TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, December 18, 2013

[CC Polnep] Pengenalan fungsi komponen pada komputer [2.2][Processor]



Pengertian Processor

Pengertian Processor adalah komponen komputer yang meupakan sebagai otak yang mejalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama prangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Processor makan akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses, dengan kapasitas processor yang besar dan didukung oleh memori atau ram yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan intruksi dengan cepat

Definisi Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.


Gambar Processor (CPU)

Fungsi Processor

Fungsi utama Processor (CPU) adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. 

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. 

Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.

Pada awalnya fungsi processor hanya untuk pengolahan aritmatika saja, seperti kalkulator pada saat ini. Namun sekarang ini processor telah bergeser fungsinya mengarah ke multimedia.

Bagian-Bagian Processor

ALU (Arithmetic and Logical Unit) : melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program

CU (Control Unit) : pengatur lalu lintas data seperti input, output

MU (Memory Unit) : alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi

Sebagai otak dari komputer CPU sangat diutamakan memiliki kecepetan yang besar dikarenakan akan membuat setiap proses atau intruksi yang di jalankan menghasilkan hasil yang sempurna tampa adaya gangguan saat mengerjakannya seperti terjadi hank, demikianlah ilmu pengetahuan tentang Pengertian Processor dan Fungsi Processor (CPU)


SEJARAH PROCESSOR

Pada masa dahulu bentuk processor di pasang secara slot, tetapi saat ini, bentuk processor semuanya di pasang secara socket. Pada saat ini terdapat dua perusahaan besar processor yaitu Intel dan AMD. Bentuk luar dari keduanya hampir sama yaitu berbentuk segiempat dan mempunyai banyak pin. Fungsi Processor Intel yang tidak memiliki pin yaitu socket LGA775, sebaliknya motherboard yang lain mempunyai pin connector untuk di hubungkan dengan processor.

Sistem Operasi dari processor komputer atau CPU adalah sebuah sirkuit elektronika yang beroprasi dengan kecepatan tinggi dengan bantuan quartz crystal, ketika mengalami sebuah electrical currant, mengirimkan pulsa yang disebut ”peaks“ dan clock speed (cycle). Frekuensi clock umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem ( FSB , Front-Side Bus ), yang berarti kelipatan dari frekuensi motherboard.

Jumlah bit dalam fungsi processor bervariasi sesuai dengan jenis data, mulai dari 1 dan 4 byte 8-bit. Instruksi dapat dikelompokkan berdasarkan kategori, di antaranya Access Memory, Operasi Aritmatika, Logika Operasi dan Pengendalian.

0 komentar: