TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Tuesday, August 28, 2018

071.KK.16 - 4 Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan



Setelah melakukan perbaikan setting ulang konesik pada koneksi jaringan, langkah yang dilakukan sesudahnya adalah melakukan pemeriksaa hasil perbaikan konesik jaringan dengan mengikuti langkah berikut ini.

1.Melakukan pemeriksaan ulang konfigurasi jaringan, di antaranya sebagai berikut.

Melakukan pemeriksaan pemasangan LAN Card yang sudah terpasang dan sudah dilakukaninstalasi sebelumnya dengan mengecek apakah LAN card tersebut sudah terpasang dengan baik dan benar.
Melakukan pemeriksaan terhadap jenis kabel dan konektor yang sudah terpasang dan disesauikan juga dengan jenis topologi dari jaringan yang di gunakan sehingga tidak terjadi short atau terputusnya koneksi.
Melakukan Pengecekan terhadap longgar atau tidaknya kabel dan konektor yang telah dipasang
Melakukan pengecekan ulang konfigurasi dan setting yang sesuai.
Melakukan pengecekan terhadap konfigurasi dari IP address.
Melakukan Pengecekan terhadap Subnetmask.
Melakukan pengecekan terhadap workgroup yang sudah dibuat.

2. Melakukan pencarian komputer yang ada dalam jaringan apakah terhubung atau tidak seperti terlihat pada tampilan berikut.

Klik pada bagian Network Neighbourhood.
Kemudian klik pada bagian Find Computer.
Kemudia kita ketikakan nama komputer yang akan kita cari. Apabila terhubung maka secara otomatis komputer telah terhubung dengan jaringan.

3. Memeriksa konfigurasi IP komputer dengan menggunakan perintan IPCONFIG. Printah IPCONFIG digunakan untuk menampilkan informasi  konfigurasi koneksi, langkah yang dilakukan adalah.
Gunakan Command Promt, Caranya ketik cmd apda Run Menu.
Kemudia ketikkan perintah IPCONFIG pada command prompt.
Hasilnya akan tampil sebagai berikut.
 IPConfig

4. Memeriksa koneksi jaringan dengan menggunakan ping. Ping (Packet internet gopher) merupakan program utilitas yang digunakan untuk melakukan prses pemeriksaan terhadap koneksi jaringan yang berbasiskan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet) Dengan menggunakan perintah ping kita dapat mengetahui apakah komputer yang kita gunakan sudah terhubung dengan komputer lainnya atau tidak. Caranya adalah dengan mengirimkan sebuah paket sinyal kepada alamat yang akan dilakukan uji coba konektivitas dan menghasilkan respon dari komputer tersebut. Anda dua fungsi utama dari perintah ping tersebut, yaitu sebagai berikut.
Perintah ping digunakan untuk mengirim multiple IP packet ke sebuah tujuan dan setiap paket meminta jawaban.
Perintah ping juga dapat digunakan untuk menguji apakah fungsi dari NIC. dapat bekerja dengan benar yaitu NIC dapat mengirim dan menerima semua permintaan dan konfigurasi dari TCP/IP Serta koneksi jaringan.

Contoh tampilan dengan perintah ping

0 komentar: