TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Monday, August 12, 2013

Inspirasi - Teknik & Penelitian Tendangan Bebas ala Cristiano Ronaldo

Tips dan trik bagi kalian penggemar sepak bola yang ingin mempunyai tendangan bebas layaknya Christiano Ronaldo ini:

Yang pertama fokuskan pandangan dan cari celah mana yang akan kalian tuju. Dengan memfokuskan arah mana yang akan kalian tuju, hal ini bisa membuat pikiran kalian lebih focus ketika menendang bola. Pada saat kalian mencari celah atau tujuan, jangan sampai mata kalian terbaca oleh lawan jadi siasatilah cara pandang kalian.

Yang kedua, posisikan kaki kalian dibelakang bola, ambil 5 sampai 6 langkah dan buka kedua kaki. Jangan terlalu lebar membuka kaki karena akan mengubah keseimbangan kalian.

Langkah ini dilakukan agar kita bisa memprediksikan jarak kaki dengan bola dan juga kekuatan kaki pada saat lari akan berpengaruh juga terhadap kekuatan tendangan kaki menuju bola, arah dan rotasi bola.

Langkah berikutnya yaitu berlarilah dengan mengambil 3 sampai 4 langkah besar, kemudian tendang bola dengan bagian sepatu yang ada seperti gambar dibawah ini.

Titik utama pada sepatu:

Titik utama pada bola:


Jadinya seperti ini:


Bagian ini digunakan agar bola yang ditendang mempunyai arah yang benar atau pasti namun bergerak tak beraturan.

Tendangan yang dilakukan Cristiano Ronaldo cenderung lurus dan tidak memberikan efek melengkung seperti yang dilakukan David Beckham. Hal ini justru memudahkannya untuk mengarahkan bola tepat ke sasaran. Selain itu tendangan yang dihasilkan Ronaldo juga memiliki kecepatan yang luar biasa, pada sebuah penelitian pernah kecepatan tendangan Ronaldo hampir menyamain kecepatan Cheetah (kalau tidak salah gol nya ke gawang Real Zaragoza). Sekedar info, tendangan Cristiano Ronaldo bisa mencapai kecepatan 130 km/hour.

Lalu kenapa bola tendangan Ronaldo berubah arah ketika sudah di depan Kiper?


Teori: saat Ronaldo menendang, ada sedikit kekuatan dorongan (putaran) yang di hasilkan dari tendangannya. Semakin lama, bola semakin sedikit menghasilkan tenaga dan di saat ini lah angin merubah arah. Makanya tidak jarang kiper sulit memblok bola (kaget) meskipun sudah menebak arah bola. Itu juga yang menyebabkan bola yang ditendang ke atas tiba-tiba jatuh dan masuk ke gawang. Inilah yang saya sebut sebagai "teori angin". Semakin lama bola melayang maka kekuatan bola akan semakin sedikit bahkan hilang , nah pada saat inilah angin mempengaruhi bola hingga jatuh ketanah.
Dari sekian banyak gol yang di hasilkan lewat tendangan bebasnya, lebih banyak di hasilkan dari jarak lebih dari 25 meter ke arah gawang, hal ini karena memperbesar kemungkinan teori tersebut. Jika dari jarak dekat maka Ronaldo sulit menggunakan teori ini. Namun bagaimanapun juga hal itu butuh latihan khusus dan sering untuk melakukannya.


Penelitian:


Dalam sebuah buku yang ditulis profesor fisika Universitas Bath, Ken Bray, diketahui bola hasil tendangan Cristiano Ronaldo memiliki pergerakan unik.

Dalam bukunya yang berjudul How to Score: Science and the Beautiful Game, Bray mendiskusikan pandangan ilmiah mengenai hubungan antara sepakbola dengan hukum alamiah alam, dengan menganalisa jalur bola ketika ditendang sejumlah pemain dengan tendangan bebas terbaik di dunia, termasuk Didier Drogba, David Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Mengenai Ronaldo sendiri, Bray menyatakan bola hasil tendangannya memiliki efek spesial.

"Cristiano mengambil tendangan bebas dengan sikap yang khusus, bola berotasi setelah ditendang. Ketika Cristiano menendang, bola bergerak mirip dengan baseball, dan karena hal ini, alur bolanya sulit untuk ditebak," ungkap Bray seperti dikutip AS.

"Di mata kami, sejumlah kiper mungkin terlihat bodoh, tapi pada kenyataannya mereka tidak bersalah. Jika mereka berhadapan dengan gawang, tendangan pemain ini sulit untuk diselamatkan."
Namun Bray menilai Ronaldo bukanlah satu-satunya pemain yang memiliki tendangan seperti itu.

"Tidak ada seorang pun yang menendang seperti ini, kecuali mungkin pemain Sunderland Kieran Richardson. Dan gol yang tercipta sama sekali tidak ada hubungannya dengan keberuntungan," tandasnya.

Bray menambahkan jika dia memprediksi teknik yang dimiliki Ronaldo akan terus meningkat, yang membuat tendangan bebasnya makin tajam.

Nih buat agan yang pengen ajaran, simak video berikut ini:




CATATAN: Perhatiin dari menit 1.26 video diatas ya Gan, nanti bakal tahu gimana susahnya nebak arah bola tendangan si Cristiano Ronaldo ini.

Koleksi Goalnya Ronaldo lewat tendangan bebasnya. 


Sumber : KasKus

0 komentar: