TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Wednesday, October 3, 2018

4.5 - Configuration Mikrotik Part IV(Web Proxy Server, DNS & Blocking)




Ada banyak macam proxy, untuk basis OS windows bisa menggunakan winroute,winproxy, dll. untuk basis OS linux bisa menggunakan Squid. Disini saia menngunakan basis linux mikrotik. selain handal digunakan sebagai router, mikrotik juga bisa digunakan sebagai web proxy server. settingannya dibawah ini yang sayaa gunakan 

Konfigurasi Mikrotik :

Salah satu fungsi proxy adalah untuk menyimpan cache. Apabila sebuah LAN menggunakan proxy untuk berhubungan dengan Internet, maka yang dilakukan oleh browser ketika user mengakses sebuah URL adalah mengambil request tersebut di server proxy. Sedangkan jika data belum terdapat di server proxy maka proxy akan mengambilkan dulu dari web server. Kemudian request tersebut disimpan di cache server proxy. Selanjutnya jika ada client yang melakukan request ke URL yang sama, maka request akan diambilkan dari cache server proxy. Teknik ini akan membuat akses ke Internet lebih cepat. Berikut adalah langkah pengaturan regular proxy di Mikrotik.






Cara Setting Konfigurasi DNS Pada MikroTik - Sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Setting MikroTik Sebagai Gateway, Sekarang kita akan membahas tentang Cara Setting Konfigurasi DNS MikroTik dimana kita saat mengakses MikroTik tidak perlu menggunakan IP MikroTik melainkan bisa menggunakan daomain seperti “www.adminmikrotik.com”. Berikut adalah langka-langkah setting DNS MikroTik.


Pastikan Anda telah selesai install dan settip IP untuk WAN dan LAN, jika sudah ikutin langkah berikut ini.



Setting IP DNS



Untuk setting DNS kita masuk kehalaman administrasi MikroTik kita ketikan perintah berikut ini.




Keterangan : Untuk IP Servers sesuaikan dengan DNS/Server kalian


Setting IP DNS Static

Setelah itu kita setting IP DNS Static yang berisi nama domain kemudian domain itu kita masukan IP MikroTik untuk LAN/WAN, kemudian gunakan perintah berikut ini.





Jika sudah ping domain yang tadi kita buat, jika seperti dibawah maka setting DNS berhasil seperti dibawah ini.
ping www.namadomain_kitabuat.com



Kemudian kita setting IP Address untuk client samakan range IP Address MikroTik interface LAN. Jika sudah disetting kita coba ping lewat CMD dan buka browser, jika domain yang diatas masukan pada address bar browser masukan domain yang telah kita buat “www.namadomain_kitabuat.com”, jika berhasil maka akan tampil sebagai berikut.


Cara Blocking Situs Pada MikroTik - Setelah itu yang anda lakukan adalah memblokir halaman website yang anda inginkan, sebagai contoh halaman situs yang diblokir adalah situs detik.com dan bila anda membuka situs tersebut maka akan diarahkan/diteruskan secara otomatis ke halaman google. Dengan perintah sebagai berikut:



contoh halaman situs yang diblokir adalah situs youtube.com dan bila anda membuka situs tersebut maka akan diarahkan/diteruskan secara otomatis ke halaman google. Dengan perintah sebagai berikut:







0 komentar: