TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, December 18, 2013

[CC Polnep] Pengenalan Sistem Komputer [1]


Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, manggambar, menyuting gambar, dll. Bentuk komputer dulu yang cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna.

Definisi Komputer

Istilah komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare (to compute) yang berarti menghitung. Kata computer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alamat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan ke mesin itu sendiri. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, ada beberapa definisi komputer menurut para pakar dan penelitian, yaitu :

Computer Annual (Robert H.Blissmer) ; suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah - perintah dari hasil pengolahan, menyediakan input berupa informasi.

Computer Today (Donald H.Sanders) ; sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah - langkah intruksi program yang tersimpan di memori.

Computer Organization (V.C.Hamacher) ; mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan informasi.

Dari beberapa definisi komputer yang dijelaskan diatas , dapat disimpulkan bahwa komputer :

+ Alat elektronik
+ Dapat menerima input data
+ Dapat mengolah data
+ Dapat memberikan informasi
+ Bekerja secara otomatis
+ Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan

Pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat istilah penting yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik. 

Data adalah kumpulaan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, dapat berupa angka - angka, huruf, simbol, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi adaalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta.

Oleh karena itu Pengolahan Data Elektronik adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.

0 komentar: