TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, September 4, 2013

Photoshop - Membuat Efek Cermin Sederhana



Sering mengamati foto-foto para fashion blogger atau online shop bergaya urban? Penasaran bagaimana bisa membuat satu foto terdiri dari 2 orang dengan posisi yang saling berlawanan seperti berdiri di depan cermin? Khusus pada tutorial kali ini, teknik yang digunakan sangat mudah dan sederhana. Berikut tahapan-tahapannya:
Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Perhatikan Layer tab, klik kanan pada layer Background (yang ada icon gembok-nya), lalu klik Layer from Background dan klik OK. Sekarang layer Background menjadi layer bebas (tidak terkunci), nama “Background” bisa diubah ketika dialog box muncul sebelum mengklik OK pada saat ‘membuka kunci’ layer.
Duplicate
Sekarang buat area untuk refleksi atau bayangannya, mudahnya yaitu dengan membuat ukuran lebar canvas menjadi dua kali lebih besar. Klik Image > Canvas Size dan dialog box akan muncul (lihat pada gambar). Perhatikan kolom-kolom di bawah New Size, ubah satuan ukuran menjadi “percent” dan ketikkan 100 pada kolom width kemudian klik OK.
Ukuran
Ketika area kosong sebesar ukuran foto asli sudah siap, geser foto ke kiri atau kanan (bergantung pada di mana posisi refleksi ingin diletakkan); klik Move Tool, tekan Shift dan klik tanda panah ke kanan/kiri di keyboard hingga gambar berada di paling ujung sisi halaman.
Seleksi
Pada contoh, posisi orang di foto asli dan bayangan/refleksi diposisikan saling berdekatan, oleh karena itu area di belakang model akan dihilangkan. KlikRectangular Marquee Tool dan buat seleksi sepanjang area di belakang model lalu klik Delete (pada keyboard). Area yang ingin dihapus bisa beragam, silahkan hapus area manapun yang tidak ingin direfleksikan. Namun, bila ingin foto direfleksikan seperti aslinya, langsung saja menuju tahap berikutnya dan abaikan tahapan ini. 
Refleksi
Beralih ke Layer tab, klik kanan satu-satunya layer di sana dan klik Duplicate Layer. Pastikan layer duplikat yang baru saja dibuat terpilih (di-highlight abu-abu tua), klik Edit > Transform > Flip Horizontal. Layer kedua (layer duplikat) akan berbalik berlawanan dengan layer pertama. Geser (klik Move Tool dan gunakankeyboard seperti pada step-3) hingga kedua sisi bagian dalam foto bertemu dan tidak meninggalkan area kosong/transparan di tengahnya. Buat seleksi (klikRectangular Marquee Tool) di sekeliling foto (kecuali area yang kosong/transparan), lalu klik Image > Crop.
crop
Pastikan tidak ada area transparan yang tersisa/kelihatan. Sekarang save ashasilnya dalam format .JPEG dan hasilnya bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.
Hasil Akhir

Penutup
Posisi refleksi tidak selalu saling berjajar seperti pada contoh, bisa juga atas dan bawah. Tinggal ubah saja ukuran height canvas untuk membuat area kosong tempat refleksi akan diposisikan. Selamat mencoba! :)

0 komentar: