TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Tuesday, August 28, 2018

NTW.MNT.201.(2).A - 4 Mengisolasi permasalahan



Mengisolasi Permasalahan (part 2)

Hay ini adalah lanjutan dari postingan yang kemarin yang membahas materi yang sama namun yang kemarin kita hanya membahas mengisolasi permasalahan pada hardware, sekarang kita akan bahas mengisolasi permasalahan pada Software. oke kita mulai. :)


2. Software
Pengisolasian protocol yang digunakan harus ditentukan pada saat instalasi software kartu jaringan. Seperti pada contoh penggunaan protocol TCP/IP.


Keterangan gambar:
1. Memilih add pada configuration Network
2. Memilih protocol
3. Klik add
4. Pilih TCP/IP
5. Klik OK
a. Kesalahan pengelamatan IP
Setiap komputer dalam suatu jaringan merupakan identifikasi alamat yang unik, sehingga tidak diperbolehkan ada alamat yang sama. IP Address dalam jaringan tidak diperbolehkan sma karena merupakan identitas untuk masing-masing komputer dalam jaringan untuk komunikasi data jika terjadi alamat yang sama maka kedua komputer tidak dapat mengakses jaringan karena terjadi perebutan nomor alamat tersebut. Pengisolasian yang dapat dilakukan dengan melakukan setting ulang alamat IP address dan subnetmasknya sesuai dengan jaringan yang digunakan. Seperti pada gambar berikut:

Keterangan Gambar:
1. Pilih TCP/IP
2. Klik Properties
3. Pilih specify an IP address



b. Kesalahan Identifikasi workgrup
Workgrup merupakan kumpulan atau nama kelompok jaringan yang kita gunakan. Isolasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perubahan nama workgroup sesuai dengan jaringan yang ada. seperti gambar berikut merupakan cara untuk melakukan perubahan pada workgroup.
Computer name untuk memberikan nama komputer tersebut, workgroup merupakan nama kelompok jaringan yang kita akan masuki, Computer Description merupakan diskripsi komputer.

Keterangan Gambar
1. Pilih Identification
2. Menu perubahan workgroup

c. Kesalahan Service Network (file and print sharing)
Sevice network (file and print sharing) yang tidak aktif bisa dikarenakan file adan print sharing yang kita hubungi sedang tidak aktif atau kita belum melakukan sharing file and print.


d. Kerusakan file program, shingga perlu di update.
Kerusakan file program yang menyebabkan sistem oprasi tidak bisa berjalan atau menyebabkan kartu jaringan tidak dapat bekerja (tidak aktif)


Untuk dapat melakukan perbaikan dalam kesalahan-kesalahan software tersebut dapat dilakukan dengan setting ulang software sesuai dengan ketentuan dalam jaringan tersebut. Berikut beberapa kasus yang sering disebabkan oleh sistem oprasi networking:


a. Tidak bisa login dalam jaringan
Kasus tidak bisa masuk dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan. Apabila kita telah melakukan instalasi dan konfigurasi kartu jaringan dengan sempurna maka bisa juga karena kesalahan kita dalam memasukkan password yang salah saat kita login ke jaringan.


b. Tidak bisa menemukan komputer lain pada daftar network neghvoarhood. Kasus ini terjadi karena sistem windows yang kurang baik sehingga perlu melakukan refresh apabila menutup program atau mau menjalankan program.


c. Tidak bisa sharing files atau printer.
Untuk dapat melakukan sharinga data dapat dengan cara dengan cara masuk kewindows explorer pilih data atau directory yang akan disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing



Keterangan Gambar diatas:
a. Pilih directory yang akan disharing data
b. Option pilihan sharing data
Dan langkah melakukan sharing printer bisa dilihat pada gambar dibawah.!



d. Tidak bisa install network adapter.
Kasus ini biasanya disebabkan oleh software kartu jaringan yang tidak sessuai dengan kartu jaringan yang dipasang, atau pemasanang kartu jaringan yang tidak sempurna sehingga komputer tidak dapat mengenal kartu jaringan tersebut.


e. Komputer lain tidak dapat masuk kekomputer kita.
Komputer lain yang tidak dapat masuk kekomputer kita padahal komputer kita dapat masuk kekomputer lain disebabkan kita belum melakukan sharing data atau sharing printer.


Kasus-kasus tersebut lebih banyak disebabkan oleh instalasi software dan konfigurasi yang tidak teliti. Hal tersebut menyebabkan kesalahan-kesalahan yang menyebabkan tidak dapat mengakses jaringan. Pengisolasian dan pengecekan kesalahan harus dilakukan satu persatu dengan teliti sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada jaringan tersebut diataranya pemberian nomor IP dan subnetmask pada protocol yang digunakan, nama workgroup dan sebagainya sehingga didapatkan koneksi jaringan yang sempurna.

0 komentar: