phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

ASJ - Dedicated Hosting Server (BAB 4)(Kelas XII)

 

BAB 4
Dedicated Hosting Server 

A. KOMPETENSI DASAR 

3.13 Mengevaluasi dedicated hosting Server
4.13 Mengkonfigurasi Dedicated Hosting Server

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Dedicated Hosting Server

Dedicated Server adalah suatu infrastruktur yang digunakan dalam layanan yang membutuhkan akses yang sangat besar dan cepat. Berbeda dengan Hosting dan Virtual Private Server, Dedicated Server merupakan perangkat yang berdiri sendiri secara fisik, sehingga pengguna dapat mengontrol server sepenuhnya sebagai server user. Dedicated Server juga merupakan salah satu layanan yang dapat diakses secara keseluruhan, hanya saja ditempatkan pada lokasi yang disesuaikan.



Dengan menggunakan dedicated server, maka pengguna dapat memiliki kontrol penuh atas server. Dedicated Server dapat menjalankan aplikasi yang berat dengan beban kerja yang tinggi. Hal ini tidak bisa dilakukan atau dioperasikan oleh Virtual Private Server maupun Shared Hosting. Dedicated Server, secara harafiah adalah server fisik yang didedikasikan sepenuhnya untuk satu pengguna. Tidak ada situs atau aplikasi milik pengguna lain yang bisa dihosting di satu server yang sama. Hal ini berarti bahwa pengguna akan mendapatkan hak eksklusif dari semua sumber daya utama server, yaitu CPU, RAM dan HDD. Pengguna dapat memasang pilihan sistem operasi mereka (misalnya Linux, Windows) dan Distro pilihan mereka (misalnya Ubuntu, CentOS). Berikut adalah beberapa keuntungan dalam menggunakan dedicated servers:

• Kehandalan tinggi
• Tingkat kinerja tinggi
• Tingkat keamanan tinggi 
• Reputasi IP yang lebih baik karena pengguna tidak berbagi dengan website lain (biasanya jika menggunakan shared hosting, ada server yang melakukan spamming maka satu alamat IP akan diblokir). 
• Tidak berbagi server dengan website lain, artinya tidak ada website lain yang dapat mengganggu kinerja website Anda 

Sisi negatif dari penggunaan dedicated server adalah penggunaan biaya yang lebih mahal. Selain itu jika ada update dengan sumber daya tambahan yang lebih besar (misalnya CPU, RAM, HDD), maka dedicated server akan memerlukan karena server akan dimatikan terlebih dahulu untuk melakukan penambahan hardware. Sisi negatif lainnya adalah jika pada dedicated server ada dua komponen mekanis yang bisa menyebabkan downtime, yaitu Power Supply Unit (PSU) dan HDD (kecuali Solid State Drives (SSD) dimana kedua komponen tersebut merupakan adalah komponen elektronik tingkat kegagalan disaat penggunaan server.

2. Prinsip dan cara kerja dedicated hosting Server

Secara sederhana, tugas dedicated server adalah untuk menerima permintaan dari pengguna dan mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh pengguna tersebut. Perangkat lunak yang terdapat pada dedicated server dapat berupa berbagai macam aplikasi, tergantung layanan yang diberikan. Di dalam dedicated server data-data website dapat tersimpan dengan rapih. Dedicated server harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat diakses oleh pengguna. Pada saat pengguna (client) meminta layanan kepada server (misalkan layanan web, ftp, atau database), maka instruksi permintaan data oleh dedicated server tersebut akan dikemas di dalam protokol request yang sesuai pada layanannya. Kemudian dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protokol reply.

Biasanya dedicated server digunakan untuk melayani cloud computing. Cloud computing merupakan teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan cloud computing (komputasi awan) saat ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia. Di antaranya adalah Google (google drive) dan IBM (blue cord initiative). Sedangkan di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah menerapkan komputasi awan adalah Telkom.


Ada 3 (tiga) model pengiriman (delivery) dalam komputasi awan: (1) Software as a Service (SaaS), (2) Platform as a Service (PaaS), dan (3) Infrastructure as a Service (IaaS). Penjelasan untuk ketiga macam model tersebut berada pada uraian dibawah. Dengan adanya komputasi awan, jumlah komputer beserta sejumlah perangkat infrastruktur yang melekat dapat dihilangkan/dikurangi secara signifikan. Pergeseran tren perusahaan dalam membeli serta memelihara server dan aplikasi on-premise yang mahal, bergerak menuju ke bentuk metode penyewaan IT, sesuai dengan kebutuhan.

3. Cloud Computing - laas (Infrastructure as a Service)

Pada laas, penyedia layanan akan memberikan sumber daya infrastruktur komputasi (cloud computing) yang lengkap, mulai dari server, jaringan, storage, hingga ruang data center. Secara sederhana dapat disimpulkan ketika menggunakan IaaS, pelanggan sebenarnya sedang menyewa komputer virtual yang masih kosong. Setelah disewa, pelanggan dapat menambahkan komponen komputasi seperti CPU, RAM, Storage, Public IP, dan lain sebagainya untuk membangun komputer virtual yang sesuai dengan kebutuhan.
Dengan menggunakan layanan IaaS, pelanggan tak perlu membeli perangkat komputer fisik dan juga memikirkan pengelolaannya. Selain itu, dengan menggunakan laaS maka memungkinkan pelanggan untuk melakukan konfiguin komputer virtual tersebut secara mudah, cepat dan praktis. Misalnya, jika kompone virtual menampung data lebih dari kapasitas yang tersedia, maka pelanggan bisa menambahkan RAM atau storage dengan cepat.

4. Cloud Computing - PaaS (Platform as a Service)

Layanan cloud jenis ini hadir dalam bentuk platform yang dapat pelanggan gunakan untuk membuat aplikasi. Jika dianalogikan, PaaS memungkinkan pelanggan untuk menyewa "rumah” dan berbagai “lingkungan"-nya (network, database engine, sistem operasi, framework aplikasi, dan sebagainya) untuk membantu berjalannya aplikasi yang dibuat oleh pelanggan. Sebagai penyewa, pelanggan tidak perlu memikirkan pemeliharaan rumah tersebut karena penyedia layanan Platform as a Service -lah yang akan melakukannya, sehingga pelanggan dapat fokus mengembangkan aplikasi yang dibuat di “rumah tersebut.

Contoh penyedia PaaS ini adalah IBM Bluemix. Pada layanan tersebut, pelanggan dapat membuat aplikasi sendiri dengan berbagai fitur yang telah tersedia. Idealnya, fitur utama dari PaaS adalah skalabilitas yang tinggi. Jadi, semakin banyak pengguna aplikasi pelanggan, penyedia PaaS akan secara otomatis membantu aplikasi pelanggan untuk dapat melayani jumlah pengguna tersebut.

5. Cloud Computing - SaaS (Software as a Service)

Sesuai namanya, layanan cloud computing jenis ini disediakan dalam bentuk software atau perangkat lunak. Contohnya adalah Google Docs dan Spreadsheet serta Adobe Creative Cloud. Pada praktiknya, Anda hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tanpa perlu mengerti dimana (secara fisik) data disimpan atau bagaimana aplikasi dikelola. Hal-hal tersebut sudah termasuk dalam layanan yang diberikan oleh penyedia Software as a Service.


Melalui SaaS, Anda dapat mengakses software (aplikasi) dengan mudah tanpa perlu menediakan storage perangkat Anda khusus untuk menyimpan aplikasi tersebut. Penyedia layanan juga akan menjamin ketersediaan dan reliabilitas aplikasi miliknya. Dengan begitu, Anda bisa fokus dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut.

6. Konfigurasi dasar dedicated hosting pada Server Debian

Ketika pertama kali membuat dedicated server dengan debian 9, ada beberapa langkah konfigurasi yang segera dilakukan sebagai pengaturan dasar. Konfigurasi ini akan meningkatkan keamanan dan usabilitas dari dedicated server, serta membuat pondasi yang solid bagi server untuk tahap pengembangan selanjutnya. Ad langkah konfigurasi dasar yang segera harus dilakukan pada dedicated server adalah :

i. Masuk sebagai Root dengan remote access.

Untuk masuk kedalam server, sistem administrator wajib tahu IP Publica dedicated server yang disewanya. Selain intu, kresidensial seperti userman dan password juga harus didapatkan ketika menyewa dedicated server Jika di dalam server menggunakan SSH sebagai pengamanan autentikasi private key dari root juga harus diketahui. Untuk dapat login dengan root pada SSH, gunakan perintah berikut ini


jika koneksi baru dilakukan pertama kali, maka akan ada notifikasi apakah private key sudah sesuai dan akan dimasukkan sebagai known host. Seperti pada gambar dibawah ini:


Jika terdapat password sebagai autentikasi, masukkan password root untuk dapat melakukan login. Contoh tampilan saat melakukan login pada server lain:


Root sendiri merupakan user sistem administrator dalam suatu lingkup sistem operasi linux yang mempunyai banyak hak istimewa. Karena banyaknya hak istimewa pada akun root, maka tidak disarankan menggunakan akun tersebut secara frequentif. Hal ini disebabkan karena bagian dari hak istimewa yang melekat pada akun root termasuk pada kemampuan untuk membuat perubahan yang sangat destruktif terhadap sistem. 

ii. Buat user baru dalam sistem 

Hal pertama yang harus dipahami administrator setelah selesai melakukan instalasi sistem operasi adalah manajemen pengguna / user, yaitu menambahkan dan menghapus pengguna. Berikut cara menambahkan pengguna pada debian :

Ketika perintah diatas dilakukan, maka akan ada pertanyaan tambahan yang harus diisi, yaitu password user yang dibuat, nama lengkap, dan lain sebagainya. Jika tidak ingin diisi, bisa diabaikan dengan menekan enter.

iii. Ijinkan user dapat melakukan perintah super user.

Agar user “waluyo" yang baru saja dapat menjalankan perintah sebagai super user, maka user tersebut harus dimasukkan kedalam group yang mempunyai hak akses sudo, karena secara default user yang baru dibuat hanya berada pada groupnya tersendiri. Adapun cara untuk menambahkan user tersebut kedalam group sudo adalah dengan mengetikkan perintah:


Untuk mengecek apakah sudah masuk kedalam group sudo, dengan mengetikkan perintah:
Akan muncul informasi bahwa user tersebut telah masuk kedalam groun. sudo, seperti dibawah ini

Untuk mencoba akun tersebut, gunakan exit untuk kembali ke dialog login, setelah login gunakan akun yang baru untuk melakukan mengecek apakah sudo bisa digunakan. Misalkan untuk membuka konfigurasi networking seperti dibawah ini:
Terdapat notifikasi bahwa jika menggunakan sudo harus memperhatikan 3 aspek seperti diatas. Jika sudo tidak bisa dijalankan karena "command not found”, berarti paket sudo belum ikut terinstall, cara mengatasinya gunakan akun root kemudian install sudo dengan perintah apt-get install sudo. Apabila menginginkan untuk menghapus pengguna / user, dapat menggunakan perintah:



contoh:
Akan tetapi perintah ini tidak serta menghapus direktori atas nama user yang telah dibuat. Jika menginginkan direktori user tersebut juga terhapus, gunakan perintah:

contoh:


Perintah diatas akan menghapus user beserta direktorinya dari sistem 

iv. Melakukan setting dasar pada firewall

Secara default, Debian tidak melakukan pemasangan UFW, sehingga kita harus melakukan instalasi UFW secara terpisah. Untuk melakukan instalasi UFW, gunakan perintah berikut ini:


apt install ufw Langkah pertama untuk mengkonfigurasi firewall dengan UFW adalah melakukan setting default sesuai dengan konfigurasi awal. Adapun perintah untuk memastikan firewall dalam kondisi default adalah sebagai berikut:


Perintah diatas mengatur ke dalam kondisi default, yaitu untuk menolak akses masuk dan mengizinkan koneksi keluar. Untuk melakukan konfigurasi UFW agar mengijikan koneksi SSH, gunakan perintah berikut ini:


untuk penanganan lebih lanjut mengenai firewall dengan UFW, ada pada pembahasan bab selanjutnya.

v. Lengkapi server dengan konfigurasi opsional. 

Setelah dedicated server memiliki konfigurasi dasar yang kuat, hal lain yang dapat dipertimbangkan adalah menambahkan beberapa langkah opsional untuk membuat sistem agar lebih mudah digunakan. Contohnya penambahan Man Pages. Debian mempunyai manual yang sangat lengkap yang dinamakan dengan man pages. Akan tetapi tidak semua sistem akan menginstal man pages saat instalasi. Untuk iitu lebih baik install paket man db agar dapat mengetahui manual dari debian. Untuk melakukan instalasi, gunakan perintah berikut ini:


apabila di dalam sistem sudah terinstall man, maka notifikasinya adalah sebagai berikut:


Untuk menggunakan man, caranya adalah dengan mengetikkan perintah man disusul dengan aplikasi apa yang ditanyakan, misalkan ingin mengetahui aplikasi htop, maka perintahnya menjadi


akan tampil manual dari htop seperti pada gambar dibawah


Selain instalasi manpages, langkah lain yang dapat diterapkan adalah mengganti editor default pada dedicated server. Debian menawarkan berbagai macam teks editor, beberapa diantaranya sudah automatis
systemctl. Pengaturan teks editor default sesuai dengan keinginan pengguna dapat membantu pengguna mengkonfigurasi sistem dengan lebih mudah dan menghindari kesulitan dalam penggunaan.

C. TUGAS MANDIRI

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!

1. Jelaskan pengertian dari dedicated server! 
2. Sebutkan keuntungan menggunakan dedicated server. 
3. Jelaskan sisi negatif dari penggunaan dedicated server? 
4. Sebutkan 3 model delivery dalam komputasi awan (cloud computing). 
5. Jelaskan yang dimaksud dengan Platform as a Service pada komputasi awan.

D. TUGAS KELOMPOK

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 – 4 anak 
2. Lakukan praktikum installasi dan konfigurasi awal pada dedicated server. 
3. Lakukan percobaan penggunaan aplikasi pada dedicated server seperti man pages.
4. instalasi maupun pengaksesan aplikasi. 
5. Presentasikan konfigurasi awal pada dedicated server beserta kendala yang terjadi dengan kompak, jelas, padat, dan singkat!

UJI KOMPETENSI

PILIHAN GANDA 
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E!

1. Yang membedakan antara dedicated server dengan virtual private server secara perangkat keras adalah adalah....
A. Processor
B. Motherboard
C. Memory 
D. Storage 
E. Physical Unit 

2. Dengan menggunakan dedicated server, maka pengguna dapat memiliki kontrol penuh atas server. Dedicated Server dapat menjalankan aplikasi yang berat dengan beban kerja yang tinggi. Yang bukan merupakan keunggulan dari dedicated server adalah....
A. Murah 
B. Kehandalan tinggi 
C. Tingkat kinerja tinggi 
D. Reputasi IP yang lebih baik
E. Tidak berbagi server dengan website lain. 

3. Berikut ini merupakan daftar sistem operasi yang dapat dipasang dalam sebuah dedicated server. Sistem operasi yang bukan berlisensi Komersial adalah...
A. Windows Vista
B. Mac OS X
C. Red Hat Enterprise 
D. OpenSuse 
E. Windows Server 2016 

4. Jenis perangkat keras processor yang diciptakan untuk menunjang kinerja dedicated server berikut ini adalah...
A. Intel Radeon
B. Nvidia Cuda
C. AMD Phenom 
D. Intel Xeon 
E. Matrix 

5. Teknologi memori dalam sebuah dedicated server yang berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan data pada saat digunakan disebut dengan
A. Memory Error Corection
B. Hyper Threading Technology 
C. Error Checking Correction 
D. Checking Data Correction 
E. Double Data Rate

6. Jika dalam sebuah dedicated server, pengguna menginginkan sistem operasi yang ringan dan hanya berbasis text, maka mode instalasi sistem operasi dedicated server berada pada mode...
A. CLI
B. GUI
C. BIOS
D. BOOT 
E. END

7. Ketika sebuah dedicated server sudah terinstall sistem operasi berbasis linux, perintah yang dapat digunakan untuk menambahkan pengguna adalah...
A. usermod
C. adduser 
B. add
D. addroot 
E. addsystem 


8. Jika kita menggunakan mode super user, maka dalam tampilan layar berbeda dengan user biasa, yaitu jika super user ditandai dengan...
A. -
B. #
C. $ 
D. & 
E. * 

9. Jenis perangkat keras untuk menyimpan data dengan kecepatan tinggi pada sebuah dedicated server adalah.... 
A. Floppy Disk
B. BluRay Disk
C. Solid State Disk 
D. Hard Disk SATA 
E. Hard Disk PATA 

10. Jika dalam sebuah hosting ditemukan adanya spamming pada salah satu server, maka efek yang dapat terjadi adalah.... 
A. Koneksi Internet lambat
D. IP diblokir oleh jaringan 
B. Hardisk berputar dengan cepat 
E. Konsumsi listrik naik drastis
C. Server cepat panas 

11. Sisi negatif dari penggunaan dedicated server adalah....
A. Tagihan listrik meningkat
B. Tagihan internet meningkat 
C. Downtime bisa lama jika hardware rusak 
D. Harga perangkat keras yang murah 
E. Power Supply yang tidak tersedia di pasaran.

12. Teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi  disebut dengan....
A. Internet Technology
B. Technology Information
C. Internet Computing 
D. Computing Technology 
E. Cloud Computing 

13. Salahsatu perusahaan yang menerapkan komputasi awan adalah....
A. Telkom Indonesia
B. Wijaya Karya
C. Gramedia 
D. Bakrie Telecomm 
E. Intermedia 

14. Yang bukan merupakan model komputasi awan berikut ini adalah....
A. Enterprise IT
B. IT Service
C. Infrastructure as service
D. Platform as service  
E. Software as service
 
15.. Google Docs dan Spreadsheet serta Adobe Creative Cloud termasuk dalam layanan....
A. Enterprise IT
B. IT Service
C. Infrastructure as service 
D. Platform as service 
E. Software as service 

16. Layanan yang akan memberikan sumber daya platform komputasi yang lengkap, mulai dari network, database engine, sistem operasi, framework aplikasi, termasuk pada....
A. Enterprise IT
B. IT Service
C. Infrastructure as service
D. Platform as service 
E. Software as service 

17. Layanan yang akan memberikan sumber daya infrastruktur komputasi yang lengkap, mulai dari server, jaringan, storage, hingga ruang data center termasuk pada.....
A. Enterprise IT
B. IT Service
C. Infrastructure as service 
D. Platform as service 
E. Software as service

18. Untuk menambahkan user kedala user kedalam group sudo adalah dengan menggunakan perintah....
A. adduser
B. useradd
C. groupadd
D. groupuser 
E. usermod 

19. Untuk menghapus semua direktori yang berkaitan dengan user tertentu, termasuk user itu sendiri, dengan menggunakan perintah.
A. deluser --remove-all 
B. deluser --remove-directory 
C. deluser --remove-self
D. deluser --remove-home
E. deluser --remove-everything

20. Untuk mengijinkan transfer data keluar dari dedicated hosting, maka firewall harus
diberi perintah....
A. ufw default deny incoming 
B. ufw default allow outgoing 
C. ufw access deny incoming
D. ufw access allow outgoing 
E. ufw transfer allow outgoing 
F. SOAL VARIASI

Jawablah soal di bawah ini dengan petunjuk sebagai berikut!
1. [...] Dedicated Server merupakan infrastruktur dengan fitur akses yang besar dan сераt. 
2. [...] Dedicated Server berbiaya lebih rendah dibanding Shared Hosting Server. 
3. [...] Dedicated Server hanya ada tampilan berupa text, tidak ada tampilan gambar. 
4. [... ] Salah satu keunggulan Dedicated server adalah tingkat kinerja yang lebih tinggi. 
5. [...] Kelemahan dari Dedicated server adalah keamanan yang rendah. 
6. [...] Power Supply merupakan salah satu komponen mekanis penyebab downtime tinggi. 
7. [...] Aplikasi apapun dapat dipasang pada dedicated hosting server. 
8. [...] Pengguna Dedicated Hosting server bebas menentukan sistem operasi yang digunakan. 
9. [...] Sebuah dedicated hosting server mempunyai IP publik yang khusus. 
10. [... ] Aplikasi Putty mempunyai output layar remote berupa mode grafis.

0 komentar: