TOP NEWS

A friend once said, "You can't get so hung up on where you'd rather be that you forget to make the most of where you are." We got lost along the way. But we found each other. And we made a life. A beautiful life. Together.

Saturday, August 24, 2013

Android - Cara Root HP Android




Pengertian, kelebihan serta kekurangan rooting pada HP android - kali ini ie-usa akan membagikan sedikit penjelasan mengenai Apakah Root dan Apa Kelebihan Serta kekurangannya? saat ini pengguna android sudah sangat menjamur, tercatat jutaan orang di dunia kini banyak yang memakai sistem operasi milik google ini.

Namun, walaupun demikian, ternyata banyak orang yang belum mengetahui apakah root itu, padahal seharusnya pengguna HP android harus mengetahui akan hal ini, dan banyak sekali orang-orang yang bertanya apakah root itu dan bagaimana cara rooting hp android.

Disini saya tidak akan menjelaskan kepada anda tentang cara root HP android, karena setiap merk, dan tipe HP memiliki cara root yang berbeda-beda. Oleh karena itu, disini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang rooting mulai dari fungsi, kelebihan serta kekurangannya. Hal ini bertujuan supaya sobat mengetahui apa saja yang akan sobat dapatkan setelah hp android sobat di root sehingga sobat juga telah tau mengenai konsekuensi yang didapat setelah hp android sobat di root, yuk simak baik-baik.

Pengertian : Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya.

Fungsi : Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan HP android yang telah diRoot :

[1]- Akses tak terbatas terhadap system Android
[2]- Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
[3]- Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja
[4]- Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi
[5]- Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM
[6]- Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat

Kekurangan HP Android Yang Telah diRoot :

Garansi HP hilang : Semua vendor ponsel mengatakan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root. Namun jangan khawatir, HP android yang sudah di root bisa kok dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga HP android masih memungkinkan untuk mendapatkan garansi kembali.

Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk masalah ini sepertinya sobat juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal program pada hp android sobat, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat sobat instal dari google play seperti : avast, dll.


Oke, semoga pada ngerti dengan apa itu root (rooting) android yang sudah saya jelaskan dengan ngawur. Sekarang mari kita ke menu utama kita kali ini yaitu Cara Root Android.

[1]- Langkah pertama adalah menginstal aplikasi UnlockRoot pada komputer Anda yang bisa didownload disini
[2]- Kalau sudah diinstal, siapkan kabel data (USB)
[3]- Lakukan settingan Debugg USB di ponsel Android, caranya masuk ke Settingan/Pengaturan >> Aplikasi >> Development/Pengembangan >> centang “Mode USB debugging..” 
[4]- Hubungkan Android dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB
[5]- Jalankan aplikasi UnlockRoot yang sudah didownload di langkah pertama tadi. Tunggu beberapa detik agar aplikasi mengenali perangkat ponsel Android Anda. 
[6]- Klik tombol ROOT pada aplikasi. Silahkan tunggu proses rooting sedang berjalan. Anda bisa sambil menyalakan rokok, saya sambil merokok Djarum Super disini. 
[7]- Biasanya di tengah proses rooting ada tawaran untuk menginstal aplikasi penghemat batterey, Anda boleh menerima tawaran tersebut boleh juga menolak
[8]- Kalau proses selesai biasanya ada tulisan Rooted di bagian paling bawah. 
[9]- Setelah itu ada perintah untuk REBOOT perangkat Android, klik oke saja. 
[10]- Selesai, ponsel Android Anda sudah ROOT sekarang. Dalam percobaan di atas, saya menggunakan Samsung Galaxy Mini

Kalau saya lihat daftarnya, hampir semua tipe ponsel Android bisa di-root dengan aplikasi UnlockRoot ini. Selamat mencoba cara root hp Android di atas, semoga berhasil

0 komentar: