TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, December 6, 2017

Pengertian : Ping, Request Time Out, Destination Host Unreachable, Reply, TTL



~ Ping
 

Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. Fungsi dari program ping adalah untuk mencoba apakah komputer yang satu dengan yang lainnya telah terhubung dalam satu jaringan/belum dengan mengirimkan sejumlah packet data ke komputer lain.

~Request Time Out (RTO)
RTO adalah ketika komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi). Biasanya terjadi karena adanya firewall, koneksi rendah dan koneksi terputus atau tidak terkoneksi.Cara mengatasi cek kembali penulisan IP, cek kembali pemasangan kabel, matikan firewall, dan cek koneksi jaringan komputer.

~Destination Host Unreachable


Terjadi jika host, jaringan, port atau protocol tertentu tidak dapat dijangkau atau masih mencari. Jika menemui pesan “destination host unreachable” maka ada beberapa masalah yang harus diperbaiki seperti kabel jaringan LAN Card atau Wireless USB kemungkinan tidak terhubung atau rusak ; HUB/Switch tidak terhubung atau rusak ; status LAN masih “Disable”.

~Reply


Reply adalah salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Reply akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.

~TTL



TTL adalah nilai waktu termasuk dalam paket yang dikirim melalui TCP / IP berbasis jaringan yang memberitahu penerima berapa lama waktu untuk terus atau menggunakan paket atau data yang dimasukkan sebelum waktunya habis dan membuang paket atau data.

~No Route to Host


No Route to Host terjadi pada saat aplikasi client sudah membuat koneksi ke aplikasi server melalui port yang dibuka oleh server, namun jaringan (lokal atau internet) tidak dapat digunakan.


Sumber : Forum Mikrotik

0 komentar: