TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, December 18, 2013

[CC Polnep] Pengenalan fungsi komponen pada komputer [2.3][RAM] Cara membedakan DDR1, DDR2 dan DDR3



bagaimana cara membedakan atau perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dalam beberapa segi penglihatan. Bisa kita lihat dari bentuknya, kecepatan, clock dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk membedakan suatu memori khususnya pada PC (Personal Computer) itu sangat gampang sekali dengan cara melihatnya kita sudah bisa membedakan bahwa memori itu termasuk kedalam DDR1, DDR2 atau DDR3.

Gambar Perbedaan dalam memory DDR

Seiring dengan dikeluarkannya memori tiap tahun begitu canggih dan cepat maka sesuai dengan urutannya kita bisa membedakan bahwa generasi awal pasti kecepatan dan spesifikasinya itu lebih kecil dibanding dengan memory dengan keluaran yang terbaru yaitu DDR3. Dan katanya mulai akan dikeluarkannya DDR4 yang mempunyai kecepatan tinggi.

Setelah kita lihat yang ada di atas ini bahwa kita bisa simpulkan bahwa perbedaan dalam bentuk fisik memory DDR itu dilihat dari sekat yang ada ditengah memori tersebut. Dilihat dari DDR1 keluaran terbaru mempunyai posisi sekat lebih dari 7 cm sedangkan DDR2 sekatnya berada pada posisi pas 7 cm dan yang terakhir DDR3 itu mempunyai sekat pada posisi 5 cm lebih. Sehingga jika dilihat dari posisi sekat lebih jelas bagaimana kita membedakan masing-masing memory tersebut.

Mungkin bagi sebagian orang agak kurang tepat jika kita membedakan masing-masing DDR dengan posisi sekatnya saja karena kita harus memperkirakan posisi sekat tersebut berada pada posisi berapa cm dan kita harus mempunyai alat bantu seperti alat ukur mistar untuk mengujinya jadi tidak bisa secara langsung kita pastikan bahwa itu termasuk ke dalam memory yg sesuai.

Maka selain melihat dari letak sekat, kita juga bisa melihat dari sisi kecepatan, clock yang sudah tertera pada label yang ada di pabrikanya. Dalam memory yang dilihat dari sisi itu dapat kita bagi menjadi beberapa diantaranya :

- Memory DDR1 memiliki seri PC2100 / clock 266 MHz, PC2700 / clock 333 MHz dan PC320 / clock 400 Mhz.

- Memory DDR2 memiliki seri PC4200 / clock 533 MHz, PC5300 / clock 667 MHz, PC6400 / clock 800 MHz.

- Memory DDR3 memiliki seri PC8500, dan juga PC3-6400 lebih lengkapnya bisa dilihat gambar yang ada di bawah ini

Macam-macam DDR3

0 komentar: