TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Thursday, October 15, 2015

Cara Membuat Map Network Drive di Windows 7 & Windows 10



Sharing Folder dalam setiap komputer di OS Windows pasti semua sama. Hanya dalam melakukan Setting saja yang sedikit berbeda jika menggunakan Windows XP dengan Windows 7 keatas. Seandainya anda ingin membuka sebuah folder yang di sharing oleh komputer lain harus membuka dahulu Windows Explorer > Network > pilih salah satu komputer lain > folder.

Untuk mengatasinya agar Folder yang di sharing langsung terlihat / menampilkanya pada windows explorerdapat menggunakan Map Network Drive yang caranya dapat anda lihat dibawah ini.

[1] - Buka Windows Explorer atau tekan Windows + E
[2] - Klik pada icon Computer
[3] - Klik pada menu Tools > Map Network Drive atau setelah klik icon Computer lihat pada toolbar klik Map Network Drive (pada windows 7) seperti gambar dibawah ini

[4] - Pilih Drive sesuka anda, isikan alamat ip dan folder yang dishare oleh komputer lain terakhir Finish


[5] - Jika berhasil maka dalam windows explorer akan tampak seperti ini

Keterangan :
Angka 1 : Folder yang di sharing dari windows XP
Angka 2 : Folder yang di sharing dari windows server 2000
Angka 3 : Folder yang di Sharing dari windows 7

NB.
[1] - Jika tidak bisa melakukan cara seperti yang saya lakukan diatas kemungkinan besar terjadi kesalahan koneksi dalam jaringan anda.
[2] - Untuk penulisan nama folder pada langkah ke-4 harus sama seperti nama yang disharing oleh komputer lain (huruf besar kecil sensitif)

Dengan Cara Menampilkan Folder Sharing Dengan Map Network Drive dapat memberikan solusi jika anda mengalami masalah dalam Sharing Folder Windows XP dengan Windows Seven (7).


Cara Menampilkan Map Network Drive di Windows 10

Anda dapat dengan mudah membuat shortcut ke drive lain atau folder bersama pada jaringan Anda dengan memetakan lokasi itu. Ketika Anda memetakan drive jaringan, maka akan muncul sebagai drive baru di bawah PC ini di File Explorer, sehingga Anda dapat dengan cepat mengakses file bersama Anda butuhkan, seperti kamu akan hard drive lokal Anda. Berikut adalah cara untuk membuat drive jaringan shortcut pada Windows 10.


1. Open File Explorer and select This PC
2. Click the Map network drive pada bagian menu di atas, kemudian pilih "Map network drive." (Ini adalah di bawah tab Komputer, yang harus terbuka secara otomatis ketika Anda pergi ke PC ini, seperti di atas.) 


3. Pilih huruf drive yang ingin Anda gunakan untuk folder jaringan, lalu tekan Browse.


4. Arahkan ke folder yang ingin di  jadikan Map Network Drive dan tekan OK setelah memilih itu. 


5. Konfirmasikan pilihan Anda dan klik Finish. Anda dapat memilih untuk menyambung kembali ke folder setiap kali Anda masuk jadi selalu tersedia untuk Anda dan, jika diperlukan, menggunakan account pengguna yang berbeda untuk menghubungkan ke folder.

Ketika Anda selesai, Anda akan melihat huruf drive baru di bawah PC ini dan akan dapat mengakses isinya seperti Anda akan folder lain. Jika Anda ingin melepas drive jaringan, klik kanan di atasnya dan pilih "Disconnect"

0 komentar: