TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Tuesday, April 24, 2018

Membuat Game tetris sederhana dengan - JavaScript



Game Tetris merupakan salah satu dari beberapa game computer yang terpopular yang pernah ciptakan. Game orisinalnya sih didisain dan diprogram oleh seorang programmer Russia yang bernama Alexey Pajitnov pada tahun 1985. Sejak saat itu, Tetris tersedia hampir pada seluruh platform komputer dengan berbagai variasinya.

Tetris merupakan sebutan bagi permainan yang ada block puzzle runtuh. Pada game ini, saya mempunyai 7 bentuk berbeda yang bernama tetrominoes. S-shape, Z-shape, T-shape, L-shape, Line-shape, Mirrored L-shape and a Square-shape. Masing-masing dari bentuk-bentuk ini terbuat dari 4 balok. Bentuk-bentuk tersebut berjatuhan ke papan game (board). Cara permainan tertris ini adalah dengan cara memindahkan dan memutarkan bentuk-bentuk tersebut, sehingga mereka bias masuk dengan benar. Jika kita benar mengatur shape2 tersebut baris demi baris, garis tersebut akan hancur dan kita mendapatkan skor. Kita memainkan game tetris sampai habis spes tetrisnya.

Pengembangan Program

Kita tidak membutuhkan gambar untuk permainan tetris kita, kita menggambar tetrominoes menggunakan Swing drawing API. Di belakang semua game komputer, terdapat sebuah model matematis. Begitu pula di dalam tetris ini.
Beberapa ide di balik game tetris.
• Kita menggunakan sebuah class Timer untuk membuat sebuah lingkaran game.
• Menggambar Tetrominoes
• Bentuk-bentuk tersebut berjalan melalui kotak perkotak (bukan pixel by pixel)
• Secara matematis sebuah papan merupakan daftar angka-angka yang sederhana.
Saya telah sedikit menyederhanakan game tersebut, sehingga menjadi lebih mudah untuk difahami. Game tersebut berjalan dengan seketika, setelah diluncurkan / dijalankan. Kita bisa menghentikan sejenak (pause) game dengan cara memencet atau menekan tombol P di keyboard. Tombol spasi akan menurunkan tetris seketika ke bawah. Tombol D akan menurukan tetrotinoes sebaris ke bawah. (Itu bias digunakan untuk mempercepat (speed up) jatuhnya sedikit) Game berjalan pada kecepatan yang constant, tidak ada akselerasi yang diterapkan. Scorenya didapatkan dari jumlah baris, yang telah kita hilangkan.


0 komentar: