TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Thursday, August 15, 2013

Photography - Camera DSLR (DIGITAL SINGLE LENS REFLEX)


DSLR (DIGITAL SINGLE LENS REFLEX) 

Kamera DSLR sekarang ini banyak dipakai dalam produksi film. Keunggulan kamera DSLR untuk filmmaking adalah : 

[1]-  Kamera DSLR sensornya jauh lebih besar dibanding kamera digital biasa. Ukuran sensor dibuat menyamai ukuran film analog 35mm à full frame (36 x 24mm). 

[2]- Karena sensornya besar, pikselnya memiliki ukuran yang lebih besar juga, sehingga kemampuan dalam menangkap cahaya lebih baik. Hal ini ditunjukkan oleh kemampuan ISO tinggi yang baik, sehingga noise gambar masih terjaga dengan baik. 

[3]- Pengaturan gambar lebih mudah dan bervariasi. 

[4]- Focus lebih tajam. 

[5]- Perangkatnya ringkas, cukup menggunakan memori card/CF untuk menyimpan data. Data langsung bisa ditransfer (dicopy) ke PC. 

[6]- Lensa bisa bervariasi, disesuaikan dengan kebutuhan. 

[7]- Movie Recording Size bisa mencapai FULL HD 1920 x 1080 25 fps. 

* Yang paling penting, terlihat keren saat dibawa syuting kemana-mana. 

3 HAL PENTING DSLR 

[1]- Diafragma/Aperture 

Adalah ukuran bukaan lensa saat gambar diambil. Bukaan yang dimaksud adalah lubang tempat masuknya cahaya yang dapat diatur ukuran besar-kecilnya. Jika ukuran lubang semakin besar maka cahaya yang masuk akan semakin banyak, serta sebaliknya.

Dalam mengatur ukuran bukaan diafragma, jari yang berperan adalah ibu jari dan telunjuk. Satuan ukuran diafragma adalah f/2.8, f/4, f/5.6, f/8, f/11, f/16, f/22 dan seterusnya. INGAT! f/2.8 memiliki bukaan yang lebih besar daripada f/16. Diafragma menentukan kedalaman ruang atau Depth of Field (DOF). Diafragma yang besar (f/2.8) akan membuat DOF semakin tipis (ruang tajam semakin sempit). Dan sebaliknya, seperti contoh pada gambar di bawah ini. 

[2]- ISO (International Standart Organization) 

Adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Satuan ukuran ISO adalah: Auto, 100, 125, 160, 200, 250,..…6400. Semakin tinggi setting ISO, semakin sensitif sensor terhadap cahaya, dan semakin noise (buram). 

[3]- Shutter Speed 

Adalah rentang waktu, saat shutter di kamera terbuka, atau saat sensor kamera saat menagkap cahaya. Dapat juga dikatakan sebagai waktu antara memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula. Satuan ukuran à 1/500, 1/400, 1/320, 1/250, 1/200, 1/160, 1/50,...10”,...dst 

Standart shutter speed untuk video minimal 1/50. Jika benda yang bergerak cepat dipotret dengan speed shutter rendah, maka hasilnya ialah gambar akan tampak kabur, seakan-akan disapu. Semakin tinggi setting shutter speed, gambar yang didapat akan semakin jelas. 


Ketiga hal ini sama pentingnya dan saling mendukung dalam pengambilan gambar. Maka saat mengatur ketiganya, harus disesuaikan satu dengan yang lain agar gambar jadi sesuai keinginan. 

Shutter Speed 

Diafragma 

ISO 

1/50 

1/100 

5,6 

3,5 

300 

300 

Tabel di atas adalah contoh panduan dasar menyesuaikan ketiga unsure penting tersebut. Namun dalam praktiknya, kita bisa mengukur sendiri kebutuhan kita, sesuai kondisi lokasi dan konsep gambar yang diinginkan. 

WHITE BALANCE 

Adalah menu pengaturan cahaya pada kamera DSLR, terdiri dari: 

AWB (Auto White Balance) : Menyesuaikan pecahayaan secara auto sesuai lokasi. 

Daylight : Outdoor dimana cahaya matahari sedang terik. Mirip dengan AWB hanya saja cenderung lebih kekuningan. 

Shade    : Warna dan cahaya menjadi lebih soft, agak kekuning-kuningan. 

Cloudy   : Digunakan di outdoor shot dengan keadaan berawan. 

Tungsten    : Digunakan di indoor dengan sumber cahayanya berupa lampu pijar. Tungsten akan menghasilkan output warna kebiruan pada gambat jika digunakan di tempat yang tidak sesuai. 

Fluorescent : Digunakan di indoor dengan pencahayaan lampu tabung yg berwarna putih, cenderung menghasilkan warna agak kebiruan jika digunakan di tempat yg tidak sesuai. 

Custom WB : Setting secara manual: Arahkan kamera pada kertas putih, lalu zoom in kertas putih tersebut

0 komentar: