TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Friday, November 15, 2019

TLJ - 3.5 Menganalisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan


BAB V - Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan


Jaringan telekomunikasi, di era yang semakin maju ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi memunculkan bermacam-macam jenis teknologi telekomunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, pendidikan, pemerintahan, ekonomi, perkantoran, dan sebagainya. Perkembangan teknologi ini merupakan tuntutan dari masyarakat yang juga memiliki pemikiran semakin berkembang.

Jaringan telekomunikasi merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat komunikasi dengan jarak tertentu. Perangkat teknologi telekomunikasi yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah handphone, TV, radio, dan lain-lain. Untuk dapat bekeria, teknologi-teknologi tersebut membutuhkan perangkat yang dapat menunjang jaringan telekomunikasi.

Dalam membangun jaringan telekomunikasi, diperlukan beberapa kebutuhan. Untuk melakukan analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan, dibedakan menjadi tiga tahap, yaitu analisis dan peninjauan lapangan, analisis kebutuhan sumber daya, serta analisis kebutuhan perangkat. Ketiga tahap analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor.

A. Analisis dan Peninjauan Lapangan

Analisis dan peninjauan lapangan diperlukan sebelum sebuah jaringan telekomunikasi dibangun. Hal ini untuk menentukan kebutuhan telekomunikasi vang diperlukan di suatu daerah.


1. Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan

Kebutuhan telekomunikasi yang sering digunakan adalah internet dan telepon. Internet dan telepon. keduanya berperan penting dalam dunia jaringan telekomunikasi.

a. Internet
Internet dikenal dengan Interconnected-Networking. Intérnet adalah jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang saling INTERNET terhubung dengan menggunakan Sistem Global Transmission Control Protocol/lnternet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol www pertukaran datanya (Packet Switching Communication Protocol). Internet merupakan jaringan komunikasi global terbuka yang  menghubungkan jutaan jaringan komputer lain. Manfaat Internet dalam telekomunikasi terbagi atas berikut ini.
1) Internet sebagai media informasi. Internet dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpan informasi serta fasilitas mesin pencari yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam pencarian informasi tertentu.
2) Internet sebagai alat komunikasi. Internet dapat mendukung seluruh kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa, misalnya akses berita, sosial media, dan sebagainya.
3) Internet sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Internet dapat membantu memperoleh materi pelajaran maupun buku elektronik secara online.
4) Internet sebagai sarana hiburan. Internet dapat digunakan untuk menikmati data yang bersifat menghibur serta dapat dijadikan sebagai sarana penyaluran ide kreatif.

b. Telepon
Telepon merupakan peralatan penerima getaran bunyi dari jarak jauh. Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk suara. bekerja Telepon bekerja dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain. Jaringan telepon merupakan bagian dari integral komunikasi komputer. Telepon sebagai alat komunikasi sudah digunakan oleh hampir  seluruh orang di dunia. Biaya penggunaan telepon lebih murah  jika dibandingkan dengan alat komunikasi lain.


2. Cara Melakukan Analisis dan Peninjauan Lapangan

Cara melakukan analisis dan peninjauan lapangan untuk membangun suatu infrastruktur jaringan telekomunikasi yaitu dengan melakukan tinjauan daerah yang akan dilalui oleh jaringan seperti medan area, jarak antarpengguna, dan sebagainya. Hal-hal tersebut sangat memengaruhi cara membangun jaringan, baik perangkat atau peralatan jaringanyang digunakan, sampai dengan kecepatan transfer pada jaringan yang akan dibangun.

B. Analisis Kebutuhan Sumber Daya dalam Telekomunikasi

Analisis kebutuhan sumber daya dalam telekomunikasi diperlukan sebelum sebuah jaringan telekomunikasi dibangun. Hal ini untuk menentukan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan dalam pembangunan jaringan telekomunikasi.

1. Kebutuhan Sumber Daya dalam Telekomunikasi

Wireline
Wireline adalah jenis telekomunikasi dengan media transmisi menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima. Jaringan wireline biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki jarak terbatas seperti dalam laboratorium komputer, jaringan komputer gedung, kantor, dan lainnya. Namun, wireline juga dapat digunakan untukjaringan telekomunikasi jarakjauh seperti sambungan internet dan telepon.

Wireless
Wireless adalah jenis jaringan telekomunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisinya. Jaringan wireless semakin pesat perkembangannya. Saat ini banyak teknologi yang menggunakan jaringan wireless, di antaranya adalah telepon seluler dan wifi.

Jaringan dengan Modem
Teknologijaringan dengan modem adalah jaringan yang menggunakan modem sebagai media transmisinya. Modem merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet. Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Jaringan dengan Satelit
Jaringan dengan satelit adalah teknologi jaringan telekomunikasi yang memanfaatkan satelit sebagai media transmisinya. Satelit merupakan suatu station relay atau repeater gelombang microwave yang berada di dalam orbit bumi. Satelit berfungsi sebagai penerima atau penghantar data secara nirkabel, memperkuat atau mengulangi sinyal radio dengan frekuensi tertentu yang berasal dari bumi setelah diperkuat dan diubah ke dalam frekuensi yang berbeda.

2. Cara Melakukan Analisis Kebutuhan Sumber Daya

Sumber daya dalam jaringan telekomunikasi menjadi hal terpenting, baik pada klien maupun daministrator jaringan telekomunikasi tersebut. Dalam melakukan analisis kebutuhan sumber dava telekomunikasi, terdapat beberapa faktor vang digunakan sebagai acuan pertimbangan pembangunan sebuah jaringan telekomunikasi. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

a. Kebutuhan user atau client.
b. Jumlah rata-rata user atau client.
C. Kecepatan transfer.
d. Biaya operasional.

Jika kebutuhan user atau client sangat tinggi, maka sumber daya telekomunikasi tersebut juga
harus ditingkatkan.

Analisis Kebutuhan Perangkat

Analisis Kebutunan perangkat diperlukan sebelum membangun suatu infrastruktur jaringan telekomunikasi. Hal ini untuk menentukan kebutuhan perangkat yang diperlukan dalam Suatu jaringan.

1. Kebutuhan Perangkat Telekomunikasi

Kebutuhan perangkat telekomunikasi antara jaringan wireline, wireless, jaringan dengan modem,
dan jaringan dengan satelit berbeda-beda.

a. Wireline
Membangun jaringan telekomunikasi wireline memerlukan berbagai perangkat. Perangkat yang di butuhkan di antaranya kabel UTP, konektor RJ-45, NIC, HUB/switch, router, PC, modem, dan sebagainya.

b. Wireless
Membangun jaringan telekomunikasi wireless membutuhkan perangkat-perangkat seperti access point, wireless LAN interface, PC, antena eksternal, NIC wireless, bridge wireles5, dan sebagainya.

c. Jaringan dengan Modem
Membangun jaringan telekomunikasi dengan modem membutuhkan perangkat-perangkat seperti PC atau laptop, modem, dan lainnya.

d. Jaringan dengan Satelit
Membangun jaringan telekomunikasi dengan satelit memerlukan perangkat-perangkat seperti antena, TV atau radio, perangkat komunikasi seluler, VSAT, dan sebagainya.

2. Cara Melakukan Analisis Kebutuhan Perangkat

Melakukan analisis terhadap kebutuhan peranekat iuga merupakan hal penung dalam jaringan telekomunikasi selain analisis lapangan dan sumber daya. Cara melakukan analisis ternadap kebutuhan perangkat di antaranya adalah dengan meniniau atau melihat perangkat yang digunakan oleh setiap user saat mengakses jaringan telekomunikasi. Hal ini karena tidak semua user  menggunakan perangkat yanesama dalam bertelekomunikasi. Keberagaman perangkat komunikasi akan memengaruhi perangkat yang harus disediakan oleh administrator jaringan agar setiap perangkat saling mendukung atau kompatihel pada jaringan telekomunikasi.

Materi Pelajaran

0 komentar: