TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, December 18, 2013

[CC Polnep] Pengenalan fungsi komponen pada komputer [2.1][Casing Komputer]




Definisi Casing Komputer

Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

5 Fungsi Casing Komputer :

1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.

2. Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.

3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.


casing komputer cbm azza

4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik

5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.

Bayangkan apabila seluruh perabotan tersebut tidak ada casingnya sangat berantakan dan berbahaya sekali, seperti orang tanpa rumah…..

Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:

1. Casing Desktop

Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Casing CBM 628-02

Casing CBM 628-02 (250w pure) Rp.340rb

2. Casing Tower

Casing komputer terkini di tahun 2012 menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:


A. Mini tower

Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama.Perbedaan di antara kedua-dua jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya lebih kecil dibanding casing komputer midlle tower

contoh casing komputer ini seperti :

1. Seri casing cbm 727-06

Casing CBM 727-06 (450w) Rp.305rb

2. seri casing cbm 727-15

Casing CBM 727-15 RP. 300rb

B. Middle tower

Casing mid tower adalah jenis casing komputer yg paling banyak dipakai di pasar rakitan indonesia. dipasaran casing ini juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing komputer yang dipilih.

1. Casing CBM 323-20

Casing CBM 323-20 Red(450w) Rp.315rb

2. Casing CBM 323-25

Casing CBM 323-25 (450w) Rp.305rb

3. Casing CBM 321-06

Casing CBM 321-06 (450w) Rp.370rb



C. Casing Mini Itx

Inilah casing yg booming di thn 2014 nanti, jenis casing mini-itx ini akan banyak ditemui di kantor-kantor dan POS ( point of Sales). POS adalah tempat seperti di loket loket pembayaran atau loket parkir serta seperti untuk showroom seperti pameran dan lain lainya yg mengumakan space yg terbatas dan keindahan product.

Contoh contoh casing mini itx

Casing cbm 617-03 dengan PSU ukuran menengah

Casing CBM 617-03(450w) Rp. 300rb

2. Casing CBM 920-03 dengan PSU ukuran kecil

Casing CBM 920-03 Mini-Itx Rp. 350rb

3. Casing CBM 820-02 dengan adaptor

Casing CBM 820-02 Mini-ITX (Adaptor) Rp. 360rb

D. Casing komputer seri Gaming

Pengunaan casing komputer ini dikhususkan untuk Memodifikasi perangkat komputer dalam cara non-standar. Modifikasi dilakukan, terutama oleh penggemar berat hardware, untuk memamerkan piranti dalam komputer dengan memamerkan perangkat keras internal, dan juga untuk membuatnya terlihat estetis menyenangkan untuk pemiliknya. dan juga dapat dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja komputer, ini biasanya berhubungan dengan pendinginan dan melibatkan perubahan pada komponen agar semua komponen dapat bekerja maxsimal biasanya mengunakan kipas yg besar dan berwarna. Casing komputer ini biasanya sudah mengunakan air flow yg bagus, penampilan futuristik atau gaming sekali seperti seri Casing CBM Azza Toledo 301, Toolest ( tidak mengunakan Obeng untuk merakitnya,serta memiliki pengaturan kable yang baik dan rapih.

1. casing Mid tower

Casing CBM Azza Toledo Rp. 600rb

2. Casing full tower

Casing CBM Azza Solano blue Rp. 1.070.000

0 komentar: