TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Thursday, August 29, 2013

Tips agar Mata Sehat Bekerja di Depan Komputer



Di luar sana masih banyak sekali profesi-profesi lain yang menuntut untuk berlama-lama bekerja di depan komputer. Hal ini tentu saja tidak mudah, dibutuhkan konsentrasi yang baik untuk melakukan itu semua. Masalah mata lelah seperti mata berkedut, mata tegang, dan mata perih menjadi masalah utama yang kerap muncul.

Nah berikut ini adalah beberapa Tips agar Mata Sehat Bekerja di Depan Komputer seperti yang dikutip dari duniafitnes.com.



1. Atur posisi jarak pandangan
Pertama-tama yang harus anda perhatikan adalah jarak pandangan mata dengan layar monitor. Usahakan jaraknya 50-60 cm dengan posisi tengah layar berada pada 10 sampai 15 derajat dibawah pandangan mata. Jika anda bekerja mengetik teks atau tulisan. Tempatkan di samping monitor dengan dijepit dengan penjepit kertas supaya pandangan nyaman.

2. Ganti monitor CRT dengan LCD
Monitor CRT umumnya berbentuk tabung dan menghasilkan gambar berkedip dengan cahaya yang bisa membuat mata perih. Terlalu lama bekerja di depan monitor akan membuat mata tegang dan terasa lelah. Untuk menguranginya, anda bisa mengganti layar monitor CRT dengan LCD. Walau pun tidak sepenuhnya aman namun setidaknya bisa mengurangi mata tegang.

3. Atur penerangan cahaya ruangan
Penerangan ruangan yang berlebihan juga bisa menyebabkan mata anda lelah dan tegang. Gunakan penerangan lampu seperti yang ada di kantor-kantor. Gunakan lampu full spectrum dengan pencahayaan yang alami.

4. Atur pencahayaan layar (Contrast,Britghtness)
Sesuaikan pencahayaan komputer dengan kondisi ruangan. Hindari menggunakan kontras tinggi di ruangan gelap. Atur juga contrast senyaman mungkin untuk mata anda.

5. Berkedip lebih sering
Berkedip merupakan salah satu aktifitas refleks yang dilakukan tubuh untuk membasahi mata. Secara spontan memang mata akan berkedip sendiri namun karena keasikan kita berada di depan komuter kadang kita terlalu fokus memandang. Untuk itu berkediplah lebih sering untuk menjaga supaya mata tetap lembab dan menghindari kekeringan air mata yang bisa membuat mata terasa perih.

6. Latihan Mata 20-20-20 
Lakukan latihan mata 20-20-20 yaitu setiap 20menit, berjalanlah di kondisi sekitar kamar hingga jarak 20 meter selama 20 detik. Latihan ini dilakukan supaya otot mata tidak tegang dan tetap santai. Mata akan selalu terasa rileks dengan latihan mata 20-20-20.

7. Pakai kacamata khusus komputer
Agar mata tidak kering karena tatapan kilauan cahaya monitor. Anda bisa memakai kacamata khusus untuk komputer. Anda bisa memesannya di optik terdekat.

8. Istirahat 4×5 menit
Selama beraktifitas di depan komputer, pengguna disarankan untuk beristirahat sejenak meregangkan otot, menggerak-gerakan badan dan leher. Latihan ini dilakukan selama 4 kali dengan durasi waktu masing-masing 5 menit.

0 komentar: