TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Saturday, March 15, 2014

[Polnep] Apa Perbedaan Wireless Access Point Dan Wireless Router


Ada sebagian orang masih bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara perangkat Access Point dan Wireless Router? Dalam kesempatan ini saya akan coba membahas sedikit perbedaan mendasar mengenai perbedaan kedua perangkat tersebut dengan disertai gambar produk Edimax. Tujuannya agar anda memiliki gambaran yang lebih jelas dan bisa membedakan fungsi kedua perangkat tersebut. 

Perangkat Access Point 

Apa yang dimaksud Wireless Access Point ? 
Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station. Sehingga client yang terhubung dengan perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu sama lainnya dengan subnet mask yang sama.

Apa Fungsi Access Point ?

Berbagi koneksi dari server lokal (kantor) maupun internet dengan perangkat client lainnya (notebook, PC, gadget, handphone dll) maupun perangkat access point lainnya (seperti extender/repeater) dalam satu subnet mask yang sama.




Contoh Aplikasi Access Point

Tipe Produk Edimax Apa yang bisa dijadikan Access Point ?

Untuk di Indonesia produk edimax yang bisa dijadikan Access Point yaitu EW-7416APnV2, EW-7228APn dan EW-7415PDn.


Apa yang dimaksud Wireless Router ?

Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN ) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. 



Contoh Aplikasi Wireless Router

Apa Fungsi Wireless Router ?
Fungsinya relatif sama, karena mode wireless router juga dapat diatur sebagai access point. Router juga memiliki fungsi sebagai gateway (gerbang) penghubung dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Apa Perbedaan Mendasar Antara Wireless Access Point dan Wireless Router ?

1. Secara Fisik (Perangkat Keras)
Pada Wireless Router terdapat Port WAN untuk Router Broadband dan Port ADSL untuk Router ADSL Modem, anda dapat menemukannya pada panel bagian belakang. Sedangkan perangkat Access Point tidak memilikinya. 


Gambar Panel Belakang Router Broadband Nirkabel


Gambar Panel Belakang Router ADSL Modem Nirkabel 

Gambar Panel Belakang Port LAN Perangkat Access Point Nirkabel 



2. Secara konfigurasi, jika anda menghubungkan router nirkabel ke modem maka anda tidak perlu merubah ip address router tersebut. Namun jika anda menghubungkan perangkat access point ke modem, maka anda perlu menyamakan segmen ip addressnya sesuai dengan pengaturan di modem. Sebagai contoh :

- Anda menghubungkan port WAN router broadband edimax ke port LAN modem ADSL merek lain dengan kabel jaringan (ethernet) yang memiliki IP address 192.168.1.1, seperti anda ketahui default ip address router edimax yaitu 192.168.2.1. Untuk menerapkan mode access point pada router anda tidak perlu lagi merubah ip addressnya, dan secara default DHCP pada router telah aktif dan akan memberikan range ip address ke client 192.168.2.100-200. Namun yang perlu anda ingat atur lebih lanjut yaitu konfigurasi WAN, nama SSID dan enskripsinya (password wi-fi). (lihat gambar Aplikasi Wireless Router)

- Anda menghubungkan port LAN access point edimax ke port LAN modem ADSL merek lain dengan kabel jaringan (ethernet) yang memiliki IP address 192.168.1.1, secara otomatis jika anda mengaktifkan pooling DHCP server pada modem maka walaupun default ip address edimax 192.168.2.1 secara otomatis akan mengikuti segmen ip address yang diberikan modem tersebut (lihat gambar Contoh Aplikasi Access Point)


Demikian yang bisa saya bahas dalam artikel ini, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan kalimat. Silahkan meninggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar: