dapat mempertimbangkan salah satu keuntunganjaringan yang dihandlenya menggunakan routing dinamis, yaitu....
A. Mengirimkan tabel routingnya secara manual
B. Tidak membutuhkan sumber daya (CPU dan RAM) router serta bandwith yang besar
C. Pertukaran informasi secara detail dilakukan pada semua area meskipun berbeda-beda jaringannya
D. Masing-masinc router akan mencari jalan terlama atau terpanjang untuk mencapai network tujuan meskipun harus berputar terlebih dahulu
E. Jaringan tidak perlu selalu memperbarui informasi routing, karena secara periodik gateway akan memperbarui informasi routing

32. BGP "hold down" timer yang dikirim tiap 60 detik sekali biasanya disebut dengan
A. Notification
B. Internal BGP
C. Eksternal BGP
D. keepalive message
E. Vector routing protocol

33. Konsep apa yang digunakan EIGRP yang berfungsi untuk menggambarkan kumpulan dari Router yang Contiguous yang menjalankan Routing Protocol yang sama dan berbagi Informasi Routing ?
A. Hop count
B. Redistribution
C. Compatible mode
D. Metric calculation
E. Autonomous System

34. Script perintah berikut yang berfungsi untuk melihat tabel routing pada Windows adalah....
A. route -n
B. route -a
C. route -D
D. route PRINT
E. route static

35. RIP betfungsi untuk menghitung routing terbaik bérdasarkan perhitungan HOI) namun kekutangan meti&xunakan metode routing RIP pada jaringan komputet yaitu
A. Mengatur routing tidak rumit
B. Jumlah host RIP tidak tecbatas
C. RIP tidak memiliki informasi tent-ang subnet setiap route
D. Tidak mendisctibusikan secata otomatis namun dengan manual
E. Memiliki timers kapan router memberi info routing bagi client

36. Protokol jenis apakxh yang hop count maksimalnya 224 ?
A. RIP
B. ISP
C. EIGRP 
D. OSPF
E. AIGRP

37. Mensarasi routing loop dengan metode mengubah network yang putus menjadi penambahan satu dari maksimum loop, adalah metode yang bernama
A. Triggered
B. Split horizon
C. Masimum hop
D. Holdown timers
E. Router poisoning

38. Pada algoritma routing bertujuan untuk menentukan arah atau vector dan jarak ke link-link lain dalam suatu interneßvork, algoritma tersebut termasuk kategori
A. Path
B. Link stae
C. RIP
D. Distance vector
E. Administrative distance

39. Protocol RIP versi 1 mengapa dikatakan jenis protokol routing yang bersifat
A. Ping digunakan untuk testing koneksi jaringan
B. Mengetahui jalur paket data yang dikirimkan ke host tujuan
C. Bisa menunjukkan suatu kesalahan yang terjadi di dalam jaringan
D. Hanya dapat bekerja pada jaringan dengan pengalamatan default subnet mask
E. Perintah untuk mengetahui koneksi jaringan seperti PING dan perintah untuk mengetahui jalur paket data seperti tracert

40. Sekumpulan jaringan yang dipisahkan oleh sebuah jaringan yang berbeda alamat jaringan utama (major network address), disebut dengan
A. Inter link
B. Trunk link
C. Hibrid link
D. Access link
E. Discontigous Network

0 komentar: